cover
Contact Name
Mohamad Aji Prasetia
Contact Email
mohamadaji12prasetia@gmail.com
Phone
085297583822
Journal Mail Official
mohamadaji12prasetia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bilal Ujung, Kota Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 28088832     EISSN : 28088670     DOI : https://doi.org/10.58432/relevan.v5i1
Core Subject : Education,
Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat kontribusi tulisan-tulisan atau artikel dari para sarjana dari setiap disiplin ilmu terkait. Focus and scope jurnal relevan adalah: strategi pembelajaran matematika. Desain pembelajaran matematika. Model pembelajaran matematika Metode pembelajaran matematika Media pembelajaran matematika Evaluasi pembelajaran matematika pengembangan perangkat pembelajaran matematika. analisis di bidang pendidikan matematika, yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 5 (2023): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA Syahnuridana , Yunaliza; Maysarah, Siti; Dahlya Narpila, Suci
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 5 (2023): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kevalidan modul matematika berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI, 2) untuk mengetahui kepraktisan modul matematika berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI dan 3) untuk mengetahui efektivitas modul matematika berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development. Dengan model 4-D (four-D) Thiagarajan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) bab modul matematika berbasis HOTS sangat layak digunakan. 2) Modul matematika berbasis HOTS pada materi fungsi invers dan fungsi komposisi juga dikatakan sangat praktis digunakan, karena siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 3) Melalui uji t-paired diperoleh nilai ????ℎ????????????????????=4,2 dan nilai ????????????????????????=1,694. Dan berdasarkan uji N-Gain yag dilakukan diperoleh dari nilai pretest dan posttest sebesar 0,32213 berada rentang 0,3 ≤ N-Gain ≤ 0,7 dengan tingkat keefektifan “sedang”. ABSTRACT   This study aims to 1) determine the validity of the HOTS (Higher Order Thinking Skill) based mathematics module in improving the mathematical reasoning ability of grade XI students, 2) to determine the practicality of the HOTS (Higher Order Thinking Skill) based mathematics module in improving the mathematical reasoning ability of grade XI students and 3) to determine the effectiveness of the HOTS (Higher Order Thinking Skill) based mathematics module in improving the mathematical reasoning ability of grade XI students. This research method uses Research and Development. With Thiagarajan's 4-D (four-D) model. The results revealed that 1) the HOTS-based mathematics module chapter is very feasible to use. 2) HOTS-based mathematics modules on the material of inverse functions and composition functions are also said to be very practical to use, because students can follow the learning well. 3) Through the t-paired test, the value of, t-calculate = 4,2 and the value of, t-table = 1,694 are obtained. And based on the N-Gain test carried out obtained from the pretest and posttest values of 0.32213 in the range of 0.3 ≤ N-Gain ≤ 0.7 with a "medium" level of effectiveness.
PENGARUH MODEL GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Ratna Sari, Lisa; Maysarah, Siti; Ginting, Siti Salamah Br
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 5 (2023): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Kuasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII di SMP Swasta Ira Medan pada Tahun 2023-2024, dengan t-hitung (3,452)>t-tabel (2,002); 2. Terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Swasta Ira Medan pada Tahun 2023-2024, dengan t-hitung (2,033)> t-tabel (2,002). ABSTRACT  This research was conducted to find out whether there is an influence of the Group to Group Exchange (GGE) type active learning model on students' ability to understand mathematical concepts, and to find out whether there is an influence of the Group to Group Exchange (GGE) type active learning model on students' learning motivation. This research is a quantitative research with a Quasi Experimental research design with the Nonequivalent Control Group Design type. The results of the research show that: 1. There is an influence of the Group to Group Exchange (GGE) type active learning model on the ability to understand mathematical concepts of students in class VIII at Ira Medan Private Middle School in 2023-2024, with t-count (3.452)>t- table (2.002); 2. There is an influence of the Group to Group Exchange (GGE) type active learning model on the learning motivation of class VIII students at Ira Medan Private Middle School in 2023-2024, with t-count (2.033) > t-table (2.002).
