cover
Contact Name
M. Guffar Harahap
Contact Email
publisherbarokah@gmail.com
Phone
+6285360125154
Journal Mail Official
publisherbarokah@gmail.com
Editorial Address
dusun III desa Lengau seprang, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal of Sharia Business Management
  • jurnalmanajemenbisnissyariah
  • Website
Published by CV. Barokah Publisher
ISSN : -     EISSN : 29632218     DOI : -
(INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management) is dedicated to the development of scientific treasures in the field of Islamic economics and finance. Researchers and academics are given space to contribute to various studies published through this journal. The scope of the study of the (INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management) is related to the themes of Islamic economics, Islamic banking, Islamic accounting, sharia management, sharia business, ZISWAF, halal industry, and other studies that correlate with the theme of this journal and have interesting discussion value. Each published article is the sole responsibility of the Author, but the Editor can edit without changing the substance of the article.
Articles 52 Documents
ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI UMMAT PENGUSAHA MIKRO BERBASIS MASJID: ( Studi Kasus Masjid Taqwa Kel. Glugur Darat I Kota Medan ) Sundari, Dewi
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 1 (2022): September
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masjid bagi ummat Islam adalah sebagai tempat ibadah (shalat), sekaligus sebagai tempat untuk mengatur strategi perjuangan ummat dalam rangka menetapkan pembinaan ummat yang lebih efektif dan efisiensi. Disamping itu, masjid juga tempat mendekatkan diri dengan Khaliknya, tempat manusia mengabdi dan bersujud kepada Maha Pencipta. Sesuai dengan makna harfiah dari kata masjid yaitu tempat shalat. Namun Masjid juga dapat dijadikan sebagai prasarana dalam meningkatkan perekonomian ummat salah satunya adalah dengan menyalurkan dana yang ada pada masjid untuk dikembangakan oleh ummat dengan pengembangan usahanya dengan tujuan meningkatkan kehidupan ummat terutama di lingkungan jamaah masjid yang khususnya. Penelitian untuk mengetahui peran masjid yang di koordinasi oleh BMK masjid dalam pengembangan ekonomi umat pengusaha mikro dengan pemberian bantuan modal dan area lapangan masjid kepada ummat terutama jamaah dalam mengembangkan usahanya di Masjid Taqwa Jalan Mustafa Kelurahan Glugur Darat I Kecamatan Medan Timur, Kota Medan yang di jadikan sebagai tempat dan objek penelitian bagi penulis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan ekononomi ummat pengusaha mikro berbasis masjid ini adalah merupakan suatu kegiatan atau langkah yang sangat positif yang dilakukan masjid yang di bawah pengawasan BKM masjid untuk meningkat perekonomian dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi jamaah masjid khususnya jamaah Masjid Taqwa dengan pemberian bantuan fasilitas masjid seperti lapangan pekarangan masjid sebagai tempat berjualan, air serta listrik sebagai kebutuhan penunjang berjalan usaha mikro jamaah serta bantuan dana sebagai modal para jamaah dalam berusaha, sehingga jammah dapat mengembangkan usahanya dan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para jamaah dengan memberikan sedeqah dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan usaha jamaah kepada Masjid Taqwa. Sebagai penulis berharap agar kegiatan ini berlangsung secara terus menerus dan diharapkan juga kepada jamaah selalu memberikan itikad yang baik dalam berusaha dan memegang tanggungjawab dan kepercayaan yang di berikan oleh BKM masjid serta jujur dalam menjalankannya,
PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN Tanjung, Ami Nullah Marlis
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 1 (2022): September
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemiskinan merupakan sebuah fenomena yang belum dan takkan terhapuskan dari muka bumi ini. Kemiskinan timbul akibat perbedaan kemampuan, perbedaan, kesempatan, dan perbedaan sumberdaya. Salah satu akar permasalahan kemiskinan adalah pertambahan jumlah penduduk yang besar. Tingginya jumlah penduduk akan menimbulkan perkembangan jumlah tenaga kerja yang sama cepatnya. Kemiskinan juga dapat disebabkan oleh rendahnya tingkat pendidikan, Lochner mengatakan bahwa semakin rendahnya tingkat pendidikan seseorang dapat disimpulkan bahwa keterampilan yang dimilikinya juga lebih rendah dibandingkan dengan seseorang berpendidikan tinggi, dan waktu luang yang dimiliki seorang lulusan SD dan SMP akan lebih banyak dibandingkan lulusan SMA dan universitas. Dengan demikian, jumlah pengangguran di Sumatera Utara juga akan bertambah sehingga kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akan rendah dan berdampak pada bertambahnya jumlah penduduk miskin. