cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
ISSN : 18295797     EISSN : 25499475     DOI : 10.21831
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial" : 10 Documents clear
Pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial, dan sikap belajar terhadap hasil belajar Ekonomi di SMA/MA Sartina Sartina; Setyabudi Indartono
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.418 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.27646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi di SMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian  ex-post facto  dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS. Sampel siswa sebanyak 159 dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil riset menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan motivasi belajar, lingkungan tempat tinggal, dan sikap belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka hipotesis pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial dan sikap belajar terhadap hasil belajar dapat diterima, sehingga dengan meningkatnya motivasi belajar, lingkungan sosial yang kondusif dan sikap belajar yang positif maka akan semakin meningkatkan hasil belajar siswa.
Moral Value in The Story of Bangbang Teja in Balamut of Gusti Jamhar Akbar (Sainul Hermawan Transcription) Noor Indah Wulandari; Heppy Lismayanti
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.597 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.25652

Abstract

Lamut serves many values the lives of individuals with other individuals in the community, good value education, moral and cultural. Lamut art over the centuries has helped the establishment of the pattern of attitude, mindset, and the behaviour of community supporters. Literary works are able to uplift its readers from the everyday to the level of superficiality is more civilized and subtil, adding to the richness of the inner connoisseur, being more sensitive to life and living. Therefore, the need to do research to learn more about the value of moral in the acts of particularly lamut Bangbang Teja Aria. This research is a kind of qualitative research with literary and sociological approach using the method of dekskriptif analysis, i.e. describing the facts which are then followed by analysis. The data source of this research in the form of translation and transcript book story lamut episode story in the Aria Teja Bangbang balamut Gusti Jamhar Akbar, by Sainul Hermawan. Prints the year 2017 published by Scripta Cendikia Banjarbaru, South Kalimantan. As for the engineering data analsis in this study i.e., descriptive techniques (Arumsari, 2016:20), which lays out the overall data in advance. Next the researchers interpret or identifying data collected. Results of the study of moral values in the story such as Aria Teja Bangbang: 1) Relationship of humans with God includes two aspects: (1) and (2) the grace of God. 2) human relationships with himself include six aspects, namely (1) optimistic; (2) to be honest; (3) the ingenious; (4) soft; (5) liberality; and (6) patient. And 3) human relationships with other human beings in a social sphere covers four aspects: (1) give nasih; (2) friendship; (3) like the meolong; (4) the faithful; (5) willing to help.
Keefektifan model PBL, PJBL, dan inquiry pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar IPS SMP Riko Septianoko; Muhsinatun Siasah M
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.629 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.27654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Inquiry; (2) hasil belajar siswa yang belajar dengan model Inquiry dengan model Problem Based Learning; (3) hasil belajar siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning dengan model Project Based Learning; (4) hasil belajar siswa yang belajar dengan model Inquiry dengan model Project Based Learning. Populasi Penelitian adalah siswa SMP di Kabupaten Bantul dengan sampel SMP Negeri 1 Imogiri, SMP Negeri 1 Sewon, dan SMP Negeri 3 Bantul, dipilih secara Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang diuji dengan validitas isi dan validitas konstruk. Normalitas data diuji dengan rumus Kolmogorof-Smirnov, dan homogenitas diuji dengan Levene-Test. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan One way Anova. Hasil penelitian: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara model Problem Based learning, Project Based Learning, dan Inquiry (2) hasil belajar siswa dengan model Inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model Problem Based Learning (3) hasil belajar siswa dengan model Problem Based Leaning lebih tinggi dibandingkan dengan model Project Based Learning (4) Hasil belajar siswa yang belajar dengan model Inquiry lebih tinggi dibandingkan model Project Based Learning.
Rekayasa praktek pendidikan karakter sebagai strategi pembelajaran Sosiologi berorientasi HOTS Afiri N Kurniawan
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.316 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.26104

Abstract

Kegagalan pendidikan karakter dapat berdampak signifikan pada praktek dan sudah saatnya bagi para peneliti pendidikan karakter untuk mempelajari beberapa alasan mengapa penelitian – praktek tampaknya berjauhan dalam bidang pendidikan karakter. Sosiologi dapat digunakan untuk membahas bagaimana  rekayasa  praktek  pendidikan  karakter  digunakan. Melalui cara ini, maka pendidikan karakter yang dapat dikembangkan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tidak hanya selalu berkaitan/berfokus pada etika (karakter moral), namun juga memperhatikan keunggulan (karakter kinerja) yang muncul dalam kurikulum sosiologi SMA
Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta Ajmain Ajmain; Marzuki Marzuki
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.668 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.27655

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta yaitu; (a) sebagi pendidik yaitu, peran yang berkaitan dengan tugas memberikan bantuan dan dorongan  terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarak; (b) sebagai teladan yaitu, guru menjadikan dirinya sebagai panutan bagi siswa (c) motivator yaitu, dengan adanya kemampuan guru dalam membangkitkan spirit, etos kerja, dan potensi yang luar biasa dalam diri peserta didik; (d) sebagai pengajar dan pembimbing yaitu, setiap guru harus memberikan pengetahuan, keterampilan pada siswa. Selain itu, peran kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa yaitu sebagai berikut: (a) manajer yaitu, sebagai penentu kebijakan yang mampu mengakomodir seluruh kebutuhan siswa terkait pendidikan karakter; (b) pemimpin yaitu, memberikan petunjuk dan pengawasan, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan berkomunikasi; (c) mendorong semua guru dan karyawan untuk menjadi model karakter yang baik bagi semua siswa.
Nilai dan etika pekerjaan sosial di dalam konseling hipnoterapi rohimi rohimi
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.823 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.27369

