cover
Contact Name
Falah Alfarizi
Contact Email
aljupri@upi.edu
Phone
+6289531212923
Journal Mail Official
j-mer@upi.edu
Editorial Address
FMIPA Building, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154, West Java, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal on Mathematics Education Research
ISSN : -     EISSN : 30471095     DOI : https://doi.org/10.17509/j-mer.v5i2.78906
Core Subject : Education,
The scope of this journal covers, but not limited to, the fields of: Mathematics Education, Algebra Education, Geometry Education, Statistics and Probability Education, Realistic Mathematics Education, Teaching and Learning in Mathematics Education, and Assessment in Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS X SMA BERGAYA KOGNITIF REFLEKTIF Dian Fitriana; Suhendra Suhendra; Dadang Juandi
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v2i1.54360

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif reflektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu tiga siswa kelas X IPA di salah satu SMA di Kota Palembang. Instrumen tes untuk mengetahui gaya kognitif siswa menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT) yang dikembangkan oleh Warli (2010) berdasarkan instrumen MFFT yang dibuat oleh Jerome Kagan (1965). Instrumen tes kemampuan literasi matematis siswa terdiri dari tiga butir soal uraian dengan satu soal memuat satu indikator. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitif reflektif memiliki kemampuan literasi matematis yang tergolong sedang. Hal ini dikarenakan terdapat ada satu siswa yang mendapatkan persentase diatas rata-rata di semua indikator kemampuan literasi matematis (formulate, employ, dan interpret). Kemudian satu siswa yang menguasai dua indikator literasi matematis yaitu indikator formulate dan interpret, yang artinya siswa tersebut memiliki kemampuan untuk merumuskan situasi matematis dan menafsirkan serta mengevaluasi solusi, hasil, atau kesimpulan matematika (formulate) dan menginterpretasikannya dalam bentuk kontekstual pada masalah kehidupan nyata (interpret). Sisanya satu siswa hanya memiliki kemampuan untuk menginterpretasikan dalam bentuk kontekstual pada masalah kehidupan nyata (interpret).Kata Kunci: Employ; Formulate; Interpret; Kemampuan Literasi Matematis; Reflektif; AbstractThis study aims to describe students' mathematical literacy skills based on reflective cognitive style. The method used in this research is descriptive qualitative method. The subjects of this study were three students of class X IPA at a high school in Palembang City. The test instrument to determine students' cognitive styles uses the Matching Familiar Figure Test (MFFT) developed by Warli (2010) based on the MFFT instrument created by Jerome Kagan (1965). The instrument for testing students' mathematical literacy skills consisted of three descriptive questions with one item containing one indicator. The results show that students' mathematical literacy abilities reviewed based on the reflective cognitive style have moderate mathematical literacy abilities. This is because there is one student who gets a percentage above the average in all indicators of mathematical literacy skills (formulate, employ, and interpret). Then one student who masters two indicators of mathematical literacy, namely formulate and interpret indicators, which means that these students have the ability to formulate mathematical situations and interpret and evaluate solutions, results, or mathematical conclusions (formulate) and interpret them in contextual form on real life problems (interpret ). The remaining one student only has the ability to interpret in contextual form on real life problems (interpret).Keywords: Employ; Formulates; Interpret; Mathematical Literacy Ability; Reflective;
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI SELF-CONCEPT Legina Alma Rija Sidabutar; Kusnandi Kusnandi
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v2i1.53856

Abstract

AbstrakSetiap siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda beda dalam pembelajaran matematika, dan salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang ditinjau dari Self-Concept peserta didik kelas X di salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Lembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA, kemudian dipilih tiga peserta didik sebagai subjek penelitian yang didasarkan pada hasil angket Self-Concept yaitu tinggi, sedang dan rendah. Selanjutnya subjek diberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku siku dan kemudian dilakukan wawancara terhadap enam siswa untuk memperoleh hasil yang lebih mendalam. Sebelum dianalisis, dilakukan keabsahan data dengan triangulasi teknik, yaitu membandingkan antara hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori Self-Concept tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi, peserta dengan kategori Self-Concept sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang, sedangkan peserta didik dengan kategori Self-ConceptI  rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-Concept   AbstractEach student has different problem-solving abilities in learning mathematics, and one of the factors that influence this is self-concept. This study aims to describe the mathematical problem solving abilities of high school students reviewed from the Self-Concept of class X students in one of the senior high schools in Lembang Regency. The approach used in this research is a qualitative approach with a descriptive research type. The data source in this study was class X MIPA 1, then three students were selected as research subjects based on the results of the Self-Concept Questionnaire, namely high, medium and low. Next, questions were given to test the ability to solve mathematical problems on trigonometry comparison material on right triangles and then conducted interviews with six students to obtain more in-depth results. Before being analyzed, the validity of the data was carried out by means of technical triangulation, namely comparing the results of tests and interviews. The results showed that students in the high Self-Concept category had high ability to solve mathematical problems, participants in the Medium Self-Concept category had medium  problem-solving skills, while students in the low Self-Concept category had low ability to solve mathematical problems. Keywords: mathematical problem solving abilities, Self-Concept
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PISA DITINJAU DARI GENDER Nurjannah Nurjannah; Mirna Nurlili; Andi Auliya Ismuna
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v2i1.29116

