cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Industrial Engineering Online Journal
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
INDUSTRIAL ENGINEERING ONLINE JOURNAL adalah Karya Ilmiah S1 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang memuat tulisan ilmiah dan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah, analisis dan pemecahan permasalahan di Industri yang erat hubungannya dengan bidang Ilmu Teknik Industri.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017" : 23 Documents clear
ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN RENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DI CV. ALI GRIYA, SEMARANG Iyain Sihombing; Novie Susanto; Hery Suliantoro
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.495 KB)

Abstract

Mesin reng CV. Ali Griya, yang digunakan untuk memproduksi atap baja ringan jenis reng V belum sepenuhnya bekerja secara efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya downtime, penurunan kecepatan produksi mesin, dan menghasilkan produk-produk yang tidak sesuai standard yang telah ditetapkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui tingkat efektivitas mesin reng dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE), mengidentifikasi faktor penyebab six big losses dengan menggunakan Fault Tree Analysis (FTA), dan memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan tingkat efektivitas mesin.              Dari hasil penelitian,  OEE mesin reng mencapai rata-rata 57,55%, dan masih berada di bawah nilai OEE ideal (85%). Usulan perbaikan yang direkomendasikan meliputi eliminasi six big losses, mengembangkan program pemeliharaan, dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan maintenance dan operasional. Abstract              The analysis of reng machine effectiveness by using Overall Equipment Effectiveness (OEE) and Fault Tree Analysis (FTA) method in  CV. Ali  Griya, Semarang. The reng machine of CV. Ali Griya, which is used to produce  lightweight steel roof with a kind V reng, has not fully worked effectively. This is indicated by the presence of downtime, speed losses, and produce products that are not according to standards that have been determined. This study aims to measure and determine the level of effectiveness of reng machine using Overall Equipment Effectiveness (OEE) method, identify factors that cause six big losses by using Fault Tree Analysis (FTA), and proposes improvements to increase the effectiveness of the machine.              From the research, OEE of reng machine reached an average of 57.55%, and still was below the ideal OEE (85%). Proposed improvements that recommended include the elimination of six big losses, develop a maintenance program, and provide training to improve the ability of maintenance and operations.
ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DENGAN METODE NASA TLX PADA DEPARTEMEN LOGISTIK PT ABC Ulfa Liani Putri; Naniek Utami Handayani
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.964 KB)

Abstract

Setiap pekerja dalam perusahaan memiliki tugas yang berbeda-beda, dan setiap pekerjaan akan menghasilkan beban kerja tersendiri. Beban kerja merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut harga atau cost dari pencapaian suatu target kegiatan. PT ABC merupakan perusahaan yang memproduksi handphone. Tingginya demand setiap hari membuat pekerja pada departemen logistik tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, sehingga pekerja harus lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya. Seringnya lembur memiliki dampak terhadap pekerja, baik secara fisik maupun mental.  Tingkat beban kerja mental yang tinggi akan menimbulkan kelelahan psikis, yang disertai dengan munculnya perasaan lelah, letih, lesu, dan berkurangnya kewaspadaan. Untuk mengetahui besarnya beban kerja mental pegawai pada departemen logistik, dilakukan pengukuran dengan menggunakan metode NASA TLX (National Aeronautics and Space Administration Task Load Index). Metode ini mengukur 6 dimensi ukuran beban kerja yaitu Mental demand, Physical Demand, Temporal Demand, Performance, Effort dan Frustation Level. Berdasarkan skor yang diperoleh, diketahui bahwa 38,10% karyawan memiliki beban kerja mental yang tinggi, 57,14% memiliki beban kerja mental sedang, dan 4,76% memiliki beban kerja mental ringan. Untuk mengurangi besarnya beban kerja mental yaitu dengan penambahan pekerja terutama helper dan scanner, yang memiliki beban kerja mental paling tinggi. Abstract [Mental Workload Analysis using NASA TLX Method in Logistic Department of PT ABC]. Every worker in company has different task, and each work will produce its own workload. The workload is a term used to refer to the price or cost of achievement of a target activity. PT ABC is a company that manufactures mobile phones. The high demand every day, make the workers in the logistics department can not complete their work according to the schedule, so the workers have to work overtime to complete their work. Frequent overtime have impact on workers, both physically and mentally. The high level of mental workload will cause mental fatigue, accompanied by the emergence of feeling tired, fatigue, lethargy, and decreased alertness. To determine the level of mental workload of employees at the logistics department, measurements using NASA TLX (National Aeronautics and Space Administration Task Load Index) had been held. This method measures 6 dimensions of the workload which are Mental Demand, Physical Demand, Temporal Demand, Performance, Effort and frustation Level. Based on the score obtained, it is known that 38.10% of employees have a high mental workload, 57.14% had moderate mental workload, and 4.76% had mild mental workload. To reduce the level of mental workload, company could increase the number of workers especially helper and scanner, which has the highest mental workload.
MANAJEMEN RISIKO PADA DISTRIBUSI PRODUK PT XYZ Ayu Inggriani Keswari; Dyah Ika Rinawati
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.713 KB)

