cover
Contact Name
Havid Ardi
Contact Email
havid_a@fbs.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
havid_a@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Abdi Humaniora Sekretariat Pusat Kajian Humaniora, Gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP). Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
ISSN : 27209652     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora
Core Subject : Education, Social,
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Humaniora adalah jurnal yang memuat implementasi hasil penelitian dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS dalam bidang humaniora. Fokus dan Skop jurnal mencakup hasil penelitian dan implementasi pengabdian kepada masyarakat yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Abdi Humaniora akan menerbitkan Artikel terpilih dalam hasil penelitian dan sosialisasi dan implementasi pengembangan IPTEKS di bidang humaniora, pendidikan, pengajaran.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 6 Documents clear
Varian Baru Pada Produk Olahan Limbah Sabut Kelapa Untuk Dijadikan Souvenir Berdaya Jual Tinggi M. Zaim; Refnaldi Refnaldi; Yofita Sandra; Rifqi Aulia Zaim
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v1i1.107271

Abstract

Sabut kelapa dikenal masyarakat sebagai limbah yang dapat diolah untuk dijadikan bahan bakar ketika hendak memasak atau dapat juga dijadikan keset. Tidak banyak yang mengetahui bahwa limbah sabut kelapa tersebut masih dapat diurai menjadi lebih kecil untuk kemudian dijadikan souvenir. Pada pelatihan yang diberikan kepada generasi muda Pakandangan, Kabupaten Padang Pariaman kali ini, disosialisasikan proses untuk mengurai sabut kelapa menjadi patung kecil sebagai souvenir khas Sumatera Barat. Pelatihan yang diberikan selama 6 bulan berturut-turut telah berhasil menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat untuk menciptakan produk seni dengan nilai jual yang lebih tinggi. Dimulai dengan pengenalan alat dan bahan, kemudian dilanjutkan dengan proses penciptaan karya seni dari serbuk sabut kelapa. Rangkaian kegiatan yang dikembangkan secara bertahap dan berkelanjutan mampu mengarahkan aktivitas masyarakat untuk lebih jeli melihat peluang pasar. Ide-ide baru yang diserap dari lingkungan ditransformasikan dalam bentuk sket dan dijadikan prototype industri.  Dan dari prototype industri tersebut dikembangkan lagi menjadi produk inovasi. Produk inovasi inilah yang menjadi wujud nyata ditemukannya bentuk baru pengolahan limbah sabut kelapa (cocopeat) menjadi souvenir.
Peningkatan Kemampuan Publikasi Jurnalistik Perangkat Nagari Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Media Sosial di Nagari Tuik IV Koto Mudiek dan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan melalui Pelatihan Ermanto Ermanto; Zulfadhli Zulfadhli
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v1i1.106660

Abstract

Publikasi merupakan sebuah usaha untuk mempromosikan dan memperkenalkan ke dunia luar tentang berbagai pencapaian yang telah diperoleh oleh sebuah daerah. Salah satu media yang dapat digunakan sebagai sarana promosi dan publikasi adalah media sosial. Dengan media, sosial masyarakat umum dapat melihat, mengamati, dan menyaksikan berbagai kemajuan, pembangunan, kekayaan alam, potensi wisata, kearifan lokal, serta kuliner dari sebuah daerah. Apalagi disajikan dalam bentuk video dengan menggunakan ragam visual, suara, gambar, dan penataan artistik yang lebih menarik, misalnya dengan aplikasi KineMaster. Nagari Tuik IV Koto Mudiek dan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan adalah dua nagari yang terus berkembang dengan pesat di bidang sarana dan prasarana nagari. Hal ini dapat dilihat dari segi pembangunan jalan, jembatan, gedung, serta infrastruktur lainnya. Namun, segala bentuk pencapaian dan pembangunan nagari belum terpublikasi dan tersosialisasi dengan baik. Banyak masyarakat (rantau) yang belum mengetahui kemajuan-kemajuan yang sudah diperoleh oleh kedua nagari tersebut. Hal ini disebabkan karena belum adanya SDM yang andal dan profesional sebagai tim promosi dan publikasi nagari. Ada beberapa media sosial yang dapat digunakan sebagai saran promosi dan publikasi, misalnya facebook  dan instagram. Kedua akun ini dapat digunakan sebagai sarana publikasi nagari. Nagari Tuik IV Koto Mudiek dan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan adalah nagari yang sudah memiliki akses internet. Hal ini tentu dapat memudahkan bagi masyarakat dalam menggunakan berbagai media sosial, terutama untuk publikasi pembangunan nagari. Penyajiannya bisa dalam bentuk berita jurnalistk, video foto, dan gambar lainnya. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diadakan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan publikasi jurnalistik perangkat nagari menggunakan aplikasi kinemaster untuk media sosial di Nagari Tuik IV Koto Mudiek dan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan.
PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS DAN KREATIFITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMP WILAYAH UTARA KABUPATEN SOLOK Fitrawati Fitrawati
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v1i1.107179

