cover
Contact Name
Binar Winantaka
Contact Email
jurnalwuny@uny.ac.id
Phone
+62274586168
Journal Mail Official
jurnalwuny@uny.ac.id
Editorial Address
Gedung LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Kolombo 1, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah WUNY
ISSN : 01263854     EISSN : 27470547     DOI : https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i3
Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY" : 9 Documents clear
APPLICATION OF THE PEER TEACHING METHOD TO INCREASE LEARNING OUTCOMES OF BASIC ELECTRICITY AND ELECTRONICS Widi Astuti
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.694 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.42575

Abstract

This research is aimed to describe the application of the Peer Teaching Method to improve the learning outcomes of Basic Electrical and Electronics in class X AV-B SMKN 1 Saptosari, Gunungkidul. This research is a classroom action research that begins with a pretest to determine the basic score after learning is carried out before using the Peer Teaching method. This research consists of two cycles. The research was conducted at SMKN 1 Saptosari, the research subjects were 34 students of class X AV-B Audio Video. Methods of data collection using observation sheets, performance sheets / short description questions, and student response questionnaire sheets off the Peer Teaching method. Data analysis used descriptive qualitative analysis technique. The results showed that the Peer Teaching method could improve student learning outcomes. Improved results can be seen from the increase in the achievement of student learning completeness in each cycle. The achievement of student learning completeness in the pre-cycle is 41.17% (15 students complete). After being subjected to action in the first cycle with the peer tutor method, the student's mastery achievement increased to 85.29% or 29 students had met the KKM. Student learning activities also increase, because active students can easily ask questions in detail with their tutor friends. Especially when the teacher gives questions to work on, students scramble to be able to do it in front of the class. Furthermore, in the second cycle, the achievement of student learning completeness reached 91.18% or increased to 31 students who had reached the KKM. Three students who have not KKM are almost close to the value of 7.5 (KKM) with the lowest score of 7.00. Keywords: peer teaching method, learning outcomes, basic electricity and electronics 
PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD marwani marwani
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.823 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.43494

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan hasil pemanfaatan video pembelajaran muatan pelajaran IPS melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas VI C SD Negeri Wonosari I, Gunungkidul. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatatif berdasarkan fakta dan keadaan selama guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Pada penelitian ini, data-data dikumpulkan melalui observasi, assessment, teknik dokumentasi terhadap data-data yang berkaitan dengan permasalahan motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran jarak jauh. Data-data yang dianalisis adalah keadaan awal, pelaksanaan pembelajaran dengan video pembelajaran, hambatan dan strategi pemecahan masalah, dampak serta tindak lanjutnya. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis angket yang diberikan diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran tematik terpadu muatan pelajaran IPS dengan video pembelajaran, lebih dari 80% siswa merasa senang dan tertarik mengikuti pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan pula oleh meningkatnya ketepatan kehadiran siswa di kelas maya dan pengumpulan tugas tepat waktu. Perolehan hasil belajar dapat dideskripsikan bahwa 26 dari 28 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal atau sebesar 92,86%. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa 85,18. Dari indikator tersebut kemudian dijadikan penulis untuk menarik kesimpulan bahwa pemanfaatan video pembelajaran melalui pembelajaran jarak jauh dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
PEMBELAJARAN BERBASIS STEM MATERI ELEKTROPLATING MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA Triastuti, Eny
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.654 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.38660

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis STEM pada materi pokok elektroplating terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berfikir kritis siswa. Penelitian pendahuluan menemukan bahwa pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Yogyakarta belum berorientasi pada keterampilan abad ke-21 yaitu melatihkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kerjasama, dan komunikasi. Siswa dipersiapkan tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi harus bisa menyelesaikan tantangan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian pre-Experimen Design dengan metode One-Group Pretest Posttest Design menurut Sugiyono (2018:74). Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design yaitu diberi perlakuan pretest sebelum diberi perlakuan agar hasil perlakuan dapat diketahui. Uji validitas isi (content validity) untuk instrumen penelitian berupa angket variabel diperoleh melalui pendapat ahli (expert judgment) yaitu pakar ahli dari Widya Iswara PPPPTK IPA sebagai pakar ahli model pembelajaran dan materi instrumen untuk menelaah instrumen penilaian berfikir kritis siswa. Implementasi pembelajaran berbasis STEM pada materi pokok elektroplating dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran STEM PJBL pada topik materi  electroplating  dapat meningkatan keterampilan berfikir kritis siswa melalui lima tahapan belajar yaitu refleksion, reseach, discovery, aplication, dan communication serta meningkatkan pemahaman konsep siswa  dengan nilai rata-rata pre-posttest  61,19 menjadi 90 dengan skor N gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pembelajaran berbasis STEM materi elektroplating  terhadap keterampilan berfikir kritis dengan skor nilai 2,66 dari rentang 1-3  atau  88,50. 
UPAYA MENGEMBANGKAN MINAT MENULIS SISWA MELALUI GAWAI MENUJU NEW NORMAL Purnami, Purnami
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.761 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.42634

