cover
Contact Name
Zulkifli Nurul Haqq
Contact Email
zulkiflinurulhaqq@unimus.ac.id
Phone
+6281917405151
Journal Mail Official
value-added@unimus.ac.id
Editorial Address
Department of Management Faculty of Economics University of Muhammadiyah Semarang Kedungmundu Raya Street No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 16933435     EISSN : 25804863     DOI : 10.2671/vameb.v17i1.6936
Core Subject : Economy, Social,
Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, supply chain management, organizational behavior, and entrepreneurship, using both quantitative and qualitative approaches, or mixed method.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis" : 6 Documents clear
Pengaruh Atmosfer Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Churrohmah, Mifta; Juma’i, A.M.
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.741 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v17i1.6939

Abstract

Dengan berjalannya pertumbuhan bisnis ritel di Kota Semarang, menyebabkan semakin tingginya pula tingkat persaingan bisnis ritel yang dihadapi oleh Toko Alfamart Banowati.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atmosfer toko dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak100 responden dan teknik yang digunakan Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Data diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, UjiReliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2 ). Dari analisis regresi didapat persamaansebagai berikut :Y = 8,693 + 0,247 X1 + 0,210 X2 + eVariabel atmosfer toko memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap loyalitaskonsumen yaitu sebesar 0,247, dan variabel kepuasan konsumen memiliki pengaruh yangrendah sebesar 0,210. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keduavariabel independen yang diteliti terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadapvariabel dependen. Variabel atmosfer toko menghasilkan nilai thitung sebesar 2.545 > ttabel1.988 dan variabel kualitas pelayanan nilai thitung sebesar 2.393 >ttabel 1.988. Kemudian hasilanalisis menggunakan uji F yaitu nilai Fhitung 8,496 > Ftabel 3,09. Angka koefisien determinasi(R2 ) menunjukkan bahwa 14,9%. Sedangkan sisanya 85,1% dijelaskan oleh variabel lainyang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Analisis Produktivitas Tenaga Kerja, Pengembangan Pegawai, Dan Efisiensi Operasional Terhadap Nilai Perusahaan Taqwim Adinnur Alaiyanuha; Setia Iriyanto
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.276 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v17i1.6941

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Produktivitas Tenaga Kerja, Pengembangan Pegawai, Efisiensi Operasional terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman) yang terdaftar di BEI Periode 2015-2018. Nilai Perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Price to Earning , Produktivitas Tenaga Kerja dalam penelitian ini diukur menggunakan Penjualan dan Gaji Pegawai, Pengembangan Pegawai dalam penelitian ini diukur menggunakan Output dan Input. Efisiensi Operasionaldalam penelitian ini  diukur menggunakan BOPO. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018.Sampel dipilih dengan menggunakan metode perposive sampling. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : Produktivitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai thitung sebesar 3,188 > ttabel 2,03 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,004 = alpha 0,05 . Pengembangan Pegawai berpengaruhPositif terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai thitung 3,919 > ttabel 2,03 dan nilaiprobabilitas signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan Efisiensi Operasional berpengaruh positifterhadap profitabilitas dengan nilai thitung 8,765 > ttabel 2,03 dan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Produktivitas, Pengembangan Pegawai dan Efisiensi Operasional secara simultanberpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas dengan nilai Fhitung 31,293 >Ftabel 2,93 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05.
Leverage, Pertumbuhan Perusahaan dan Institusional Trust terhadap Ekpektasi Return Diah Ayu Fitriyani; Suwardi Suwardi
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.913 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v17i1.6937

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage, Pertumbuhan Perusahaan dan Institusional Trust terhadap Ekspetasi Return (Studi pada Perusahaan Pertambangan) yang terdaftar di BEI Periode 2015-2018.  Ekspetasi Return dalam penelitian ini diukur dengan Return on Assets (ROAt-1) Leverage dalam penelitian ini diukur menggunakan DER (Dept On Equity Ratio) Pertumbuhan Perusahaan dalam penelitian ini diukur menggunakan Pertumbuhan ROA.Institusional Trust dalam penelitian ini diukur menggunakan umur perusaahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI periode 20142018.Sampel dipilih dengan menggunakan metode perposive sampling.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Leverage berpengaruh negatif  tidak signifikan terhadap Ekspetasi Return dengan nilai thitung sebesar -3,215 > ttabel -1,67 dan nilaiprobabilitas signifikansi sebesar 0,002 = alpha 0,05 . Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Ekspetasi Return dengan nilai thitung -0,430 < ttabel -1,67 dannilai probabilitas signifikansi sebesar 0,669 > 0,05 dan Institusional Trust berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai thitung 0,303 < ttabel 1,67 dan nilai tidaksignifikansi 0,763 < 0,05. Leverage, Pertumbuhan Perusahaan dan Institusional Trust secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas dengan nilai Fhitung 3,732 >Ftabel 2,78 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,017 < 0,05.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Net Interest Margin (Nim) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016 Deny Asna Widyanto; R. Ery Wibowo Agung Santosa
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.653 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v17i1.6942

