cover
Contact Name
Nehru Ahmad
Contact Email
nehrumillatahmad@gmail.com
Phone
+628112578882
Journal Mail Official
istifkar@stikkendal.ac.id
Editorial Address
Desa Jambearum, Jl. Raya Soekarno-Hatta Jambearum Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Jawa Tengah 51319
Location
Kab. kendal,
Jawa tengah
INDONESIA
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
ISSN : 19792794     EISSN : 26556634     DOI : https://doi.org/10.62509/ji.v5i2
Core Subject : Religion, Education,
ISTIFKAR: Media Transformasi Pendidikan merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Islam Kendal yang fokus pada kajian pendidikan diantaranya mengenai; 1) Ilmu Pendidikan Islam, 2) Kurikulum Pendidikan Islam, 3) Evaluasi Pendidikan Islam, 4) Psikologi Pendidikan, 5) Filsafat Pendidikan, 6) Metode Pembelajaran dan Pengajaran, 7) Kajian Pendidikan Pesantren 8) Kajian Pendidikan Madrasah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Istfikar: Media Transformasi Pendidikan" : 6 Documents clear
RELEVANSI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KITAB NAṢĀIḤ AL-‘IBĀD KARYA SYAIKH NAWĀWĪ AL-BANTĀNĪ DENGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Rivki Lutfiya Farhan; Nur Imam Ahmad Yani
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 3 No 1 (2023): Istfikar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v3i1.70

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dari esensi pendidikan. Pasalnya pendidikan karakter didapatkan melalui upaya proses perubahan sikap maupun tingkah laku baik individu maupun kelompok guna mendewasakan manusia melalui tahap pembelajaran dan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai karakter dalam kitab Naṣāīḥ al-‘Ibād karya Syaikh Nawāwī al-Bantānī dengan kurikulum merdeka belajar. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan library reseach penelitian ini menegaskan bahwa; Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Naṣāīḥ al-‘Ibād terfokus pada tiga dimensi: hubungan dengan Allah (rela dan cinta kepada Allah), hubungan dengan diri sendiri (wara’ dan sabar), dan hubungan dengan sesama masyarakat (kejujuran dan sikap proporsional). Sementara dalam kurikulum merdeka, terdapat enam dimensi, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA JENJANG SMP (Analisis terhadap Proses Pendidikan Karakter dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 1 Semarang) Fauziah Lutfiyani, Naili
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 3 No 1 (2023): Istfikar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v3i1.73

Abstract

Dinamika perubahan zaman yang semakin progeresif baik dari segi ilmu pengetahuan, teknologi, nilai-nilai dan budaya telah terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya perubahan secara progresif tersebut, menimbulkan berbagai pengaruh, baik dari sisi perbuatan maupun perilaku yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Manusia saat ini jauh dari nilai-nilai inti Islam yaitu, Al-Quran dan As-Sunnah. Akibatnya, tindakan menyimpang dan melawan hukum semakin besar kemungkinannya terjadi di masyarakat, khususnya anak-anak remaja. Pada penelitian ini, penulis tertarik melakukan observasi mengenai pendidikan karakter pada jenjang SMP dengan alasan bahwa usia anak pada jenjang tersebut secara sikap dan perilaku belum sepenuhnya terbentuk dan dapat dirangsang dengan sistem-sistem pendidikan yang sesuai dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) yang bersinergi dengan nilai-nilai ajaran agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dan menggunakan metode deskriptif-analisis serta wawancara kepada pihak sekolah. Adapun data dalam penelitian ini terdapat dua macam, yakni data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini ialah, bahwa dari aspek moral knowing, moral feeling, dan moral doing dan nilai nilai karakter KEMENDIKNAS, secara praksis sudah diterapkan pada SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Adapun aspek kognitif merupakan unsur yang paling dominan tampak dalam implementasi pendidikan karakter.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI GERAKAN DAN BACAAN SHALAT Yafie Al-Muhlasin; Lau Han Sein
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 3 No 1 (2023): Istfikar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v3i1.74

Abstract

One of the innovations of learning media in the digital era is website-based learning media, one of which is the Google site. The purpose of this study was to determine the development of PAI movement teaching materials and prayer reading materials using Google Sites. This research is a type of research and development (research and development). The development model used in this research is the Borg and Gall model. The data analysis technique used descriptive quantitative. The results of this study indicate that the quality of teaching materials on motion material and prayer readings can be classified as very suitable criteria for teaching materials. This criterion is proven based on the results of the validation assessment by material experts who rate it with a percentage of 97%. Meanwhile, media experts gave an assessment that the use of Google Sites media in teaching materials for reading motion and prayer with an assessment result of 74.25%. The development of teaching materials for reading motion and prayer using Google Sites can function optimally and be effectively used in learning.
INKLUSI SOSIAL DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM Saichul Anam
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 3 No 1 (2023): Istfikar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v3i1.76

