cover
Contact Name
Imam Ghozali
Contact Email
imam.ghozali@fkip.untan.ac.id
Phone
+6285245261967
Journal Mail Official
tacet@fkip.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni
ISSN : 29886988     EISSN : 29885388     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/tacet
Core Subject : Art,
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni menerima artikel ilmiah asli di semua cabang Pendidikan seni dan aplikasinya dari hasil penelitian/non penelitian pendidikan dan kajian seni, dengan topik meliputi: Studi konseptual, Studi teoritis dan eksperimental, Penggunaan metode komputasi, Proses pembelajaran seni, Metode pembelajaran seni, Media pembelajaran seni, Praktik seni, Pergelaran seni, Pameran seni, Etika dan estetika karya seni, globalisasi seni budaya Seni-seni tradisi, dan Studi multidisiplin yang melibatkan seni.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2025): April 2025" : 5 Documents clear
Eksistensi Tari Jepin Kembang Manggar di Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara Kalimantan Barat Fahrul, Muhammad
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v4i1.92801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan Tari Jepin Kembang Manggar. Permasalahan penelitian ini terkait dengan perkembangan Tari Jepin Kembang Manggar dari awal terciptanya hingga dapat bertahan hingga saat ini dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan Tari Jepin Kembang Manggar. Metode deskriptif dalam bentuk penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan etnokoreologi. Sumber data diperoleh dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber. Tari Jepin Kembang Manggar merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Tari Jepin Kembang Manggar tidak diketahui siapa yang menciptakan (tidak ada nama) tarian ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1930 oleh Syarif Ismail Al-Kadrie di Desa Batu Layang hingga tahun 1970. Pada tahun 1990 tarian ini diangkat kembali di Desa Batu Layang oleh Juhermi Tahir dan sangat sering ditampilkan pada acara hajatan seperti khitanan, pernikahan, dan acara-acara besar Islam lainnya. Pada tahun 1997 hingga 2019 tarian ini sempat mati dan tidak ditarikan lagi hingga akhirnya direvitalisasi pada tahun 2019.
ANALISIS MAKNA SIMBOL PROPERTI TARI SELODANG MAYANG DI KERATON KESULTANAN KADRIYAH PONTIANAK Opsinar *, Melda; Istiandini, Winda
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v4i1.92808

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mendeskripsikan analisis makna simbol properti tari Selodang Mayang. Tari Selodang Mayang merupakan tarian tradisional Keraton. Properti yang terdapat pada tari Selodang Mayang berupa selendang dan mayang atau tandan pinang. Hal ini didasari oleh keingintahuan peneliti mengenai makna simbol yang terkandung dalam properti tari ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis makna simbol pada properti tari Selodang Mayang. Menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dalam bentuk penelitian kualitatif dan menggunakan teori Sugiyono serta dibantu dengan pendekatan antropologi dan semiotika. Setelah melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, diperoleh kesimpulan bahwa makna simbol properti tari Selodang Mayang berdasarkan bahan, cara penggunaan, bentuk, dan warna yaitu melambangkan kesopanan, keindahan, perlindungan, penyucian diri bagi calon pengantin. Pada makna simbol properti tari juga memiliki makna harapan dan doa bagi kedua mempelai yang akan menempuh hidup baru. Ada harapan agar selalu selamat dari marabahaya dan harapan agar segala permasalahan yang datang dapat diselesaikan bersama. Properti tari Selodang Mayang merupakan simbol kemegahan Keraton dan identitas budaya melayu, karena pemilihan properti tari tidak lepas dari penggunaan aslinya di masyarakat sekitar Keraton.
PROSES PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK DI PURWA CARAKA MUSIC STUDIO (PCMS) YOGYAKARTA Ridho, Rianto; Tindarika, Regaria
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v4i1.92811

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode dan tahapan dalam pembelajaran gitar elektrik di Purwa Caraka Music Studio (PCMS) Yogyakarta. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru gitar elektrik di PCMS, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung selama sesi pembelajaran, wawancara mendalam dengan pengajar dan pemilik studio, serta dokumentasi berupa foto dan video yang merekam proses pengajaran. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran gitar elektrik di PCMS berlangsung efektif dengan pendekatan privat (satu guru untuk satu siswa), memungkinkan pengajar lebih fokus pada perkembangan individu siswa. Proses pembelajaran meliputi tahapan pemanasan (picking dan fingering), pembahasan tugas, pengajaran teori, serta latihan teknik gitar. Evaluasi dilakukan pada setiap pertemuan melalui tugas yang diberikan dan diukur pula melalui partisipasi siswa dalam berbagai event. Evaluasi utama berupa ujian kenaikan grade, yang dilaksanakan setahun sekali sebagai tolok ukur kemajuan keterampilan siswa secara menyeluruh.
POLA TABUHAN GONG PANGKAK LUMPANG PADA RITUAL ADAT DAYAK SUHAID DESA BATI Alvirio, Agusto; Djau, Nurmila Sari; Silaban, Cly Yhiristianery
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v4i1.85443

Abstract

Alvirio, 2024. Pangkak Lumpang Gong Beating Patterns in Suhaid Dayak Traditional Rituals. Thesis for Dance and Music Education Study Program, Language and Arts Department. Tanjung Pura University. First Supervisor Nurmila Sari Djau, M, Pd. And the second supervisor was Cristianly Yery Silaban, M.Sn. This research analyzes the Pangkak Lumpang Gong Beating Pattern in the Dayak Suhaid Traditional Ritual. The formulation of the problem in this research is 1) the history of the music of the Pangkak Lumpang Beating Pattern, 2) the Form of the Pangkak Lumpang Beating Pattern, and 3) the Musical Function of the Pangkak Lumpang. Beating PatternThis research uses a descriptive method in the form of qualitative research and uses a MUSICHOLOGY approach. The data sources in this research are Sekelin Jambi and Agus. The data in this research are the results of interviews and observations in the form of sound recordings, photographs and videos regarding the Pangkak Lumpang Gong Beating Pattern in the Dayak Suhaid Traditional Ritual. Data collection techniques use observation techniques, interviews and documentation results. The technique for testing data validity uses Trigulation (Source Trigulation). The results of the research are the history of the formation of the Pangkak Lumpang Tabuhan Pattern, the shape of the Pangkak Lumpang Tabuhan Pattern, and the function of the Pangkak Lumpang Tabuhan Pattern music. It is hoped that the results of this research will increase the knowledge of the wider community.
ANALISIS KOREOGRAFI TARI ZAPIN ANVAYA Rochayati, Rully
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v4i1.89986

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis koreografi tari Zapin Anvaya. Analisis koreografi sebuah karya tari diperlukan untuk pendokumentasian secara utuh. Tari sebagai bagian dari artefak tak berbenda merupakan bagian dari budaya yang akan selalu ada apabila diwariskan secara terus menerus. Hasil analisis koreografi tari akan menjadi bagian dari pengetahuan yang dapat digunakan dalam pendidikan maupun studi penelitian yang berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan diskriptif kualitatif, menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka sebagai tahapan pengumpulan data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Zapin Anvaya adalah tarian yang secara teks mempunyai bentuk, tehnik, dan gaya gerak yang terbentuk melalui elemen gerak, ruang, dan waktu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5