Abstract

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi handphone di Indonesia. Dalam melakukan pendistribusian barang masih terdapat beberapa kasus yang terjadi seperti kehilangan, barang tertukar, terlambat, dan barang rusak. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui langkah mitigasi yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi dampak risiko yang ditimbulkan. Tahapan yang dilakukan adalah menghitung skor risiko dengan mengalikan skala dampak yang dihasilkan dengan frekuensi terjadinya risiko, selanjutnya membuat peta risiko, menganalisis risiko yang memiliki skor terbesar, kemudian menentukan mitigasi risiko yang dapat dilakukan perusahaan. Pada perhitungan skor risiko, risiko yang memiliki skor terbesar adalah barang tertukar dan barang hilang di ekspedisi dengan masing-masing memiliki skor sama yaitu 12. Selanjutnya analisis penyebab dengan menggunakan metode 5 whys untuk menemukan akar permasalahan yang terjadi, untuk barang tertukar akar masalahnya adalah penulisan tujuan yang tidak jelas, sedangkan untuk kehilangan di ekspedisi disebabkan oleh faktor pekerja dari ekspedisi sendiri. Sehingga rekomendasi yang diberikan adalah dengan membuat form pengiriman yang lebih jelas dengan diketik, membuat perjanjian untuk tidak melakukan pembongkaran barang dan memberikan sanksi berupa penurunan nilai untuk performansi saat dilakukan penilaian ekspedisi, dan saat penilaian ekspedisi faktor utama yang dipertimbangkan tidak hanya biaya yang murah namun juga tingkat performansi serta membuat form penerimaan barang oleh ekspedisi ataupun Marketing Dealer untuk memudahkan melakukan pelacakan saat kehilangan.  Abstract          Risk Management of Product Distribution in PT XYZ. PT XYZ is one of the companies that produce mobile phones in Indonesia. In conducting the distribution of goods there are still some cases such as lost, exchanged goods to another destination, delayed, and damaged goods. The study was conducted with the aim of knowing the mitigation measures that can be undertaken by companies to mitigate the risks. First step is to calculate the risk score by multiplying the scale of the impact generated by the frequency of occurrence of the risk, then mapping the risks, analyzing risks that have the greatest score, then determine the risk mitigation that can be done by the company. In the calculation of risk scores, risk having the greatest score is exchanged goods and goods lost in expedition which score is 12. Further analysis of the causes by using five whys method to find the root of the problems that occurs, for exchanged goods root problem is the destination written are not clear, while the loss in the expedition due to the labor factor of the expedition itself. So the recommendation is to make clearer the delivery form with typed, making an agreement between the company and expedition about unloading goods and providing sanctions in performance assessment moment for the expedition, and when the expedition assessment the main factors to be considered not only low cost but also the performance level and create a form of receipt of goods by the expedition or Marketing Dealer for easy tracking when lost happened.
Perencanaan Sistem Pemeliharaan Mesin Roller Head Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance II (RCM II) (Studi Kasus di departmen maintenance PT. Bando Indonesia) Muhammad Arif Widyoadi; Singgih Saptadi; Ratna Purwaningsih
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.529 KB)

