cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
arbainpublishing@gmail.com
Phone
+628983648143
Journal Mail Official
arbainpublishing@gmail.com
Editorial Address
Gunung Arba, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83554
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Knowledge and Collaboration
Published by Arbain Publishing
ISSN : 30475147     EISSN : 30475147     DOI : 10.59613
Core Subject : Science, Education,
Journal of Knowledge and Collaboration is open access and peer-reviewed journal with e-ISSN XXX-XXX, JKC is an international journal devoted to the study of science and technology in a social context. It focuses on the way in which advances in science and technology influence society and vice versa. It is a peer-reviewed journal that takes an interdisciplinary perspective, encouraging analyses whose approaches are drawn from a variety of disciplines such as History, Law, Sociology, Economics, Political Science and International Relations, Technology, Management, Environmental Studies, Health Science etc.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 6 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration" : 5 Documents clear
Peran Akuntansi Manajemen dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Modern Perlina Gulo
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 6 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/4awh2m97

Abstract

Dinamika ekonomi global dan kompetisi bisnis yang semakin ketat mendorong organisasi untuk memiliki sistem informasi manajemen yang dapat diandalkan. Penelitian ini menganalisis kontribusi strategis akuntansi manajemen dalam meningkatkan kinerja organisasi modern. Melalui pendekatan studi literatur komprehensif dan analisis konseptual, artikel ini mengeksplorasi karakteristik, fungsi, dan implementasi akuntansi manajemen sebagai instrumen vital dalam pengambilan keputusan strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi efektif akuntansi manajemen dalam budaya organisasi berkontribusi signifikan terhadap optimalisasi proses bisnis, efisiensi operasional, dan daya saing perusahaan. Penelitian ini juga mengidentifikasi transformasi digital dan keberlanjutan sebagai katalisator evolusi praktik akuntansi manajemen kontemporer yang mendukung pencapaian tujuan jangka panjang organisasi.
Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Locus of Control sebagai Variabel Mediasi pada Industri Kreatif di Yogyakarta Febitha Asyifa Salma; Lela Hindasah
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 6 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/4eygxs16

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, dengan locus of control sebagai variabel mediasi, pada pelaku UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Peneliti menjadikan pelaku UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai subjek penelitian, dengan 173 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SmartPLS v.4. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Sikap keuangan juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Selain itu, locus of control terbukti berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Literasi keuangan memengaruhi locus of control secara positif, sedangkan sikap keuangan tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap locus of control. Locus of control berperan memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, tetapi tidak memediasi pengaruh sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan.
Jembatan Dialog: Memperkuat Hubungan Negara dan Warga di  Era Digital Azka, Bulan Madynati; Putri , Sasqia Nabilah
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 6 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/tpwn8t32

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang pentingnya membangun jembatan dialog antara negara dan warga negara di era digital. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara warga berinteraksi dengan pemerintah. Penelitian ini menganalisis berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk memperkuat hubungan tersebut dengan fokus pada transparansi, partisipasi public dan pemanfaatan platform digital.  Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus komparatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa dialog yang efektif antara negara dan warga dapat meningkatkan kepercayaan publik, memperbaiki kualitas kebijakan publik dan membangun tata kelola pemerintahan yang lebih responsif.
Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar Anjun, Anjun; khoimatun, Khoimatun; Tobroni, Tobroni
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 6 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/rwr6zw09

Abstract

Pendidikan merupakan proses penting untuk mewariskan nilai-nilai budaya dan mengembangkan potensi peserta didik agar mencapai kedewasaan dan menjalankan tugasnya secara mandiri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Dalam konteks pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningktkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran self directed learning menekankan pada keterlibatan aktif siswa secara mandiri untuk mmperoleh hasil yang sesuai. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang tepat jika diterapkan dengan model pmbelajaran mandiri, karena dapat menekankan pada kemampuan berfikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest only control group desain, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data angket dan tes, semua data tersebut untuk mengetahui efektifitas pengaruh model pembelajaran self directed learning. Berdasarkan data yang dianalisis, menunjukan bahwa untuk aktivitas belajar menggunakan uji independent sampel t test mendapatkan hasil nilai sig (2-tailed) 0,030<0,05 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil angket pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan hasil belajar mendapatkan hasil nilai sig (2-tailed) 0,013<0,05 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan untuk peningkatan hasil belajar menggunakan uji n-gain yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen pretest 74,02 posttest 80,13 dan nilai n-gain 0,83 dengan kriteria tinggi sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pretest 75,11 posttest 76,44 dan nilai n-gain 0,65 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran self directed learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Aktualisasi Pendidikan Agama Kristen terhadap Spiritual Peserta Didik di Era Digital Bunga, Faldin Adrianus; Sinaga, Dina Anjely; Ritonga, Naomi Yolanti Octavia; Purba, Laura Paulina Dau Br; Tapparan, Joshua Mario
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 6 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/x93syb02

Abstract

The application of Christian religious education values in everyday life is important because with a good education pattern, especially in the family, it will have an impact on the spirituality of students both at home and at school. But what often happens so far is that there is no good education in schools or families. With the above problems, this article aims to explain again to every teacher and parent so that they are able to apply Christian values in everyday life. The purpose of this article is to provide a correct understanding in applying Christian values Efforts to improve the spirituality of students. The method used in this writing is a qualitative descriptive method with a Library approach from sources from scientific journals, books and also websites that can support this writing to apply Christian values in everyday life. The results of this article explain how important it is to apply Christian values in improving the spirituality of students, therefore Christian Religious Education can be implemented properly in accordance with the truth of God's Word.

Page 1 of 1 | Total Record : 5