cover
Contact Name
Muhamad Fuat Asnawi
Contact Email
fuatasnawi@unsiq.ac.id
Phone
+628122806605
Journal Mail Official
pasak@fastikom-unsiq.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo Jl. KH. Hasyim Asy'ari Km. 03, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56351
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
PASAK: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan
ISSN : -     EISSN : 30266998     DOI : https://doi.org/10.32699/pasak
Core Subject : Engineering,
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan merupakan media komunikasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik Sipil, Bangunan dan Arsitektur. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo secara berkala dua kali dalam satu tahun pada bulan September dan Maret.
Articles 24 Documents
Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Jepara-Bangsri Km 05 Desa Mambak Sari, Novita; Hidayati, Nor; Saputro, Yayan Adi; Qomaruddin, Mochammad; Mushthofa, Mushthofa; Roehman, Fatchur; Roesdiana, Tira
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 1 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i1.5576

Abstract

Kondisi jalan yang menikung curam serta terdapat banyak kerusakan juga menjadi salah satu factor penyebab terjadinya kecelakaan di Jalan Raya Jepara-Bangsri Km 05 Desa Mambak ini, selain itu mayoritas pengguna jalan ini adalah truck bermuatan besar serta container yang mana sering menjadi penyumbang kerusakan jalan. Berdasarkan beberapa factor yang telah dijelaskan diatas, maka perlu diadakan penelitian analisis kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Jepara-Bangsri Km 05 Desa Mambak yang mampu menyediakan sebuah sistem dan cara yang dapat menjadi evaluasi terhadap kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di Jalan Raya Jepara-Bangsri Km 05 Desa Mambak ini. Metode yang digunakan dalam analisa ini adalah metode Kuantitatif Descriptive atau survey lapangan yang mana akan digunakan untuk mengevaluasi Geometrik jalan, nilai accident rate (tingkat kecelakaan), accident cost (biaya kecelakaan) dan juga menetukan titik Black Spot (daerah rawan kecelakaan).
ANALISIS KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN RAYA JEPARA – BANGSRI KABUPATEN JEPARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PCI ( PAVEMENT CONDITION INDEX ) Rendy, Oktarisa Aviska; Umam, Khotibul; Saputro, Yayan Adi; Qomaruddin, Mochammad; Roesdiana, Tira
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 1 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i1.5593

Abstract

Jalan Raya Jepara - Bangsri merupakan Jalan Provinsi dan termasuk jalan yang mengalami kerusakan jalan yang cukup parah. Sehingga diperlukan adanya analisis yang mengkaji tentang beberapa jenis kerusakan jalan tersebut serta penanganan yang sesuai dengan kerusakan jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis yang didapat jenis kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Raya Jepara-Bangsri KM 16 s/d KM 18 jika ditinjau dengan metode PCI dan Bina Marga memiliki peresentasi kerusakan sebesar Retak buaya (38,75%), Retak Blok (17,39%), Retak Pinggir (8,89%), Lubang (17,49%), Tambalan (12,99%), Pengausan (10,89%), dan amblas (3,59). Untuk penilaian kondisi jalan dengan metode PCI diperoleh rata-rata sebesar 55,523 yang termasuk dalam kategori sedang (Fair), sedangkan untuk metode Bina Marga diperoleh rata-rata nilai urutan prioritas sebesar 7,2. Hasil dari keduanya memiliki jenis penanganan yang sama yaitu Pemeliharaan Rutin. Untuk menghindari kerusakan jalan yang semakin parah maka perlu adanya perhitungan mengenai rencana tebal lapis tambahan perkerasan lentur. Berdasarkan hasil jenis nomogram 3 dengan Ipt = 2,0 dan Ipo = 4 sehingga diperoleh tebal perkerasan laston AC-WC (lapis aus) tebal 7,5 cm, AC-BC (lapis antara) tebal 10 cm, dan Lapis pondasi Sirtu kelas A tebal 12 cm.
Tinjauan Perilaku Anak Dibawah Umur Dalam Berkendara di Kabupaten Kampar Muttaqin, Muchammad Zaenal; Mulyani, Sri; Kumalasari, Cyintia
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 1 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i1.5597