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gawai terhadap minat menulis siswa kelas VI, SDN Karangtengah IV menuju persiapan new normal. Dalam Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah melalui pemanfaatan gawai dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan menulis terutama pada saat pembelajaran dari rumah, siswa kelas VI SDN Karangtengah IV masih rendah. Namun, dalam penggunaan  gawai dalam berkomunikasi sangat lancar. Hal tersebut yang mendorong untuk meneliti seberapa besar pengaruh gawai dalam menumbuhkan minat menulis siswa menuju persiapan new normal. Tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran melalui pemanfaatan gawai dalam menumbuhkan minat menulis siswa. Siswa mendapatkan tugas melalui pembelajaran luring dan daring. Tugas tersebut berupa pemanfaatan video dan gambar melalui gawai yang mereka miliki, kemudian dikembangkan menjadi tugas tertulis. Kendala yang terjadi di lapangan adalah ada beberapa siswa yang tidak memiliki gawai sendiri, sehingga pengerjaan tugas menjadi tidak tepat waktu. Disamping itu, terkadang sulit mendapatkan sinyal. Efektifitas pemanfaatan gawai pada kegiatan pembelajaran adalah adanya peningkatan minat menulis pada siswa. Minat menulis tumbuh karena adanya rasa senang dengan media gawai tersebut. Dari rasa senang itulah timbul minat yang lebih terhadap tugas yang diberikan. Hasil akhir menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan gawai dalam kegiatan pembelajaran, minat menulis di kelas VI pada SDN Karangtengah IV mengalami peningkatan.
METODE “UJIAN LISAN DAN CERDAS CERMAT” UNTUK MEMOTIVASI KESEIMBANGAN HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS SISWA SMK EKO PUJI DIANAWATI
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.178 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.42420

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji Ujian Lisan dan Cerdas Cermat untuk memotivasi keseimbangan Hard Skills dan Soft Skill Siswa SMK.Metode penelitian dengan melakukan kajian terhadap sejumlah literatur yang dapat mendukung pendekatan analisis, meliputi: data penelitian deskriptif tentang karakteristik siswa SMK, motivasi belajar, kemampuan hard skills dan soft skills, keaktifan siswa, prestasi belajar, penggunaan ujian lisan dan cerdas cermat, metode diskusi presentasi kolaboratif, observasi dalam pembelajaran, serta teknik penilaiannya.Tuntutan guru di abad 21 harus melakukan inovasi dalam pembelajaran salah satunya menggunakan metode Ujian Lisan dan Cerdas Cermat dalam pembelajaran identifikasi ruang dan alat agar siswa lebih tertarik untuk mengenal dunia Pembibitan dan kultur jaringan di laboratorium, sehingga akhirnya siswa paham dan kompeten. Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat tercapai karena siswa secara langsung mengamati/ observasi alat dimasing-masing ruang dilanjutkan membuat soal dari materi yang dipelajari untuk bahan ujian lisan dan cerdas cermat, maka dengan sedikit paksaan yang tersistem melalui teknik pembelajaran sehingga siswa terbiasa mengasah rasa ingin tahunya dengan literasi. Selain itu dengan kegiatan tersebut juga terbangunnya beberapa karakter kerja sama, disiplin, kerja keras dan menguatkan motivasi belajar secara instrinsik. Dengan metode tersebut siswa secara otomatis akan belajar berulang-ulang dan berakhir pada prestasi belajar siswa karena secara tidak langsung memotivasi siswa untuk belajar serta memunculkan kemampuan soft skills siswa.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMAN 1 SUNGAILIAT Emiliya Emiliya
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.209 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.43085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan penguasaan konsep dan partisipasi aktif peserta didik pada pokok bahasan termokimia di SMAN 1 Sungailiat. Upaya yang dilakukan adalah dengan cara penerapan pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Tahapan pembelajaran berbasis inkuiri (learning sequence) meliputi discovery learning, interactive demontrations, inqury lesson, inqury laboratory, real word application dan hypothetical inquiry.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan gambaran proses  yang terjadi pada saat dilaksanakannya pembelajaran di kelas dan intrumen data yang diambil adalah berupa hasil belajar dan partisipasi aktif peserta didik.Berdasarkan dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada level  discovery learning, interactive demontrations, inqury lesson, inqury laboratory diperoleh nilai postes berturut turut sebesar 86,06 ; 90,92 : 91,91 : 80,30 dan 88,48 dengan persentase ketuntasan kelas tiap level berturut-turut 75%, 72,72%, 82%, 81,81%, dan 85%. Sedangkan partisipasi aktif dalam bentuk diskusi kelompok, menyajikan pesentasi, melaksanakan praktikum dan mengerjakan lembar kerja peserta didik memperoleh berturut turut kategore cukup, cukup baik, dan baik. Dari data diatas sesuai dengan kriteria indikator keberhasilan yang sudah ditentukan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan partisipasi aktif dari peserta didik
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PENGAJARAN SPEAKING PADA MATERI ASKING FOR AND GIVING OPINION Nur Endah Sulistyorini
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.364 KB) | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.43083

