cover
Contact Name
Khamsil Laili
Contact Email
khamsillaili@gmail.com
Phone
+6287866203050
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan" : 8 Documents clear
Tradisi “Cabis” Menerima Tamu Sebuah Interaksi dan Interrelasi Pendekatan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Oleh kiai dan Warga Masyarakat di Sumenep Halim, M. Jufri
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tradisi “acabis” atau bertamu warg masyarakat kepada Kiai di sejumlah pesantren di Sumenep, menarik untuk ditelaah dan dikaji secara mendalam. Baik mereka datang untuk bertamu dalam keadaan bermasalah (baa: punya masalah), atau sekedar ingin bersuwa atau sekedar kangen kepada Kiai. Pada umumnya mereka hadir biasanya karena adanya persoalan yang dihadapi oleh warga masyarakat, atau keinginan untuk mengambil satu keputusan agar tidak salah dan selalu dalam bimbingan Allah. Maka datang ke Kiai adalah salat salah satu instrumen yang dilakukan warga masyarakat kepada Kiai. Kiai adalah salah satu kelas sosial yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat, sebagai salah satu pusat edar perubahan di dalam masyarakat. Untuk intu, sebagai elemin yang mengatas namakan Islam dengan basis kulturalnya, menjadi penting dan menarik dilihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan. Hubungan interaksional dan interelasional Kiai dengn warga masyarakat, menarik, apabila dilihat dari sudut pandang disipling Ilmu Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Setidaknya nilai-nilai pendekatan yang dilakukan para Kiai menjadi satu model pendekatan yang menarik dalam mengantarkan warga masyarakat menyelesaikan berbagai permasalahan dan dalam pengambilan keputusan. Hal yang lain yang menarik dilihat adalah bahwa segala pendekatan yang dilakukan Kiai, justru mengantarkan warga masyarakat ke jalan Allah SWT, sehingga masyarakat merasa menemukan jalan yang luas dan gamblang menuju ke jalan Tuhan.
Penanaman Keterampilan Enterpreneurship dan Karakter Jujur sebagai Bentuk Pengembangan diri Peserta didik dalam Menghadapi Persaingan Kerja di Masyarakat (Study Kasus Program Keterampilan Vokasional di MAN 2 Bantul) muslimah, umi
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dengan tema pendidikan vokasional sebagai bentuk pendidikan berjiwa enterpreneurship karakter jujur bagi peserta didik MAN 2 Bantul. Penelitian ini dilatar belakangi sebagai bentuk keprihatinan pemerintah tentang pendidikan karakter di SMK yang masih kurang jiwa enterpreneurship dan karakter jujur sehingga Kementerian Agama membuat Madrasah Aliyah berbasis keterampilan vokasional sebagai lembaga pendidikan Islam yang menanamkan jiwa enterpreneurship dan karakter jujur. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan enterpreneurship yang mempunyai karakter jujur pada peserta didik. Hal tersebut sebagai bentuk kesadaran pemerintah dalam pembentukan karakter jujur sejak dini sebelum menjadi seorang pengusaha. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa MAN 2 Bantul memberikan fasilitas kepada peserta didik dalam proses pembelajaran yang berupa penanaman akhlak melalui kegiatan keagamaan sebagai bentuk penanaman berjiwa enterpreneurship karakter jujur bagi peserta didik.
Dakwah Ekonomi (Pengaruh Penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu ( SVLK ) Terhadap Industri Furniture di Jepara , Jawa Tengah) Ansori, Miswan; Wahyudin, Aan
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Timber Legality Verification System (SVLK) is one of the emerging government initiatives to tackle illegal logging and promote legal timber in Indonesia to International Country. The system aims to ensure that timber and wood products produced in Indonesia come from verifiable legal sources. SVLK is implemented through certification mechanism by independent party (Wood Legality Verification Institution / LVLK) which has been accredited by National Accreditation Committee. The purpose of this study is to find out how the influence of the implementation of government rules on the obligation to have SVLK against companies that export wooden furniture products in Jepara. This study will use 30 companies engaged in the export of Wood Furniture to foreign countries who entered as members of the Indonesian Furniture and Handicraft Association (HIMKI) Jepara Raya, Central Java. The results of this study will be forwarded to stakeholders related to SVLK implementation obligations in the furniture industry,whether the policy has a positive or negative impact on furniture industry exports in Jepara This research is descriptive and qualitative. Data collection methods were conducted using field research with interviews and some questioner to obtain primary and secondary data, observation, and literature.
