cover
Contact Name
Borisman Bertinegara
Contact Email
jurnaljim.lpc@gmail.com
Phone
+6285239778771
Journal Mail Official
jurnaljim.lpc@gmail.com
Editorial Address
Lumbung Pare Cendekia Jl. Raya Praya-Mantang KM.07 Aik Mual, Lombok Tengah - NTB 83511 email : jurnaljim.lpc@gmail.com
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Published by Lumbung Pare Cendekia
ISSN : 30263808     EISSN : 30263808     DOI : https://doi.org/10.60126/jim
Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews related to multidisciplinary research. JIM welcomes and recognizes high quality theoretical and empirical research papers, case studies, review papers, literature reviews, book reviews, conceptual frameworks, analysis and simulation models, technical notes related to research from researchers, academics, professionals, practitioners, and students.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025" : 13 Documents clear
Implementasi Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket: Kajian Studi Literatur Damayanti, Ni Kadek Novi; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.959

Abstract

Model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekankan kerja sama dalam kelompok untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam konteks olahraga bola basket, keterampilan passing adalah fundamental yang sangat memengaruhi efektivitas permainan tim. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model STAD dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bola basket. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menelaah artikel-artikel ilmiah dari jurnal nasional dan internasional yang dipublikasikan dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model STAD mampu meningkatkan keterampilan teknis passing, motivasi belajar, serta kemampuan komunikasi dan kerja sama siswa. Penilaian yang berbasis kelompok namun tetap mempertimbangkan pencapaian individu juga terbukti meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap proses pembelajaran. Selain itu, model ini mendorong siswa untuk saling membantu dan mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kajian ini menyimpulkan bahwa model STAD dapat dijadikan alternatif strategis dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan motorik, khususnya passing bola basket.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Chest Pass Dalam Permainan Bola Basket Melalui Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Peserta Didik: Kajian Studi Literatur Widyananta, I Putu Andra; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan keterampilan chest pass serta menumbuhkan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran bola basket tingkat SMP. Kajian ini dilakukan melalui studi literatur terhadap berbagai penelitian terdahulu yang relevan dengan tema pembelajaran berbasis permainan dalam konteks pendidikan jasmani. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Melalui permainan yang dirancang secara sistematis, peserta didik terdorong untuk terlibat aktif dalam kegiatan belajar, memahami konsep teknik chest pass secara kontekstual, dan menunjukkan kepatuhan terhadap aturan permainan. Selain itu, pembelajaran berbasis permainan juga efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, dan terutama disiplin, yang tercermin dari partisipasi aktif, ketepatan waktu, serta kesungguhan dalam mengikuti latihan. Teknik chest pass yang dipraktikkan dalam situasi permainan memberikan stimulus yang lebih nyata dan bermakna dibandingkan latihan konvensional, sehingga berdampak positif pada penguasaan keterampilan. Berdasarkan kajian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis permainan merupakan pendekatan yang strategis untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan teknik dan penguatan karakter peserta didik secara holistik.
Pengaruh Latihan Dribble Terhadap Kemampuan Kontrol Bola Pada Pemain Bola Basket Pemula: Kajian Studi Literatur Salas, Made Andre Marcelo; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.963

Abstract

Dribbling merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam permainan bola basket, terutama dalam menjaga penguasaan bola saat bertanding. Kemampuan kontrol bola yang baik menjadi faktor penentu kinerja pemain, khususnya bagi pemain pemula yang masih dalam tahap pembelajaran teknik dasar. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh latihan dribble terhadap kemampuan kontrol bola pada pemain bola basket pemula melalui studi literatur yang sistematis. Dalam kajian ini, sebanyak sembilan sumber dipilih, terdiri dari delapan artikel jurnal dan satu buku yang diterbitkan dalam rentang tahun 2018 hingga 2023. Metode analisis yang digunakan adalah analisis tematik, dengan menyoroti pola, teknik, dan temuan utama dari berbagai sumber terkait latihan dribble dan kontrol bola. Hasil kajian menunjukkan bahwa latihan dribble yang dilakukan secara terstruktur dan konsisten dapat meningkatkan kemampuan kontrol bola, keseimbangan tubuh, kelincahan, serta koordinasi motorik pemain. Teknik dribble yang melibatkan penggunaan kedua tangan, perubahan arah, dan variasi kecepatan terbukti efektif dalam mengoptimalkan penguasaan bola. Implikasi praktis dari temuan ini sangat berguna bagi pelatih dan pembina olahraga usia dini dalam merancang program latihan yang lebih efektif, yang dapat membantu membangun kepercayaan diri serta kesiapan pemain pemula menghadapi tekanan saat pertandingan. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metodologi latihan dribble bagi pemain bola basket pemula.
Pengaruh Latihan Dribbling dengan Model Bermaian Terhadap Hasil Dribbling Permainan Bola Basket: Kajian Studi Literatur Ihsan, Dimas Nazarul; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.965

