cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
editor.jurnal@stie-aub.ac.id
Editorial Address
Jl. Mr. Sartono No. 47 Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah 57132 Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Excellent
ISSN : 19792700     EISSN : 27472833     DOI : -
Core Subject : Education,
Excellent Journal, with registered number ISSN 1979-2700 (Print) and ISSN 2747-2833 (Online). We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Management, Business, Education, Human Resources Management, Organizational Behavior and Theory, Organizational Development, Production/Operations, International Relations; Human Rights and Duties, Public Administration, Population Studies, Purchasing/Materials Management, Small Business Entrepreneurship, Strategic Management Policy as well as emerging paradigms in allied subjects.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): July" : 12 Documents clear
PERAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA BCA INSURANCE SOLO Yunita Ulvi Srihastanti; Lilis Sulistyani
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.631

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran kualitas pelayanan, harga dan produk terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah pada BCA Insurance Solo.Populasi dalam penelitian ini nasabah BCA Insurance Solo. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji linieritas, analisis regresi, analisis jalur, Uji parsial t, Uji F, Uji koefisien determinasi dan analisis korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas pelayanan, harga dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan, harga, produk dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: Pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah lebih efektif melalui jalur langsung. Pengaruh langsung harga terhadap loyalitas nasabah lebih efektif melalui jalur langsung pada variabel harga. Pengaruh langsung produk terhadap loyalitas nasabah lebih efektif melalui jalur langsung pada variabel produk. Hasil analisis jalur membuktikan bahwa variabel kepuasan bukan merupakan variabel mediasi. Hasil uji R2 total sebesar 0,913 dapat diartikan loyalitas nasabah BCA Insurance Solo dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, harga, produk dan kepuasan nasabah sebesar 91,3%. Kata Kunci      :     Kualitas Pelayanan, Harga, Produk, Kepuasan, Loyalitas Nasabah, BCA Insurance Solo
PERAN KEPUASAN DI DALAM MEMEDIASI KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK JATENG CABANG PURWODADI Jarot Santosa; Denny Mahendra; Aris Tri Haryanto
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.622

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian adalah menganalisis dan memberikan bukti empiris signifikansi Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Jateng Cabang Purwodadi. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan terhadap loyalitas nasabah Bank Jateng Cabang Purwodadi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah di Bank Jateng Cabang Purwodadi yang berkunjung pada bulan Desember 2019 sejumlah sekitar 800 nasabah. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebesar 10% dari populasi yaitu sebesar 80 nasabah, dengan teknik acidential sampling dengan cara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Nasabah. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan. Kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: Pengaruh langsung produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas lebih besar dari pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan loyalitas lebih efektif melalui jalur langsung.Keywords : kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah.
PENGARUH MODAL, LOKASI USAHA, DAN KONDISI TEMPAT BERDAGANG TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG Novemy Triyandari Nugroho; Indah Wahyu Utami
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.627

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh modal, lokasi usaha, dan kondisi tempat berdagang terhadap pendapatan pedagang di Pasar Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah para pedagang di Pasar Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Sampel penelitian ini sebanyak 87 responden, diambil menggunakan teknik convinience random sampling. Sedangkan metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Variabel yang digunakan meliputi modal (X1), lokasi usaha (X2), kondisi tempat berdagang (X3), dan pendapatan pedagang (Y). Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial modal (X1), lokasi usaha (X2), dan kondisi tempat berdagang (X3) berpengaruh terhadap pendapatan pedagang di Pasar Kartasura Kabupaten Sukoharjo.Kata kunci : modal, lokasi usaha, kondisi tempat berdagang, pendapatan pedagang
STRATEGI PEMASARAN DENGAN OPTIMALISASI PROMOSI, KELAS SOSIAL DAN CITRA MEREK UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA ONLINE (STUDI KASUS DI MATAHARIMALL.COM) Dian Nur Mastuti; Yuniatin Trisnawati DKW
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.662

