cover
Contact Name
Mita Yuniati
Contact Email
mitayuniati@unesa.ac.id
Phone
+6285736219539
Journal Mail Official
mitayuniati@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Gedung A3 Lt. 2, Fakultas Teknik - Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Online Tata Busana
Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan Fesyen
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021" : 22 Documents clear
PENERAPAN PROGRAM RICHPEACE DIGITAL GRADING SYSTEM (RP - DGS) PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KELAS XII TATA BUSANA 3 SMK NEGERI 2 JOMBANG Deny Arifiana, Annisa Kusumawardhani
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.42961

Abstract

ABSTRAK - Tujuan dari riset yang dilakukan antara lain untuk (1)mendeskripsikan hasil belajar pembuatan pola rok menggunakan program Richpeace Digital Grading System (RP-DGS) dan (2)mendeskripsikan respon siswa terhadap hasil pembuatan pola rok menggunakan program RP-DGS. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan (1)metode tes lks kinerja membuat pola rok secara digital, dan (2)angket respon terhadap hasil pembuatan pola rok menggunakan program RP-DGS. Penelitian dilakukan pada bulan oktober 2020, bertempat di SMK Negeri 2 Jombang, tepatnya pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII tata busana 3 sebanyak 32 siswa penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 90,7% berada di atas kriteria ketuntasan yang berlaku yaitu 70 pada kompetensi pembuatan pola rok secara manual dan digital dan (2) respon siswa terhadap penerapan program RP-DGS pada pembuatan pola rok sebesar 95,2% dengan kriteria respon sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan penerapan program Richpeace Digital Grading System (RP-DGS) pada mata pelajaran pembuatan busana industri kelas xii tata busana 3 SMK Negeri 2 Jombang dikatakan berhasil.
VIDEO TUTORIAL BERBASIS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BELAJAR PEMBUATAN HIASAN BUSANA Yulianti, Laras Eka; Marniati, Marniati
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.42965

Abstract

ANALISA HASIL PENELITIAN TENTANG TEKNIK ECOPRINT MENGGUNAKAN MORDAN TAWAS, KAPUR, DAN TUNJUNG PADA SERAT ALAM Kusumaningtyas, Ida Ayu; Wahyuningsih, Urip
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.42976

Abstract

ANALISIS HIASAN BORDIR TIGA NEGARA DITINJAU DARI ASPEK DESAIN DAN TEKNIK Aidah, Luki Nur; Suhartini, Ratna
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.42977

Abstract

Ada beberapa negara yang menghasilkan produk bordir. Dengan desain dan teknik bordir yang beraneka ragam, tergantung pada karakteristik benda yang dihias. Dalam perkembangannya tiap negara berbeda-beda. Berdasarkan hal ini, maka peneliti ingin menganalisis tentang bordir di 3 (tiga) negara yaitu Indonesia, India dan Arab yang ditinjau dari segi desain dan teknik yang diterapkan sebagai hiasan bordir pada busana. Penelitian ini menggunakan metode SLR (systematic literature review), yaitu data yang diperoleh dari penelitian- penelitian yang sudah ada untuk dikompulasi, dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desain bordir tiap negara mempunyai ciri khas dan arti yang berbeda- beda dilihat dari segi aspek desain, teknik pembuatan bordir. Hasil penelitian yang telah direview dan dianalisis yaitu 5 (enam) jurnal dari 3 (tiga) negara Indonesia, India, Arab Saudi menunjukkan desain karakteristik 3 (tiga) negara diantaranya desain bordir di indonesia menggunakan bentuk motif yang beragam seperti, motif flora 2 dimensi dan 3 dimensi yang menggunakan teknik esek, teknik kerancang, teknik PEW dll. sedangkan motif hias fauna yang menggambarkan alam menggunakan teknik loncat, blok dan teknik tutupan. Desain bordir di negara india menggunakan bentuk desain motif variasi, figur manusia, motif geometris flora dan fauna yang dikembangkan menjadi 40 desain, motif sudut dan motif abstrak yang menggunakan teknik menyulam tanpa menggunakan mesin seperti, teknik tusuk rantai, tusuk silang, tusuk tikamjejak, dan tusuk berjalan. Sedangkan desain bordir di negara arab saudi menggunakan bentuk desain motif yang lebih sederhana dan tradisonal seperti motif dekoratif dan geometris. Teknik yang digunakan teknik sulam yaitu berupa tusuk berjalan, motif, warna dan ukuran menyesuaikan kebutuhan dan selera masyarakat.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MEMBUAT SAKU VEST DI KELAS XI TATA BUSANA 2 SMKN 8 SURABAYA Wacana, Timur Wedaring; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43174

Abstract

Video pembelajaran merupakan media yang disusun secara sistematis dengan mengacu dan berpedoman pada kurikulum serta materi yang berlaku dan dalam pengembangannya, video pembelajaran mengaplikasikan prinsip pembelajaran sehingga hal tersebut dapat menarik minat belajar peserta didik dan peserta didik dapat memahami materi secara lebih mudah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat validitas media video pembelajaran ditinjau dari aspek materi dan media serta mengetahui hasil belajar siswa di kelas XI Tata Busana 2 SMKN 8 Surabaya setelah diterapkannya media video pembelajaran membuat saku vest. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan media pembelajaran ADDIE yang telah dikembangkan oleh Dick and Carry dipilih untuk menjadi acuan pelaksanaan penelitian pengembangan ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket yang untuk mengukur tingkat validitas dan metode tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dalam ranah psikomotor. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar tes kinerja siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mengolah dan menganalisis hasil angket validasi dan hasil tes kinerja siswa dalam membuat saku vest. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil sebagai berikut, 1) media video pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi dengan tingkat validitas materi sebesar 4,38 termasuk kategori layak diujicobakan dan tingkat validitas media sebesar 4,43 termasuk kategori layak diuji cobakan, 2) hasil belajar siswa dalam kompetensi membuat saku vest setelah diterapkan media video pembelajaran menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 87,5% yang mana telah melampaui ketuntasan klasikal minimal yang diterapkan di SMKN 8 Surabaya yaitu sebesar 76%.
Green Fashion Identik dengan Paperless Eryani, Wuri Esti; Wibawa, Setya Chendra
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43182

