cover
Contact Name
Findra Kartika Sari Dewi
Contact Email
findra.dewi@uajy.ac.id
Phone
+6289669292888
Journal Mail Official
jiaj@uajy.ac.id
Editorial Address
Prodi Informatika UAJY, Kampus 3, Jalan Babarsari Nomor 43, Sleman 55281
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Informatika Atma Jogja
ISSN : -     EISSN : 28285816     DOI : https://doi.org/10.24002/jiaj.v5i2.8852
Core Subject : Science,
We aim to share high-quality research in Informatics, providing valuable insights and innovations for academics, IT specialists, computer scientists, and industry practitioners. We strive to encourage a lively knowledge exchange within the global IT community. Jurnal Informatika Atma Jogja publishes original research articles and systematic reviews in Informatics. Informatics involves studying the design, development, and management of informatics systems and technologies to support organizational and societal goals. The journal covers a wide range of topics, including: Computational Science Graphics and Visualization Human-Computer Interaction Information Management Information Assurance and Security Platform-based Development Parallel and Distributed Computing Software Engineering
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI" : 10 Documents clear
Pembangunan Sistem Pelaporan Surveyor Lapangan untuk Kementerian Kelautan & Perikanan Republik Indonesia Agung Prio Rismawan; Eduard Rusdianto; Joseph Eric Samodra
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sektor kelautan di Indonesia memiliki potensi yang besar karena sumber kelautan yang banyak dan beragam. Salah satu cara untuk menjaga dan mengawasi potensi alam tersebut adalah dengan melakukan kegiatan pelaporan dalam ruang lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tapi dalam praktiknya, banyak sekali oknum yang melakukan kecurangan saat survei. Kecurangan tersebut di antaranya adalah memberikan laporan palsu, tidak benar-benar survei di lapangan dan data-data pelaporan dimanipulasi sehingga data pelaporan tidak akurat. Aplikasi pelaporan dibuat dengan platform mobile dan menggunakan arsitektur BLoC (Business Logic Component). Arsitektur BLoC digunakan karena mudah dipahami dan powerful. Arsitektur BLoC membagi setiap komponen bagian menjadi modul yang kecil-kecil dan tidak bergantung satu-sama lain (low coupling). Arsitektur BLoC juga dapat memisahkan antara komponen logic dan presentation layer. Pemisahan ini akan memudahkan proses maintenance kode. Misalnya, pada saat suatu implementasi kode diubah, maka tidak diperlukan banyak perubahan pada kode yang lainnya.
Pengembangan Aplikasi Layanan Multiguna Menggunakan Low-Code Platform (Studi Kasus: Astra Credit Companies) Azarya Abednego; Suyoto; Eddy Julianto
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan Astra Credit Companies merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri pembiayaan mobil dan alat berat di Indonesia. Di dalamnya, terdapat Layanan pinjaman dana atau disebut juga layanan multiguna yang merupakan layanan pemberian pinjaman dana untuk masyarakat dengan jaminan BPKB, namun layanan tersebut masih dalam proses pengembangan. Dari permasalahan tersebut, penulis akan mengembangkan layanan pinjaman dana atau layanan multiguna di dalam laman situs acc.co.id menggunakan Low-Code Platform. Low-Code Platform dipilih sebagai platform pengembangan karena kecepatan dalam pembuatan sebuah perangkat lunak, sistem pembuatan User Interface secara drag and drop, bekerja dengan sistem cloud computing, dan banyak keunggulan lainnya. Kata Kunci: Layanan Multiguna. Low-Code Platform, Outsystems
Rancang Bangun Aplikasi Help Desk Berbasis Website dengan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Pt Collega Inti Pratama) Frans Josua Damanik; Yulius Harjoseputro; A. Djoko Budiyanto
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Collega Inti Pratama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang terbesar untuk Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. PT Collega Inti Pratama memberikan sebuah solusi kerjanya dalam dua kategori yaitu kategori produk dan kategori jasa layanan. Untuk jasa layanan, saat ATM mengalami kerusakan konsumen akan melaporkan kerusakan dengan mengirimkan pesan melalui email ataupun telepon. Kerusakan tersebut nanti akan dilanjutkan ke berbagai departemen yang akan memperbaiki permasalahan tersebut. Oleh karena itu peneliti membuat suatu aplikasi yang dapat menampung setiap permasalahan dari konsumen. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL dan menggunakan framework CodeIgniter. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah konsumen Bank dan Departemen Switching. Aplikasi ini dapat mempermudah pihak konsumen bank dalam melakukan pembuatan laporan kerusakan ATM/bank secara online. Sedangkan pada departemen switching, aplikasi ini dapat membantu dalam pembagian keluhan kerusakan konsumen ke departemen lain secara online dan dapat melakukan cetak laporan.Kata Kunci: Help Desk, PHP, Codeigniter, MySQL, Web site.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Internet Service Provider di Daerah Condongcatur Menggunakan Metode AHP Berbasis Web Stefanus Jelang Alam Pranggono; Th. Adi Purnomo Sidhi; Paulus Mudjihartono