Abstract

PT. Bando Indonesia adalah perusahaan penghasil conveyor belt, terdiri dari departemen v-belt dan conveyor belt. Berdasarkan data kerusakan pada periode Agustus 2015 sampai dengan Juli 2016, departemen conveyor belt memiliki persentase breakdown yang lebih besar dibandingkan dengan departemen v-belt. Kemudian di departemen conveyor belt, mesin Roller Head memiliki frekuensi breakdown terbesar. Reliability Centered Maintenance II adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi tindakan perawatan dari setiap komponen mesin. Penerapan metode Reliability Centered Maintenance II diharapkan mampu memberikan interval perawatan yang lebih baik agar keandalan mesin menjadi lebih baik. Dari hasil nilai Critical Priority Number (CPN) terlihat bahwa terdapat 5 komponen yang paling kritis pada mesin roller head yang memiliki nilai CPN tertinggi yaitu gear sebesar 32, rantai conveyor transfer sebesar 25, bearing sebesar 24, screw sebesar 24 dan main motor sebesar 24. Berdasarkan Logic Tree Analysis (LTA), komponen gear, rantai conveyor transfer, bearing, screw dan main motor perlu dilakukan kegiatan scheduled discard task dan pada analisis karakteristik kegagalan, kelima komponen tersebut termasuk dalam fase laju kerusakan yang cenderung meningkat sehingga perlu dikakukan penggantian komponen. Terkait interval waktu perawatan diambil dari biaya perawatan (Tc) yang paling minimum dan dapat menurunkan biaya perawatan pertahun sebesar Rp 33.304.864 atau sebesar 14,51%. ABSTRACT PT. Bando Indonesia is the company which produce conveyor belt. The company have two departments, v-belt department and conveyor belt department. Based on breakdown data from August 2015 to July 2016, conveyor belt department has higher breakdown percentage than v-belt department. Then, in conveyor belt department, Roller Head machine has highest breakdown frequency. Reliability Centered Maintenance II is one of methods which could use for maintenance act evaluation from each machine components. Implementation from Reliability Centered Maintenance II expected give better maintenance interval so the machine reliability could be better. Based on Critical Priority Number (CPN) score could see if there 5 critical components in roller head machine. The critical components with its CPN score are gear (32), conveyor transfer chain (25), bearing (24), screw (24), and main motor (24). Based on Logic Tree Analysis (LTA) for the 5 critical components, they need to give scheduled discard task activity. Then based on its fault characteristic analysis, the breakdown rate phase tends to increase significantly and need to replace. Based on calculation of maintenance interval time to minimize downtime and minimize maintenance cost (Tc) from each critical component results if maintenance cost each year could decrease Rp. 33.304.864 or 14,51% lower than existing condition.
PERANCANGAN PENILAIAN KINERJA KEPALA BAGIAN KEPERAWATAN RUMAH SAKIT ADVENT BANDAR LAMPUNG DENGAN METODE FUZZY AHP DAN RATING SCALE Humairah, Natia; Rinawati, Dyah Ika
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.926 KB)