Abstract

Dribbling merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam permainan bola basket karena memengaruhi kelancaran permainan dan kemampuan strategi pemain. Berbagai metode latihan telah dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan ini, salah satunya melalui penerapan model bermain yang memungkinkan pemain belajar sambil berlatih dalam situasi yang lebih realistis dan dinamis. Penelitian ini merupakan kajian studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh latihan dribbling dengan model bermain terhadap hasil kemampuan menggiring bola dalam permainan bola basket. Berdasarkan hasil telaah terhadap berbagai literatur, diketahui bahwa latihan dribbling berbasis model bermain memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan kontrol bola, kecepatan, koordinasi, serta pengambilan keputusan dalam konteks permainan sesungguhnya. Selain itu, model bermain juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan pemain karena proses latihan berlangsung secara menyenangkan dan kontekstual. Dengan demikian, latihan dribbling berbasis model bermain dapat dijadikan strategi efektif bagi pelatih dalam mengembangkan keterampilan dribbling pemain secara teknis maupun situasional.
Efektivitas Pendekatan Bermain Dalam Meningkatkan Keterampilan Dribbling, Passing, dan Shooting Pada Pemain Bola Basket Pemula Perdana, I Putu Agus Arwi; Hita, I Putu Agus Dharma
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.1001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan bermain dalam meningkatkan keterampilan dasar bola basket dribbling, passing, dan shooting pada pemain pemula melalui studi literatur. Bola basket merupakan olahraga tim yang menuntut penguasaan teknik dasar secara optimal. Namun, metode pelatihan konvensional yang cenderung monoton dan terisolasi sering kali kurang efektif bagi pemula. Pendekatan bermain (play-based approach) muncul sebagai alternatif inovatif yang mengintegrasikan unsur permainan ke dalam proses pembelajaran, menciptakan pengalaman yang lebih kontekstual, menyenangkan, dan bermakna. Studi ini menggunakan metode kajian literatur dengan menganalisis berbagai hasil penelitian yang relevan dalam 10 tahun terakhir. Hasil telaah menunjukkan bahwa pendekatan bermain efektif dalam meningkatkan keterampilan dribbling melalui permainan seperti dribble tag dan zig-zag race, yang melatih koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan. Keterampilan passing meningkat signifikan dengan metode permainan seperti passing challenge dan keep the ball, yang menumbuhkan akurasi, kecepatan, dan kerja sama tim. Untuk shooting, permainan shoot the spot dan target hoops membantu pemain memperbaiki teknik dan konsistensi tembakan. Selain aspek teknis, pendekatan bermain juga terbukti meningkatkan motivasi intrinsik dan keterlibatan siswa, menciptakan suasana latihan yang lebih positif dan bebas tekanan. Dengan demikian, pendekatan ini tidak hanya efektif dalam penguasaan keterampilan motorik dasar, tetapi juga mendukung perkembangan aspek afektif dan sosial pemain pemula. Kesimpulan dari studi ini menegaskan bahwa pendekatan bermain merupakan strategi pembelajaran yang holistik dan adaptif, serta sangat disarankan untuk diterapkan oleh pelatih dan pendidik jasmani dalam pembelajaran bola basket bagi pemula.
Integrasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bola Basket Pada Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar : Kajian Studi Literatur Putri, Ni Ketut Karina Santika; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.1050