Abstract

Pelanggaran lalu lintas anak dibawah umur di Bangkinang kota yang terus meningkat setiap tahunnya sangat membahayakan mereka dan pengguna jalan lainnya. Pengendara dibawah umur juga belum memiliki SIM dan tentunya hal ini sangat berbahaya, terlebih lagi secara emosional mereka belum stabil saat berkendara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelanggaran lalu lintas oleh anak dibawah umur di Bangkinang kota, untuk untuk mengetahui perilaku kepatuhan anak dibawah umur tentang keselamtan lalu lintas, dan untuk mengetahui faktor penyebab pelanggaran lalu lintas oleh anak dibawah umur di Bangkinang kota. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Bangkinang kota, penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan menyaring seluruh data sehingga ditemukan data baru, penting, dan mempunyai nilai dengan menggunakan data penunjang dari kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder kemudian melakukan uji validitas kuesioner, uji validitas didapatkan dengan cara mengguanakan SPSS. Berdasarkan hasil pengujian validitas rtabel dengan tingkat signifikansi 0,05 atau 5% adalah 0,099. Data dapat dikatakan valid apabila nilai ????ℎ???????????????????? > 0,099 (???????????????????????? ). Adapun hasil mean tertinggi yang di dapatkan pada analisis kuesioner ini adalah telah mengendarai sepeda motor walaupun masih dibawah 17 tahun dengan mean 4,03 . Faktor penyebab pelanggaran lalu lintas oleh anak di bawah umur disebabkan oleh 2 faktor. Yaitu faktor teman sebaya, dan faktor kurangnya pemahaman terhadap keselamatan lalu lintas. Dan juga perilaku kepatuhan anak dibawah umur tentang keselamatan berlalu lintas masih sangat kurang..
Abu Gergaji Kayu Dan Fly ash Sebagai Bahan Tambah Semen Terhadap Kuat Tekan Dan Penyerapan Air Paving block Adib, Muhammad; Saputro, Yayan Adi; Rochmanto, Decky; Qomaruddin, Mochammad; Roesdiana, Tira
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 1 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i1.5643

Abstract

Jepara yang banyak bergerak di industri furniture yang mencakup pengelolaan kayu dan yang lain di jepara juga terdapat pltu tanjung b jepara yang mana hasil dari pembakaran batu bara menghasilkan limbah yang berupa fly ash, banyak nya limbah yang berupa fly ash dan serbuk gergaji kayu dalam upaya mengurangi limbah tersebut dimanfaatkan sebagai bahan tambah pada semen dalam proses pembuatan paving block, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur tingkat kekuatan tekan dan tingkat penyerapan air dari paving block yang dihasilkan. Pada penelitian yang telah di lakukan dengan variasi campuran 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10% mengalami kenaikan dari umur 7 hari kuat tekan tertinggi nya di variasi 10% dengan nilai 31,8 MPa, di umur 14 hari kuat tekan tertinggi nya di variasi 10% dengan nilai 37,1 MPa, umur 28 hari kuat tekan tertinggi nya di variasi 10% dengan nilai 39,1 MPa, dikategorikan menurut SNI 03-0691-1996 masuk kedalam mutu B. Untuk penyerapan air nya mengalami pemadatan jadi penyerapan air nya menurun dari 0% ke 10% dengan nilai 3,393 – 3,192 dikategorikan menurut SNI 03-0691-1996 masuk kedalam mutu B karena nilai nya lebih dari 3%.
ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINAMARGA, PCI DAN SDI bakhri, M.faisol; Saputro, Yayan Adi; Rohmanto, Decky; Roehman, Fatchur; Mushthofa, Mushthofa
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 1 (2023): September
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i1.5652

Abstract

Ruas jalan jepara – bangsri merupakan jalan kolektor yang berada di wilayah kabupaten jepara, akan tetapi dapat ditemukan kondisi jalan pada segmen tertentu masih terdapat kerusakan-kerusakan yang bisa mengganggu aktifitas pengguna jalan. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian analisis kerusakan perkerasan jalan. Menurut hasil analisis Jenis kerusakan yang terdapat pada ruas jalan Jepara-Bangsri meliputi retak memanjang, retak kulit buaya, pengelupasan, amblas dan lubang. Jenis kerusakan yang dominan adalah pengelupasan dengan luas kerusakan 124.33 m2 dan persentase kerusakan 66.72 % serta kerusakan terendah adalah jenis amblas luas kerusakan 6.49 m2 dengan persentase kerusakan 2.13 %. Untuk metode Bina Marga diperoleh nilai urutan prioritas sebesar 5 termasuk dalam kondisi Sedang dengan program penanganan pemeliharaan berkala. Pada metode PCI diperoleh nilai rata-rata sebesar 66.47 yang merupakan kondisi Baik (Good)) termasuk kategori pemeliharaan rutin. Sedangkan metode SDI diperoleh nilai total sebesar 18.67 kategori baik termasuk program pemeliharaan rutin. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kondisi jalan yang hampir sama, yaitu masih dalam keadaan cukup baik namun memerlukan pemeliharaan agar tidak memperburuk kondisi jalan.
Identifying and Analyzing Factors Influencing Occupational Accidents in the Construction Sector: A Review of 10-year Research Ghani, Hafid Nur; Ridho, Fiki Muhammad
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 2 (2024): Maret
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i2.6738