Abstract

Usaha yang dapat dilangsungkan sebagai kegiatan menekan pemakaian kertas pada kegiatan pembelajaran yaitu dengan penggunaan media aplikasi berupa glide apps. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui pengembangan aplikasi glide apps (2) Kelayakan media aplikasi glide apps pada pembelajaran kompetensi membuat sulam pita. Pada penelitian kali ini model yang digunakan adalah pengembangan AADIE yaitu (Analysis Design Development Implementation Evaluations) dan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data menggunakan instrumen berbentuk angket validasi kepada 3 orang validator materi dan 3 orang validator media, validasi media aplikasi ini mengacu pada 2 aspek yaitu aspek rekayasa perangkat lunak dan juga aspek komunikasi visual dan menggunakan perhitungan dengan cara membagi jumlah hasil total dengan hasil maksimal kemudian dikali 100%. Hasil dari validasi dari validator materi mendapatkan hasil presentase sebanyak 85,33% termasuk dalam kualifikasi sangat baik sedangkan hasil validasi pada validator media pada aspek rekayasa perangkat lunak mendapat 96,29% dengan kualifikasi sangat baik dan pada aspek komunikasi visual mendapatkan hasil 94,87% yaitu masuk pada kualifikasi sangat baik pula. kesimpulkan dari perhitungan validasi oleh validator materi dan validator media tersebut mendapatkan hasil presentase yang didapatkan dari semua aspek penilaian berada pada presentase 81%-100% dengan kualifikasi sangat baik kemudian didapatkan kesimpulan bahwa media aplikasi yang dikembangkan tersebut dapat dinyatakan valid sehingga dapat dipergunakan sebagai media pada kegiatan pembelajaran.
ECO-PRINT DAUN JAMBU BIJI DENGAN FIKSATOR TAWAS PADA PASHMINA Permatasari, Intan Tanjung; Russanti, Irma
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43196

Abstract

PERAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 qur'ana, siti wahidatul; Hidayati, Lutfiyah
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43222

Abstract

PENGEMBANGAN VIDEO MENGHIAS TOTE BAG DENGAN TEKNIK ECO PRINT BAGI IBU-IBU PKK Lutfiyah Hidayati, Riska Kurnia Agustin ,
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43227

Abstract

Peran media pendidikan yang digunakan untuk membantu proses belajar dan juga mengajar merupakan faktor penting dalam mengurangi abstraksi pengajar dalam menyampaikan materi sekaligus mempermudah pemahan peserta didik., Salah satunya yakni video. Video sebagai media audio visual, mampu menampilkan gerak, yang bersifat informative, fakta ataupun fiktif, edukatif ataupun instruksional. Selain digunakan sebagai media belajar pendidikan formal, video juga bisa digunakan sebagai media pendidikan non-formal contohnya pelatihan. Sebelum video digunakan sebagai media pelatihan, video harus melewati proses validasi para ahli untuk mengetahui video tersebut telah layak atau tidak. Proses validasi dilakukan sampai video tidak ada yang direvisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat validitas video menghias tote bag dengan teknik eco print bagi ibu-ibu PKK berdasarkan penilaian dari para ahli. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan dengan model 4D yakni Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebarluasan. (Disseminate). Metode pengumpulan datanya menggunakan penilaian validitas media video. Instrumen berupa lembar penilaian validitas media video. Validator terdiri atas 1 ahli media dan 1 ahli materi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa persentase hasil validasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat validitas video sebagai media pelatihan menghias tote bag bagi ibu-ibu PKK ini mencapai rerata sebesar 77,8% sebelum revisi, dan 88% setelah direvisi sehingga termasuk dalam kriteria sangat layak diuji cobakan secara empiris Kata Kunci: pengembangan, eco print, video
PENGEMBANGAN DESAIN DAMAR KURUNG PADA HIJAB YANG BERORIENTASI PADA SELERA KONSUMEN shofiana, Shofiana; Russanti, Irma
Jurnal Online Tata Busana Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43251

Abstract

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Online Tata Busana Juli 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Online Tata Busana Maret 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Online Tata Busana November 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Online Tata Busana Juli 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Online Tata Busana Maret 2023 Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Online Tata Busana November 2022 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Online Tata Busana Juli 2022 Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022 Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021 Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Online Tata Busana Maret 2021 Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021 Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Online Tata Busana Desember 2020 Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Online Tata Busana Maret 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2017 Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017 Vol. 5 No. 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2016 Vol. 5 No. 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2016 Vol. 5 No. 1 (2016): Volume 5, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2016 Vol. 4 No. 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2015 Vol. 4 No. 2 (2015): Volume 4, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2015 Vol. 4 No. 1 (2015): Volume 4, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2015 Vol. 3 No. 3 (2014): Volume 3, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2014 Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Online Tata Busana Mei 2014 Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2014 Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Online Tata Busana Agustus 2013 Vol. 2 No. 2 (2013): Jurnal Online Tata Busana Mei 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2013 More Issue