Konsep Pendidikan Multikultural Menurut Caknun (Studi atas Jamaah Maiyah Cak Nun) Ni’mah, Khoerotun; Mubaedi, Ichsan
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia dalam pandangan pendidikan multikultural dipandang sebagai makhluk makro dan sekaligus makhluk mikro yang tidak bisa terlepas dari budaya bangsa maupun kelompok etnisnya, karena manusia adalah mahluk sosial. Maka, manusia tidak dapat hidup sendiri. Di Indonesia terdapat jutaan manusia dengan kelompok etnis, adat, budaya, agama yang sangat beragam. Maiyah adalah salah satu cara yang digunakan oleh manusia sebagai alat pemersatu keanekaragaman. Salah satu yang diterapkan pada maiyah adalah nilai dari pendidikan multikultural yaitu toleransi. Dengan saling memahami keanekaragaman manusia ini, maiyah dapat dikatakan sukses dalam menerapkan nilai toleransi. Pendidikan multikultural itu sendiri menurut Cak Nun adalah suatu sistem pendidikan yang lebih menekankan pada akibat dari cara melihat keadaan pendidikan sekarang.
Penggunaan Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Apbd Pemerintah Kabupaten Pamekasan Ta 2013 S/D 2015 Rahman, Fadali
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Purpose of this research are: To assess budget performance district ofPamekasan government through success as accountability of financial management area in fiscal year 2013 s/d 2015 This research shows that the ratio of local financial independence is still relatively very low with an average of 14.62 % score < 25, with performance category is not good . The ratio of the effectiveness of local revenues are very effective because each year the percentage ratio is more than 100 %, with an average of 122.03 % had scores > 76 with excellent performance categories . Activities ratio : the ratio of recurrent expenditure on average 78.48 % the scoring > 76 with excellent performance and development expenditure ratio average of 18.12 % score < 25 the performance is not good . Debt Service Coverage Ratio of average 32.29 % score < 50 with sufficient performance and the ratio of growth average of 37.86 % score < 50 with sufficient performance
Pendidikan Akhlak Masyarakat Perspektif Hadist Afifah, Mudhofatul
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article discusses the moral education of society in the perspective of hadith. The background of writing this article is the existence of various problems that affect the loss of identity of Muslims as the implementation of education is more concerned with scientific education. The method of writing this article is the method of literature, namely by collecting data, compile and analyze it. The result of this research is Community moral education in the perspective of hadith can provide inspiration and motivation in creating life full of noble character. Teachings of moral education taught by the Prophet in the life of the community ranging from education with a narrow scope to broad education. Community education taught by the Prophet include: visiting and receiving guests, maintaining good relations with neighbors, building social piety and building ukhuwah islamiah.
Manajemen Konflik Di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Raudlatul Iman Ganding Sumenep) Rahman, Fathor; ., Zahiroh
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga pendidikan Islam seperti organisasi pada umumnya, memiliki struktur organisasi, dan yang namanya organisasi lembaga pendidikan pasti di dalamnya terdapat hubungan, interaksi, dan komunikasi antar sesama anggota organisasi pendidikan Islam tersebut. Hal ini jika dilihat dari manajemen konflik, ada kemungkinan bahkan pasti terjadi konflik, sebagai implikasi dari interaksi antar anggota di lembaga pendidikan Islam.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konflik di lembaga pendidikan Islam, MA Raudlatul Iman Ganding Sumenep, dengan menggunakan teori konflik interaksionis dan human relations. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik-konflik yang muncul di lembaga ini dikelola dengan baik dan proporsional, dengan kata lain konflik direspon oleh kepala sekolah dan stake holder yang lain sebagai sesuatu yang pasti, namun harus diakui dalam pengelolaannya belum mencapai maksimal.
Menumbuhkan Entrepreneurship Dikalangan Mahasiswa ., Abdul Bari
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2018): Al Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Entrepreneurship memiliki peran penting dalam mengubah pola pikir dan kebiasaan mahasiswa.Pendidikan entrepreneurship diberikan kepada mahasiswa karena dapat mengubah pola pikir danmenciptakan ide kreatif berwirausaha. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama memperkenalkan apa yang namanya enterprenership. Kedua menumbuhkan jiwa entrepreneurship dikalangan mahasiswa supaya lebih kreatif dan inovasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8