cover
Contact Name
Sielly Budi Prameswari
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+6281269402117
Journal Mail Official
PURI_FP@widyakarya.ac.id
Editorial Address
Jalan Bondowoso Nomor 2 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal BisTek Pertanian : Agribisnis dan Teknologi Hasil Pertanian
ISSN : 24771864     EISSN : 27214699     DOI : 10.37832
Sistem Agribisnis, Manajemen Agribisnis, Pembiayaan Agribisnis, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Rantai Pasok, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Sosiologi dan Komunikasi Pertanian, Kebijakan Pertanian dan Pangan, Mikrobiologi Pangan, Kimia dan Gizi Pangan, Bioteknologi Pangan, Rekayasa Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, serta Industri Pangan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2024): Desember : Jurnal BisTek Pertanian" : 5 Documents clear
Pengembangan Pondok Pesantren Melalui Program Kewirausahaan Untuk Kemandirian Pesantren apdan, Apdan Pebriana
BiSTeK Pertanian Vol 11 No 2 (2024): Desember : Jurnal BisTek Pertanian
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37832/bistek.v11i2.87

Abstract

Pondok pesantren memiliki peran strategis dalam membangun sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang keagamaan sekaligus mandiri secara ekonomi. Dalam menghadapi tantangan globalisasi, kemandirian pesantren dapat diperkuat melalui program kewirausahaan yang memberikan manfaat ekonomi, pemberdayaan santri, dan kontribusi pada masyarakat sekitar. Penelitian ini berfokus pada analisis program kewirausahaan di Pondok Pesantren Al Kautsar 561 yang meliputi budidaya bioflok ikan nila dan melon di greenhouse, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini mencakup pengumpulan data melalui FGD dengan pengurus yayasan, guru, santri, dan masyarakat sekitar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kewirausahaan mampu menciptakan kemandirian pesantren melalui pendapatan tambahan yang digunakan untuk beasiswa dan operasional. Pelatihan kewirausahaan memberikan santri keterampilan praktis di bidang agribisnis dan akuakultur, seperti sistem bioflok dan teknologi greenhouse. Selain itu, program ini juga memperkuat hubungan pesantren dengan masyarakat melalui kolaborasi ekonomi berbasis komunitas, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan ketahanan ekonomi lokal. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan akses teknologi masih dihadapi. Solusi berupa kemitraan strategis dengan pihak eksternal serta pelatihan pemasaran digital dapat mendukung keberlanjutan program.
Perilaku Konsumsi Generasi Z Dalam Pembelian Produk Makanan Pada Aplikasi Gojek Di Kota Malang Awuk, Melania
BiSTeK Pertanian Vol 11 No 2 (2024): Desember : Jurnal BisTek Pertanian
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37832/bistek.v11i2.88

Abstract

Peradaban manusia berubah setiap saat, mulai dari zaman dahulu hingga sekarang era yang kita kenal sebagai era Gen Z atau Generasi Z. Individu yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 disebut sebagai generasi Z. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor harga produk, pendapatan, lingkungan sosial, psikologi konsumen, dan strategi pemasaran dalam mempengaruhi perilaku konsumsi generasi z terhadap pembelian produk makanan pada aplikasi gojek di Kota Malang. Menjawab tujuan penelitian menggunakan analisis regresi, khususnya analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Faktor yang paling berpengaruh dalam perilaku konsumsi generasi z terhadap pembelian produk makanan pada aplikasi gojek adalah faktor harga produk dan marketing mix dengan nilai signifkan variabel harga produk sebesar 0.40 dan variabel marketing mix 4P sebesar 0.32.
ANALISIS POLA KEMITRAAN PEMBENIHAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHATANI Nurani, Maria Puri; Perwita Rahmanti Ignatia, Sari; Chrismonika, Maria
BiSTeK Pertanian Vol 11 No 2 (2024): Desember : Jurnal BisTek Pertanian
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37832/bistek.v11i2.89