Abstract

Pendidikan jasmani di sekolah dasar memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa melalui aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu materi yang diajarkan adalah bola basket, yang tidak hanya menekankan keterampilan fisik, tetapi juga berpotensi menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, sportivitas, dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai karakter dalam pembelajaran bola basket pada pendidikan jasmani di sekolah dasar melalui studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari jurnal nasional dan internasional, buku referensi, serta hasil penelitian relevan dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran bola basket yang dirancang dengan pendekatan pendidikan karakter mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi pengembangan sikap positif siswa. Model pembelajaran kooperatif, permainan berbasis nilai, dan pendekatan tematik-terintegrasi terbukti efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter. Guru pendidikan jasmani berperan sentral sebagai fasilitator yang mengarahkan proses pembelajaran tidak hanya pada keterampilan teknis, tetapi juga pada pembentukan karakter melalui refleksi dan diskusi nilai. Kajian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani berbasis karakter di tingkat sekolah dasar.
Analisis Literatur Terhadap Pengaruh Permainan Bola Basket Terhadap Kesehatan Fisik dan Mental Pada Anak Remaja Putri, Ni Komang Yeni Mahendra; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.1051

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka. Literatur yang dianalisis mencakup berbagai sumber akademik, termasuk buku, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan pendidikan yang membahas penguatan pendidikan karakter melalui aktivitas fisik dan olahraga. Fokus analisis diarahkan pada integrasi nilai-nilai karakter seperti kerja sama, sportivitas, disiplin, dan tanggung jawab dalam pembelajaran PJOK. Dari hasil kajian literatur, ditemukan bahwa PJOK memiliki potensi sebagai sarana efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Proses ini berlangsung melalui pengalaman langsung dalam permainan dan kegiatan fisik yang menuntut interaksi sosial, pengambilan keputusan, dan pengendalian emosi. Selain itu, literatur menunjukkan bahwa keberhasilan integrasi nilai-nilai karakter dalam PJOK sangat dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan guru serta lingkungan sosial sekolah yang mendukung. Dengan demikian, pembelajaran PJOK tidak hanya berdampak pada aspek fisik siswa, tetapi juga dapat berkontribusi pada perkembangan karakter. Kajian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pendidik dalam merancang pembelajaran PJOK yang tidak hanya berorientasi pada kebugaran jasmani, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa.
Permainan Bola Basket Sebagai Sarana Pengembangan Karakter dan Disiplin Siswa Putri, Melati Naila; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.1077

Abstract

Bola basket bukan sekadar olahraga kompetitif; ia juga berfungsi sebagai alat yang sangat efektif untuk mengembangkan karakter dan disiplin siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam peran bola basket sebagai media untuk menanamkan karakter dan disiplin pada siswa, dengan menyoroti aspek-aspek permainan yang berkontribusi pada pengembangan kedua nilai tersebut. Metode yang digunakan adalah studi literatur deskriptif kualitatif, yang menganalisis berbagai penelitian, artikel, dan praktik terbaik di sekolahsekolah yang menerapkan bola basket sebagai sarana pembinaan karakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa aktivitas bola basket tidak hanya mengasah keterampilan fisik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting seperti kerja sama tim, kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan. Proses pelatihan dan pertandingan mengajarkan siswa untuk menghargai aturan, mengatur waktu antara kegiatan akademik dan olahraga, serta meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengambilan keputusan. Disiplin dalam hal ketepatan waktu dan fokus selama latihan juga mendorong siswa untuk menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab, yang berdampak positif pada perkembangan pribadi dan hubungan sosial mereka. Artikel ini menegaskan bahwa bola basket dapat menjadi media pendidikan karakter yang efektif, karena melalui olahraga ini siswa belajar langsung nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari hasil kajian ini adalah pentingnya bagi sekolah untuk mengoptimalkan program bola basket sebagai bagian dari kurikulum pengembangan karakter, serta memberikan pelatihan bagi pelatih agar dapat mendukung proses pembinaan karakter secara menyeluruh. Dengan demikian, bola basket tidak hanya meningkatkan prestasi olahraga, tetapi juga membentuk pribadi siswa yang berjiwa besar dan siap menghadapi tantangan di masa depan.
Peran Pengaruh Olahraga Bola Basket Dalam Menunjang Kesehatan Holistik Dalam Meningkatkan Ketahanan Fisik Pada Generasi Muda : Kajian Studi Literatur Setiawan, Benediktus Ivan; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.1085

