cover
Contact Name
Erna Sofriana Imaningsih
Contact Email
erna.imaningsih@mercubuana.ac.id
Phone
+6282110107619
Journal Mail Official
jfm@mercubuana.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Fundamental Management (JFM)
ISSN : 27754480     EISSN : 27756300     DOI : 10.22441/jfm
ournal of Fundamental Management is an academic journal published by the Mercubuana University S1 Management Study Program. The aim of JFM is to promote innovative thinking in the field of management and other related fields. This journal focuses primarily on promoting research results related to the business environment in Indonesia. The journal focuses on the following topics: General Management, MSME Management, Global Business Management, Competitive Strategies, Human Resource Management, Marketing Management, Operations and Logistics, Supply Chain Management, Entrepreneurship, Innovation, and Organizational Behavior.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025" : 10 Documents clear
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPT PUSKESMAS CIPAYUNG Hartinah, Siti; Marlapa, Eri
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23364

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, motivasi kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai pada UPT Puskesmas Cipayung, baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai UPT Puskesmas Cipayung. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 40 responden dengan teknik sampling jenuh. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisa SEM dan pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini membuktikan bahwa Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Beban Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada UPT Puskesmas Cipayung. Kata Kunci: Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja dan Beban Kerja, Kinerja Pegawai.
Peran Kebijakan Dividen dalam Memediasi Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Energi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020 Dwi Rachmadinanti, Andita; M, Hirdinis
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23745

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh return on assets, current ratio, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening padaperusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunkan data sekunder. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Metode analisis menggunkan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan likuiditas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Profitabilitas danLikuiditas memiliki pengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya kebijakan dividen tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas, likuiditas,ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, KOMPENSASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION (Studi pada Karyawan PT. Mega Pasanggrahan Indah Unit Cinere Bellevue Mall) Anggriawan, Ferri; Herminingsih, Anik
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23372

Abstract

This study aims to analyze the effect of career development, compensation and organizational commitment on turnover intention. The population in this study were 116 employees of PT. Mega Pasanggrahan Indah Unit Cinere Bellevue Mall. The sample used is 54 employees, calculated based on the Slovin formula. Sampling method using simple random sampling. This research is a type of causal associative research. The instrument of this research used a questionnaire. The data analysis method used in this research is the Smart PLS version 3.0 application. The results of this study prove that career development has a negative and significant effect on turnover intention, compensation has a negative and significant effect on turnover intention, and organizational commitment has a negative and significant effect on turnover intention.Keywords: Career Development; Compensation; Organizational Commitment; Turnover Intention.
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR Yuliani, Vina
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23768

Abstract

This study aims to determine the effect of brand image, product quality and trust on consumer purchasing decisions for Sariayu Martha Tilaar cosmetic products. This type of research uses quantitative. The number of samples used in this study were 145 respondents who used Sariayu Marta Tilaar cosmetics in south Jakarta. The population in this study are consumers who use Sariayu Martha Tilaar cosmetic products. Data was collected through a questionnaire. This study uses SEM data analysis techniques and data processing using PLS. The results of this research show that Brand Image, Product Quality, and Trust have a positive and significant influence on purchasing decisions for Sariayu Martha Tilaar cosmetic products in DKI Jakarta.
Pengaruh Career Growth Opportunities, Perceived Organizational Support, dan Transformational Leadership terhadap Turnover Intention Karyawan dengan Job Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Operasional PT LRT Jakarta) Riyanmeila, Dheo Twin Stine; Riyanto, Setyo
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23586