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION Lutfiah, Eva; Saputra, Edi; Maysarah, Siti
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 5 (2023): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Prosedur kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur Polya sebagai pedoman dan untuk mengidentifikasi alasan di balik kesalahan mereka. Memahami permasalahan, membuat strategi penyelesaian, melaksanakannya, dan kemudian melakukan pengecekan ulang merupakan langkah-langkah dalam proses penyelesaian masalah Polya. Enam partisipan dari 22 siswa kelas VII di SMPN 2 Simpang Kiri dipekerjakan dalam penelitian ini. Tes dan wawancara digunakan dalam proses pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, (1) banyak siswa yang tidak kesulitan memahami permasalahan pada tahap ini karena mereka sudah mengetahuinya; dan (2) beberapa siswa, ketika membuat rencana solusi, mengetahui bagaimana mereka akan menggunakannya untuk memecahkan masalah tetapi tidak menuliskannya, (3) seluruh siswa mampu menjawab soal secara akurat dan baik saat melaksanakan rencana penyelesaian, dan (4) sebagian siswa tidak dapat melanjutkan ke tahap memeriksa kembali karena lalai mencatat kesimpulan yang diambil dari pekerjaannya. ABSTRACT  The aim of this research is to test the mathematical problem solving abilities of students who are taught using Realistic Mathematic Education (RME) based teaching materials. The problem solving ability procedure used in this research is the Polya procedure as a guide and to identify the reasons behind their mistakes. Understanding the problem, creating a resolution strategy, implementing it, and then re-checking are the steps in the Polya problem solving process. Six participants from 22 class VII students at SMPN 2 Simpang Kiri were employed in this research. Tests and interviews were used in the data collection process. Based on the research results, (1) many students have no difficulty understanding the problem at this stage because they already know it; and (2) some students, when making a solution plan, knew how they would use it to solve the problem but did not write it down, (3) all students were able to answer the problem accurately and well when carrying out the solution plan, and (4) some students were unable to continue to the re-examination stage because he neglected to record the conclusions drawn from his work.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP DAYA INGAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA Tarihoran, Nur Indah; Daulay, Nurika Khalila; Maysarah, Siti
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 5 (2023): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran index card match terhadap daya ingat siwa dan keaktifan belajar siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental, dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran index card match terhadap daya ingat siswa dengan t-hitung =13,69701 t-tabel=2,045 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau signifikan pada taraf nyata a=0,05. 2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran index card match terhadap keaktifan belajar siswa dengan t-hitung =6,14098> t-tabel =2,045 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau signifikan pada taraf nyata a=0,05. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa daya ingat dan keaktifan belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran index card match mengalami peningkatan dan menjadi lebih baik. ABSTRACT  This research aims to determine whether there is an effect of implementing the index card match learning model on students' memory and learning activity in class VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan. This research is quantitative research with a pre-experimental type of research, with a one group pre-test-post-test design. The research results show: 1) There is an effect of applying the index card match learning model on students' memory with t-count = 13.69701 t-table = 2.045, so H0 is rejected and Ha is accepted or significant at the real level a = 0.05. 2) There is an influence of the application of the index card match learning model on students' active learning with t-count = 6.14098> t-table = 2.045, so H0 is rejected and Ha is accepted or significant at the real level a = 0.05. The conclusions in this research show that students' memory and active learning after implementing the index card match learning model have increased and become better.
PERBEDAAN KEMAMPUAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION DAN CTL Annisa, Nurul; Daulay, Nurika Khalila; Siregar , Tanti Jumaisyaroh
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 5 (2023): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Anchored Instruction dan CTL. Metotologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Teknik analisis yang diguanakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Statistik Inferensial, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Hasil penelitian diperoleh (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Anchored Instruction dengan nilai rata-rata kategori tinggi, (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran CTL dengan nilai rata-rata kategori sedang, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Anchored Instruction dan CTL dengan hasil perhitungan yaitu 2,458>2,058 atau t-hitung>t-tabel pada taraf a=0,05. ABSTRACT This research aims to determine the differences in the mathematical problem solving abilities of students taught using the Anchored Instruction and CTL learning models. This research methodology uses quantitative research methods with a comparative research type. The research instrument used was a test in the form of a description. The analysis techniques used are Descriptive Analysis, Inferential Statistical Analysis, Normality Test, Homogeneity Test, Hypothesis Test. The research results showed that (1) students' mathematical problem solving abilities using the Anchored Instruction learning model had an average score in the high category, (2) students' mathematical problem solving abilities using the CTL learning model had an average score in the medium category, (3) there were differences in ability solving students' mathematical problems using Anchored Instruction and CTL learning models with calculation results namely 2.458>2.058 or t-count>t-table at the a=0,05.

Page 1 of 1 | Total Record : 5