cover
Contact Name
Dodik Prasetyo
Contact Email
dodikpsetyo@alfattah.ac.id
Phone
+6285640018663
Journal Mail Official
jurnalsentrapaud@alfattah.ac.id
Editorial Address
LPPM STAI AL-FATTAH PACITAN Jl. Nawangan Km. 02 Jatimalang, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Published by STAI Al-Fattah Pacitan
ISSN : -     EISSN : 28088921     DOI : https://doi.org/10.1515
Core Subject : Education,
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its multidisciplinary approach, covering all related fields, including Islamic religion, gender, psychology, sociology, child’s health and social work.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Wayang Kartun: Media untuk Meningkatkan Minat Berbahasa Jawa Anak Kelompok B TK Tunas Muda Desa Sedayu Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2022/2023 Prasetyo, Dodik
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/fpn4yy24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat berbahasa Jawa anak melalui metode bercerita dengan media wayang kartun pada anak kelompok B di TK Tunas Muda Sedayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Objek penelitian adalah minat berbahasa Jawa melalui metode bercerita menggunakan media wayang kartun. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan media wayang kartun dapat meningkatkan minat berbahasa Jawa anak. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya minat berbahasa Jawa anak pada tahap Pra Siklus terlihat 5 anak (28%) yang memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, pada siklus I terdapat 7 anak (41%) yang memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, pada siklus II 14 anak (80%) memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, sehingga tindakan dihentikan karena minat berbahasa Jawa anak sudah mencapai indikator keberhasilan.
Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di TK Muslimat NU Kecamatan Pacitan Putro, Heri Cahyono
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/vxdvgh08

Abstract

Pembiasaan keagamaan menjadi poin utama lembaga pendidikan anak usia dini. keunggulan di sektor ini menunjukkan peminat atau orang tua wali menyekolahkannya di lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui pembiasaan keagamaan dalam membangun karakter siswa di TK Muslimat NU Pacitan. Metodologi penelitian yang ditetapkan oleh Peneliti yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, Dimana data penelitian diambil menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian Peneliti menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, menyaikan data dan memverifikasi data. Adapun hasil penelitian menyebutkan bahwa pembiasaan keagamaan di TK Muslimat NU Pacitan terdiri dari bedoa sebelum pembelajaran dimulai, membaca asmaul husna, sholat dhuha berjamaah pada hari jum’at dan sabtu, dan infaq atau bersedekah untuk membangun karakter pada anak usia dini di TK Muslimat NU Pacitan.
Implementasi Metode Percampuran Warna pada Siswa Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Sinar Putra Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun 2023 Kumalasari, Hanit Nugraini
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/am7m2333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap persiapan metode pencampuran warna pada anak kelompok B,mengetahui bagaimana tahap pelaksanaan metode pencampuran warna pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelompok B Kelompok B dengan jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 1orang guru pembimbing kelas B Sentra Bahan Alam dan 5 orang yang terdiri dari 2anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru guna mencapai keberhasilan pelaksanaan metode percampuran warna anak usia 5-6 tahun, yaitu: (a) tahap persiapan metode pencampuran warna pada anak usia 5-6 tahun terlaksana dengan baik; (b) tahap pelaksanaan metode melalui kegiatan pencampuran warna pada anak usia 5-6tahun di TK berjalan dengan baik; (c)tahap tindak lanjut metode pencampuran warna pada anak usia 5-6 tahun  belum terlaksana dengan baik.
Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Metode Mencocok Gambar di TK Tunas Muda Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Dwiantari, Wiwid Pheni
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/6my4pa59

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode mencocok gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi, Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan bahwa metode mencocok gambar memiliki kelebihan dapat menarik minat dan keaktifan anak, bentuk gambar yang dicocok bervariasi, lebih menarik perhatian anak, mempermudah serta mempercepat pemahaman anak, pembuatannya mudah, harganya terjangkau, dapat mengatasi adanya batasan ruang dan waktu hingga dapat membuat anak lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran tanpa rasa bosan yang dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar anak pada siklus I diperoleh 48 % meningkat pada siklus II diperoleh 78%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data metode mencocok gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak di TK Tunas Muda Arjosari Pacitan.
Pengenalan Konsep Matematika terhadap Anak Usia Dini Muniroh, Afidatul
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/qg7dxs17

Abstract

Konsep matematika merupakan salah satu aspek yang perlu diperkenalkan terhadap anak usia dini dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi permasalahan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan konsep matematika terhadap Anak Usia Dini kelompok B PAUD Tunas Muda Sedayu Arjosari Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat  deskripstif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B PAUD Tunas Muda Sedayu Arjosari Pacitan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan pengecekan data. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran matematika dibuat dengan cara mengasyikan yaitu dengan belajar sambil bermain. Berbagai mainan dan benda di sekitar dapat membantu anak dalam mengenal konsep bilangan dan operasinya, urutan, membilang, perbandingan, menulis angka, dan geometri.
Analisis Dampak Kesehatan Mental Ibu Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini (Studi Kasus Ibu-ibu Wali Murid TK Indrakila Desa Jatimalang Arjosari Pacitan) Supratiwi, Wahyu Eka
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/tv83w906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kesehatan mental ibu terhadap perkembangan psikologis anak usia dini, dengan studi kasus ibu-ibu wali murid di TK Indrakila, Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Kesehatan mental ibu memainkan peran penting dalam tumbuh kembang anak, terutama pada aspek psikologis yang mencakup emosional, sosial, dan kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipan terhadap ibu dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu yang mengalami masalah kesehatan mental, seperti stres dan depresi, cenderung memiliki anak dengan perkembangan psikologis yang kurang optimal, termasuk dalam hal pengendalian emosi, interaksi sosial, dan konsentrasi belajar. Faktor-faktor seperti dukungan sosial, status ekonomi, serta pola pengasuhan juga turut memengaruhi dinamika ini. Penelitian ini menekankan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental ibu dalam upaya mengoptimalkan perkembangan psikologis anak usia dini. Dengan demikian, program intervensi yang terintegrasi antara pendidikan keluarga dan layanan kesehatan mental sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 6