Abstract

AbstrakBelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing merupakan proses pembelajaran jangka panjang. Proses tersebut meliputi menginternalisasikan budaya pada proses pengajaran. Dengan kata lain, belajar bahasa membutuhkan waktu dan pembiasaan yang berkesinanbungan.   Dalam proses tersebut motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan mereka tentang bahasa target. Mengajarkan  bahasa yaitu menciptakan suasana berkomunikasi yang senantiasa  merangsang keingintahuan mereka tentang bahasa target.Dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris, guru menghadapi beberapa kondisi dimana peserta didik memiliki karakteristik dan minat masing-masing. Mereka cenderung memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Kondisi ini terkait dengan latar belakang mereka dimana hal tersebut mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris. Dengan kondisi tersebut, perlu adanya kerja sama antar siswa untuk saling menguatkan dan memotivasi dalam proses  pembelajaran bahasa. Guru harus mencoba berbagai model pembelajaran yang paling cocok untuk memecahkan masalah di kelasnya sehingga proses belajar mengajar berjalan sesuai harapan.Tulisan ini  membahas tentang penerapan model pembelajaran Cooperative Learning, bagaimana langkah-langkah pembelajarannya dan apakah model pembelajaran tersebut dapat menciptakan lingkungan belajar yang  efektif, aktif  dan menyenangkan.
PEMANFAATAN VIDEO TUTORIAL (DEMONSTRASI) PADA PEMBELAJARAN PCKI DI MASA PANDEMI COVID-19 Nani Nurwati; Heni Purwanti
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.42426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pembelajaran siswa kelas XII, mata pelajaran PCKI (Pembuatan Cake dan Kue Indonesia) pada siswa kelas XII Kuliner 3, SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan materi praktik menghias cake pada acara perkawinan di masa pandemi Covid-19 melalui video tutorial demonstrasi. Strategi pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data kualitatif yang kemudian dijabarkan secara deskriptif. Menghias cake untuk acara perkawinan membutuhkan ketelitian, ketrampilan, dan kreativitas terutama pada saat mengapilkasikan butter cream, membuat bentuk hiasan dengan butter cream, memilih warna butter cream untuk  hiasan, dan memilih ornamen untuk meningkatkan penampilan cake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran praktik menghias cake untuk acara perkawinan dengan memanfaatkan video tutorial demonstrasi berdampak positif bagi siswa, ditunjukkan dengan pengumpulan tugas siswa yang tepat waktu, antusias serta semangat siswa dalam berdiskusi dan bertanya kepada guru saat mendapatkan kesulitan. Dari hasil foto praktek yang dikirimkan oleh siswa dapat dilihat bahwa dengan memanfaatkan video tutorial demonstrasi siswa dapat menggali potensi dan kreativitas sehingga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dan pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa.
INCREASING SCIENCE LEARNING ACHIEVEMENT THROUGH THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL Sri Sudarti
Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v3i2.42418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IXC Semester 1 di SMP Negeri 2 Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan jenis tindakan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IXC semester 1 yang berjumlah 22 siswa SMP Negeri 2 Kalibawang. Objek Penelitian adalah prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus tindakan, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan lembar pengamatan proses pelaksanaan pembelajaran berupa checklis test tertulis. Tehnik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dapat diterima baik oleh siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan keaktifan siswa dan perasaan sangat senang sebesar 4,4% dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IXC semester 1 di SMP N 2 Kalibawang, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dengan kategori sangat baik 13% dan nilai baik 41%.

Page 1 of 1 | Total Record : 9