cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
journal@idpublishing.org
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Aerospace Engineering
ISSN : -     EISSN : 30472342     DOI : https://doi.org/10.47134/aero
Aerospace Engineering encompasses a broad range of aspects related to aerospace engineering, including but not limited to aircraft design and construction, space technology, aircraft dynamics and control, propulsion technology, avionics systems, remote sensing technology, and space robotics development. The journal welcomes contributions based on experimental research, numerical simulations, case studies, and technical articles that delve into the practical applications and implementations of the latest aerospace technology.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2024): January" : 6 Documents clear
Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Identifikasi Morfometri di DAS Ciliwung Purboyo, Alvian Aji; Ramadan, Alvien Hanif; Arifin, Efri Triana; Noviandi, Iqbal Eko; Arizqi, Muhammad
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2322

Abstract

Pengembangan teknologi penginderaan jauh telah menjadi bagian integral dalam pemetaan dan pengelolaan daerah aliran sungai (DAS). Salah satu aplikasi pemanfaatan penginderaan jauh adalah dalam analisis morfometri DAS, yang menyediakan informasi kuantitatif tentang karakteristik geomorfologi. Tujuan penelitian ini 1) Mengidentifikasi karakteristik morfometri DAS Ciliwung menggunakan data penginderaan jauh dan SIG, dan 2) Membuat peta DAS Ciliwung. Metode yang digunakan berupa teknik penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Adapun data yang digunakan berupa digital elevation model indonesia (DEMNAS) yang diperoleh dari situs Badan Informasi Geospasial (BIG). Kemudian peran dari SIG berupa pengolahan data, penyajian data berupa peta dan visualisasi 3 dimensi dari DAS Ciliwung. Aplikasi SIG yang digunakan berupa Arcmap 10.4.Hasil dari penelitian ini didapatkan luas DAS Ciliwung 387.827 km2, panjang sungai induk 141.256 km2. gradien 0.03%, tingkat kerapatan sungai 0.26, tingkat percabangan sungai 4.2 dan memiliki bentuk DAS memanjang. Penyajian data spasial dilakukan dengan membuat peta dan 3D modelling DAS Ciliwung. Oleh karena itu, dengan teridentifikasinya morfometri DAS Ciliwung diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi fisik untuk melakukan perencanaan pengelolaan DAS terpadu.    
Analisis Persepsi dan Pemahaman Penggunaan Check-in Online pada Penumpang Maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya Agdiasvy, Berlian Hidayah; Ariebowo, Teguh
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2328

Abstract

Bandar Udara Tjilik Riwut ialah satu–satunya Bandar Udara yang terletak di Kota Palangka Raya. Saat ini, beberapa maskapai penerbangan telah memperkenalkan Check-in online, seperti pada maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Dengan adanya sistem Check-in online ini, diharapkan dapat mempermudah calon penumpang untuk melakukan Check-in online di mana saja dan kapan saja melalui ponsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pemahaman penumpang terhadap Check-in online pada website maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data yang telah didapatkan dengan uji reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Agar hasil penelitian ini dapat dipercaya diperlukan uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa persepsi tiap penumpang terhadap layanan Check-in online ini sangat bervariasi, tergantung dari pengalaman pribadi tiap penumpang. Kebanyakan penumpang sudah merasa puas dengan pengalaman nya menggunakan layanan Check-in Online, karena bagi penumpang adanya layanan check-in online ini sangat membantu, menghemat waktu, dan juga mempermudah dari sisi penumpang. Penggunaan website pada check-in online juga praktis, tidak ribet, dan fitur di dalam pun sudah lengkap. Untuk pemahaman seorang penumpang yang menggunakan layanan check-in online ini belum bisa dikatakan paham, karena masih banyak penumpang yang hanya tahu menggunakan layanan ini saja.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Lestari, Dina Ayu; Dharasta , You She Melly Anne
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2331

Abstract

Transportasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan modern karena membantu orang menghubungkan satu tempat ke tempat lain dan memainkan peran penting dalam kemajuan sebuah negara. Kemajuan dalam transportasi berkorelasi langsung dengan kemajuan sebuah negara, karena bertambah canggihnya transportasi sebuah negara, bertambah maju negara tersebut. Penelitian bertujuan guna mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan, harga, lokasi pada kepuasan pengguna jasa transportasi dalam studi kasus yang melibatkan pengguna Jasa Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta. Jenis penelitian yaitu kuantitatif, dan sumber data penelitian yakni sampel pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta berjumlah 99,99 yang ditetapkan menjadi 100 sampel. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner pada seratus responden dan data penelitian mempergunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi signifikan pada kepuasan pelanggan Damri di Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan Lokasi tidak mempengaruhi signifikan pada kepuasan pelanggan Damri di Bandara Soekarno-Hatta.
Analisis Penggunaan Common Use Check-In System (CUCS) pada Check-In Counter di Jam Sibuk Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Dewi, Aprilia Sintya; Astutik , Septiyani Putri
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2335