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Jumlah Penduduk (X1), Pendidikan (X2) dan Pengangguran (X3) terhadap tingkat Kemiskinan (Y) di Sumatera Utara tahun 2012- 2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari sebuah hipotesis. Pengumpulan data diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utar dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32 Sampel. Nilai konstanta adalah sebesar 13,225 hal ini menyatakan bahwa jika Kemiskinan tidak mengalami perubahan atau sama dengan 0 maka Kemiskinan nilainya sebesar 13.225 Koefisien regresi Jumlah Penduduk sebesar 0,49, dimana Jumlah penduduk berpengaruh positif terhadap kemiskinan. hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan 1% Penduduk maka akan meningkakan Kemiskinan sebesar 49% Koefisien regresi Pendidikan sebesar 0,82, dimana pendidikan berpengaruh positif terhadap kemiskinan. hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan 1% Pendidikan maka akan meningkakan Kemiskinan sebesar 82% Koefisien regresi Penngangguran sebesar 0,68, dimana pengangguran berpengaruh positif terhadap kemiskinan. hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan 1% Penganngguran maka akan meningkakan Kemiskinan sebesar 68%
PENGARUH UPAH MINIMUM PROVINSI DAN EKSPOR TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA Aswin
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 1 (2022): September
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan ekonomi tidak terlepas dari peran manusia dalam mengelolanya. Manusia merupakan tenaga kerja, input pembangunan, dan juga merupakan konsumen hasil pembangunan itu sendiri. Permasalahan pokok dalam ketenagakerjaan adalah terletak pada tingkat kesempatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah minimum provinsi dan ekspor terhadap penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sumatera Utara. Variabel terikatnya adalah penyerapan tenaga kerja, variabel bebasnya adalah upah minimum provinsi dan ekspor. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data sekunder diperoleh dari buku tahunan dan website resmi BPS Sumatera Utara. Adapun alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program Eviews 8. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel upah minimum provinsi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien determinasi (R square) sebesar 0.775168 yang artinya penyerapan tenaga kerja di Provinsi Sumatera Utara dapat dijelaskan oleh faktor variabel upah minimum provinsi dan ekspor sebesar 77,51%. Sedangkan sisanya sebesar 22,49% penyerapan tenaga kerja dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model analisis dalam penelitian ini.
PENGARUH SUKUK KORPORASI DAN TOTAL ASET PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI radiansyah
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 1 (2022): September
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sukuk korporasi dan total aset perbankan syariah terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen sukuk korporasi dan total aset perbankan syariah dengan satu variabel dependen yaitu pertumbuhan ekonomi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu data dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengenai data sukuk korporasi, total aset perbankan syariah dan pertumbuhan ekonomi nasional selama delapan tahun terakhir, yaitu data tahun 2016 sampai dengan 2020 dengan menggunakan interpolasi data sebanyak 60 data dan menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh data dari tahun 2016 – 2020. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan data sekunder. Hasil penelitiannya secara parsial sukuk korporasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara parsial total aset perbankan syariah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Nilai t tabel sebesar 1.67203. jika dibandingkan dengan t hitung 8.086248 > dari t tabel 1.67203 maka dapat dikatakan variabel sukuk korporasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Kemudian variabel total aset perbankan syariah memiliki t hitung sebesar 10.22120 > dari t tabel 1.67203 artinya variabel total aset perbankan syariah berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonoomi. Secara simultan (sama-sama) variabel independen sukuk korporasi dan total aset perbankan syariah berpengaruh dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai probability 0.0000 < 0,05. Jadi kedua variabel independen sukuk korporasi dan total aset perbankan syariah dapat menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
STRATEGI MANAJEMEN BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN ANALISIS SWOT Harahap, Guffar
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 1 (2022): September