Abstract

The construction sector is one of the industries that has a high risk of occupational accidents. Therefore, preventing accidents from occurring is crucial, one of which is by identifying the factors caused. The present study aims to review articles published in the last 10 years to identify and analyze factors related to the incidence of occupational accidents in the construction sector. A systematic search method was conducted until December 2023 on the following databases: Scopus, ScienceDirect, and Google Scholar. A total of twenty-three articles were included in this review with all articles being original research and discussing factors that contribute to occupational accidents in the construction sector. Our findings show that there are several factors influencing an increase in occupational accidents, namely individual factors, including male gender, younger age, lack of work experience, not long working period, being married, poor level of work safety knowledge, absence of occupational safety training, low level of education, and job dissatisfaction; unsafe action factors, including not using personal protective equipment (PPE) or using inappropriate PPE, not following work safety regulations, applying inappropriate standard operational procedures (SOPs), and fatigue; unsafe condition factors, including the absence of occupational safety and health (OS&H) supervision and inappropriate installation of safety signs; environmental factors, including thermal stress, interference, smooth surfaces, work platform height, and extreme temperature changes during summer and winter; psychological and occupational stress factors, including high time pressure, high workload, poor work schedule, and violence and bullying perpetrated by co-workers or supervisors; and defective equipment factors. In conclusion, individual, unsafe actions, unsafe conditions, environmental, psychological and occupational stress, and defective equipment factors have a significant influence on occupational accidents at construction sites.
KAJIAN PERSEBARAN JENIS TUMBUHAN PADA PENAMBANGAN BAHAN GALIAN C DI DESA CANDIMULYO DAN PAGEREJO KERTEK WONOSOBO Hakim, Muhammad Furqon
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 2 (2024): Maret
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i2.6788

Abstract

Rancangan pengambilan sampel yang dicari dalam penelitian ini adalah Variabel yang dicari dalam penelitian biotik adalah persebaran jenis tumbuhan berupa kerapatan dan frekuensi tumbuhan disekitar lahan yang belum digali selain rumput dan gulma. Pada lokasi penelitian yang jauh dengan kawasan penambangan bahan galian C di Desa Candimulyo , komponen frekuensi jenis tumbuhan lebih banyak sedangkan lokasi penelitian yang dekat dengan kawasan penambangan di Desa Pagerrejo, frekuensi jenis tumbuhan lebih sedikit
Bangkitan Perjalanan Pada Perumahan Wonosari Indah,Wonosari Premai, dan Manggisan Premai Sukron, Akhmad
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 2 (2024): Maret
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i2.6854

Abstract

Permasalahan transportasi muncul akibat dari pertumbuhan penduduk yang relative pesat, meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, dan minimnya fasilitas yang ada. Ketidak seimbangan antara sistim kegiatan dari suatu tataguna lahan, sistim jaringan dan sistim pergerakan transportasi tersebut merupakan sebuah mata rantai yang akan terus berlanjut sebagai akibat dari perkembangan suatu daerah yang dinamis. Munculnya kawasan perumahan menyebabkan berubahnya fungsi tata guna lahan yang dikemudian hari menimbulkan permasalahan. Kegiatan masyarakat untuk beraktivitas menyebabkan timbulnya bangkitan-bangkitan perjalanan yang dapat membebani jalur-jalur jaringan jalan menuju pusat-pusat kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan bangkitan lalu-lintas pada Perumahan Wonosari Indah, Perumahan Wonosari Permai, dan Perumahan Mangisan Permai.dengan menentukan variabel dan konstanta yang mempengaruhi jumlah pergerakan dari kawasan perumahan ke tempat tujuan. Beberapa parameter yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan aksesibilitas perjalanan juga diamati untuk mendapatkan jumlah pergerakan lalu lintas yang terjadi pada kawasan yang ditinjau. Melalui metode survei kuesioner kepada para responden. Hasil penelitian di kawasan Perumahan Wonosari Indah dengan mengambil sampel sebanyak 66 semple, Perumahan Wonosari Permai dengan mengambil sampel sebanyak 59 semple, dan Perumahan Mangisan Permai dengan mengambil sampel sebanyak 108 semple.dengan data meliputi jumlah perjalanan diambil dari setatus pekerjaan sebagai variabel terikat sedangkan Pendidikan terahir,setatus pekerjaan,setatus perkawinan,setatus tempat tinggal,jumlah anggota keluarga yang ditanggung,jenis kendaraan(jumlah),waktu yang diperlukan,jenis kendaraan yang digunakan,biaya ke lokasi tujuan,berapa liter bahan bakar,jenis bahan bakar,anggota keluarga yang bekerja selain anda,anggota keluarga yang sekolah,penghasilan(jumlah,dan jarak ke lokasi tujuan awbagai variable bebas. Berdasarkan data karakteristik responden dari penelitian tentang perilaku perjalanan masyarakat perumahan di Wonosobo, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden adalah reaponden yang memilikui tempat tinggal sendiri dengan presentase 88 %, responden yang memiliki waktu tempus ke tempat tujuan selama 11 – 15 m3nit dengan presentase 42,5 %, responden dengan jumlah penghasilan Rp. 3.500.000,-Rp. 5.000.000,- .Dengan besar 39.9%, responden dengan biaya yang diperlukan untuk mencapai tempat tujuan <7000 ,dengan presentase sebesar 45.1%, responden dengan biaya yang diperlukan < ¼ liter, dengan presentase sebesar 45.9%,responden dengan, anggota keluarga yang tidak sekolah , dengan presentase sebesar 60.9%, dan responden dengan jarak yang diperlukan ke lokasi tujuan 4-7 km dengan presentasu 44,6%
Uji Beban Statik dan Dinamik untuk Asesmen Reliabilitas Jembatan Baja Komposit Bentang 20m, 25m dan 30m Khoeri, Heri
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 2 (2024): Maret
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i2.6957

