cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
ISSN : 18295797     EISSN : 25499475     DOI : 10.21831
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial" : 10 Documents clear
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah HANANG AR RASYID
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.445 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9904

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MA Pondok Pesantren Wahid Hasyim dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakuriker, (2) Pendidikan karakter diimplementasikan dalam pembelajaran IPS mulai dari persiapan guru dalam pembelajaran hingga pembiasaan-pembiasaan di dalam kelas seperti datang tepat waktu, bersalaman dan membuka dan mengakhiri pelajaran dengan membaca Al-Qur’an (3) Metode yang digunakan guru IPS dalam penyampaian pendidikan karakter sebagian besar masih menggunakan metode ceramah sehingga respon siswa terhadap pelaksanaan pendidikan karakter belum maksimal (4) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS diantaranya adanya tata tertib yang terpajang di setiap kelas, kultur sekolah, nilai kepesantrenan dan dukungan Kepala Sekolah dan Guru serta pihak yayasan, sedangkan faktor penghambatnya antara lain: sarana dan prasarana, dana dan pembiayaan, program, buku penunjang tentang pendidikan karakter.Kata kunci: Pendidikan karakter, pembelajaran IPS.Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPSdi Madrasah Aliyah
Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP JATMIKO SIDI; MUKMINAN MUKMINAN
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1019.558 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas 7C SMP Negeri 1 Paliyan Gunungkidul tahun pelajaran 2013/2014 melalui penggunaan media audiovisual. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang terlaksana dalam tiga siklus. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru IPS yang mengajar di sekolah tersebut, sekaligus bertindak sebagai observer dan peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk interpretasi tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 63,28 dengan pencapaian ketuntasan belajar 43,75%; skor postest siklus II rata-rata 69,38 dengan pencapaian ketuntasan belajar 68,75%; skor postest siklus III rata-rata 71,25 dengan pencapaian ketuntasan belajar 78,13%. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif tersebut, diikuti dengan peningkatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik.Kata Kunci: media audiovisual, hasil belajar, ketuntasan belajar siswa.
Penerapan Model Pembelajaran STAD Kuis Kompetisi Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Regeng Regeng
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.846 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9909

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran  melalui model  pembelajaran kooperatif  STAD kuis kompetisi kelompok untuk  meningkatkan minat  belajar PKn  pada  siswa kelas X Agribisnis Ternak Unggas (ATU) 2   di SMK Negeri 1 Pandak Menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch). Dilaksanakan dalam dua siklus Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung saat pembelajaran. Indikator keberhasilan didasarkan pada rerata persentase peningkatan minat dari 25% menjadi 75%. Data dianalisis dengan statistika deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD kuis kompetisi kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rerata persentase minat siswa dalam pembelajaran PKn.Kata kunci : STAD kuis kompetensi kelompok, minat belajar, PKn
Komparasi Kemandirian Siswa Berlandaskan Jiwa Entrepreneurship di SMK N 2 Mataram SAIFUL BAHRI
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.624 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9902