Abstract

Tujuan penelitian antara lain untuk menguji pengaruh likuditas,modal, efisiensi, ukuran bank dan  Non Performing Loan (NPL) terhadap Net Interest Margin baik secara parsial dan simultan atau bersama-sama pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016. Berdasarkan hal tersebut, maka judul penelitian ini adalah “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Net Interest Margin (NIM) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016”.  Populasi dalam penelitian ini semua perusahaan perbankan (Bank Umum) yang tercatat (Go  Public)  di  Bursa  Efek  Indonesia  (BEI) periode 2012-2016 yang berjumlah 33 bank. Metode pengambilan  dengan  metode  judgment  sampling,  yaitu  salah  satu  bentuk  purposive  sampling  dengan mengambil  sampel  yang  telah  ditentukan  sebelumnya berdasarkan  maksud  dan  tujuan penelitian sehingga diperoleh sampel 25 perusahaan. Data  yang digunakan data sekunder  dengan analisa data menggunakan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap NIM.EA tidak berpengaruh signifikan terhadap NIM. BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap NIM.Ukuran bank tidak berpengaruh signifikan terhadap NIM. NPL berpengaruh signifikan terhadap NIM.Likuiditas, Modal Efisiensi, Ukuran Perusahaan danNon-Performing Loan mempunyai pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap NetInterest Margin (NIM)
Strategi Pemasaran melalui Analisis SWOT pada Azana Hotels & Resort Management di Surakarta Desi Giandini Kurniasari; Triyono Triyono
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.077 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v17i1.6938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Strategi Promosi (X1), Kualitas Produk (X2) dan Kualitas Layanan (X3) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Studi Kasus Pada SCO BRI Life Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.Dalam penelitian ini, metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode Non Probability Sample yaitu Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Promosi (X1), Kualitas Produk (X2) dan Kualitas Layanan (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada BRI Life SCO Semarang. Berdasarkan hasil output besarnya R Square sebesar 0,134. Hal ini berarti bahwa secara bersama-sama antara Strategi Promosi (X1), Kualitas Produk (X2) dan Kualitas Layanan (X3) mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 13.40% selebihnya sebesar86.60% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.
PENGARUH MOTIVASI KERJA, BUADAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TEHADAP KEPUASAN KARYAWAN Akhmad Nurrofi
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.206 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v17i1.6943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi dan Kompensasi Terhadap Kepuasan kerja. Pengumpulan data dilakukan melaluipenyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 83 Karyawan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 21.Teknik sampling yang dipakai adalah metode sensus dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitasdengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda, untuk mengujidan membuktikan hipotesis penelitian.Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan pertama yaitu Y  = 0,185 X1 +0,565X2 + 0,439.X3, yang artinya variabel Motivasi, Budaya Organisasi dan Kompensasi berpengaruh positif  sognifikan dengan nilai probabilitas signifikansi dibawah 5%(alpha:5%) terhadap variabel Kepuasan kerja. Dan yang paling berpegaruh adalah variabelBudaya Organisasi, karena Karyawan dalam bekerja tidak menyukai kebijakan, peraturanserta tata tertib berganti-ganti dengan begitu budaya organisasi yang ada tidak diubah-ubah..

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 2 (2024): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 20, No 1 (2024): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 19, No 2 (2023): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 19, No 1 (2023): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 1 (2022): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 18, No 1 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 2 (2021): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 17, No 2 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 1 (2020): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 16, No 1 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 2 (2019): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 2 (2019): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 1 (2019): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 1 (2019): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 14, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 14, No 1 (2018): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 2 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 1 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 2 (2016): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2016): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2015): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 11, No 2 (2015): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2015): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 11, No 1 (2015): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 11, No 1 (2015): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 9, No 2 (2013): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 1 (2012): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 8, No 2 (2012): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 8, No 1 (2011): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 2 (2011): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 1 (2010): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 2 (2010): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 1 (2009): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2009): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 5, No 1 (2008): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 4, No 2 (2008): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 1 (2007): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 2 (2007): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 1 (2006): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 2 (2006): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 1 (2005): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis More Issue