cover
Contact Name
Yogi Setiawan
Contact Email
jurnal.P4I@gmail.com
Phone
+62851733700892
Journal Mail Official
jurnal.P4I@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 27752585     EISSN : 27752593     DOI : https://doi.org/10.51878/educational.v4i4
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan pengajaran.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2021)" : 10 Documents clear
PENDEKATAN TEBAR PESONA TIM OLIMPIADE SAINS DI SMAN TITIAN TERAS HAS BURHANI BURHANI
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.369

Abstract

Komunitas siswa berprestasi yang tergabung dalam unit ekstrakurikuler Olimpiade Sains Nasional (OSN) di sekolah, memiliki banyak keunikan. Karakteristik mereka yang beragam, membuat sang pembina harus memiliki banyak keterampilan dan keahlian dalam melakukan pendekatan. Setelah berkecimpung sangat lama, yang dimulai sejak tahun 2004, berbagai formulasi dilakukan, sampai akhirnya dirumuskan menjadi sebuah pola terstruktur. Pendekatan yang diberikan kepada mereka, tidak bisa diseragamkan seperti peran seorang guru dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Fenomena ini terus diamati sebagai pembina dan pelatih. Kesalahan kecil yang dilakukan, baik oleh pembina maupun siswa, akan turut andil dalam kegagalan pencapaian tujuan pembinaan. Akhirnya ditemukan sebuah pola pembinaan dan pendekatan kepaa siswa yang tergabung dalam unit Olimpiade Sains Nasional (OSN) di sekolah. Pendekatan tersebut dikenal dengan Tebar Pesona (Teman Baik, Sabar, Perhatian, Serius, Objektif, Normatif dan Apresiatif). Pendekatan yang dilakukan kepada siswa bidang Astronomi dan Kebumian, telah berhasil mengirimkan siswa ke tingkat nasional, serta menjadi sebuah fenomena menarik, karena berhasil secara terus menerus ke tingkat nasional sejak tahun 2008 sampai tahun 2020 padang bidang Astronomi, serta tahun 2011 sampai tahun 2020 pada bidang Kebumian, dengan jumlah 19 orang bidang Astronomi. Sedangkan dan 11 orang bidang kebumian.
PEMBELAJARAN PKN DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI QUIZIZZ DI TENGAH PANDEMI COVID 19 INDYAH TRI HASTUTI
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.370

Abstract

Pandemi covid 19 memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia, sehingga mengubah gaya hidup dan rutinitas manusia. Hal ini juga mengakibatkan perubahan di dunia pendidikan yang semula kegiatan pembelajaran dengan tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang sering disebut pembelajaran daring. Untuk mempermudah pembelajaran daring diperlukan media yang membantu pendidik dalam pembelajaran salah satunya menggunakan media aplikasi quizizz yang bernilai edukasi. Apalagi pelajaran PKn oleh sebagian siswa dipandang sebagai pelajaran yang membosankan , maka dengan menggunakan aplikasi quizizz diharapkan siswa tertarik , lebih tertantang dan tidak membosankan lagi. Aplikasi Quizizz merupakan aplikasi bermain yang dapat digunakan dalam pendidikan yang bersifat naratif dan fleksibel. Penelitian ini menggunakan metode study pustaka yaitu membaca, menelaah, dan mengkaji buku-buku maupun tulisan yang berkaitan dengan pembahasan. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa media aplikasi quizizz sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran PPKn
PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMP NEGERI 3 NGRAMBE GUNAWAN WIBISANA
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.377