Abstract

Barriers to horticulture in several developing countries, including Indonesia, include low farmer income, limited farmer knowledge, limited farmer land ownership, and weak farmer supply situations. This results in reduced profits for farmers. One way to overcome these obstacles that can be done by the Rukun Tani farmer group is to establish a partnership with PT Agri Makmur Pertiwi. This study aims to analyze the partnership pattern in cucumber hatcheries and its impact on increasing farm income. This research used descriptive qualitative and quantitative methods with a case study approach on 20 respondents who established partnerships with hatchery companies. Data were collected through questionnaires, in-depth interviews, field observations, and documentation. Data were tested using the t-test. The results show that the partnership pattern applied is a core-plasma partnership, where the core company provides production facilities, provides guidance, transportation costs, and market guarantees. The farmer group acts as a plasma that provides land, labor, agricultural tools, fertilizers, and manages cucumber farming according to the standards set by the core company. The results of the difference test show that there are differences in income before and after partnering. Income before partnering was IDR 18,053,507.5 and income after partnering was IDR 35,622,807.5.
STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN SAYURAN ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. KURNIA KITRI AYU FARM MALANG Ignatia, Sari Perwita R; Harianto, Johanes Pungky Dwi; Leu, Norbertus
BiSTeK Pertanian Vol 11 No 2 (2024): Desember : Jurnal BisTek Pertanian
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37832/bistek.v11i2.90

Abstract

The development of organic vegetable marketing strategies is essential for increasing sales and expanding the market reach of these products. The first step is conducting market and consumer analysis to understand consumer preferences and behaviour, as well as identifying potential market segments. Product development should focus on maintaining the quality and consistency and innovating by introducing new varieties or processed products. This research aims to formulate effective marketing development strategies to increase the sales of organic vegetables at CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, Malang. The main focus is identifying strengths, weaknesses, opportunities and threats in the marketing development strategy for organic vegetables using SWOT Analysis. The population and sample include the 36 employees and consumers. The research results show that the total score for strengths is 4.48 and the total score for weaknesses is 2.26, giving a total score of 6.74. The total score for opportunities is 4.64 and the total score for threats is 1.51, resulting in a total score of 6.15. The marketing development strategy falls in quadrant I, which involves leveraging opportunities and maximizing existing strengths. The strategy that should be applied in developing the marketing of organic vegetables to increase sales is an aggressive strategy.
PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI STROBERI (Fragaria ananassa) CALIFORNIA DI DESA PANDANREJO KECAMATAN BUMIAJI, KOTA BATU JAWA TIMUR Awuk, Melania; Budisaptorini, Anasthasia Triwulan; Hadus, Damasus
BiSTeK Pertanian Vol 11 No 2 (2024): Desember : Jurnal BisTek Pertanian
Publisher : Fakultas Pertanian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37832/bistek.v11i2.92

Abstract

Stroberi merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai potensi ekonomi yang tinggi. Adanya peningkatan pengembangan usahatani stoberi sehingga banyak petani yang melakukan usahatani dan tujuanya untuk meningkatkan produksi stroberi dan salah satu sumber pendapatan utama petani saat ini adalah stroberi. Produksi dalam penelitian ini berkaitan dengan hasi usahatani stroberi yang dipengaruh oleh beberapa faktor yang terjadi di Desa Pandanrejo Kecamatan bumiaji, Kota Batu Jawa Timur. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor produksi terhadap pendapatan usahatani stroberi California di desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi terhadap pendapatan. Jumlah sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 30 reponden, dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang dilakukan adalah uji F (simultan), uji t (parsial) dengan tujuan untuk mengetahui faktor yang dominan pengaruh terhadap pendapatan usahatani stroberi yaitu dengan membandingkan nilai beta (ß) atau besarnya koefisien beta (ß) pada hasil uji t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel bebas (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y) pendapatan usahatani. Variabel yang secara parsial yang berpengaruh adalah luas lahan. Variabel tenaga kerja dan modal tidak berpengaruh terhadap pendapatan usahatani stroberi. Faktor dominan yang mempengaruhi pendapatan usahatni stroberi adalah luas lahan. Nilai koefisen beta (ß) dari luas lahan lebih besar dari nilai tenaga kerja dan modal

Page 1 of 1 | Total Record : 5