Abstract

This research was qualitative research with a descriptive approach that aims to describe the results of the analysis of student errors based on Polya's stages in solving PISA problems in terms of gender. This research was carried out in SMP Negeri 2 Kahu, in class VIII female and male students who had relatively similar mathematical abilities. Data collection is done by giving mathematical problem-solving tasks in the form of PISA questions and interviews. To test the credibility of the data, time triangulation was performed. At different times the tasks and interviews are given with problems that are equivalent to the previous tasks.In the stage of understanding the problem and making a plan of resolution, the female subject did not make mistakes because she was able to identify the problem by determining the keywords of the problem at hand but the subject could not fully understand the purpose of the problem because the subject did not know what concepts were related to the problem. At the stage of implementing the plan, the calculation results obtained by the subject are wrong. This happens because the subject is not able to understand and relate the concepts by the problem being faced so that the calculation results are wrong. This has an impact on the stage of re-checking, the subject examines and checks the steps and the results of calculations that are done repeatedly to ensure that the calculation results are correct even though the answer is still wrong because the concept used to solve the PISA problem is wrong.In the stage of understanding the problem and making a plan of the resolution, the subject does not make a mistake because it identifies the problem by determining the keywords of the problem encountered after reading the problem. Then gather information / mathematical facts related to the problem that will be used to solve the problem. At the stage of making a solution plan, the subject made a mistake by making a problem-solving plan without using the correct concepts. Or in other words, the subject is only guessing what concepts are appropriate for solving the problem. At the stage of implementing the plan, the subject carries out the chosen strategy. However, because the plan is chosen was not based on a strong concept, the results of the problem solving obtained were wrong. In the re-checking stage, the subject checks by examining and re-checking step by step the problem-solving strategies that are used and all are appropriate. However, because the strategy chosen was only guessed, the subjects did not know that the answers obtained were wrong.
DESAIN DIDAKTIS BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN LEVEL BERPIKIR GEOMETRI SISWA SMP Rifa Rizqiyani; Siti Fatimah; Endang Cahya
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v2i1.7907

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah proses pembelajaran materi geometri yang kurang memperhatikan level berpikir geometri sehingga berakibat pada rendahnya level berpikir geometri siswa tingkat SMP. Berdasarkan hal tersebut tujuan dilakukannya penelitian ini adalah membuat desain didaktis alternatif yang mempertimbangkan level berpikir geometri sehingga diharapkan dapat meningkatkan level berpikir geometri siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa DDR (Didactical Design Research) dengan teknik pengumpulan data melalui uji instrumen dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan level berpikir geometri siswa sampai pada level 2 (pengurutan) dan 56,52% siswa mengalami peningkatan level berpikir geometri. Desain didaktis ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang sisi datar.
INTEGRASI ASPEK-ASPEK ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT MAJALENGKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA herayanti herayanti; suhendra suhendra; dadang juandi
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v2i1.54235

Abstract

Matematika dan budaya adalah dua etnis yang terkait. Matematika salah satu pelajaran yang bersifat abstrak. Akibatnya siswa menganggap matematika itu sulit sehingga matematika jauh dalam kehidupan sehari-hari. Budaya memiliki peran untuk menjadi objek konkret dalam pembelajaran matematika. Etnomatematika merupakan jembatan antara budaya dengan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek-aspek etnomatematika masyarakat Majalengka yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain etnografi. Subjek dalam penelitian ini yaitu tokoh pengrajin batik di Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat aspek-aspek etnomatematika pada aktivitas matematis diantaranya aktivitas counting (menghitung) meliputi alat dan bahan yang digunakan dan estimasi waktu yang digunakan dalam pembuatan batik; measuring (mengukur) meliputi ukuran kain, ukuran cetakan dan luas lahan yang diperlukan dalam pembuatan batik; designing (mendesain) meliputi macam-macam motif dan bidang-bidang pada motif batik; playing (bermain) meliputi ciri khas pada batik; dan explaining (menjelaskan) meliputi makna/filosofi pada motif batik. Pada produk batik terdapat motif-motif yang memiliki konsep-konsep matematika seperti konsep kongruen pada bidang, konsep dilatasi (perkalian) dan konsep refleksi (pencerminan). Terdapat aspek-aspek etnomatematika masyarakat Majalengka yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematikaKata kunci: Etnomatematika, Aktivitas Matematis, Batik, Pembelajaran Matematika

Page 1 of 1 | Total Record : 5