Abstract

Dalam penelitian ini mengkaji tentang pelayanan konseling terapi (teraphy counseling) dalam praktik hipnoterapis di lembaga Ikatan Hipnoterapis Indonesia (IHI) Yogyakarta, dengan fokus penelitian bagaimanakah model pelayanan konseling Hipnoterapis dan bagaimakah nilai dan etika pekerjaan sosial terhadap klien di lembaga Ikatan Hipnoterapis Indonesia (IHI) Yogyakarta. Dan penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan (field research), dengan tujuan untuk mendapatkan data yang lebih actual dengan metode wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti mendapat pemahaman baru terkait dengan ilmu hypnosis atau hipnoterapi ini, karena dari hasil penelitian dalam konseling hipnoterapis, seorang pekerja sosial lebih fokus pada terapi perorangan (Casework teraphy) yang bertujuan untuk memberikan penyembuhan kepada klien yang mengalami masalah mental atau psikolognya. Di lembaga lkatan Hipnoterapi Indonesia (IHI) Yogyakarta, telah menangani klien dan penyembuhan kepada klien dengan permasalahan yang sangat variatif. Seingga dimana cara pelayanannya melalui metode hipnotis, sehingga pada tahap ini, seorang terapis atau pekerjaan sosial benar-benar membawa kode etiknya di saat memberikan pelayanan, untuk menjaga martabat profesionalitasnya.
Konstruksi kekuasaaan politik melalui program charity show media televisi Indra Setia Bakti; Khairul Amin
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.007 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.27003

Abstract

As a newcomer, the Perindo Party seeks to implement a specific strategy in order to compete with other parties that have already existed in the Indonesian political contestation. One of these is charity show programs. The high rating and concern societies watching the lives of poor people in various charity programs show besides creating profits also become a means of political communication. When political actors control the media, it is clear that there are interests also communicated, including the political powers of the funnel to get support from voters. When the Perindo Party is declared, the "scent" that HT and his party would use the media under their control is very clear. These signals can also be observed from the dominance of HT’s trusted people in the MNC Group in the composition of the Central Management Board Center, the Assembly of the Union Party and the court of Perindo party. That mean a charity program not only gives a very big business profit, but also the political media communication, enhance social branding in front of audiences, and build a base of loyal voters from poor family beneficiaries. To finishing this paper, the author uses a descriptive qualitative approach. The data in this article sourced from observations, studies of literature, and other sources considered relevant and then analyzed by the exchange theory of Peter Blau.
Cultural semiotic in Dayak's Babalai ceremonial at Paramasan as an form of maintaining Dayak language Fajarika Ramadania; Johan Arifin
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.393 KB) | DOI: 10.21831/socia.v16i1.25500

Abstract

This research is entitled "Cultural Semiotic in Dayak’s Babalai ceremonial at Paramasan as a form of maintaining traditional language". This research has long-term goal of introducing Dayak Language in general and Dayak language culture, in particular, to attract tourists to visit Paramasan, Banjar District of South Kalimantan. This research identifies, analyzes, and interprets cultural symbol which sourced from Dayak tribe mantra during Babalai ceremony. The cultural symbols to be identified are the symbols based on Pierce's trilogy of indexes, icons, and symbols. This study aims to describe the Dayak tribe mantra used in Babalai ceremonial and to analyze symbols in the Meratus Dayak’s tribe mantra used during Babalai event in Paramasan, Banjar district of South Kalimantan. Each symbol and icon used in each culture contains its own cultural values that are considered significant in its community. The study of Dayak’s Meratus mantra text would enrich the treasury of language and culture in local-global communities and could strengthen solidarity among nations and countries. The language used as a medium in expressing or expression is a media to know historical evidence as the context of an understanding of the identity of a culture. Cultural identity emerges within a community not only as a color of locality but also as a cultural expression that offers an alternative image in society.
Tanggapan siswa dan guru terhadap pornografi dan perilaku pelecehan seksual Siswa pada SMP Negeri 3 Soe Maglon Ferdinand Banamtuan
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v16i1.27563

Abstract

-
Character education in the folklore of South Kalimantan (the perspective of literary sociology) Haswinda Harpriyanti; Kamariah Kamariah
SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 16, No 1 (2019): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/socia.v16i1.25553

Abstract

This study is focused to reveal character education in the folklore of South Kalimantan. the matter will be examined in this study are: (1) How character education that relate to yourself?; (2) How character education that relate to our fellow humans?; and (3) How character education related to the environment?; The methods used in this research is descriptive analysis method. The techniques used for data collection are the techniques of exploration.The data in this study is a collection of the folklore of the South Kalimantan, published by Lembaga Pendidikan Banua Banjarmasin, the mold is second in 2006 and third in 2008 mold. The result of this study is there are few of character education values mentioned, divided by three object: that relate to yourself (hard work, curious, responsible, independent, entrepenuer,); relate to our fellow human beings (obedient, social care, democratic); and relate to the environment (care for the environment).

Page 1 of 1 | Total Record : 10