cover
Contact Name
Sari Wahyuni Rozi Nasution
Contact Email
journalphysedu@gmail.com
Phone
+6282368785533
Journal Mail Official
sariwahyunirozinasution@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Muhammad Arif, Gang. STKIP. Kampus Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
ISSN : -     EISSN : 2715310X     DOI : https://doi.org/10.37081/physedu.v6i1.5092
Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas Penddikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022" : 8 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMA MATERI TERMODINAMIKA Khairunnisa Sihombing; Sari Wahyuni Rozi Nasution; Lia Purnama Sari
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.2739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Blended Learning berbantuan Handout terhadap kompetensi siswa materi termodinamika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain two group pretest-postest desain. Sampel penelitian ini sebanyak 50 siswa yang yerdiri dari 2 kelas yaitu XI IPA1 DAN XI IPA2, dengan teknik pengambilan sampel adalah total samplig. Berasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan Handout terhadap kompetensi siswa pada materi termodinamika. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji independent sample test yang telah dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.
PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS Gusni Khoirun Nisa; Sari Wahyuni Rozi Nasution; Febriani Hastini Nasution
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.3735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry terhadap keterampilan proses sains pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Penelitian ini dilakukan dengan desain two group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 122. Sample dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh: (1) Gambaran penggunaan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry di kelas XI MIA 1 melalui angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,81% dengan predikat “A” dalam kategori “Sangat Baik”. (2) Keterampilan proses sains peserta didik setelah menggunakan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry diperoleh nilai rata-rata akhir (post-test) sebesar 79,44 dengan predikat “B” dalam kategori “Baik”. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry terhadap keterampilan proses sains di kelas XI MIA I SMAN 5 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis pre-test dan post-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.
PENGARUH MODUL PRAKTIKUM BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLUIDA STATIS Rafeah Nur Rangkuti; Dedes Asriani Siregar; Seri Asmaidah
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.3942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul praktikum berbasis model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa materi fluida statis de kelas XI Man Tapanuli Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan Desain One Group Pretest – Posttest. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas XI MIA2 yang berjumlah 33 siswa. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah total sampling. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh (1) Gambaran penggunaan modul praktikum berbasis model pembelajaran Inquiry di kelas XI MIA diperoleh rata-rata 95,20 dengan kategori Sangat Baik (A). (2) Gambaran hasil belajar siswa materi fluida statis kelas XI MIA sebelum menggunakan model pembelajaran Inquiry pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,60 dengan kategori Baik (B). Untuk nilai rata-rata ranah afektif siswa sebesar 88,93 dengan kategori Sangat Baik (A-) dan nilai rata-rata ranah psikomotorik siswa sebesar 71,41 dengan kategori Baik (B). (3) Terdapat pengaruh pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa materi usaha dan energi di kelas XI MIA MAN Tapanuli Selatan. Hal ini dibuktikan dengan uji independent sample test diketahui nilai signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,00 dimana nilai signifikan 0,00 0,05.
EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS PROBLEM POSING PADA MATERI HUKUM NEWTON Niama Resti Harahap; Lia Purnama Sari; Febriani Hastini Nasution
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.4172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar fisika berbasis problem posing pada materi hukum newton terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA di Desa Siamporik Dolok sebanyak 25 siswa, dan sekaligus yang menjadi sampel penelitian ini. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa penggunaan bahan ajar fisika berbasis problem posing pada materi hukum newton efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa SMA kelas X IPA. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis pre-test dan pos-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMA MATERI TERMODINAMIKA Sihombing, Khairunnisa; Nasution, Sari Wahyuni Rozi; Sari, Lia Purnama
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.2739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Blended Learning berbantuan Handout terhadap kompetensi siswa materi termodinamika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain two group pretest-postest desain. Sampel penelitian ini sebanyak 50 siswa yang yerdiri dari 2 kelas yaitu XI IPA1 DAN XI IPA2, dengan teknik pengambilan sampel adalah total samplig. Berasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan Handout terhadap kompetensi siswa pada materi termodinamika. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji independent sample test yang telah dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.
PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS Nisa, Gusni Khoirun; Nasution, Sari Wahyuni Rozi; Nasution, Febriani Hastini
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.3735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry terhadap keterampilan proses sains pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Penelitian ini dilakukan dengan desain two group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 122. Sample dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh: (1) Gambaran penggunaan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry di kelas XI MIA 1 melalui angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,81% dengan predikat “A” dalam kategori “Sangat Baik”. (2) Keterampilan proses sains peserta didik setelah menggunakan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry diperoleh nilai rata-rata akhir (post-test) sebesar 79,44 dengan predikat “B” dalam kategori “Baik”. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry terhadap keterampilan proses sains di kelas XI MIA I SMAN 5 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis pre-test dan post-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.
PENGARUH MODUL PRAKTIKUM BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLUIDA STATIS Rangkuti, Rafeah Nur; Siregar, Dedes Asriani; Asmaidah, Seri
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.3942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul praktikum berbasis model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa materi fluida statis de kelas XI Man Tapanuli Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan Desain One Group Pretest – Posttest. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas XI MIA2 yang berjumlah 33 siswa. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah total sampling. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh (1) Gambaran penggunaan modul praktikum berbasis model pembelajaran Inquiry di kelas XI MIA diperoleh rata-rata 95,20 dengan kategori Sangat Baik (A). (2) Gambaran hasil belajar siswa materi fluida statis kelas XI MIA sebelum menggunakan model pembelajaran Inquiry pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,60 dengan kategori Baik (B). Untuk nilai rata-rata ranah afektif siswa sebesar 88,93 dengan kategori Sangat Baik (A-) dan nilai rata-rata ranah psikomotorik siswa sebesar 71,41 dengan kategori Baik (B). (3) Terdapat pengaruh pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa materi usaha dan energi di kelas XI MIA MAN Tapanuli Selatan. Hal ini dibuktikan dengan uji independent sample test diketahui nilai signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,00 dimana nilai signifikan 0,00 0,05.
EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS PROBLEM POSING PADA MATERI HUKUM NEWTON Harahap, Niama Resti; Sari, Lia Purnama; Nasution, Febriani Hastini
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 4 No 2 (2022): Vol. 4. No. 2. Juli 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i2.4172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar fisika berbasis problem posing pada materi hukum newton terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA di Desa Siamporik Dolok sebanyak 25 siswa, dan sekaligus yang menjadi sampel penelitian ini. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa penggunaan bahan ajar fisika berbasis problem posing pada materi hukum newton efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa SMA kelas X IPA. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis pre-test dan pos-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 8