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji kontribusi olahraga bola basket dalam menunjang kesehatan holistik dan meningkatkan ketahanan fisik generasi muda melalui pendekatan studi literatur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menelaah berbagai sumber seperti buku akademik, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan. Fokus kajian terletak pada peran bola basket dalam mengembangkan aspek fisik, mental, dan sosial peserta didik, sekaligus menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, kerja sama, dan tanggung jawab. Hasil studi menunjukkan bahwa bola basket tidak hanya meningkatkan kebugaran jasmani, tetapi juga mendukung kesehatan mental dan sosial melalui pengalaman tim, pengambilan keputusan, dan pengendalian emosi. Efektivitas manfaat ini dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan lingkungan sosial sekolah yang kondusif. Oleh karena itu, pembelajaran bola basket memiliki potensi sebagai sarana edukatif dalam membentuk generasi muda yang sehat dan tangguh.
Hubungan Koordinasi Mata dan Tangan Terhadap Akurasi Tembakan Dalam Permainan Bola Basket: Kajian Studi Literatur Darmayanti, Kadek Kristina Dwi; Hita, I Putu Agus Dharma; Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya
Jurnal Ilmiah Multidisipin Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/jim.v3i10.1099

Abstract

Koordinasi mata dan tangan merupakan salah satu komponen penting dalam performa atletik, terutama dalam permainan bola basket. Akurasi tembakan sangat ditentukan oleh kemampuan pemain dalam menyinkronkan persepsi visual dengan gerakan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam hubungan antara koordinasi mata dan tangan terhadap akurasi tembakan dalam permainan bola basket melalui pendekatan studi literatur. Kajian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai hasil penelitian terdahulu yang membahas pengaruh koordinasi motorik visual terhadap keterampilan shooting. Berdasarkan hasil kajian literatur, ditemukan bahwa koordinasi mata dan tangan memainkan peran signifikan dalam meningkatkan akurasi tembakan baik dalam situasi statis maupun dinamis. Faktor-faktor seperti kecepatan reaksi visual, presisi gerak tangan, dan fokus visual saat melakukan shooting terbukti saling berkaitan erat dan memengaruhi hasil tembakan. Selain itu, latihan yang berfokus pada peningkatan koordinasi motorik visual menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan akurasi shooting pemain. Kajian ini juga menyoroti pentingnya pendekatan pelatihan terintegrasi yang tidak hanya menekankan aspek teknik shooting, tetapi juga melibatkan penguatan kemampuan koordinatif pemain. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman teoritis yang komprehensif dan relevan untuk pelatih, atlet, dan akademisi dalam merancang program latihan yang lebih efektif untuk meningkatkan akurasi tembakan dalam bola basket. Dengan demikian, kajian ini mempertegas bahwa integrasi pelatihan koordinatif dalam program pembelajaran bola basket dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan performa atlet, khususnya dalam aspek akurasi tembakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 10 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2025 Vol. 3 No. 9 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, September 2025 Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025 Vol. 3 No. 7 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2025 Vol. 3 No. 6 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juni 2025 Vol. 3 No. 5 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Mei 2025 Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, April 2025 Vol. 3 No. 3 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Maret 2025 Vol. 3 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Februari 2025 Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Januari 2025 Vol. 2 No. 12 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Desember 2024 Vol. 2 No. 11 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, November 2024 Vol. 2 No. 10 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Oktober 2024 Vol. 2 No. 9 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, September 2024 Vol. 2 No. 8 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2024 Vol. 2 No. 7 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2024 Vol. 2 No. 6 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juni 2024 Vol. 2 No. 5 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Mei 2024 Vol. 2 No. 4 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, April 2024 Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Maret 2024 Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Februari 2024 Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Januari 2024 Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Desember 2023 Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, November 2023 More Issue