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet Service Provider (ISP) merupakan perusahaan atau penyedia jasa layanan internet. Setiap ISP memiliki jenis produk serta kualitas layanan yang disediakan berbeda-beda, seperti bandwidth, kualitas jaringan, pemeliharaan, kestabilan koneksi, kecepatan, hingga harga, serta perangkat yang digunakan. Setiap penyedia jasa layanan internet juga pasti memiliki layanan, cakupan lokasi hingga kecepatan yang berbeda pula, sehingga pengguna yang ingin memasang atau menggunakan jasa ini sering merasa kebingungan. Pada penelitian kali ini, dilakukan dengan membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan maksud untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dengan menggunakan sistem SPK maka akan dilakukan proses manajemen data untuk dapat memilah beberapa jenis ISP yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah membangun Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process atau AHP untuk dapat membantu pengguna dalam melakukan proses pemilihan dari jasa layanan Internet Service Provider. Perolehan atau hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat mengetahui ISP yang layak digunakan di daerah Condongcatur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kata Kunci: Internet Service Provider, Analitycal Hierarchy Process, Sistem Pendukung Keputusan
Pengujian Website ACC.CO.ID Revamp Menggunakan Metode Black Box Testing Vanessa Angela Amei; Andi Wahju Rahardjo Emanuel; Stephanie Pamela Adithama
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Acc.co.id Revamp adalah website yang berisi informasi mengenai perusahaan dan sebagai sarana online untuk memberikan layanan pembiayaan pada proses bisnis PT. Astra Credit Companies. Website Acc.co.id mengalami pengembangan ulang untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam proses transaksi, sehingga pengujian terhadap website ini perlu dilakukan agar kualitas website sesuai dengan user requirement pengembangan awal. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode black box testing berbasis equivalence partitioning untuk menguji fungsionalitas website. Pengujian dilakukan dengan menerapkan dua teknik pengujian yaitu manual dan otomatis yang memanfaatkan tool Katalon Studio. Pengujian difokuskan pada 15 fungsi dalam website Acc.co.id Revamp. Berdasarkan hasil pengujian, terdapat perbedaan kinerja antara pengujian manual dan otomatis. Dari segi waktu, pengujian manual berjalan lebih cepat dibandingkan dengan teknik otomatis dengan persentase rata-rata waktu pengujian yaitu sebesar 55%. Selain itu, ditemukan adanya dua bug dari 15 fungsi yang yang diuji yang disebabkan karena terdapat ketidaksesuaian dengan user requirement yang telah disepakati. Kata Kunci: Acc.co.id, Katalon Studio, black box testing, manual testing, equivalence partitioning
Pembangunan Sistem Informasi Gerakan Pandai Berbasis Website dengan Menggunakan Framework Laravel Vinsensia Resti; Yonathan Handarkho; Martinus Maslim
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gerakan Pandai merupakan program yang diselenggarakan oleh Bebras Indonesia yang berisikan berita dan event yang diselenggarakan. Namun, seiring berjalannya waktu, Gerakan Pandai mengalami kendala dalam pengolahan data karena banyaknya jumlah peserta dan anggota yang bergabung. Dari permasalahan ini, dapat diatasi dengan membangun sebuah sistem yaitu “Pembangunan Sistem Gerakan Pandai Berbasis Website Dengan Menggunakan Framework Laravel” dengan tujuan untuk membantu NBO sebagai super admin dalam mengelola data termasuk anggota data anggota Gerakan Pandai serta dapat menampilkan event dan acara yang akan diselenggarakan. Sistem Gerakan Pandai ini akan memudahkan juga dalam mengelola data master seperti data biro, data guru, data siswa, data sekolah, data paket, data regu, dan data personil biro serta memiliki import dan eksport data, serta penyajian data dalam bentuk grafik. Sistem Informasi Gerakan Pandai ini dibangun menggunakan framework Laravel, Javascript dan CMS untuk membuat konten halaman blog, serta menggunakan basis data MySQL untuk penyimpanan data.Kata Kunci: Gerakan Pandai, Framework Laravel, CMS.
One-Shot Learning Face Recognition untuk Presensi Akademik Menggunakan Deep Convolutional Neural Network Wailan Thom Tirajoh; B. Yudi Dwiandiyanta; Martinus Maslim
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk pandemi seperti sekarang ini, masyarakat lebih berhati-hati untuk kontak langsung dengan sebuah benda. Sehingga metode presensi dengan menggunakan fingerprint yang mayoritas diterapkan jadi tidak optimal. Agar tidak kontak langsung dengan mesin, pengenalan wajah dapat diterapkan sebagai pengganti proses presensi biometrik. Metode yang digunakan adalah multi-task cascaded convolutional network (MTCNN) untuk deteksi wajah dan Deep Convolutional Neural Network untuk identifikasi wajah. Perancangan aplikasi menggunakan python sebagai bahasa pemrograman, Sqlite3 sebagai basis data, Tkinter sebagai antarmuka, OpenCV & Tensorflow sebagai library pendukung, dan FaceNet & DLib sebagai framework tambahan. Aplikasi pengenalan wajah untuk presensi dapat meningkatkan proses presensi dengan cepat dan tepat karena model yang digunakan memiliki akurasi yang hampir sempurna (Labeled Faces in the Wild 99.63% & Youtube Faces DB 95.12%) sehingga presensi yang tercatat akurat. Kata Kunci: Presensi akademik, Deep Convolutional Neural Network, Multi-Task Convolutional Neural Network, Deteksi dan Pengenalan Wajah.