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat sistem pendidikan multikultural berbasis pendidikan Islam sebagai basis menciptakan struktur sosial yang inklusif. Hal ini berangkat dari bagaimana maraknya pengkotakan sistem sosial berdasar etnis, budaya, suku, dan agama. Padahal dilain sisi Indonesia adalah negara yang majmuk dengan asas kebinekaan. Sehingga penting menicptakan pemikiran yang literal dan saling memahami untuk menciptakan nilai-nilai kehidupan yang harmonis. Usaha paling dasar untuk tujuan ini adalah dengan membentuk sistem pendidikan multikultural berbasis pendidikan Islam. Malalui pendekatan keputakaan (library research) penelitian ini menemukan bahwa pendiikan multikultural berbasis pendidikan sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan, social, kealaman, dan ke-tuhanan. Tujuan ini berangkat dari adanya integrasi materi kurikulum, yang relevan, pendekatan, metode dan model pembelajaran yang mengedepankan paradigma keterbukaan, kebersamaan, toleransi dan saling menghormati berbagai perbedaan dan keragaman yang ada sebagai satu sunnatullah yang mesti berjalan.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI BULLYING MELALUI PENERAPAN GURU SAHABAT ANAK Ervin Yuniarti Ning Tyas
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 3 No 1 (2023): Istfikar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v3i1.77

Abstract

Maraknya kasus bullying yang terjadi di sekolah hendaknya menjadi perhatian bagi pengelola pendidikan atau pun sekolah untuk segera mengatasinya demi melindungi anak dari bullying di sekolah. Sudah menjadi keharusan bahwa penanggulangan bullying di sekolah perlu dilakukan oleh semua warga sekolah termasuk guru PAI. Hasil dari penelitian ini ialah, guru PAI berperan aktif dalam menanggulangi bullying, salah satu ikhtiarnya melalui pendekatan unik pada siswanya dengan menjadi guru sahabat anak. Guru PAI membuka diri terhadap siswa, selalu siap mendengarkan keluh kesah siswanya dan menjadi penasehat serta membantu menyelesaikan masalah-masalah siswa. Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deksriptif. Adapun data dalam penelitian ini terdapat dua macam, yakni data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah Penyebab terjadinya perilaku bully dipicu dengan mereka bermain-main dengan temen-temen mereka saling ejek-ejek, memanggil nama orang tua, mengganggu temannya sehingga salah satunya ada yang tersinggung dan lansung memukul sehingga terjadilah perkelahian. Oleh karena itu, peran guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying yaitu guru bukan hanya sebagai pengajar namun ada yang lebih dari itu yaitu mendidik anak didiknya dengan memberikan perhatian lebih pada siswa-siswanya mengajarkan kepada mereka makna persatuan dan persaudaraan, mengajarkan hidup saling perduli antar sesama, tidak membedakan perlakuan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dan lebih sering memberkan tugas kelompok agar mereka saling mengenal antara yang satu dengan yang lain.
INOVASI PENILAIAN PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DI MI ISLAMIYAH SYAFIIYAH GANDRIROJO Yusuf Khoiril Anwar; Syifaul Khoir
Istifkar: Media Transformasi Pendidikan Vol 3 No 1 (2023): Istfikar: Media Transformasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Islam Kendal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62509/ji.v3i1.78

Abstract

Penilaian pembelajaran sebagai pertimbangan proses pembelajaran, laporan kepada orang tua dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan perkembangan teknologi berupa Rapor Digital Madrasah (RDM). Sebagai aplikasi yang baru diluncurkan dan terbatas pada madrasah dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia saja, RDM masih memiliki beberapa kendala dalam pengoperasiannya, salah satunya adalah faktor sumberdaya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi penilaian pembelajaran melalui aplikasi RDM di lingkup Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MI Islamiyah Syafiiyah Gadrirojo. Subjek penelitian ini elemen madrasah yang memupunyai kepentingan dalam proses penilaian hasil belajar. Objek penelitian ini adalah inovasi dalam penilaian pembelajaran melalui RDM. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi yang dilakukan dalam penilaian pembelajaran melalui RDM dengan menyediakan blangko penilaian sesuai tampilan aplikasi RDM serta membuat tahapan dalam pengoperasian RDM yang diikuti oleh seluruh guru, kepala sekolah dan operator madrasah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6