Abstract

Kualitas SDM merupakan salah satu faktor keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan baik dalam kinerja, profit, maupun kelangsungan hidup organisasi sehingga perusahaan perlu memiliki karyawan yang berpotensi dalam bidangnya. Rumah Sakit Advent adalah salah satu rumah sakit swasta di Bandar Lampung, yang saat ini belum memiliki penilaian kinerja pada bagian manajer, untuk mengetahui hasil kerja dan potensi yang dimiliki seorang manajer dibutuhkan suatu penilaian kinerja, agar dapat dilakukannya peningkatan performansi organisasi. Penilaian prestasi kinerja karyawan harus dilakukan dengan metode yang baik dan benar sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penilaian. Penelitian ini mencari nilai bobot dari setiap indikator untuk menilai manajer bidang keperawatan Rumah Sakit Advent.Pada penelitian ini, terdapat 5 kriteria, 19 sub-kriteria. Perhitungan bobot menggunakan Metode F-AHP. Selanjutnya dilakukan pembuatan formulir penilaian kinerja menggunakan Rating Scale dengan hasil penilaian yang didapatkan adalah 3,6024. AbstractAssesment design of performance Head of  Nursing Hospital Advent Bandar Lampung with fuzzy AHP and rating scale. The quality of human resources is one factor of the company’s success in achieving its objectives both in performance, profit, and the survival of the organization so that the company needs to have potential employees in the field.Advent Hospital is a private hospital in Bandar Lampung, which currently do not have a performance appraisal, in order to enable upgrading organizational performance. This research looks at the value of the weight of each indicator to asses nursing managers Advent Hospital. Perfomance appraisal should be performed by a method  properly so there is no error in judgement. In this study there are 5 criteria, 19  sub-criteria. Weight calculation using FAHP method. Furthermore, the manufacture of the performance appraisa form usng Rating Scale with the assessment results obtained is 3.6024.
PENYUSUNAN BARCODE DAN PENENTUAN REORDER POINT MATERIAL 07 PADA GUDANG BAHAN KIMIA STUDI KASUS PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG Risna ‘Ainun Cahya Nugraheni; Arfan Bakhtiar
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.428 KB)

Abstract

Untuk memudahkan proses penyimpanan barang, maka diperlukan adanya suatu kode material yang akan memudahkan petugas saat akan melakukan pengecekan ketersediaan barang dan untuk membedakan barang satu dengan lainnya. Saat ini, kode material pada gudang bahan kimia PT.Pupuk Sriwidjaja yang digunakan untuk menyimpan material 07 hanya berupa tulisan yang ditempatkan pada sebuah papan didepan tumpukan material yang disimpan. Barang yang datang dari supplier dilakukan proses pengujian kualitas terlebih dahulu sebelum akhirnya masuk ke dalam gudang. Untuk mengetahui jumlah barang yang ada di gudang bahan kimia, petugas gudang bahan kimia maupun departemen Pengendalian Material dan Produk harus memasukkan kode material dari barang yang ingin dicari. Namun, masih saja terdapat kesalahan mengenai informasi ketersediaan barang pada gudang bahan kimia. Data pada sistem inventory sering tidak terupdate, sehingga menimbulkan informasi yang berbeda dari yang seharusnya. Oleh karena itu, PT.Pupuk Sriwidjaja membutuhkan suatu penambahan sistem inventory (desain barcode) dan penentuan reorder point dengan tujuan mengetahui waktu yang tepat untuk memesan barang. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang desain berbasis barcode untuk memudahkan petugas gudang bahan kimia pada saat pencatatan barang masuk dan keluar serta menemukan angka re order point yang baik untuk mengatur persedian barang dalam gudang penyimpanan. Metode yang digunakan untuk penyusunan desain barcode adalah menggunakan software barcode generator dan perhitungan re order point dengan metode probabilistik sederhana. Abstract Barcode Arranging and Determination Reorder Point of 07 Material in the Chemical Warehouse Study Case PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. To facilitate the process of storage of goods, so it’s needed a material code that will make it easier when officers will check the availability of goods and to distinguish the goods of one another. Currently, material code in PT.Pupuk Sriwidjaja’s chemicals warehouse that are used to store the material 07 only in the form of writing that is placed on a board in front of a pile of material stored. Goods which come from suppliers are conducted to quality testing process before finally entering into the warehouse. To determine the amount of goods in the chemicals warehouse, chemicals as well as a warehouse clerk Material and Product Control department must enter the material of the items that want to search. But, there is an error regarding the availability of information on chemicals warehouse. Information on the inventory system is not updated frequently, so giving rise to different information than they should. Therefore, PT.Pupuk Sriwidjaja require an inventory replenishment system (barcode design) and determination of the reorder point with the aim of knowing the right time to order goods. The goal of this study was designing barcode-based design to facilitate a chemical warehouse clerk when recording of incoming and outgoing goods as well as found better re-order point numbers to regulate supply of goods in the warehouse. The method that use for preparation barcode design is generator barcode software and re-order point calculations with simple probabilistic methods.  
PENGUKURAN BEBAN MENTAL DI KALANGAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (STUDI KASUS: MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK INDUSTRI UNDIP) Try Nofri; Heru Prastawa; Novie Susanto
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.409 KB)

