cover
Contact Name
Agus Joharudin
Contact Email
agusjoharudin@uinsgd.ac.id
Phone
+6285861881790
Journal Mail Official
prestise@uinsgd.ac.id
Editorial Address
Jalan A.H Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 28091930     EISSN : 28282671     DOI : 10.15575/prestise
The Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis is open access and peer-reviewed journal dedicated to publishing original research papers based on social services regarding Islamic economics and business issues. This journal is likewise committed to making the articles it publishes available to international academicians, researchers, practitioners, regulators, and public societies for free. The journal accepts rigorous empirical or theoretical research papers using any methodologies or approaches relevant to the Indonesian economy and business topics, as long as the research falls into one of three primary disciplines: economics, business, accounting, management and finance.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis" : 6 Documents clear
Peningkatan Kompetensi Bidang Akuntansi bagi Guru SMK yang Tergabung dalam MGMP Akuntansi Kabupaten Bandung Barat Yeti Apriliawati; Arry Irawan; Khozin Arief; Suji Abdullah Saleh
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16645

Abstract

Kualitas sumber daya manusia (SDM) guru di bidang pendidikan vokasi memilikiperan penting dalam mencetak lulusan yang memiliki daya saing di industri.Sedangkan, masih banyak guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang belummemiliki sertifikat kompetensi keahlian. Berdasarkan permasalahan tersebut,terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan seperti melakukan kegiatanpelatihan guna menambah wawasan bagi guru SMK mengenai sertifikasikompetensi, menambah keterampilan bagi guru SMK bidang akuntansi sesuaidengan skema sertifikasi kompetensi, dan meningkatkan kemampuan mengajarpraktik melalui modul-modul praktikum yang sesuai dengan kondisi industri.Pelaksanaan program PKM ini akan dimulai dengan menyusun materi pelatihan,melaksanakan pre-test online, evaluasi hasil pre-test, pelatihan 5 unit kompetensisecara daring, melaksanakan simulasi uji kompetensi secara tatap muka langsung,memberikan hasil skoring simulasi, dan memberikan umpan balik terkait hasilskoring.Kata kunci: Sertifikasi Kompetensi; Sekolah Menengah Kejuruan; KompetensiAkuntansi
Pengembangan Koperasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Darul Mukhlisin Nur Aflah Gusman; Wawan Oktiwan; Arief Mulyawan
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16650

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan unit usahakoperasi pelajar di Pondok Pesantren Modern Darul Mukhlisin, mengetahuidampak koperasi pelajar dalam meningkatkan perekonomian pondok, mengetahuidampak koperasi pelajar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif dengan prosedur pemecahanmasalah yang memerlukan pendefinisian status subjek atau objek studi, yang dapatmencakup orang, institusi, komunitas, dan entitas lain yang saat ini didasarkan padafakta yang terlihat atau apa adanya. Penelitian yang dilakukan di Pondok PesantrenModern Darul Mukhlisin ini dilakukan penelti dengan beberapa proses dandikolaborasikan agar dapat menguntungkan bagi peneliti dan begitu juga bagikoperasi pelajar yang di teliti, proses yang dilakukan peneliti ialah perencanaantindakan, proses tindakan dan hasil dari tindakan. Dalam penelitian ini penelelitimemberi gagasan dan tidakan baru untuk menyelesaikan permasalahanpermasalahan yang ada di koperasi pelajar, diantara gagasan dan tidakan yang dilakukan peneliti seperti pintu masuk dan pintu keluar bagi pembeli dibedakan, agar memudahkan penanggung jawab koperasi dalam memeriksa santri yang masuk koperasi, peneliti memberikan masukan dalam pembuatan pembukuan yang sederhana dan mudah difahami agar administrasi dalam koperasi pelajar Pondok Pesantren Modern Darul Mukhlisin ini lebih tertata dengan rapih.Kata kunci: Pengembangan Koperasi, Metode deskriptif, Analisis data, Gagasanperencanaan baru.
Peranan Marketplace dalam Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar pada Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu Tengah Kabupaten Bandung Firman Asriadi; Rakhmia Nalibratawati
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16646