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dengan Optimalisasi Promosi, Kelas Sosial dan Citra Merk untuk Pengambilan Keputusan Konsumen untuk Berbelanja online (Studi Kasus di Mataharimall.com). Penelitian dilakukan pada konsumen mataharimall.com di kota Surakarta dengan sampel sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling dengan menggunakan kuesioner.Analisa Data menunjukkan hasil bahwa seluruh pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa seluruh data  normal, tidak terjadi heterokesdastisitas, tidak terjadi multikolineriaritas serta tidak terjadi autokorelasi. Hasil uji regresi berganda dan uji t menunjukkan bahwa Variabel promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan, Kelas sosial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan, dan Citra Merk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan. Hasil uji R2 menunjukkan hasil bahwa Promosi, Kelas sosial dan citra merk hanya mampu menjelaskan variabel Keputusan Konsumen untuk berbelanja online sebesar 8%, sedang sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian. Kata kunci : Promosi, Kelas Sosial, Citra merk, Keputusan
ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF-PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KARANGANYAR Endang Saryanti; Erna Tiningrum
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.623

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilaksanakan untuk memberikan bukti bahwa perspektif-perspektif dalam balanced scorecard secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dengan responden karyawan perusahaan dalam menilai kinerja perusahaan yang beralamatkan di Komplek Perkantoran Cangakan Karanganyar 57712. Populasi dalam penelitian ini 95 responden, tetapi hanya 88 sampel yang sempurna. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dikirimkan pada responden penelitian dan data sekunder, yang diperoleh dari literature-literatur atau data yang mendukung.Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, reliabilitas, analisis regrisi linier berganda, ujiasumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan perspektif keuangan berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Uji F yang dilakukan menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara simultan terhadap kinerja perusahaan pada PDAM Karanganyar. Hasil Uji t menunjukan perspektif keuangan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif pelanggan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif proses bisnis internal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan dapat menjelaskan kinerja perusahaan sebesar 26,4% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Kinerja Perusahaan,Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal Serta Perspektif,Pembelajaran Dan Pertumbuhan.
PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus pada kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar) Elfinna Suci; Yosephien Angelina Yulia
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.628

Abstract

ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerjapegawaiKinerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar. Dengan pegawai sejumlah 105 orang, sampel yang diambil dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebesar 51 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji R2. Hasil persamaan regresi linear berganda menunjukkan, bahwa Kompetensi, dan disiplin kerja berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, sedangkan Motivasi tidak berpengaruh signifikan. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama Kompetensi, Motivasi, dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar. Hasil Uji R2menunjukkan bahwa variabel Kompetensi, Motivasi, dan disiplin kerja mampu menjelaskan sebesar 74% terhadap kinerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, sedangkan sisanya sebesar 26% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian, seperti kepemimpinan, komunikasi dan budaya organisasi.Kata kunci : kinerja pegawai, kompetensi, motivasi, dan disiplin kerja
MENGUJI PENGARUH KERAGAMAN MENU, KUALITAS PRODUK, STORE ATMOSPHERE, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI WEDANGAN JIMBOENG Erlis Ariningtyas; Ida Ayu Kade Rachmawati K
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.670

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini diharapkan dapat mengetahui pengaruh keragaman menu, kualitas produk , store atmosphere dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Pengumpulan data dengan alat bantu kuesioner. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 97 responden yang merupakan pelanggan di Wedangan Jimboeng dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan untuk instrumen data adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sebagai analisis data digunakan uji regresi linear berganda, uji t dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keragaman menu dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan variabel store atmosphere dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.Kata kunci: Keragaman menu, kualitas produk, store atmosphere, harga, loyalitas pelanggan.
ANALISA SIKAP BELANJA ONLINE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA KONSUMEN PADA EVENT FLASH SALE SHOPEE Tri Widianto; Andri Octaviani
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.624

