cover
Contact Name
Ajmal
Contact Email
economic.resources@umi.ac.id
Phone
+6281288116372
Journal Mail Official
ajmalasad@umi.ac.id
Editorial Address
Jl. Urip Sumohardjo, Panakkukang, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JER
ISSN : -     EISSN : 26206196     DOI : https://doi.org/10.57178/jer.v6i1
Jurnal Economic Resource_(JER) is open access. This journal is published in _ March & September. Journal of Economic Resources|e-ISSN 2620-6196] is a peer-reviewed journal published twice a year (March & September) by the Faculty of Economics and Business, Universitas Muslim Indonesia_UMI. Journal of Economic Resource is a research work to publish articles that report the results of Economics. The Journal of Economic Resources invites manuscripts on various topics in Economics but not limited to Functional Development Economics; entrepreneurship; Management Development; and Accounting.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2026): October - March" : 4 Documents clear
Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Tagline “Free shipping” Terhadap Impulsive Buying Pada Marketplace Shopee: (Mahasiswa KIP Universitas Muhammadiyah Mamuju) Dedi Kurniawan Syarif; Tahir, Muh.; Naim, Muh. Rezky; Suharlina, Suharlina
Jurnal Economic Resource Vol. 9 No. 1 (2026): October - March
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57178/jer.v9i1.1916

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pengaruh motivasi berbelanja hedonik, gaya hidup berbelanja, dan tagline “Pengiriman Gratis” terhadap pembelian impulsif di pasar daring Shopee (mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Muhammadiyah Mamuju). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling non-probabilitas untuk melibatkan 91 responden, yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Kualitas instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji parsial (t-test), uji simultan (F-test), dan analisis koefisien determinasi (R²). Hasil menunjukkan bahwa Motivasi Belanja Hedonis memiliki pengaruh parsial yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Gaya Belanja memiliki efek parsial yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Tagline “Pengiriman Gratis” memiliki efek parsial yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Demikian pula, Motivasi Belanja Hedonik, Gaya Belanja, dan tagline “Pengiriman Gratis” secara kolektif memiliki efek signifikan terhadap Pembelian Impulsif, berkontribusi sebesar 61,9%, sementara variabel lain di luar model penelitian ini mempengaruhi sisa 38,1%. Temuan ini mengonfirmasi dan membuktikan bahwa Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Belanja, dan tagline “Pengiriman Gratis” merupakan faktor penting dalam membentuk Pembelian Impulsif di Pasar Shopee di kalangan mahasiswa KIP Universitas Muhammadiyah Mamuju.
Pengaruh Brand Engagement dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Generasi Z Pengguna Viva Cosmetics di Irma Beauty Shop Zahrayunita, Zahrayunita; Junaeda, Junaeda; Puspita S, Retno Ayu
Jurnal Economic Resource Vol. 9 No. 1 (2026): October - March
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57178/jer.v9i1.1918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh keterlibatan merek dan pengalaman merek terhadap loyalitas merek di kalangan konsumen Generasi Z yang menggunakan produk Viva Cosmetics di Irma Beauty Shop. Penelitian ini dilakukan di kalangan konsumen Irma Beauty Shop, menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, dengan populasi konsumen Generasi Z yang menggunakan produk Viva Cosmetics, dan sampel sebanyak 96 responden yang dipilih menggunakan teknik sampling purposif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t parsial, dan uji t simultan untuk menganalisis pengaruh variabel. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang interaksi antara keterlibatan merek, pengalaman merek, dan loyalitas merek. Hasil menunjukkan bahwa keterlibatan merek secara signifikan mempengaruhi loyalitas merek di kalangan konsumen Generasi Z yang menggunakan Viva Cosmetics di Irma Beauty Shop. Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa pengalaman merek secara signifikan mempengaruhi loyalitas merek di kalangan konsumen Generasi Z yang menggunakan Viva Cosmetics di Irma Beauty Shop. Selain itu, hasil dari ketiga studi tersebut menunjukkan bahwa keterlibatan merek dan pengalaman merek secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek di kalangan konsumen Generasi Z yang menggunakan Viva Cosmetics di Irma Beauty Shop.
Factors Affecting Bank Stability in Indonesia Gemala, Sita Aisha; Muchtar, Susy
Jurnal Economic Resource Vol. 9 No. 1 (2026): October - March
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57178/jer.v9i1.1923

Abstract

This research aims to analyze the factors affecting bank stability in Indonesia. The data used in this research is secondary data on the banking sector sourced from the financial reports of companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the period 2019-2023. The research sample was selected using the purposive sampling method, resulting in 35 companies that are suitable for the research. The data analysis used for hypothesis testing is panel data regression analysis using the Eviews 9 program. The results of the study show that bank size and the economic cycle affect bank stability. This indicates that the larger the bank size, the more stable the bank can be in obtaining income. For the economic cycle variable, if GDP growth contributes to bank stability, it indicates management’s ability to manage risk effectively. Strict supervision and effective risk management are key to the stability of the banking system. Various factors, both internal and external, such as risk management and business strategy, significantly influence bank stability. And external (like economic cycles and government policies). By effectively managing assets and adapting to economic conditions, banks can enhance their stability and contribute to the overall stability of the financial system.
Pengaruh Workload dan Organizational Justice Terhadap Perilaku Quiet Quitting Karyawan Pada Klinik Hayyat Medical and Wellness Center Mamuju Selfani, Aprilia; Dahri, Nur Wahyunianti; Rivai, Muhammad
Jurnal Economic Resource Vol. 9 No. 1 (2026): October - March
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57178/jer.v9i1.1931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan keadilan organisasi terhadap perilaku quiet quitting karyawan di Hayyat Medical and Wellness Center, Mamuju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling total, melibatkan 35 karyawan sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil menunjukkan bahwa beban kerja secara signifikan mempengaruhi perilaku quiet quitting, artinya semakin tinggi beban kerja yang dirasakan, semakin besar kemungkinan karyawan melakukan perilaku tersebut. Keadilan organisasi juga secara signifikan mempengaruhi perilaku quiet quitting, karena ekspektasi karyawan yang lebih tinggi terhadap keadilan organisasi meningkatkan kecenderungan untuk menunjukkan perilaku tersebut. Secara bersamaan, beban kerja dan keadilan organisasi secara signifikan mempengaruhi perilaku quiet quitting, dengan kontribusi gabungan keduanya sebesar 24,6%. Hal ini menunjukkan bahwa 75,4% varians dijelaskan oleh faktor lain di luar model studi ini. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar manajemen fokus pada keseimbangan beban kerja dan meningkatkan komunikasi serta transparansi kebijakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang adil, sehat, dan produktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 4