Abstract

Dalam upaya memacu perkembangan dan pertumbuhan pelaku usaha kecil,diperlukan suatu cara atau metode tertentu untuk meningkatkan penjualan mereka.Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan media digital yang telahberkembang pesat penerapannya secara online oleh banyak pelaku usaha.Permasalahan yang muncul adalah bagaimana memilih dan menentukan mediayang paling efektif dalam rangka meningkatkan aktivitas pemasaran sehinggaomzet penjualan dapat meningkat secara signifikan. Untuk menjawabpermasalahan tersebut, penelitian ini bermaksud untuk mencoba menguji agardapat menemukan dan menetapkan media digital (marketplace) yang terbaik untukmedia pemasaran pelaku usaha tersebut, sehingga kegiatan pemasaran pelaku usahakecil dapat berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode deskriptif, yaitu penelitian untuk membuat gambaran umum mengenaisituasi atau kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk data primeradalah dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan untuk data sekunderberdasarkan studi kepustakaan. Untuk membuktikan efektifitas media pemasarandigital berupa marketplace, maka diperlukan subyek penelitian yaitu pelaku usahakecil yang terlibat langsung dengan pemasaran online, pendekatan wawancara dantingkat keberhasilan mereka dalam penggunaan media digital (marketplace)tersebut. Melalui penelitian ini diharapkan pelaku usaha kecil dapat memilih secaraefektif penggunaan media digital (marketplace) dalam kegiatan pemasaran merekasehingga omzet penjualan mereka dapat meningkat. Penelitian mengambil lokasiatau obyek penelitian di Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu TengahKabupaten Bandung. Mengingat perilaku konsumen dan sosial budaya di kampungtersebut berbeda antara para pengrajin, tentunya harus dapat diukur atau diuji,apakah ada hubungan linier secara signifikan pemanfaatan marketplace dalamupaya peningkatan kegiatan pemasaran dan penjualan produk pelaku usaha.Kata kunci: Marketplace, Pelaku usaha kecil, Pangsa Pasar
Analisis Kinerja Bisnis Koperasi dan Strategi Pengembangannya Rista Sulistiani; Ferrynandes Dicky; Isni Tazkiatul Ulla; Windi Purwati
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16647

Abstract

Keberhasilan dibidang ekonomi yang telah dicapai sampai sekarang ini tentunyatidak lepas dari peran serta masing-masing pelaku ekonomi yaitu Koperasi, BUMN(Badan Usaha Milik Negara), dan BUMS (Badan usaha Milik Swasta) sertaperanan masyarakat yang terdapat didalamnya. Kerangka analisis kasus secarakeseluruhan dalam memahami situasi dan informasi yang ada, memahamipermasalahanyang terjadi baik masalah yang bersifat umum maupun spesifik,menciptakan berbagai alternatif dan memberiakan berbagai alternatif pemecahanmasalah, Evaluasi pilihan alternatif dan pilih alternatif yang terbaik. Rekomendasistrategi yang diberikan adalah Agresif, artinya KPRI RSU dr Slamet dalam kondisiprima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi,memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. hasil observasidari kegiatan Praktik Lapang ini ialah laporan keuangan banyak yang tidak sesuaipencatatan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, perubahan ekuitas,arus kas, catatan atas laporan keuangan, angkanya banyak yang tidak sama dengantahun yang sebelumnya.Kata kunci: Bisnis Koperasi, Strategi pengembangan, Analisis SWOT
Prosedur Pengajuan Dana Bantuan di Lazis Darul Hikam Ahmad Kusnadin; Ilham Mujahid; Mumuh Muhsin; Ade Hidayat
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi dan kemampuan sertamenambah wawasan dan pengetahuan bagi para mahasiswa yang setelah lulus akanmenghadapi dunia kerja. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptifdengan prosedur pemecahan masalah yang memerlukan pendefinisian status subjekatau objek studi, yang dapat mencakup orang, institusi, komunitas, dan entitas lainyang saat ini didasarkan pada fakta yang terlihat atau apa adanya. Dalam bekerjaselama kuliah kerja lapangan (KKL) di LAZIS Darul Hikam, penulis di amanahidan bertanggung jawab untuk menjadi penanggung jawab program berbagi takjilbuka puasa setiap hari senin dan kamis yang dilaksanakan pada setiap pekannya,kegiatan program ini disalurkan kepada masjid-masjid yang menghimpun danmenerima sedekah takjil untuk berbuka puasa hari senin dan kamis. Hasil yangdidapat Memberikan pemikiran dan terobosan baru dalam strategi pemasarandengan menciptakan dan mengelolaan media sosial sebagai iklan agar lembagaLAZIS Darul Hikam dikenal lebih luas lagi, terutama di sosial media youtube daninstagram, Membuat struktur organisasi berbentuk majalah dinding LAZIS DarulHikam, Menciptakan suasana kerja menjadi lebih hangat, tidak kaku dan salingbekerja sama antara satu dan yang lainnya.Kata kunci: LAZIS, Teknik Deskriptif, Hubungan Internal Eksternal, ProsedurPengajuan Dana
Keragaman Koperasi dan Potensi Pengembangannya Dini Evita Sari; Frita Azalea Zahra; Ellin Sinta Dewi; Tati Nur Hayati; Alvira Cika Pratiwi; Abdul Hakim
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang unggul dan sesuaidengan kebutuhan pasar tenaga kerja, memberikan gambaran nyata bagi praktikanuntuk mengetahui, mempelajari, menganalisis, serta memberikan gambaran nyatakepada mahasiswa mengenai kondisi lingkungan dunia kerja. Analisis SWOTadalah metode perencanaan strategis yang berfungsi untuk mengevaluasi kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman suatu perusahaan, proses ini melibatkanpenentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis dan mengidentifikasi faktorinternal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuantersebut. Perencanaan kerja serta membangun rencana anggararan dan pendapatanbiaya. Hasil yang didapat dari Analisis SWOT memberikan informasi untukmembantu dalam hal mencocokan perusahaan sumber daya dan kemampuan utukmengalisis kompetitif lingkungan dimana bidang perusahaan itu bergerak.Kata kunci: Koperasi, Analisis SWOT, Rencana kerja, Analisis kompetitiflingkungan

Page 1 of 1 | Total Record : 6