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan penerapan Lesson Study mampu meningkatkan kemampuan mengajar guru pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh SMP Negeri 3 Ngrambe semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian ini adalah guru di SMP Negeri 3 Ngrambe yang berjumlah 29 orang. Desain penelitian ini berbentuk penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 2 x 60 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Lesson Study mampu meningkatkan kemampuan mengajar guru pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh SMP Negeri 3 Ngrambe semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan kemampun mengajar guru dari 17 guru (59%) yang mencapai predikat miminal baik pada pra siklus menjadi 23 guru (79%) yang mencapai predikat miminal baik pada siklus I dan meningkat menjadi 28 guru (97%) yang mencapai predikat miminal baik. Nilai rata-rata kemampuan menyusun RPP guru meningkat dari 80,67 pada pra siklus menjadi 84,30 atau meningkat 5% pada siklus I dan menjadi 88,55 atau meningkat 10% pada siklus II.
PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 RUMIYATI RUMIYATI
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan learning management system (LMS) sebagai media pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan karena terjadi perubahan proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring/online dengan bantuan teknologi sebagai media pembelajaran daring. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah métode kajian pustaka. Data penelitian yang dikumpulkan berupa data sekunder dari studi literatur. Sumber data yang digunakan diambil dari berbagai referensi yang relevan dengan penelitian seperti buku, jurnal penelitian, dan manual book learning management system. Teknik analisis data yang digunakan adalah análisis isi (content análysis), yaitu mengkaji informasi utama yang dibahas dalam referensi, mengaitkan dengan setiap topik bahasan, dan melakukan pemetaan konsep dalam bentuk tabel perbandingan. Hasil akhir dari penelitian adalah memberikan kemudahan dalam memanfaatkan learning management system sebagai media pembelajaran daring di era pandemi covid-19.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DESAIN WADAH PEMBESARAN IKAN KELAS XII PERIKANAN SMK NEGERI 1 TANJUNG PALAS MUHRAM MUHRAM
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.475

Abstract

Pendekatan kontekstual (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran afektif, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan 3 siklus yakni Pra siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II juga dilakukan dengan 2 X pertemuan. Pada pra siklus, jumlah siswa belajar tuntas hanya mencapai 7 siswa dan nilai rata-rata hanya 63,42. Pada siklus I Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 21 siswa, nilai rata-rata mencapai 78,8 Pada siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 25 siswa, nilai rata-rata mencapai 84. Artinya Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Desain dan tata letak wadah pembesaran dan bagian-bagiannya
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PONOROGO KHOIRIYATUL FARIDA
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.476

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di lembaga pendidikan SMP Negeri 5 Ponorogo Jawa Timur , salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery . Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Pembelajaran yang aktif dan menarik sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kemauan dan konsentrasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. Di sisi lain hasil belajar peserta didik juga perlu untuk terus ditingkatkan dalam upaya memenuhi Kriteria Ketuntasan belajar klasikal . Hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus ini telah menunjukkan bahwa model Pembelajaran Discovery sangat efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terutama dalam Kompetensi Dasar Memahami Cara Berbakti dan Taat Kepada Orang Tua dan Guru pada Peserta Didik Kelas IX G SMP Negeri 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019 / 2020 . Hal ini didasarkan pada pengamatan proses pembelajaran yang mengalami peningkatan keaktifan peserta didik dari siklus-1 ke siklus-2 dan juga adanya peningkatan nilai hasil belajar peserta didik sehingga ketuntasan secara klasikal dapat tercapai dari siklus -1sebesar 76 % ke siklus – 2 sebesar 86% .
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENDAMPINGAN MANAJERIAL DI SMA NEGERI 1 TANJUNG SELOR SUNJONO SUNJONO
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.477

Abstract

Data best practice yang diperoleh dari hasil observasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada siklus I, hasilnya termasuk katagori “baik” dengan rata-rata skor 6,75. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring sudah baik, akan tetapi perlu peningkatan. Sedangkan untuk kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada siklus II juga ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu: penilaian pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring berada pada katagori “sangat baik”. Dengan melihat hasil pada siklus II, maka refleksi terhadap hasil yang diperoleh penulis pada siklus II ini adalah adanya peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor yang diperoleh dalam pendampingan pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pra siklus : 4,1, siklus I : 6,75 dan siklus II : 10,75. Sedangkan dari jumlah guru, 100 % sudah mencapai kriteria yang ditetapkan..
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY DALAM MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENULIS SISWA KELAS VII/A MTsN TARAKAN NINIK QODAR ISMAWARNI
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.478