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda menuntut para pemangku kepentingan untuk bekerja sama demi mempertahankan keberlanjutan UMKM di Deli Serdang dan melakukan strukturisasi serta revitalisasi setelah pandemi Covid-19 pada sektor UMKM dengan tujuan untuk melahirkan komitmen serta kepercayaan UMKM di Deli Serdang. Untuk mengurangi dampak negative pada sektor pelaku UMKM Deli Serdang dibutuhkan inovasi yang tepat dan cepat untuk menciptakan aktivitas baru untuk tetap memastikan keberlanjutan usahanya. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti pemanfaatan media sosial dan online shop sebagai alternatif solusi akibat penutupan paksa usaha oleh pemerintah. Pelaku UMKM dihadapkan pada persoalan kehilangan lapak yang disebabkan oleh diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan WFH (Work From Home) . Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka dirumuskan bagaimana strategi untuk mengembalikan eksistensi pelaku bisnis di sektor UMKM Deli Serdang di era pandemi Covid-19 dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi Turnaround yaitu optimalisasi kelemahan untuk mencapai peluang dengan konsentrasi melalui integrasi vertical dengan kegiatan 1). Peralihan ke pemasaran online yaitu dengan cara penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan kinerja UMKM, dan Jika promosi ditingkatkan, maka pedagang memiliki pasar yang pontensial; 2) Profesional UMKM lebih dioptimalkan agar nantinya dapat perhatian dan dukungan dari pemerintah; dan 3) Pelayanan yang dioptimalkan karena berdampak dengan adanya dukungan dari pemerintah dan dibarengi dengan peningkatan promosi jika promosi ditingkatkan, maka pedagang akan berpeluang memiliki pasar yang pontensial. Dengan strategi ini diharapkan dapat mengembangkanmanajemen bisnis UMKM di Deli Serdang
MENGENAL PARIWISATA HALAL DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA Agna Sabrina; Dinda Rizqa Aulia; Shabrina Azzahra; Khairina Tambunan
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 2 (2022): Desember
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The tourism sector is a problem related to travel as tourism is carried out due to the strength of the attractiveness of travel in the country. Tourists are a field that makes it possible to build the economy in the country. With the existence of a global halal lifestyle, it has led to halal tourism in countries, especially countries with a majority Muslim population, such as Indonesia. Halal tourism in Indonesia can affect economic growth. Many provinces and tourist destinations carry out halal tourism travel programs, halal tourism has very developed potential in Indonesia. In Islamic law, halal tourism law uses the guidelines of the Qur'an and sunnah. Halal tourism also pays attention to the values of Islamic teachings such as: (1) monotheism (oneness), such as providing mosque facilities; (2) 'adl (justice), Serving tourists in an equal way without bringing elements of SARA; (3) the khilafah (government), by using the method of legal regulation bringing the breath of Islam; (4) nubuwwah (predictions), concern for prophetic morality; and (5) ma'ad(back), implying an economy not only for the world but also for religion. This research aims to compare tourism and the development of Halal tourism in Indonesia and to understand the potential of halal tourism in Indonesia as a tourist destination
STRATEGI DIGITAL BUSINESS DALAM MENGEMBANGKAN USAHA BAGI WIRAUSAHAWAN MILLENIAL Gita Nurul Fitri Damanik; Anisa Aulia; Silalahi, Purnama Ramadani
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 2 (2022): Desember
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Marketing through digitization media is very influential on young entrepreneurs by utilizing existing social media. In the use of social media such as Instagram, Facebook, WhatsApp, websites, platforms that can be used as brand enhancement, public interest in the products to be marketed, cooperation between entrepreneurs and loyalty. Currently the use of digital technology as an alternative in doing business. The purpose of this research is to find out the use of digital business strategies in developing businesses for millennial entrepreneurs. The method used in this study is a qualitative method using secondary data sourced from books, journals, other supporting scientific articles. This research is a literature study. Based on the results of the study, it was concluded that digital business strategies have an effect on developing businesses that are being run by millennial entrepreneurs. Digital transformation is currently in the spotlight and requires in-depth consideration when responding to developments in information technology. In the millennial era, innovation is needed due to increasingly fierce competition in the business world. Using e-commerce and startup as a business innovation that is able to compete in the globalization era.
