cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
arbainpublishing@gmail.com
Phone
+628983648143
Journal Mail Official
arbainpublishing@gmail.com
Editorial Address
Gunung Arba, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83554
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Knowledge and Collaboration
Published by Arbain Publishing
ISSN : 30475147     EISSN : 30475147     DOI : 10.59613
Core Subject : Science, Education,
Journal of Knowledge and Collaboration is open access and peer-reviewed journal with e-ISSN XXX-XXX, JKC is an international journal devoted to the study of science and technology in a social context. It focuses on the way in which advances in science and technology influence society and vice versa. It is a peer-reviewed journal that takes an interdisciplinary perspective, encouraging analyses whose approaches are drawn from a variety of disciplines such as History, Law, Sociology, Economics, Political Science and International Relations, Technology, Management, Environmental Studies, Health Science etc.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration" : 5 Documents clear
Optimalisasi Jaringan dan Infrastruktur TI untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar di Sekolah Ramadhan, Gildan Jaya Muhammad
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/vpc49n04

Abstract

Di era digital saat ini, jaringan dan infrastruktur teknologi informasi (TI) berperan penting dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah.  Artikel ini menjelaskan pentingnya mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur TI untuk meningkatkan efisiensi, keterlibatan, dan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. Optimalisasi jaringan meliputi peningkatan kecepatan akses Internet, kapasitas bandwidth yang memadai, dan penerapan teknologi jaringan yang handal. Saat ini, infrastruktur TI mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem pengelolaan data yang mendukung kegiatan pembelajaran. Jaringan dan infrastruktur TI yang optimal memungkinkan sekolah menerapkan model pembelajaran berbasis digital seperti e-learning, blended learning, dan flippedclassroom yang memberikan siswa akses fleksibel dan interaktif terhadap sumber belajar. Namun, pengoptimalan ini juga memiliki beberapa tantangan: Contoh: keterbatasan anggaran, keamanan jaringan,  kebutuhan pelatihan fakultas, dll. Oleh karena itu, artikel ini juga membahas strategi dan solusi untuk mengatasi tantangan tersebut, seperti alokasi anggaran yang efisien, penerapan protokol keamanan yang ketat, dan pelatihan TI untuk guru. Harapannya, dengan mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur TI yang tepat, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, interaktif, dan efektif bagi siswa dan staf.
Pengembangan Literasi Matematika di Kalangan Siswa: Strategi dan Tantangan Isnani, Tuti
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/3fr74z16

Abstract

Pendidikan matematika merupakan fokus penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam berbagai situasi kehidupan. Artikel ini menguraikan strategi dan tantangan untuk mengembangkan kemampuan literasi matematika  siswa. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji strategi efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika antara lain pembelajaran berbasis masalah, meningkatkan keterlibatan siswa, pemanfaatan teknologi, dan mendukung keterampilan berpikir kritis. Selain itu, artikel ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan penting dalam mengembangkan keterampilan matematika, seperti kurangnya minat siswa terhadap matematika, kurangnya sumber daya, dan tantangan dalam penilaian. Dengan memahami strategi tersebut dan mengatasi tantangan yang ada. Pendidik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika dan memastikan bahwa semua siswa mengembangkan keterampilan matematika yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan.
Efektivitas Metode Demonstrasi dan Ceramah dalam Mengubah Perilaku Negatif menjadi Positif pada Siswa Sekolah Dasar Saputra, Dedi
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/r25kmh83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode demonstrasi dan ceramah dalam mengubah prilaku negatif menjadi positif pada siswa sekolah dasar. Metode pembelajaran ini dianggap penting dalam konteks pendidikan dasar untuk membentuk karakter siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi ini menggunakan pendekatan sistem writing library untuk mengumpulkan dan menganalisis studi-studi terkait dari berbagai sumber literatur akademis. Information yang dianalisis meliputi temuan-temuan utama, metode penelitian yang digunakan, populasi studi, dan implikasi hasil penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode demonstrasi dan ceramah memiliki potensi yang signifikan dalam mengubah prilaku negatif menjadi positif pada siswa sekolah dasar. Pendekatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung serta pemahaman konseptual yang mendalam melalui penjelasan verbal. Temuan dari berbagai studi menunjukkan bahwa kombinasi kedua metode ini dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kedisiplinan, kerjasama, dan sikap positif siswa. Namun demikian, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kekurangan dan tantangan dalam penerapan metode demonstrasi dan ceramah, termasuk keterbatasan waktu, sumber daya, dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan kedua metode ini secara efektif dalam pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan pelatihan dan dukungan bagi guru dalam mengimplementasikan metode ini dengan baik. Kesimpulannya, metode demonstrasi dan ceramah memiliki potensi yang besar dalam mengubah prilaku negatif menjadi positif pada siswa sekolah dasar. Namun, diperlukan pendekatan yang holistik dan dukungan yang memadai dari berbagai pihak terkait untuk memastikan efektivitas penerapan metode ini dalam konteks pendidikan dasar. Penelitian masa depan dapat lebih mengeksplorasi strategi yang lebih inovatif dan terintegrasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam membentuk prilaku positif pada siswa sekolah dasar.
Peranan Peradilan Adat dalam Penyelesaian Sengketa Perdata: Implikasi Hukum dan Sosial Budaya Umam, Farhan Chaerul
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/aes6b877

