cover
Contact Name
Liestyaningrum Rahmadhani Wisnu Putri
Contact Email
liestyaningrum@wym.ac.id
Phone
+628197521996
Journal Mail Official
lppm@wym.ac.id
Editorial Address
Jl. Mangga Dua Raya No.8, RT.5/RW.3, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Mahasiswa
ISSN : -     EISSN : 30906334     DOI : https://doi.org/10.52859/jem.v1i1
Core Subject : Economy, Humanities,
The focus and scope of Jurnal Ekonomi Mahasiswa encompass a wide range of topics in management and accounting, including organizational behavior, financial management, strategic planning, and auditing practices. By prioritizing high-quality research, JEM aims to contribute to the academic discourse while offering practical insights for professionals and stakeholders. This journal aspires to bridge the gap between academic exploration and real-world application, encouraging the development of impactful strategies and solutions that support the growth of the management and accounting sectors.
Articles 5 Documents
FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN JASA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA WIYATAMANDALA UNTUK MEMILIH BERKULIAH DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI WIYATAMANDALA ANGKATAN 2022/2023 Yantoro, Leo Lie
Jurnal Ekonomi Mahasiswa Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Ekonomi Mahasiswa Volume 1 Nomor 1 bulan Mei 2025
Publisher : LPPM STIE Wiyatamandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52859/jem.v1i1.710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor bauran pemasaran jasa, yaitu harga, produk, promosi, orang, dan bukti fisik, terhadap keputusan calon mahasiswa dalam memilih STIE Wiyatamandala sebagai perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat. Dengan menggunakan metode survei dan wawancara terhadap 24 mahasiswa STIE Wiyatamandala Angkatan 2022, data dianalisis secara kualitatif melalui analisis tematik dan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor harga memiliki pengaruh signifikan dalam keputusan calon mahasiswa, sementara promosi yang efektif berhasil menarik minat dan memberikan citra positif tentang kampus. Selain itu, tim pemasaran STIE Wiyatamandala dinilai mampu memberikan layanan dan bantuan yang optimal kepada calon mahasiswa selama proses pendaftaran dan orientasi.
KINERJA KEUANGAN PT BANK MANDIRI TBK DALAM PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA TAHUN 2011-2022 Yohanna, Vannisa
Jurnal Ekonomi Mahasiswa Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Ekonomi Mahasiswa Volume 1 Nomor 1 bulan Mei 2025
Publisher : LPPM STIE Wiyatamandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52859/jem.v1i1.711

Abstract

Penelitian ini mengkaji kinerja keuangan PT Bank Mandiri Tbk dalam penerapan Good Corporate Governance (GCG) selama 2011-2020. Dengan pendekatan kuantitatif, data laporan keuangan dianalisis melalui statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Penelitian melibatkan lima variabel: empat variabel independen (ROA, ROE, NPM, CAR) dan satu variabel dependen (kinerja keuangan setelah penerapan GCG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris independen dan komite audit berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan PT Bank Mandiri Tbk.
PENGARUH VISIBILITY, CREDIBILTY, ATTRACTION DAN POWER DARI BRAND AMBASSADOR SEHUN EXO TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK SKINCARE WHITELAB Liana
Jurnal Ekonomi Mahasiswa Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Ekonomi Mahasiswa Volume 1 Nomor 1 bulan Mei 2025
Publisher : LPPM STIE Wiyatamandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52859/jem.v1i1.712

Abstract

Persaingan ketat antar merek skincare mendorong inovasi dan promosi yang efektif, salah satunya dengan menggunakan brand ambassador sebagai strategi pemasaran. Contohnya, Whitelab memilih Sehun EXO sebagai Brand Ambassador untuk meningkatkan kesadaran merek, yang meningkatkan jumlah pengikut Instagram mereka meski masih tertinggal dibanding pesaing. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner dari pengikut Instagram Whitelab yang mengenal Sehun, dengan teknik purposive random sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa Visibilitas (X1), Kredibilitas (X2), dan Daya Tarik (X3) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Citra Merek (Y). Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 26,5% Citra Merek dipengaruhi oleh variabel tersebut, sementara 73,5% dijelaskan oleh faktor lain.
ANALISIS PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK DALAM MELAPORKAN SPT DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI SAMPAI DENGAN UMUR 28 TAHUN WILAYAH JAKARTA PUSAT DI METRO TANAH ABANG Fitrayanti, Silvia
Jurnal Ekonomi Mahasiswa Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Ekonomi Mahasiswa Volume 1 Nomor 1 bulan Mei 2025
Publisher : LPPM STIE Wiyatamandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52859/jem.v1i1.713

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data kuesioner yang disebarkan kepada 55 responden dan diukur dengan menggunakan skala Likert. Kemudian data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Metode analisis yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji signifikansi parameter individual. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh kesadaran Wajib Pajak, pengetahuan pajak dan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di wilayah Jakarta Pusat daerah Metro Tanah Abang.
ANALISIS PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI ULANG MIXUE : (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN SAWAH BESAR) Natasya
Jurnal Ekonomi Mahasiswa Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Ekonomi Mahasiswa Volume 1 Nomor 1 bulan Mei 2025
Publisher : LPPM STIE Wiyatamandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52859/jem.v1i1.714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan E-WOM terhadap Minat Beli Ulang Mixue di Kecamatan Sawah Besar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 145 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Namun secara parsial, hanya E-WOM yang berpengaruh signifikan. Koefisien determinasi sebesar 48,1%, sementara 51,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5