ANALISIS PINJAMAN MODAL USAHA PADA SHOPE PAYLATTER MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Neng Siska; Maulida Marpaung; Agung Prasektyo; Purnama Ramadani Silalahi
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 2 (2022): Desember
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

With the rapid development of technology, an application for online shopping (marketplace) appears. One of the biggest in Indonesia is the Shopee marketplace. Within the Shopee application there is a payment feature that can be made in installments, known as Spaylater. the author uses an analytical descriptive method to describe how the process of borrowing, payment, and settlement occurs in the event of a delay in payment on paylater practices in the shopee application. Then for data collection methods using literature review and interviews via online. The results of this study are related to the view of Islamic economics, in view of Spaylater that there are conditions from contracts that are not fulfilled in Spaylater. Because in it there is a late fine given by the Spaylater, this late fine is included in usury ignorance. Therefore the practice of spaylater is not allowed in Islam because it contains elements of usury
PENGARUH BRAND IMAGE DAN JASA CASH ON DELIVERY (COD) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAY CAKES GG. SUBUR, BERINGIN. PEMATANG SIANTAR Latifah Hanum Hutasuhut; Muhammad Radiansyah
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 2 (2022): Desember
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study analyzes the effect of brand image and cash on delivery on purchasing decisions at may Cakes Gg. Fertile, Banyan. Siantar District. The research method used in this research is descriptive quantitative. This research was conducted at the may cakes store Gg. Fertile, Banyan. Siantar District. The time of this research started in July 2022 until August 2022. The population in this study were consumers of may cakes Gg. Fertile, Banyan. Pematang Siantar which totaled 500 people. The results of using the slovin formula in this study the researchers took a sample of 83 consumers of May Cakes Gg. Subur, Banyan Siantar who use cash on delivery services. The analytical method used is multiple linear regression method using the SPSS 20 program. The results of this study indicate that the t-count > t-table (4.697 > 1.29236) and a significant value of 0.000 is less than 0.1 meaning that brand image has a significant effect on purchasing decisions of May Cakes Gg. Fertile, Banyan. Pematang Siantar, then Ha1 is accepted. The t-count > t-table (2.081 > 1.29236) and a significant value of 0.041 is less than 0.1, meaning that cash on delivery has a significant effect on purchasing decisions of May Cakes Gg. Fertile, Banyan. Pematang Siantar, then Ha2 is accepted. Fcount value (30.191) > Ftable (3.111), and a significance value of 0.000 <0.1, it can be concluded that Ha3 is accepted, meaning that the brand image variable (X1) and cash on delivery (X2) have a simultaneous effect on purchasing decisions ( Y). the adjusted coefficient of determination (R Square) is 0.656, this means that 65.6% of the dependent variable can be explained by the independent variable while the rest (100% - 65.6% = 34.4%) is explained by other variables outside the variables studied .
ANALISIS SISTEM INFORMASI PENJUALAN PUPUK BERBASIS E-COMMERCE: ( STUDI KASUS KECAMATAN SOSA TIMUR ) Mutmainnah Khairiah Pakpahan; Tartila; Graudi Haekal
INTERNATIONAL, Journal of Sharia Business Management Vol 1 No 2 (2022): Desember
Publisher : CV. Barokah Publsiher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Along with the development of the era related to technology and information which is very fast, of course, many factors of life are required to use it. One form of business that is becoming the newest trend at this time is e-commerce. It's the same as the Raro fertilizer shop. To increase their sales they use e-commerce as a form of increasing income and from e-commerce also the public gets information about the Raro fertilizer shop using Facebook, Instagram ,web,shopee and lazada. The approach used in this research is descriptive qualitative. is research conducted to collect information about existing symptoms, meaning to identify symptomatic conditions depending on the circumstances in which the research is carried out. The type of data source used is primary data obtained directly from the data source, in this case the researcher obtained data directly from the workers and shop owners of Raro Fertilizers. Store advertising media is more effective because it applies SEO techniques so that the shop address appears on the main search engine page. Customers do not need to come to the store when ordering fertilizer, because ordering transactions can be done online. By looking at the product list on the website's home page, customers can find out stock and more detailed information about the products being sold.