Abstract

Tingginya persaingan di zaman globalisasi menuntut perbaikan dan pembenahan lebih dari semua insan akademis di Indonesia, tak terkecuali mahasiswa. Hal ini membuat mahasiswa berlomba-lomba dalam menjalani perkuliahan yang saat ini mereka jalani dan berpotensi menimbulkan beban studi mental yang bisa berdampak ke banyak hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat beban mental di kalangan mahasiswa Departemen Teknik Industri Undip semester 3 dan 5 menggunakan metode NASA-TLX, dengan responden sebanyak 50 mahasiswa. Selain itu, penelitian ini berusaha mencari tahu skala NASA-TLX  yang dominan dirasakan oleh mahasiswa dan berusaha membuktikan, apakah faktor-faktor eksternal seperti IP Semester sebelumnya, jam belajar per hari, jalur masuk kuliah dan kegiatan di waktu senggang berpengaruh terhadap skor beban mental atau tidak. Hasil pengukuran beban studi mental menunjukkan bahwa skor rata-rata beban studi mental sebesar 80,04 (agak berat). Untuk skala yang dominan dirasakan, skala tersebut ialah skala Temporal Demand. Analisis Variansi (ANOVA) untuk faktor-faktor eksternal menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap skor beban mental yang ada.                    Abstract Student Mental Workload Measurement with NASA-TLX Method (Case Study: Industrial Engineering Department Student of Diponegoro University). High competition in the era of globalization requires repair and improvement over all of the academic community in Indonesia, not least the students. This makes the students compete in their studies and potentially cause mental studyload which could have implications for many things. This study aims to determine the level of mental studyload among the students of the Department of Industrial Engineering Undip semesters 3 and 5 using the NASA-TLX, with respondents as many as 50 students. In addition, this study tried to find out the NASA-TLX’s dominant scale perceived by students and trying to prove, whether external factors such as previous semester grade point, study hours per day, entrance selection exam  and free-time activities affect the score of mental load or not. The results of the mental studyload measurement shows that the average score of mental study load of 80.04 (ponderable). For the dominant scale, the scale is Temporal Demand. Analysis of Variance (ANOVA) for external factors indicate that these factors do not have a significant influence on the existing score of the mental studyload..
ANALISIS PENGARUH FAKTOR ANTESENDEN CONSUMER-BRAND IDENTIFICATION UNTUK MEMBENTUK BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN LAPTOP ACER DI SEMARANG Aprilia Dian Tresnaningrum; Diana Puspitasari
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.847 KB)

Abstract

PT Pura Barutama adalah perusahaan yang memproduksi kertas dan berloakasi di Kudus, Jawa Tengah. Proses produksi selama 24 jam yang dijalankan PT Pura Barutama, membuat peran forklift untuk mengangkut gulungan kertas ke gudang menjadi ssama pentingnya dengan fasilitas utama produksi. Data historis menunjukkan kondisi overhaul pada forklift Toyota FD 50, Toyota FD 35, dan Komatsu FD 35 yang beresiko menghentikan alur produksi. Penelitian dilakukan untuk menganalisis kebijakan maintenance yang diterapkan pada ketiga forklift ini. Analisis dilakukan dengan membandingkan total biaya  maintenance yang dihasilkan dari repair maintenance policy dan preventive maintenance policy. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kebijakan maintenance yang relevanuntuk diterapkan pada ketiga forklift tersebut adalah repair maintenance policy yang menghasilkan total biaya maintenance terendah. Rekomendasi yang diberikan pada perusahaan adalah dalam penerapan repair maintenance policy perlu memperhatikan ketersediaan komponen dan kesiapan operatormaintenance.ABSTRACTOptimal Maintenance Analysis Policy for Forklift Subsection PT Pura Barutama PM 5/6/9 Kudus.PT Pura Barutama is a paper manufacture company located in Kudus, Central Java. Having production process continuously on 24 hours, making forklift is as important as other production facilities because it transports fresh paper roll to the warehouse. Historical data shows that overhaul on forklift Toyota FD 50, Toyota FD 35, and Komatsu FD 35 are risking the production process because it could stop production flow from production area to warehouse. The goal of this research is to analyze themaintenance policy applied on these forklift. Analysis is done with comparing total maintenance cost for repair maintenance policy and preventive maintenance policy. The study shows that the most suitable maintenance policy to applied on these forklift is repair maintenance policy because it has the least totalmaintenance cost. Recommendations that drawn from this study are in applying repair maintenance policy, the avaibility of forklift spare parts and skilled maintenance operator should be considered so that repairment could be done as soon as possible.
PERHITUNGAN OEE (OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS) PADA MESIN KOMURI 2 LITHRONE S40 DAN HEIDELBERG 4WE DALAM RANGKA PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) Amru Khaifa Wafa; Bambang Purwanggono
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.203 KB)