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship berdasarkan kategori gender, jenis pekerjaan orang tua, jumlah penghasilan dan program keahlian kelas XII di SMK Negeri 2 Mataram. Desain penelitian ini adalah expost facto dengan jenis penelitian komparatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan uji beda. Hasil uji beda kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan (P.Sig(2-tailed)=0,000 α=0,05); (2) tidak terdapat perbedaan antara jenis pekerjaan orang tua siswa wiraswasta dan bukan wiraswasta (P.Sig(2-tailed)=0,759 α=0,05); (3) tidak terdapat perbedaan antara jumlah penghasilan orang tua siswa 0-2 juta, 2-3 juta, dan 3juta (P.Sig(2-tailed)=0,798 α=0,05); (4) terdapat perbedaan antara siswa program keahlian administrasi perkantoran, pemasaran, rekayasa perangkat lunak, dan usaha perjalanan wisata (P.Sig(2-tailed)=0,000 α=0,05).Kata kunci: kemandirian, siswa, jiwa entrepreneurship
Pengaruh Kemandirian Belajar dan Ragam Bentuk Tes Terhadap Hasil Belajar Sosiologi POERWANTI HADI PRATIWI
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (984.588 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Sosiologi, ada tidaknya pengaruh bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi, dan ada tidaknya interaksi antara kemandirian belajar dan ragam bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh faktor kemandirian belajar terhadap hasil belajar Sosiologi. Rerata skor hasil belajar Sosiologi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang dan rendah; (2) terdapat pengaruh faktor bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi. Rerata skor hasil belajar Sosiologi dengan bentuk tes pilihan ganda biasa lebih besar daripada bentuk tes pilihan ganda analisis kasus; (3) terdapat interaksi antara kemandirian belajar dan bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi. Artinya, kemandirian belajar dan bentuk tes yang diberikan terbukti berinteraksi secara nyata sehingga memberi pengaruh yang besar terhadap hasil belajar Sosiologi yang diperoleh siswa.Kata kunci: kemandirian belajar, ragam bentuk tes, hasil belajar SosiologiPenelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Sosiologi, ada tidaknya pengaruh bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi, dan ada tidaknya interaksi antara kemandirian belajar dan ragam bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh faktor kemandirian belajar terhadap hasil belajar Sosiologi. Rerata skor hasil belajar Sosiologi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang dan rendah; (2) terdapat pengaruh faktor bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi. Rerata skor hasil belajar Sosiologi dengan bentuk tes pilihan ganda biasa lebih besar daripada bentuk tes pilihan ganda analisis kasus; (3) terdapat interaksi antara kemandirian belajar dan bentuk tes terhadap hasil belajar Sosiologi. Artinya, kemandirian belajar dan bentuk tes yang diberikan terbukti berinteraksi secara nyata sehingga memberi pengaruh yang besar terhadap hasil belajar Sosiologi yang diperoleh siswa.Kata kunci: kemandirian belajar, ragam bentuk tes, hasil belajar Sosiologi
Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran di SMP MUKHAMAD MURDIONO
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.463 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam mengintegrasikan pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran PKn untuk menanamkan kejujuran dan kendala yang dihadapi guru untuk mengintegrasikan pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran PKn. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Yogyakarta dengan subjek penelitian guru pendidikan kewarganegaraan dan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru PKn dalam mengintegrasikan pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran PKn dengan cara menyisipkan nilai-nilai antikorupsi dalam materi pembelajaran yang relevan. Kendala yang dihadapi oleh guru PKn antara lain terkait dengan permasalahan waktu dan kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat.Kata Kunci: Antikorupsi, Pendidikan Kewarganegaraan, Kejujuran
Peran Elit Politik Lokal dalam Pendidikan Politik Mahasiswa di Kabupaten Lombok Timur DIDIN SEPTA RAHMADI
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.688 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari elit politik lokal dalam pendidikan politik, dan pelaksanaan pendidikan politik mahasiswa di lembaga perguruan tinggi di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini berjenis kualitatif naturalistik yang diadakan dari bulan Maret-Juni. Subjek penelitian ini adalah elit politik lokal. Penarikan informan dilakukan dengan snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) abstraksi data), dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: pertama, elit politik lokal hanya malaksanakan pengkaderan untuk konstituennya, yang dalam hal ini mereka sebut pendidikan politik. Pendekatan yang dilakukan untuk mahasiswa adalah melalui bidang kepemudaan yang berfungsi sebagai sayap partai (underbow). Kedua, struktur yayasan dalam politik praktis membawa dampak pada lembaga pendidikan yang di kelola.Kata kunci: Peran, Elit Politik, Pendidikan Politik Mahasiswa.
Pengaruh Model Nested dan Webbed Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu SMP SEPTI KUNTARI; MUHSINATUN SIASAH MASRURI
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.775 KB) | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran nested dan model pembelajaran webbed. Penelitian eksperimen menggunakan  desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi logis (expert judgement) dan validasi empiris melalui ujicoba untuk mengukur daya pembeda soal dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model nested dan dengan menggunakan model webbed dengan nilai t sebesar  0,314 0,05, artinya  tidak ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian hasil belajar dengan model nested maupun model webbed tidak berbeda secara signifikan.Kata Kunci : Pengaruh, Model Nested, Model Webbed 
Model Kebijakan Kombinasi dalam Perlindungan HAM Terhadap Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan SRI HARTINI, ANANG PRIYANTO, IFFAH NURHAYATI
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9906

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan model kebijakan kombinasi perlindungan HAM terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi diperkuat FGD, analisis data dengan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan model kebijakan kombinasi perlindungan HAM terhadap Narapidana dapat digambarkan:1) Mengatur “eksistensi” hak kebutuhan biologis narapidana dalam bentuk perubahan Undang-Undang; 2) Mengatur anggaran pengadaan obat-obatan bagi narapidana yang sakit sehingga pelayanan kesehatannya terpenuhi; 3) Mengatur anggaran melanjutkan keterampilan bagi narapidana; 4) Mengatur pengadaan SDM profesional bidang pendidikan, agama, kesehatan, psikologi, serta keterampilan. Teknis kebijakan dirancang dalam peraturan menteri dengan memperhatikan pertimbangan rasional, menekankan pada aspek efektivitas, efisiensi, dan ekonomis. Efektivitas pelaksanaan model kebijakan kombinasi tersebut belum terlaksanasehingga belum dapat diobservasi, disebabkan: sistem kewenangan sentralistik, uji coba model kebijakan kombinasi berimplikasi pada banyak aspek, narapidana jumlahnya besar, serta anggaran penyediaan fasilitas pendukung pelaksanaan dan lokasi uji coba kebijakan sangat bersifat politis. Kata kunci: model kebijakan, HAM, narapidanaModel Kebijakan Kombinasi dalam Perlindungan HAM Terhadap Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction Terhadap Hasil Belajar IPS YULITA DEWI PURMINTASARI; AYU LESTARI
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 13, No 1 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v13i1.9900

Abstract

Masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah hasil belajar IPS siswa Kelas VIII SMPN1 Selakau Kabupaten Sambas sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction, (2) Bagaimanakah hasil belajar sesudah menggunakan model tersebut, (3) Adakah pengaruh model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi berjumlah 161 siswa kelas VIII SMPN1 Selakau. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan teknik pengukuran. Pengolahan data menggunakan Uji t. Hasil penelitian: (1) rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen 46,718 dan kelas kontrol 43,437, keduanya tergolong gagal, (2) rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 76,406 dan kelas kontrol 72,031, keduanya tergolong baik, (3) hasil uji t diperoleh thitungttabel yakni 2,6372,389 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan α=1%, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci : Complex Instruction, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Page 1 of 1 | Total Record : 10