Abstract

Penelitian ini tentang analisis pengaruh Career Growth Opportunities, Perceived Organizational Support, dan Transformational Leadership terhadap Turnover Intention Karyawan dengan Job Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Operasional PT LRT Jakarta). Populasi dalam penelitian ini adalah 56 karyawan operasional PT LRT Jakarta terdiri dari bagian Pengendali Operasi (PPKT) dan Awak Sarana Perkeretaapian (ASP). Sampel yang dipergunakan adalah sebanyak 56 responden. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square. Penelitian ini membuktikan bahwa Career Growth Opportunities berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Turnover Intention, Perceived Organizational Support berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Turnover Intention, Transformational Leadership berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Turnover Intention, Career Growth Opportunities berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Job Satisfaction, Perceived Organizational Support berpengaruh positif dan signifikan terhadap Job Satisfaction, Transformational Leadership berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Job Satisfaction, Job Satisfaction berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Turnover Intention, Career Growth Opportunities berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction, Perceived Organizational Support berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction, serta Transformational Leadership berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction.
PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BUS SUMBER JAYA TRANS (Studi Pada Pengguna Bus Sumber Jaya Trans) Rizky Pangestu, Fairus Fauzi; -, Parwoto
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23689

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Pelayanan terhadap keputusan penggunaan bus Sumber Jaya Trans. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna bus Sumber Jaya Trans. Sampel yang dipergunakan sebanyak 100 konsumen, karena populasi anggota tidak diketahui secara pasti jumlahnya sehingga perhitungan sampel menggunakan rumus Cochran (Suigiyono, 2019). Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik. Penelitian ini membuktikan bahwa Citra Merek berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan pembelian. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan pembelian. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan pembelian
Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Izzul Haq, Reiga Ihsanul; Risman, Asep
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.20040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini, nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Tobin’s Q. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan sektor transportasi dan logistik yang telah diaudit dan dipublikasikan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2021. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan dan yang menjadi sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah data regresi data panel dengan menggunakan bantuan aplikasi Eviews 12, yang bertujuan untuk mengetahui masing-masing tingkat signifikan variabel antara variabel independen dengan variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis yang telah ditemukan dapat diketahui bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan keputusan Investasi (PER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BURGER KING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MERCU BUANA (Studi pada Mahasiswa Mercu Buana Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Azmar, Muhammad Mulqi
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23682

Abstract

This research aims to analyze brand image, product quality and price on Burger King purchasing decisions among students at the Faculty of Economics, Mercu Buana University. This research uses a causality research design with a quantitative approach. The population in this study were students at the Faculty of Economics, Mercu Buana University. The sampling technique used in this research is purposive sampling technique and the number of consumers sampled in this research is 180 respondents. The data collection method uses a survey, with a questionnaire research instrument. The data analysis method uses Partial Least Square (Smart-PLS) version 4.0. Based on data analysis, this research can be concluded that brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions, product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions and price has a positive and significant effect on purchasing decisions. buying decision
PENGARUH BEBAN KERJA,KEPUASAN KERJA DAN MANAJEMEN TALENTA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. Pandulima Hydromatic) Yolanda, Ega; Santoso, Sugeng
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.21851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja, kepuasan kerja dan manajemen talenta terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pandulima Hydromatic. Sampel yang digunakan sebanyak 33 karyawan PT. Pandulima Hydromatic, Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel yang semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan alat analisis Smart-PLS. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Beban Kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, dan Manajemen Talenta berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan.Kata Kunci : Beban Kerja,Kepuasan Kerja,Manajemen Talenta,dan Kinerja Karyawan
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 – 2022) Octavia, Anita Dwi; Rosdiana, Riska
Journal of Fundamental Management (JFM) Vol 5, No 1 (2025): MARET 2025
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jfm.v5i1.23704

Abstract

This study aims to examine and analyse the effect of firm size, liquidity, profitability, and activity ratios on firm value of consumer non-cyclicals sector listed on the Indonesia Stock Exchange. Research data is the annual data for the 2016-2022 observation period obtained from the company's annual report. The sampling method used is purposive sampling. The analytical method used in this study is panel data regression with the selected model approach Fixed Effect R2 value of 83.39 percent. The results showed that firm size has a negative effect on firm value, liquidity, and activity ratios had no effect on firm value, while profitability has a positive effect on firm value. (Keywords:  Firm Size, Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Total Aset Trunover (TATO) and Firm Value)

Page 1 of 1 | Total Record : 10