Abstract

Pada industri moderen saat ini, kulaitas sangat menjadi prioritas bagi hampir seluruh perusahaan di dunia. PT. Solo Murni adalah salah satu perusahaan percetakan terbesar di indonesia yang memiliki pasar hampir di seluruh dunia. Kesuksesan yang selama ini telah dicapai tidak akan tepisah dengan quality control yang baik. Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian dilakukan karena produktitas mesin Komuri 2 Lithrone S40 dan Heidelberg 4WE dirasa sudah mulai menurun, sehingga sangat penting untuk menganalisis faktor apa yang paling dominan serta benkontribusi dalam rangka untuk memperbaiki dan sebagai input dalam penerapan Total Productive Maintenance (TPM). Setelah penelitian dilakukan, rata –rata nilai perhitungan OEE pada Komuri 2 Lithrone S40 adalah 49.52% dan Heidelberg 4WE adalah 42.65%. Dapat disimpulkan bahwasanya efektivitas dari kedua mesin tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan worldclass standard yaitu sebesar 85%. Faktor six big losses yang paling berkontribusi pada Komuri 2 Lithrone S40 dan Heidelberg 4WE preparation equipment dengan persentase sebesar 25.55% dan 32.13% serta gangguan mesin dan menganggur sebesar 31.62% and 37.38%.                                      Abstract [OEE (Overall Equipment Effectiveness) Calculations on Komuri 2 Lithrone S40 Engine and Heidelberg 4WE Engine In Order to Total Productive Maintenance (TPM) Aplications] Today in the modern industry, quality be a top priority for almost all companies in the world. PT. Solo Murni is one of the largest printing company in Indonesia that has market share was almost cover the whole world. The success that has been achieved so far would not be separated from good quality control. Based on the problem background, the research do because the productivity of the machine Komuri 2 Lithrone S40 and Heidelberg 4WE felt has begun to decline, so it is necessary to identify and analyze the factors that most dominant and contributed in order to immediately be repaired and as inputs in the implementation of Total Productive Maintenance (TPM ). After the research is done, the averages of OEE calculation for Komuri 2 Lithrone S40 is equal to 49.52% and Heidelberg 4WE is equal to 42.65%. It can be concluded that the effectiveness of the two machines are still far from worldclass standard that is equal to 85%. Six big losses of factors that contribute most to Komuri 2 Lithrone S40 and Heidelberg 4WE is preparation equipment with a percentage of 25.55% and 32.13% and impaired engine and idle at 31.62% and 37.38%.
Peramalan Produk dan Perencanaan Material pada CV Sempurna Boga Makmur Produk Jelly MJ 36 Suryo Wiwoho; Dyah Ika Rinawati
Industrial Engineering Online Journal Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.911 KB)