Penerapan Metode K-Nearest Neighbor untuk Mendeteksi Penyakit Kulit Wilson Saputra; Alb. Joko Santoso; Patricia Ardanari
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyakit kulit adalah sebuah penyakit dimana penderitanya akan merasakan sebuah kondisi saat lapisan luar tubuh mengalami sebuah gejala yaitu iritasi atau meradang. Beberapa dampak yang dapat disebabkan yaitu perih, memar, gatal. Penyakit kulit biasanya disebabkan oleh infeksi virus, jamur, parasit atau bakteri yang menjadi penyebab penyakit kulit yang umumnya. Skinease adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan untuk membantu penderita penyakit kulit mendeteksi penyakit kulit apa yang dideritanya melalui gejala-gejala yang dirasakan. Penerapan metode untuk sistem mendeteksi adalah sebuah alternative online yang dapat digunakan untuk berjaga-jaga. Skinease menggunakan data training dan data testing untuk mencari K-Nearest Neighbor atau K-NN tetangga terdekat dari gejala-gejalanya untuk mendefinisikan penyakit apa yang diderita. Skinease menampilkan data penyakit, gejala, dan perhitungan persamaan untuk mencari k-nn. Skinease dikembangkan menggunakan MERN (MongoDB, Express, React, NodeJs). MongoDB sebagai database, NodeJs dan Express sebagai backend, dan React sebagai frontEnd. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Kulit, Gejala, K-NN, Skinease
Sistem Informasi Biro Perjalanan Wisata di Labuan Bajo Yohanes Erros Sahu; Joseph Eric Samodra; Vinindita Citrayasa
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Labuan Bajo merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam perkembangannya pariwisata di Labuan Bajo mengalami peningkatan jumlah wisatawan dalam kurun tiga tahun terakhir terhitung sejak 2017 sampai 2020. Peningkatan jumlah wisatawan telah memotivasi masyarakat Labuan Bajo untuk merambah bisnis perjalanan wisata. Namun, penggunaan pihak ketiga yaitu tour travel agent tidak terlepas dari permasalahan yaitu, social awareness problem dan role model problem. Oleh karena itu, dengan pemanfaatan teknologi sistem informasi diharapkan mampu meminimalisir peran manusia sehingga dua permasalahan di atas dapat diatasi. Pengusaha jasa juga dapat memanfaatkan sistem informasi dengan mengelola perjalanan wisatanya sendiri sedangkan, wisatawan dapat menggunakan sistem informasi ini dalam memperoleh informasi terkait perjalanan wisata yang ada di Labuan Bajo. Sistem informasi biro perjalanan wisata menggunakan framework Codeigniter, VueJs dan MySQL sebagai teknologi yang digunakan dalam pengembangan. Sistem ini juga menggunakan algoritma SAW sebagai algoritma pendukung keputusan dalam menentukan rekomendasi paket wisata.Kata Kunci: Sistem, Informasi, Wisata, Labuan Bajo
Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Keanggotaan Organisasi Olahraga Bela Diri Berbasis Android Yosapat; Eduard Rusdianto; Eddy Julianto
Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - MEI
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Yayasan Indonesia Aikikai adalah organisasi pendidikan seni bela diri Aikido yang mengorganisasi lebih dari 50 dojo sehingga membutuhkan sistem informasi terpadu basis data yang dapat membantu pengelolaan organisasi. Sistem informasi yang dibutuhkan oleh organisasi ini adalah sistem presensi, sistem manajemen anggota dan pengurus, sistem manajemen dojo dan juga sistem pelaporan. Dalam penelitian ini penulis membangun aplikasi mobile berbasis Android menggunakan web service yang akan digunakan oleh semua anggota dojo untuk mengelola dan mengakses data dojo. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Dojo Presence yang dibuat oleh penulis sehingga dapat mempermudah pengurus organisasi dan anggotanya untuk mengelola data dojo dan mendapatkan informasi dojo serta menghemat sumber daya dojo jika diterapkan dalam organisasi. Hal ini terbukti dari hasil kuesioner yang disebarkan memiliki indeks rata-rata Skala Likert 92.29%.Kata Kunci: Dojo Presence, Aplikasi Mobile, Android

Page 1 of 1 | Total Record : 10