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran  interaktif berbasis multimedia bagi guru-guru SMP/MTs Wilayah Utara Kabupaten Solok ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, yang diharapkan dapat menghasilkan perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap dari guru sehingga proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan lancar dan mudah.    Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru-guru Wilayah Utara Kabupaten Solok. Kegiatan pembuatan media pemebelajaran interaktif berbasis multimedia ini disajikan dengan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Ketersediaan dosen yang memadai, antusiasme peserta, dan dukungan kepala sekolah merupakan pendukung terlaksananya kegiatan PKM ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah kemampuan peserta menggunakan program aplikasi masih rendah serta sumberdaya  komputer yang dimiliki sebagian peserta tidak memenuhi spefikasi pengolahan multimedia yang seharusnya. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain peserta dapat mengetahui tentang arti pentingnya  media pembelajaran multimedia yang interaktif dan abraktif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa yang dididik peserta. Dengan terciptanya media pembelajaran maka proses belajar mengajar akan lebih menarik, siswa akan lebih termotivasi dan bergairah dalam belajar, sehingga guru dapat menjelaskan materi pelajaran lebih mudah dan atraktif.    
Peningkatan Kapasitas Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kabupaten Tanah Datar sebagai Fasilitator Gerakan Literasi Dasar Baca Tulis melalui Pelatihan Hasanuddin WS Hasanuddin WS; Emidar Emidar; Zulfadhli Zulfadhli
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v1i1.106663

Abstract

Gerakan literasi dasar baca tulis bertujuan untuk menghasilkan lingkungan atau ekosistem atau masyarakat yang sadar dan kaya akan literasi. Masyarakat yang dimaksudkan ini adalah masyarakat yang aktif, dinamis, dan menghidupkan aktivitas literasi. Masyarakat yang dimaksudkan terutama adalah masyarakat secara menyeluruh yang dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan lembaga pendidikan formal, serta masyarakat umum mulai dari perkotaan hingga ke wilayah terjauh.Berbagai upaya dapat dilakukan untuk terus mengembangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN), salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan berupa penguatan kapasitas fasilitator.Berdasarkan kenyataan tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  difokuskan pada pelatihan  penguatan kapasitas fasilitator gerakan literasi dasar baca tulis bagi guru-guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini akan difokuskan pada penguatan guru-guru tersebut sebagai fasilitator Gerakan Literasi Nasional di lingkungan tempat mereka bertugas sehingga mereka memiliki pengetahuan, wawasan, dan keterampilan sebagai fasilitator yang kaya untuk melaksanakan strategi gerakan baca tulis di sekolah. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah (presentasi), diskusi/tanya jawab, pemberian tugas, dan pendampingan. Hasil yang dicapai setelah kegiatan dilaksanakan dan setelah mengamati latihan yang diberikan, dapat terlihat bahwa para peserta dapat memperoleh pengetahuan literasi dan mampu mengembangkan pembelajaran yang terintegrasi dengan kegiatan literasi serta menjadi fasilitator kegiatan literasi di sekolah.
Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru SMP Negeri Kota Solok Hermawati Syarif, M.Hum.; Havid Ardi; Zul Amri; Tuti Lestari
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v1i1.107231

Abstract

Permasalahan yang mendesak bagi guru-guru SMP Kota Solok adalah keterbatasan kemampuannya dalam menuangkan hasil penelitian ilmiahnya ke dalam tulisan ilmiah (arttikel) yang berterima.  Karena keurgensian keterampilan menulis karya ilmiah ini, perhatian guru-guru untuk memperbaiki diri sangat diperlukan. Oleh sebab itu,  pelatihan penulisan karya ilmiah yang disesuaikan dengan kebutuhan para guru dilaksanakan. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan penyajian konsep tentang karya tulis ilmiahyang diteruskan dengan kegiatan workshop tentang keterampilan menerapkan konsep yang telah disajikan secara indifidual maupun kelompok. Hasil proses kegiatan menunjukkan terlihat tingginya antusiasme peserta menampilkan tulisan dari hasil penelitian yang telah mereka lakukan. Pendampingan dalam penulisan draft artikel merupakan puncak kegiatan sampai tulisan ilmiah tersebut dapat diterbitkan pada jurnal yang sesuai. Dari hasil kegiatan, terkumpul lima artikel yang siap untuk diterbitkan pada jurnal yang memiliki standar ilmiah, baik secara lokal maupun nasional. Artikel yang lain masih dalam proses pendampingan sebagai bagian dari lanjutan kegiatan pelatihan tersebut.
PENULISAN NOTASI ANGKA MENGGUNAKAN PARNUMATION 3.0 SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA ERA DISRUPSI BAGI GURU SENI BUDAYA DI KABUPATEN SOLOK Fajry Sub'haan Syah Sinaga; Emah Winangsit
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v1i1.106691

Abstract

Based on research (S. S. Sinaga, 2010) a music teacher must be able to transcribe a music notation in the music learning process. This article provides an introduction on how to write numbered music notation using Parnumation 3.0 as an effort to utilize technology in the digital age. This study uses descriptive analytics with data collection methods consisting of observation and literacy studies that support the steps for submitting number notations using parnumation 3.0. The research proves that the use of parnumation 3.0 provides a compromise on notation

Page 1 of 1 | Total Record : 6