cover
Contact Name
Tarikh Azis Ramadani
Contact Email
jtm@ppns.ac.id
Phone
+6282132997501
Journal Mail Official
jtm@ppns.ac.id
Editorial Address
Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi Maritim
ISSN : 26204916     EISSN : 26207540     DOI : https://doi.org/10.35991/jtm.v7i1.3
Jurnal Teknologi Maritim (JTM) adalah Jurnal Teknologi Maritim terindeks Google Scholar, dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Jurnal Teknologi Maritim menyediakan media untuk presentasi dan diskusi tentang perkembangan terbaru dalam penelitian, desain, fabrikasi, transportasi / instalasi dan pengalaman dalam layanan yang berkaitan dengan bidang perkapalan dan maritim. Cakupan yang diharapkan dari Jurnal Teknologi Maritim mencakup bidang perkapalan dan maritim. Perkapalan dan maritim adalah bidang yang terus berkembang, dan kontribusi pada topik-topik berikut ini akan diterima: Struktur dan desain kapal Hidrodinamika Sistem perkapalan Permesinan kapal Transportasi laut Pelabuhan dan manajemen resiko pelabuhan Bangunan dan teknik lepas pantai Material kelautan Energi berkelanjutan dari laut Sains data untuk maritim Radar dan artificial intelligence untuk maritim Pencemaran laut
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Teknologi Maritim" : 3 Documents clear
PERENCANAAN KONSTRUKSI PROFILE PADA KAPAL GENERAL CARGO KM. MERATUS PALEMBANG Diana Langgeng Mustikawati
Jurnal Teknologi Maritim Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v4i1.2339

Abstract

Kapal General Cargo adalah kapal yang mengangkut muatan berupa barang, sehingga syarat-syarat yang diperlukan oleh suatu kapal berlaku pula untuk kapal General Cargo. Namun demikian berbeda dengan jenis kapal umum lainnya seperti kapal Ikan, kapal Tanker mempunyai fungsi operasional yang berbeda. Dengan demikian konstruksi dan desain kapal General Cargo berbeda dengan konstruksi kapal Ikan atau Kapal Tanker. Tujuan perhitungan Konstruksi Profil dan beban kapal adalah untuk mendapatkan perhitungan kapal yang akan dibangun dengan baik dan dilakukan dengan perhitungan sesuai dengan data kapal. Beban Kapal terbesar berada dibagian Geladak Cuaca daerah Buritan yaitu sebesar 41,815 kN/m2. Beban terkecil berada dibagian Compas Deck yaitu sebesar 10,03 kN/m2. Perhitungan Profil L terkecil dibagian Frame Utama pada daerah Buritan Kapal sebesar 202,80 mm, Profil H terbesar berada dibagian Frame Utama pada daerah Haluan Kapal sebesar 259,50 mm dan Perhitungan Profil H terkecil dibagian Frame Utama pada daerah Midship Kapal sebesar 174,60 mm.
Design and Implementation of Water Quality Control in Catfish Farming Using Fuzzy Logic Method with IoT-Based Monitoring System. Rania Yasmin Magriza; Elmi Hidayana; Anggara Trisna Nugraha; Rahma Prilian Evaningsih
Jurnal Teknologi Maritim Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v4i1.2877

Abstract

Lele dikenal sebagai ikan air tawar yang memiliki ketahanan tinggi terhadap kondisi air keruh. Namun, apabila kebersihan air terganggu, dapat menjadi tempat berkembangnya penyakit yang menghambat pertumbuhan ikan bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin mengganti air dalam kolam. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mengusulkan solusi berupa pembuatan sistem pemantauan dan kontrol otomatis yang dapat membantu mengatur kualitas air dalam budidaya lele. Sistem ini melibatkan berbagai sensor seperti pH, DS18B20, HC-SR04, kekeruhan, MQ-135, Wemos D1 R32, pompa air, motor servo, dan ESP-32 camera. Terdapat juga aplikasi Android yang berfungsi memantau dan mengontrol sistem baik secara manual maupun otomatis. Sistem ini menerapkan metode logika fuzzy untuk mendapatkan nilai kendali suhu antara 27-29°C, kadar pH antara 6.5 – 8.5, dan kekeruhan kurang dari 32 NTU. Dari hasil pengujian, diperoleh informasi bahwa untuk menurunkan suhu dari 34 °C menjadi 27 – 29°C dibutuhkan waktu 180 menit, menjaga kadar pH dari 9 menjadi 6.5 – 8 memerlukan waktu yang sama, dan menjaga kekeruhan air dari 40.3 NTU hingga kurang dari 32 NTU membutuhkan waktu 187 menit. Pengujian pemantauan dan kontrol melalui Android menunjukkan keberhasilan hampir keseluruhan dalam uji coba.
Karakteristik KARAKTERISTIK DAN TIMBULAN LIMBAH B3 (BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN) DI PELABUHAN X Mayangsari, Novi Eka; Ngudyana, Ilham; Sophia, Alma Vita; Ramadani, Tarikh Azis
Jurnal Teknologi Maritim Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v4i1.2890

Abstract

Pelabuhan X menyediakan fasilitas proses bongkar muat kapal. Saat melakukkan aktivitas bongkar muat, dibutuhkan alat bantu operasional seperti mobil pick up, forklift, ekskavator, dan alat berat lainnya. Alat bantu operasional tersebut memerlukan perawatan rutin dan selama proses perawatan terdapat limbah B3 yang dihasilkan. TPS Limbah B3 adalah bangunan yang digunakan untuk menyimpan Limbah B3 yang dilakukan oleh Penghasil Limbah B3. Pada perencanaan TPS Limbah B3 ini bertujuan untuk menentukan karakteristik dan jumlah timbulan. Limbah B3 oli bekas dengan timbulan 42 kg/hari. Kain majun bekas dengan timbulan 36 kg/hari. Filter oli bekas dengan timbulan 22 kg/hari. Lampu TL bekas berupa berbahaya terhadap lingkungan dengan timbulan 2 kg/hari. Accu bekas dengan timbulan 1,78 kg/hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 3