Abstract

Jembatan adalah salah satu prasarana transportasi vital yang berdampak pada bidang sosial, ekonomi, pertahanan dan keamanan, sehingga aspek keselamatan dan kenyamanan penggunanya harus benar-benar terpenuhi sebagaimana dinyatakan dalam Permen PUPR 10 tahun 2022 tentang Keamanan Jembatan dan Terowongan. Penilaian reliabilitas jembatan dapat diperoleh dari parameter statik pada kondisi layannya dengan tidak terlampauinya batas lendutan dan batas tegangan saat operasional termasuk saat pembebanan maksimum terjadi, juga terpenuhinya kriteria penilaian parameter dinamik yang salah satunya dari frekuensi alami. Untuk mengetahui reliabilitas 3 (tiga) buah jembatan baja komposit pada akses jalan Mukut, Sumatera Selatan, maka dilakukanlah uji beban statik dan dinamik. Dari uji beban dinamik diketahui tingkat kerusakan jembatan 2, 3, dan 4 secara berurutan sebesar 2.1%, 22.4% dan 25%. Dari hasil uji beban baik statik maupun dinamik teridentifikasi kapasitas jembatan 2, 3 dan 5 secara berurutan 95% (61 ton), 54% (43 ton), dan 49% (46 ton) dari rencananya. Karena ketiga jembatan tersebut dalam satu akses jalan, maka total beban yang diijinkan berada diatas jembatan adalah 43 ton. Diperoleh nilai akurasi yang cukup tinggi dari uji beban dinamik untuk penilaian reliabilitas bangunan atas jembatan dimana perbedaannya dengan uji beban statik hanya 0.04%­ + 0.8%. Dengan perbedaan yang sangat kecil mengingat uji beban dinamik memerlukan waktu yang relatif lebih singkat, maka dapat dinyatakan bahwa uji beban dinamik cukup efektif dan efisien untuk menilai reliabilitas struktur bangunan atas jembatan, selama jembatan masih berperilaku linear elastis.
Analisis Perbandingan Kinerja Struktur Tahan Gempa Pada Wilayah Berbeda Dengan Metode Respon Spektrum (Studi Kasus : Apartemen 19 Lantai) Arga Rumbyarso, Yonas Prima
Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan Vol 1 No 2 (2024): Maret
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/pasak.v1i2.6966

Abstract

Indonesia is an earthquake-prone area, many earthquakes that occur in Indonesia cause damage to building structures in Indonesia. The planning rules for erecting buildings are that the building must be able to withstand existing earthquake loads. Because basically the principle of earthquake-resistant buildings is that damage to the building may occur, but not to structural elements This research takes a case study of a 19-storey apartment building. This building has a height of 62.7 meters with a total of 19 floors. According to SNI 1726: 2019 regulations, the function of this building is shown as a residential facility with risk category II. The results of the analysis are in the form of building structure performance, comparison between Jayapura and Jakarta soil data, level deviation and column and brace stress control.

Page 1 of 3 | Total Record : 24