Abstract

CV Sempurna Boga Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan yang memroduksi banyak produk seperti jelly, minuman sachet, minuman bersoda, dan sirup. Tujuan penelitian ini adalah merancang suatu sistem informasi untuk mendukung aksi perencanaan serta pembelian material yang didasarkan pada hasil forecast. Permasalahan yang dihadapi CV Sempurna Boga Makmur adalah menumpuknya stock jelly dan material digudang yang menyebabkan produk expired sebelum dipasarkan sehingga menyebabkan produk tidak dapat dipasarkan dan membuat perusahaan merugi. Dalam penelitian ini akan dilakukan menggunakan Sembilan metode lotting material requirement planning yaitu Lot for Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), Period Order Quantity (POQ), Fixed Order Quantity (FOQ), Fixed Order Period Requirement (FPR), Least Unit Cost (LUC), Least Total Cost (LTC), Part Period Balancing (PPB), dan Wagner Within Algorithm (WWA). Dari hasil penelitian ini ternyata metode LUC merupakan metode terbaik yang dihasilkan karena pada metode ini biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan perencanaan kebutuhan material dengan biaya paling minimal. Abstract Product forecasting and material planning in CV Sempurna Boga Makmur jelly product MJ 36. CV Sempurna Boga Makmus is company is concern in food and produced a lot of product like jelly, drink soda, drink sachet and syrup. Purpose of this research is to create information system that can help planning of purchasing material base of forecast data. Problem that facing in CV Sempurna Boga Makmur is a lot of material in factory and cumulation jelly product that expired in factory before selling. In this research we use nine methods in material requirement planning that is Lot for Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), Period Order Quantity (POQ), Fixed Order Quantity (FOQ), Fixed Order Period Requirement (FPR), Least Unit Cost (LUC), Least Total Cost (LTC), Part Period Balancing (PPB), dan Wagner Within Algorithm (WWA). From this reasearch have conclusion that LFL is the best method because produced minimal cost to company to do planning material.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 4 (2024): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2024 Vol 13, No 3 (2024): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2024 Vol 13, No 2 (2024): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2024 Vol 13, No 1 (2024): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2024 Vol 12, No 4 (2023): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2023 Vol 12, No 3 (2023): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2023 Vol 12, No 2 (2023): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2023 Vol 12, No 1 (2023): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2023 Vol 11, No 4 (2022): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2022 Vol 11, No 3 (2022): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2022 Vol 11, No 2 (2022): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2022 Vol 11, No 1 (2022): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2022 Vol 10, No 1 (2021): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2021 Vol 9, No 4 (2020): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2020 Vol 10, No 4 (2021): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2021 Vol 10, No 3 (2021): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2021 Vol 9, No 3 (2020): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2020 Vol 9, No 2 (2020): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2020 Vol 9, No 1 (2020): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2020 Vol 8, No 4 (2019): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2019 Vol 8, No 3 (2019): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2019 Vol 8, No 2 (2019): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2019 Vol 8, No 1 (2019): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2019 Vol 7, No 4 (2018): WISUDA PERIODE OKTOBER 2018 Vol 7, No 3 (2018): WISUDA PERIODE JULI 2018 Vol 7, No 2 (2018): WISUDA PERIODE APRIL 2018 Vol 7, No 1 (2018): WISUDA PERIODE JANUARI 2018 Vol 6, No 4 (2017): wisuda periode oktober 2017 Vol 6, No 3 (2017): wisuda periode juli 2017 Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017 Vol 6, No 1 (2017): Wisuda Periode Januari Tahun 2017 Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016 Vol 5, No 3 (2016): Wisuda Juli Tahun 2016 Vol 5, No 2 (2016): Wisuda April Tahun 2016 Vol 5, No 1 (2016): wisuda januari Tahun 2016 Vol 4, No 4 (2015): Wisuda Oktober Tahun 2015 Vol 4, No 3 (2015): Wisuda Juli Tahun 2015 Vol 4, No.2 Tahun 2015 Vol 4, No.1 Tahun 2015 volume 3,nomor 4,tahun 2014 Volume 3, Nomor 3, Tahun 2014 Volume 3, Nomor 2, Tahun 2014 Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014 Volume 2, Nomor 4, Tahun 2013 Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013 Volume 1, Nomer 4, Tahun 2012 Volume 1, Nomer 3, Tahun 2012 Volume 1, Nomer 2, Tahun 2012 Volume 1, Nomer 1, Tahun 2012 More Issue