Abstract

Tujuan yang diharapkan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menulis siswa kelas VII/A MTsN Tarakan tahun pembelajaran 2020/2021 setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran model Learning Community (masyarakat belajar). Obyek penelitian ini adalah aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan yang di gunakan sebanyak dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil aktivitas dan nilai belajar siswa kelas VII/A MTsN Tarakan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil aktivitas siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II adalah 50.5%, 70.4% dan 88.0%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai pra siklus (72.1) ke siklus I (78.1) dan siklus II (83.2) dari 36 siswa atau sebanyak 100 % siswa telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75.0. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Learning Community pada materi menulis jati diri pembelajaran Bahasa Inggris bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII/A MTsN Tarakan tahun pembelajaran 2020/2021.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII MTSN 7 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 LULUK AZIZATUL MA’RIFAH
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.586

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran knisley berbasis kontekstual pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTsN 7 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa pada materi lingkaran. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Knisley berbasis kontekstual. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi, dan tes. Langkah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Knisley meliputi: 1) Konkret-Reflektif, guru menjelaskan konsep berdasarkan pengetahuan yang telah diketahui siswa; (2) Konkret-Aktif, guru memberikan tugas dan dorongan agar siswa melakukan percobaan, mengukur, atau membandingkan untuk menemukan konsep; (3) Abstrak-Reflektif, siswa membuat atau memilih pernyataan yang terkait dengan konsep baru, dan juga menyangkal pernyataan yang salah; (4) Abstrak-Aktif, siswa latihan memecahkan masalah menggunakan konsep baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti dapat menerapkan model pembelajaran Knisley berbasis kontekstual pada materi lingkaran dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis penelitian yang diperoleh peneliti pada hasil lembar observasi dan tes akhir siklus. Hasil observasi menunjukkan bahwa prosentase aktivitas guru mencapai 92,26% dengan kategori sangat baik, dan hasil observasi aktivitas siswa prosentasenya 89,88% dengan kategori baik. Sedangkan secara klasikal ketuntasan yang dicapai siswa pada tes akhir siklus adalah 90.625% yakni dari 32 siswa kelas VIII C MTsN 7 Kediri, ada 29 siswa yang nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Klasikal (KKM) ?76. Sehingga penelitian dengan Penerapan Model Pembelajaran Knisley berbasis kontekstual pada materi lingkaran, pada siswa kelas VIII C MTsN 7 Kediri dikatakan berhasil.
PERSEPSI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN MADRASAH BINAAN KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021 NUR SA'IDU
EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/educational.v1i3.621

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskrpsikan persepsi tingkat kepuasan masyarakat pengguna jasa pendidikan terhadap kulaitas layanan Pendidikan serta dimensi-dimensi yang yang berpengaruh terhadap kepuasan orang tua siswa di Madrasah binaan kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Pengukuran terhadap kualitas Pendidikan menggunakan SERVQUAL yang meliputi dimensi Tangible, Reliability, Responsevenes, Assurance, Empathy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptip dengan teknik survey secara Daring (dalam jaringan/online). Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post de Facto yaitu tidak perlu memberikan perlakuan lagi terhadap variabel bebas tapi tinggal melihat efeknya pada varibel terikat, dengan menggunakan pendekatan historis ,penelitian korelasional, dan penelitian kausal dengan korelasi. Teknik pengambilan sample menggunakan stratified sampling random berdasarkan jumlah orang tua siswa pada madrasah binaan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah Angket dengan bentuk pilihan yang menggunakan skala linkert 5 alternatif jawaban dan sebagai data pembanding menggunakan wawancara dengan komite dan guru kelas 6, kepala madrasah. Hasil yang dtemukan dalam penelitian ini tentang persepsi masyarakat terhadap madrasah binaan adalah sebagai berikut : dimensi Tangible 69,47 %, Reliability 75,67%., Responsevenes 70,32%., Assurance 72,48%, Empahty 76,37%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10