Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas Penddikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021"
:
16 Documents
clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN
devita siregar;
Seri Asmaidah;
Dwi Aninditya Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.1326
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media Video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi Pemanasan Global Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain two group post-test only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh: Penggunaan Media Video pembelajaran menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 84,61% berada pada kategori “Sangat Baik”; Minat belajar siswa menggunakan angket dengan nilai persentase sebesar 84,69% berada pada kategori “Sangat Berminat” pada kelas eksperimen dan persentase sebesar 50,17% berada pada kategori “Kurang Berminat” pada kelas kontrol.; dan Penggunaan Media Video pembelajaran efektif terhadap minat belajar siswa dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung < ttabel (18.877 > 0.67847) dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu Penggunaan Media Video pembelajaran efektif terhadap minat belajar siswa pada materi Pemanasan Global di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan.. Kata-kata kunci: Media video pembelajaran, minat belajar siswa
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK TERHADAP HASIL KOGNITIF ANAK SMA MATERI ALAT OPTIK
vina maldinasari pane;
Mutiara Siagian;
Dwi Aninditya Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.1903
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode true-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak SMA di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari 25 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh: Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis angket media pembelajaran berbasis komik dengan perolehan nilai rata-rata 80%, hasil kognitif anak pada materi Alat-Alat Optik dengan perolehan nilai rata-rata 80,92 berada pada kategori “Baik”, dan dari hasil uji signifikan ditemukan 0,000 > 0,05, dengan Hipotesis alternatif ( diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X
Hettri julpaida panggabean;
Sari Wahyuni Rozi Nasution;
Dwi Aninditya Siregar;
Unita Sukma Zuliani Nasution
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.1984
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sans siswa materi momentum dan impuls kelas X MIA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 75 siswa, dan pengambilan sampel ini dilakukan secara acak dengan menggunakan undian, maka sampel yang keluar adalah kelas X MIA-2 Dengan jumlah siswa 21 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Gambaran penggunaan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa materi momentum dan impuls kelas X MIA SMA Negeri 8 Padangsidimpuan melalui penilaian observasi model pembelajaran inkuiri diperoleh skor rata-rata 92,39% dengan kategori “Baik Sekali”. Artinya model pembelajaran inkuiri ini menghasilkan respon yang sangat positif; (2) Peningkatan keterampilan proses sains siswa materi momentum dan impuls kelas X MIA setelah menggunakan model pembelajaran Inkuiri diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 50,54 dengan kategori “Kurang” dan nilai rata-rata pos-test sebesar 83,10 dengan kategori “Sangat Baik”, kemudian untuk penilaian keterampilan proses sains siswa keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 84,72 dengan kategori “Baik Sekali”, untuk penilaian sikap siswa keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 80,09 dengan kategori “Baik” dan untuk penilaian keterampilan siswa keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 80,90 dengan kategori “Baik”; (3) Terdapat efektivitas yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa materi momentum dan impuls kelas X MIA SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis pre-test dan pos-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima. Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Proses Sains
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL DI SMA NEGERI 1 HALONGONAN
nur saidahsiregar nursaidahsiregar;
Dedes Asriani Siregar;
Seri Asmaidah
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.2694
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring dengan materi gejala pemanasan global pada siswa kelas XI jurusan MIA SMA Negeri 1 Halongonan. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 96 siswa. Data primer digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket. Google form juga dipergunakan untuk membantu dalam pengumpulan data dan analisis data menggunakan tingkat persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase 70,09 (kategori sulit). Disimpulkan siswa kelas XI jurusan MIA SMA Negeri 1 Haholongan mengalami kesulitan belajar melalui pembelajaran daring dengan materi gejala pemanasan global.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN T.A 2020/2021
Misrawati Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.2752
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan pada materi sistem saraf manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis hasil belajar pada materi sistem saraf manusia yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN T.A 2020/2021
Linda Batubara
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.2779