Abstract

ABSTRAKSIPenelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui secara empiris: analisis terhadap sikap perilaku konsumen dalam belanja online dan pengaruh harga terhadap keputusan belanja online dalam event flash sale aplikasi ShopeeData dikumpulkan dari 130 responden dengan menggunakan metode purposive random sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis instrumen penelitian yang meliputi uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach’s alpha; analisis jalur; koefisien determinasi, uji t; uji F dan pengaruh langsung serta tidak langsung.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sikap belanja online berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan belanja online, 2) harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, 3) hasil Uji R2 didapatkan hasil sebesar 0,012 atau 1,2% yang berarti variabilitas variabel sikap belanja online dan harga yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel keputusan dalam belanja online sebesar 1,2% sedangkan sisanya 98,8% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model regresi Kata kunci: Sikap Belanja, Harga, dan Keputusan Belanja Online
FLUKTUASI INDEKS SAHAM GLOBAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK TRADING SAHAM SEKTOR FINANCE DI INDONESIA Nugroho Wisnu Murti; Indriyana Widyastuti; Saptani Rahayu
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.625

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dikembangkan tidak hanya memberikan pertimbangan pada investasi saham pada dengan mempertimbangkan fluktuasi indeks saham internasional.Akan tetapi juga melakukan analisis pada Informasi ini penting untuk mempertimbangkan investasi saham yang lebih fokus pada sektor tertentu karena beberapa penelitian terdahulu yang lebih banyak memberikan pertimbangkan alternative investasi dengan melakukan analisis pada indeks harga saham gabungan. Data yang digunakan adalah data time series fluktuasi harga saham mingguan indeks harga saham internasional antara lain Dow Jones 30, Hangseng, Nikkei, dan Strait Times dari tahun 2008 sampai dengan 2018 yang diestimasi untuk memprediksi pergerakan indeks harga saham finance indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa beberapa indeks internasional yang diobservasi memiliki hubungan yang kuat dengan fluktuasi indeks saham finance Indonesia. Akan tetapi arah hubungan tersebut berbeda-beda. Akan tetapi informasi yang lebih harus diketahui adalah hampir semua indeks tersebut memilikibeda yang signifikan antara indeks internasional ketika diestimasi dalam model yang memiliki efek terhadap reaksi pada pasar modal di Indonesia. Temuan tersebut memberikan implikasi praktis bahwa ketika investor memperhatikan indeks internasional untuk memprediksi arah reaksi pasar modal Indonesia, indeks – indeks tersebut perlu diperhatikan semuanya secara spesifik. Penelitian ini mengidentifikasi dalam enam perbedaan antara dua indeks internasional terhadap pergerakan indeks finance Indonesia.
MANUVER INOVASI PEMIMPIN DALAM MEMBERDAYAKAN PERILAKU KINERJA DENGAN DISIPLIN DAN KOMUNIKASI PEGAWAI (RISET PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN SUKOHARJO) Anita Dwi Putranti; Mulyanto Mulyanto
EXCELLENT Vol 7, No 1 (2020): July
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/exc.v7i1.630

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi, kompetensi, kompensasi terhadap kinerja pegawai dengan disiplin kerja dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Sukoharjo. Teknik analisis data  yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), dimana akan diuji dengan uji t, uji F dan uji R2, Correlations, pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dan total pengaruh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, peneliti mengambil sampel sebanyak 60 responden. Hasil uji t menunjukan bahwa kepemimpinan, motivasi kerja dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja dan budaya organisasi, kompetensi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap disiplin kerja; kepemimpinan, budaya organisasi dan  kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh  negatif  dan signifikan terhadap kepuasan kerja. sedangkan kompetensi  berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja; budaya organisasi, kompetensi, kompensasi, dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dan  kepuasan kerja berpengaruh  negatif dan signifikan terhadap kinerja. kepemimpinan berpengaruh  negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. Dari hasil koefisien determinasi total dapat dijelaskan bahwa Nilai R2 total sebesar 0,996 ini berarti bahwa kinerja pegawai dijelaskan oleh variabel kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi kerja, kompetensi, Kompensasi, disiplin kerja dan kepuasan kerja sebesar 99,6% dan sisanya 0,4 % dijelaskan variabel lain diluar model penelitian sebagai contoh lingkungan kerja, komunikasi. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa jalur langsung kompensasi terhadap kinerja pegawai merupakan jalur yang dominan atau efektif untuk meningkatkan kinerja pegawai karena memiliki nilai kooefisien terbesar diantara yang lain.Kata Kunci : kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi, kompetensi, kompensasi, disiplin kerja, kepuasan kerja dan kinerja pegawai

Page 1 of 2 | Total Record : 12