Abstract

Penyelesaian sengketa perdata merupakan bagian integral dari sistem hukum suatu negara.nNamun, di banyak komunitas, terutama di daerah pedesaan dan memiliki latar belakang budaya yang kaya, peradilan adat masih menjadi pilihan pertama dalam penyelesaian sengketa. Tujuan jurnal ini adalah menganalisis peran pengadilan biasa dalam penyelesaian sengketa perdata serta dampak hukum dan  sosial budayanya.  Dalam konteks hukum, yurisdiksi adat sering kali dipandang sebagai alternatif atau  bertentangan dengan sistem hukum nasional formal. Artikel ini mengkaji perbedaan antara kedua sistem penyelesaian sengketa ini dan mengeksplorasi cara untuk memahami hubungan dinamis antara sistem hukum common law dan sistem hukum formal.Selain itu, jurnal ini juga mengeksplorasi implikasi sosio-kultural dari penggunaan peradilan adat dalam penyelesaian sengketa perdata.Dalam masyarakat yang masih bercirikan nilai-nilai tradisional, pengadilan adat seringkali dipandang sebagai lembaga yang lebih tepat dan familiar bagi masyarakat. Namun hal ini juga dapat menimbulkan pertanyaan mengenai kesetaraan, keadilan dan perlindungan hak asasi manusia dalam konteks yang lebih luas. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran peradilan adat dalam penyelesaian sengketa perdata dan pengaruhnya terhadap perkembangan sosial, budaya dan  hukum  suatu negara melalui analisis kasus-kasus tertentu dan penelitian literatur.
Pengembangan Kompetensi Karyawan di Era Digital: Tantangan dan Strategi bagi Departemen MSDM Habibah, Nur
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/41bm4566

Abstract

Era digital telah mengubah lanskap bisnis secara fundamental, memunculkan tantangan baru bagi departemen Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam pengembangan kompetensi karyawan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh departemen MSDM dalam konteks era digital, serta menyajikan strategi yang dapat diadopsi untuk mengatasi tantangan tersebut. Salah satu tantangan utama adalah adaptasi terhadap perubahan teknologi yang cepat, yang memerlukan karyawan untuk memperbarui dan meningkatkan keterampilan mereka secara terus-menerus. Selain itu, era digital juga menuntut perubahan dalam pendekatan pengembangan kompetensi karyawan, dengan penekanan yang lebih besar pada pembelajaran mandiri, pembelajaran berbasis pengalaman, dan penggunaan teknologi pembelajaran digital. Artikel ini juga mengidentifikasi beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh departemen MSDM, termasuk investasi dalam platform pembelajaran online, kolaborasi dengan institusi pendidikan dan pelatihan, serta menciptakan budaya organisasi yang mendukung pembelajaran kontinu

Page 1 of 1 | Total Record : 5