Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles
4 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 24 No. 3 (2020)"
:
4 Documents
clear
PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN PADA KUALITAS BETON STUDI KASUS RS PTN UNIVERSITAS LAMPUNG
Ribowo, Anggarani Budi;
Niken, Chatarina;
Widyawati, Ratna
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 3 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i3.19
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kuat tekan beton pada struktur Gedung RSP Universitas Lampung, yang proses pembangunannya terhenti sampai pada pelat lantai basement dan pelat lantai 1 sejak tahun 2011. Oleh sebab itu, beberapa jenis pengujian telah dilakukan yaitu ultrasonicpulse velocity test (UPV), hammer test dan kuat tekan untuk mengetahui nilai kuat tekan struktur beton di bangunan tersebut. Pengujian UPV dilakukan terhadap balok dan kolom, sedangkan pengujian hammer test dilakukan terhadap struktur balok, kolom, pelat lantai, dinding penahan tanah dan dinding geser. Selanjutnya, untuk pelat lantai 1 dan lantai basement, dilakukan core drill untuk mengambil benda uji dan selanjutnya dilakukan pengujian kuat tekan di laboratorium. Juga dilakukan pengujian Scanning Electron Microscopy (SEM) dan Energy Dispersive X-ray (EDX) pada pelat untuk menyelidiki permukaan objek secara langsung dan mengenali jenis atom permukaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai kuat tekan rata-rata struktur bangunan tersebut lebih dari 17 MPa, sebagai batas minimum nilai kuat tekan struktur bangunan. Hasil pengujian SEM-EDX juga menunjukkan bahwa kondisi lingkungan mempengaruhi kerapatan unsur penyusun beton dan jenis atom permukaan.
SIMULASI WADUK MARGATIGA DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
Triyanto, Triyanto;
Wahono, Endro Prasetyo;
Kusumastuti, Dyah Indriana
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 3 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i3.43
Waduk Margatiga merupakan waduk yang pada saat ini dalam proses pembangunan yang akibat dari proses pembangunan Bendungan Margatiga di Desa Negri Jumanten, Kecamatan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur. Adapun fungsi utama dibangunnya Waduk Margatiga ini untuk mengairi area irigasi di Jabung Sistem dan untuk penyediaan air baku diwilayah Kabupaten Lampung Timur. Untuk mendapatkan tampungan waduk yang optimal dengan inflow dan outflow yang ada diperlukan sebuah simulasi waduk agar mendapatkan gambaran yang riil keandalan waduk dalam mensuplai fungsi utamanya. Penelitian ini dilakukan di Desa Negri Jumanten Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur . Dalam penelitian ini dilakukan analisis inflow,outflow dan water balance dari data riil pengamatan terukur. Analisis inflow menggunakan data limpasan debit Bendung Argoguruh periode tahun 2002 – 2019 dan analisis debit DAS Waduk Margatiga dari data PDA 124 di Desa Negri Jumanten periode tahun 2002 – 2009 . Analisis outflow meliputi evaporasi, kebutuhan air irigasi di jaringan irigasi Jabung, pemeliharaan lingkungan hilir dan penyediaan air baku potensial. Analisis water balance digunakan untuk mengetahui berapa volume tampungan waduk akibat inflow dan outflow. Selanjutnya dilakukan simulasi waduk dengan tiga Simulasi dengan tujuan outflownya untuk fungsi yang berbeda
Pemilihan moda transportasi kereta api menuju Pelabuhan Bakauheni di Propinsi Lampung
Mutmainnah, Siti;
Purba, Aleksander;
Utoyo, Bambang
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 3 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i3.63
Rencana pembangunan jalur kereta api menuju pelabuhan Bakauheni akan mengurangi pembebanan pada jalan raya dan memberikan pemilihan moda baru kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna kendaraan dalam pemilihan moda transportasi dan untuk memperoleh suatu model yang dapat menggambarkan pilihan kondisi pelayanan kereta api rencana. Penelitian ini dilaksanakan dengan membagikan kuisiner kepada penumpang kapal ferry yang melakukan perjalanan dari/ke Pelabuhan Bakauheni – Merak dengan cara pengambilan sampel data menggunakan teknik simple random sampling. Faktor karakteristik pengguna kendaraan yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi yaitu tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, jumlah pendapatan dan pengeluaran biaya transportasi per bulan. Selanjutnya, proporsi peng-guna moda eksisting yang akan beralih menggunakan moda kereta api rencana terbesar yaitu pelaku perjalanan pengguna sepeda motor yang menyukai tarif kereta api rencana Rp 15.000,00 sebesar 49,14%.
Penentuan skala prioritas penanganan jalan kabupaten dengan pendekatan koridor
Siswanto, Yudi
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 3 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i3.65
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun skala prioritas rencana penanganan jalan kabupaten dengan pendekatan koridor di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Objek penelitian adalah jalan kabupaten di Kecamatan Natar dan Kecamatan Jatiagung. Penelitian menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP), dengan tiga kriteria yang dipakai untuk menentukan prioritas penanganan jalan. Hasil analisis diperoleh tingkat kepentingan bobot masing-masing kriteria dan sub kriteria untuk menentukan prioritas penanganan jalan kabupaten. Pada level kriteria, hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria teknis jalan memperoleh bobot tertinggi (65,41%), diikuti oleh kriteria sosial ekonomi (23,73%) dan pelayanan jaringan (10,86%). Sedangkan pada level sub kriteria diperoleh bobot masing elemen yaitu kondisi jalan (56,54%), jenis perkerasan (8,87%), komoditas unggulan (10,74%), jumlah penduduk (9,47%), fasilitas umum dan sosial (3,52%), aksesabilitas (6,39%), mobilitas/volume lalu-lintas (3,35%) dan tingkat kecelakaan (1,12%). Skala prioritas rencana penanganan hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh urutan prioritas penanganan yaitu Koridor Sp. Rejosari – Pesawaran menempati prioritas pertama dengan nilai 5,675, dilanjutkan dengan koridor Tegineneng – Sukadamai (5,146), koridor Muara Putih – Krawangsari (4,514), koridor Sidodadi Asri – Karang Anyar (4,315) dan prioritas terakhis koridor Karang Sari – Batas Bandar Lampung (4,099).