Abstract

Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon merupakan salah satu bandar udara Angkasa Pura I yang telah menerapkan Common Use Check-in System pada Check-in Counter-nya sejak Tahun 2016. Dengan menerapkan Common Use Check-in System, Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik, sehingga memberikan kesan baik terhadap pengalaman penerbangan penumpang. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan Common Use Check-in System pada Check-in Counter pada jam sibuk Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, sehingga dapat meminimalisir antrean penumpang yang melakukan check-in. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta memanfaatkan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa penggunaan Common Use Check-In System dapat mencegah terjadinya penumpukan penumpang pada check-in counter. Dengan digunakannya Common Use Check-In System dapat mempermudah dan mempersingkat proses check-in penumpang. Hanya dengan mengaplikasikan Common Use Check-In System pada check-in counter, seluruh maskapai yang telah didukung dengan penggunaan sistem ini dapat membuka meja check-in kapanpun dibutuhkan dan dapat dibuka di meja counter manapun yang tersedia. Selain Common Use Check-In System menjadi sistem yang fleksibel, sistem ini juga dapat membantu petugas dalam memberikan pelayanan maksimal, sehingga dapat membantu perusahaan dalam mencapai service quality yang baik.
Analisis Kinerja Petugas Terminal Service Officer (TSO) dalam melakukan Pengawasan Fasilitas di Area Ruang Tunggu Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Shulthoni, Mochamad Nizar; Nasution, Fauzia Fahmi Yuniarti
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2336

Abstract

Demi menunjang kelancaran serta pengawasan fasilitas penunjang operasional di terminal penumpang, maka Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya memiliki unit Terminal Service Officer (TSO) yang bertugas sebagai pengawas pergerakan di area terminal dan bertugas untuk selalu memonitor fasilitas penunjang operasional di area terminal landside. Terutama fasilitas yang berada di area ruang tunggu, karena di dalam area ruang tunggu inilah penumpang paling banyak melakukan pergerakan dan paling banyak biasanya terjadi permasalahan-permasalahan terkait fasilitas yang disediakan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan yang baik agar fasilitas yang disediakan bisa berfungsi dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan kendala yang dialami petugas Terminal Service Officer (TSO) dalam melakukan pengawasan terhadap fasilitas di area ruang tunggu Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kinerja yang dilakukan oleh petugas Terminal Service Officer cukup baik dalam melakukan pengawasan fasilitas area ruang tunggu yaitu memastikan fasilitas penunjang operasional yang tersedia dapat berfungsi dengan baik dan lancar. Adapun kendala yang ditemui petugas Terminal Service Officer adalah masih sering terjadinya penumpukan penumpang di area ruang tunggu yang diakibatkan adanya delay. Petugas harus segera melakukan koordinasi dengan pihak airline agar dilakukan pemindahan penumpang ke gate kosong yang tersedia. Selain itu masih sering ditemukannya fasilitas penunjang operasional yang tidak berfungsi dengan baik.
Emergence in Space Technologies with Nanosatellites, Exploring the Applications of AI in Space Development, and Future Trends Paneru, Biplov; Paneru, Bishwash; Poudyal, Ramhari
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2434

Abstract

Since, the first satellite was launched years ago, more than 6000 have been flown into orbit. Space science is the most fascinating field of study and research in the twenty-first century. The satellites are objects that travel in an elliptical orbit around the planet. Artificial satellites are being produced in large numbers. One of the most important aspects of modernizing science and communication technology, including space technology, mobile and radio communication, is satellite communication. The focus of the research work is on nanosatellites like cube sats, which are becoming increasingly well-known because to their wide-ranging applications in the field of radio transmission. This review paper explains some recent developments and the importance of nanosatellites in advancing space technology, highlight the recent development of space technologies in developing Asian nations and presents the future prospects of satellites development. Also, study is done in the role of AI in space technologies enhancement and space industries development its applications and future trends are discussed in this paper.

Page 1 of 1 | Total Record : 6