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap kepribadian siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan sebanyak 200 orang, sedangkan sampel penelitian adalah 20% dari populasi yaitu sebanyak 40 orang. Penelitian menggunakan teknik random sampling, Kemudian instrument yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah dengan menggunakan angket. setelah data dikumpulkan maka dianalisis dengan analisis deskriptif yakni untuk memberikan gambaran secara umum dari kedua variabel. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh gambaran pengaruh kecerdasan emosional guru dengan nilai 3,10 setelah dengan tabel kriteria penilaian masuk kategori “Baik”. Maksudnya kecerdasan emosional guru sudah maksimal. Sedangkan kepribadian siswa dengan nilai rata-rata 3,44 setelah disesuaikan dengan tabel kriteria penilaian masuk kategori “Sangat Baik”. Artinya siswa memperoleh nilai rata-rata di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan secara umum sudah memadai. Sedang hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional guru jika di hubungkan dengan kepribadian siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan adalah rxy sebesar : (-0,100), sedangkan nilai tabel pada tingkat signifikansi dengan df 38 yang ada pada tabel nilai “r” memiliki harga 0,320. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif yang ditetapkan ternyata tidak dapat diterima/ditolak. Karena nilai itu (rh) sebesar (-0,100) < r tabel = 0,320 pada tingkat signifikansi 95 % dengan df = 38. Dari hasil ini dapat dilihat bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional guru terhadap kepribadian siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, artinya walaupun seorang guru mampu mengontrol kecerdasan emosionalnya dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun di luar sekolah maka tidak berpengaruh terhadap kepribadian siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMK SWASTA MADUMA TAHUN AJARAN 2020/2021
rospita zebua;
Mutiara Siagian;
Seri Asmaidah
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.2935
Abstrak . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring materi usaha dan energi di SMK Swasta Maduma Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas X Akuntansi, dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif kuantitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan angket. Berdasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran fisika melalui pembelajaran daring terlihat dari hasil wawancara pada materi usaha dan energi di SMK Swasta Maduma Tahun Ajaran 2020/2021 dengan menggunakan media WhattsApp (2). Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran materi usaha dan energi dikelas X SMK Swasta Maduma Tahun Ajaran 2020/2021 berada pada nilai Rata-rata sebesar 77,71 kategori “sangat baik”. Kata Kunci: Proses Pembelajaran Daring, analisis kesulitan belajar siswa
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING DI SMP NEGERI 4 KOTANOPAN
Nurhanna Sari
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.5036
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi aljabar menggunakan Strategi pembelajaran Joyful Learning di Kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan sebanyak 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi pembelajaran Joyful Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2020-2021. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 26,41%, setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan strategi joyful learning mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,52% dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 77,41%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi joyful learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN
siregar, devita;
Asmaidah, Seri;
Siregar, Dwi Aninditya
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.1326
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media Video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi Pemanasan Global Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain two group post-test only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh: Penggunaan Media Video pembelajaran menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 84,61% berada pada kategori “Sangat Baik”; Minat belajar siswa menggunakan angket dengan nilai persentase sebesar 84,69% berada pada kategori “Sangat Berminat” pada kelas eksperimen dan persentase sebesar 50,17% berada pada kategori “Kurang Berminat” pada kelas kontrol.; dan Penggunaan Media Video pembelajaran efektif terhadap minat belajar siswa dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung < ttabel (18.877 > 0.67847) dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu Penggunaan Media Video pembelajaran efektif terhadap minat belajar siswa pada materi Pemanasan Global di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan.. Kata-kata kunci: Media video pembelajaran, minat belajar siswa
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK TERHADAP HASIL KOGNITIF ANAK SMA MATERI ALAT OPTIK
pane, vina maldinasari;
Siagian, Mutiara;
Siregar, Dwi Aninditya
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 3 No 3 (2021): Vol 3 No 3 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v3i3.1903
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode true-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak SMA di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari 25 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh: Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis angket media pembelajaran berbasis komik dengan perolehan nilai rata-rata 80%, hasil kognitif anak pada materi Alat-Alat Optik dengan perolehan nilai rata-rata 80,92 berada pada kategori “Baik”, dan dari hasil uji signifikan ditemukan 0,000 > 0,05, dengan Hipotesis alternatif ( diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka Terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis komik terhadap hasil kognitif anak materi Alat-Alat Optik di Kelurahan Pintu Padang II, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.