cover
Contact Name
Muhamad Rudi Wijaya
Contact Email
rudiwijaya68@gmail.com
Phone
+6282175218558
Journal Mail Official
rudiwijaya68@gmail.com
Editorial Address
Dusun Rejo Agung Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari, Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, 34181
Location
Kab. lampung timur,
Lampung
INDONESIA
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Published by CV Najah Bestari
ISSN : 29649633     EISSN : 2964965X     DOI : -
Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif dari filsafat pendidikan Islam, studi banding pendidikan Islam, kurikulum, proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam, evaluasi, pendidikan Islam, dan pendidikan khusus yang relevan dengan isu-isu pendidikan Islam.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3: Mei 2023" : 8 Documents clear
Peranan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX A SMP Yasih Kota Bogor Siti Khodijah; Alek Maulana; Anita
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pokok permasalah dalam artikel ini adalah peranan orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam, dan adapun tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan orang tua terhadap prestasi belajar anak. Dalam artikel ini penulis menggunakan medote kuantitatif yang dimana penulis mengunakan teknik pengambilan data dengan angket untuk mengetahui pengaruh peranan orang tua dan studi dokumenter dengan melihat hasil nilai Pendidikan Agama Islam yang dihasikan pada raport untuk mengatahui prestasi belajar disekolah. hasil yang didapat dari korelasi product moment yaitu dapat kita lihat dari perhitungan uji statistik yang diperoleh hasilnya rxy = 0,41 setelah dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% (0,367) dan pada taraf signifikan 1% (0,470) dan ternyata hasil rxy sedang (cukup). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peranan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas IX A SMP Yasih Kota Bogor walaupun bersifat sedang atau cukupan.
Implementasi Model Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Islam Darul Hidayah Bandar Lampung Meti Oktapia; Roaini; An An Andari; Agus Sujarwo; Nur Hidayah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatan kualitas atau mutu pembelajaran mulai dari proses perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum, pengawasan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Lembaga pendidikan yang diteliti adalah Sekolah Menengah Pertama SMP Islam Darul Hidayah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik, yakni melakukan pengambilan data serta dideskrpisikan secara alami sesuai dengan keadaan dan kondisi yang sesungguhnya dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatan kualitas pembelajaran di SMP Islam Darul Hidayah Bandar Lampung sudah berjalan cukup baik yang diawali dengan proses perencanaan kurikulum dan berlanjut dengan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Melalui perencanaan, kepala SMP Wiraswasta Batang Kuis bersama Tim Pengembangan Kurikulum menyusun program kurikulum mulai dari program semester, program tahunan, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, bahan pembelajaran serta media pembelajaran yang dibutuhkan selama satu tahun pelajaran. Sementara dalam pengorganisasian, pihak sekolah menyusun kurikulum yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional serta disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Program-program tersebut selanjutnya diperkenalkan dan dilaksanakan oleh para guru dan siswa dengan baik. Agar program-program tersebut terlaksana dengan baik, maka dilakukan pengawasan dan evaluasi
Implementasi Manajemen Disain Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Cafrina Dianty; Yulinar; An An Andari; Agus Sujarwo; Nur Hidayah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi mengevaluasi Disain Pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jeniis pendekatan kualitatif desktiptif, Pengumpulan data dilakukan melalui berapa tahapan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpula, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Subjek Penelitian terdiri dari Kepala sekolah, kurikulum Wakasek, guru Pendidikan Agama Islam Yang terdiri Dari Guru Al Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak Dan SKI. Setelah Data Tekumpul maka Langkah selanjutnya adalah dengan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Implementasi Manajemen Evaluasi Disain Pembelajaran Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung telah sesui Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah namun masih ditemukan kesenjangan dimana: 1) pada perencanaan desain dalam penyusunan materi/materi belum berurutan, analitis, terkait dengan kondisi dan aktualnya; 2) evaluasi kinerja instalasi pembelajaran guru biologi sudah mengacu pada standar yang berpedoman pada komponen aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tidak ada kesenjangan; 3) Proses pelaksanaan penyampaian materi belum berurutan, analitis, terkait kondisi dan aktual, serta pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup belum terlaksana secara maksimal; 4) pada hasil belajar telah dilakukan penilaian autentik terhadap proses belajar mengajar yaitu penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik tetapi penilaian afektif hanya menilai siswa berprestasi. Rekomendasi perlu dilakukan untuk memperbaiki desain, proses, dan hasil agar dalam pelaksanaannya menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan.
URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KELUARGA DAN MASYARAKAT Vista Firda Sari, M.Pd.I
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Urgensi mengenyam pendidikan dalam konteks keluarga dalam membina tumbuhkembang anak menjadi manusia yang layak serta berkontribusi positif bagi masyarakat. Anak-anak mungkin tidak dapat mencapai potensi penuh mereka jika mereka tumbuh dalam keluarga yang disfungsional ataupun di mana ada ketidakharmonisan di sekitarnya. Peran pendidikan agama Islam sebagai fondasi dalam keluarga untuk membentuk perilaku dan moral anak-anak dan mengetahui batasan baik dan buruk. Berfungsi untuk membentuk manusia yang percaya dan ketakwaan kepada Allah SWT. Fondasi utama dan berperan dalam pendidikan moral bagi pembangunan masyarakat seluruhnya. Pengembangan akhlak perlu dibina oleh pengetahuan Islam secara umum dan akidah. Akibatnya diperlukan fungsi pendidikan agama Islam dalam konteks keluarga serta masyarakat luas
PROFESIONALISME PENDIDIK DI ERA GLOBAL DALAM PANDANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Rohani, M.Pd.I; Syarifah Nurbaiti, M.Pd.I; Diana, M.Pd.I
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru sebagai pendidik tidak hanya dituntut mengajar namun juga mampu menjadi figur dan tauladan bagi peserta didik maupun masyarakat. Dalam hal ini, tujuan penulisan adalah untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam pandangan Islam. Sementara pendidikan agama Islam di era globalisasi memberikan peluang untuk mengisi kekosongan moral dan spiritual manusia modern ketika tidak mampu merespon berbagai krisis dan reformasi yang mereka hadapi, juga menjadi tantangan. Era globalisasi dimana semua unsur saling tumpang tindih telah melahirkan paradigma baru dalam pendidikan agama Islam melalui berbagai unsur pendidikan sehingga pendidikan agama Islam dapat memberikan jawaban yang tepat atas berbagai tantangan zaman. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kajian pustaka (litelatur research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan globalisasi pendidikan Islam dapat dijawab melalui tenaga pendidik yang profesional dengan etos kerja dan dedikasi yang tinggi, jiwa kepemimpinan, keteladanan, motivasi dan keterbukaan pikiran, kreatif dan demokratis. Itu tercermin melalui desain dan model pembelajaran, serta dalam perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
SUPERVISI PENDIDIKAN PADA KINERJA GURU SEKOLAH Heni Suryati; Ahmad Sayuti; Budi Waluyo
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perlu perhatian yang sangat serius khususnya dari pemerintah yang mengembankan tangggung jawab tersebut kepada pengawas, karena ketika sebuah lembaga pendidikan mendapat pengawasan yang serius maka diharapkan akan tercipta sebuah pendidikan yang berkualitas, apalagi jika dilakukan oleh seorang pengawas yang ahli. Oleh karena itu peran pengawas sangat mendukung, karena tanpa adanya pengawas yang ahli ( professional ) maka tidak mungkin juga sebuah sekolah/ Sekolah akan berjalan baik dan bermutu. Penelitian ini dilakukan atas dasar kenyataan bahwa masalah kinerja kepala Sekolah dan guru masih membutuhkan perhatian yang serius, karena kinerja mereka salah satunya dipengaruhi dengan adanya kepengawasan.
TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM (URGENSI DAN REVITALISASI NILAI KEISLAMAN DALAM PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0) Muhammad Rizal Ansori
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penulisan esai ini adalah untuk merefleksikan bagaimana kondisi sekarang, dimana pertumbuhan teknologi yang sangat cepat yang sering kali kita kurang sigap dalam mengambil kebijakan terutaman dalam hal pendidikan. Modal dasar dalam sebuah tindakan terutama yang mengenai pendidikan dan arah dari perkembangan anak atau peserta didik sangat lah perlu di perhatikan untuk mengantisipasi dan membekali anak atau peserta didik sebagai generasi penerus dan penyambung perjuangan berdirinya syariat Islam. Terutama di Era Society 5.0 yang telah mentransformasi pendidikan yang menjadikan sekolah, guru, dan siswa tertuntut untuk menguasai teknologi dan informasi menuju proses belajar dan mengajar ke arah yang lebih baik. Bukan ajaran anti-dunia yang di butuhkan namun sangat penting untuk di ajarkan bagaimana hidup di dunia yang materialistis ini dengan tetap menjaga kesucian jiwa dan kebersihan hati, serta mampu berkolaborasi dan melebur dalam dunia yang sedang di hadapi
PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ISLAM M. Nur Lukman Irawan
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 3: Mei 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap efektivitas pembelajaran di sekolah-sekolah Islam. Manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan, pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan fasilitas fisik serta sumber daya lainnya yang mendukung proses pembelajaran. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari beberapa sekolah Islam yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah-sekolah Islam bervariasi. Sekolah-sekolah dengan fasilitas yang memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium yang lengkap, perpustakaan yang memadai, dan akses terhadap teknologi informasi, melaporkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebaliknya, keterbatasan fasilitas berdampak negatif terhadap proses pembelajaran, di mana siswa cenderung kurang fokus dan kurang termotivasi. Pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah-sekolah Islam dilakukan oleh tim khusus yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Kebijakan pengelolaan yang efektif meliputi perencanaan yang baik, pemeliharaan rutin, dan pengawasan ketat terhadap penggunaan fasilitas. Sekolah yang berhasil dalam manajemen sarana dan prasarana menerapkan berbagai strategi, seperti pemeliharaan rutin, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan pelatihan guru. Penelitian ini menemukan bahwa manajemen sarana dan prasarana yang baik sangat berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Rekomendasi yang diberikan antara lain peningkatan perencanaan anggaran, pelatihan guru dalam penggunaan teknologi, peningkatan koordinasi dan pengawasan, serta kerjasama dengan pihak eksternal. Dengan manajemen yang tepat, sekolah-sekolah Islam dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan yang holistik, mencetak generasi muda yang berpengetahuan luas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan

Page 1 of 1 | Total Record : 8