cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Syntax Jurnal Informatika
ISSN : 2302156X     EISSN : 25415344     DOI : -
Core Subject : Science,
Syntax Jurnal Informatika berfokus pada Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Perancangan Basis Data, Data Mining, Teknologi Web Services, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Computer Vision, Embedded System, Robotika, Sistem Pakar, Machine Learning, E-Commerce, Digital dan Network Security, Neuro Fuzzy, E-Goverment, Bioinformatika, Sistem Informasi Geografis, Applikasi Mobile, Teknologi Games, Jaringan Komputer, Cloud Computing
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2: SYNTAX Jurnal Informatika" : 6 Documents clear
Perbandingan Kinerja Virtualization Server Menggunakan VMware ESXi4.1.0 dengan Non-Virtualization Server Martua Hami Siregar
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 5 No 2: SYNTAX Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.856 KB) | DOI: 10.35706/syji.v5i2.708

Abstract

Implementasi software virtualization pada blade server padaperusahaan di Indonesia mulai marak, ini terjadi karena perkembangan teknologikomputer untuk server saat ini sudah dilengkapi feature yang mendukungvirtualization. Pada akhir tahun 2011 PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.mengimplementasikan hampir seluruh native server yang ada kedalamvirtualization server menggunakan VMware ESXi 4.1.0 pada Blade Server.Dalam penelitian ini, eksperimen dilakukan untuk mencari tahu sejauh manaperbandingan kinerja server virtual dengan native server dengan beban kerjaserver disesuaikan dengan beban kerja server yang riil. Beban kerja server yangdilibatkan dalam eksperimen ini terdiri dari tiga database Server Ticketing yaituServer Ticketing PGU, Dufan dan Rombongan, ketiga server ini merupakanserver utama dan critical yang ada di Ancol. Eksperimen yang dilaksanakanpada penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan server virtual dengan bebankerja disesuaikan dengan Server Ticketing Ancol memberikan kinerja hampirsama jika dibandingkan dengan kinerja pada native server. Hal ini menunjukkanbahwa penggunaan virtualization di dalam suatu organisasi dengan beban kerjatertentu dapat diterima oleh pengguna.
Deteksi Kesalahan Eksekusi Perangkat Lunak Berbasis Sistem Operasi Windows dengan Metode knowledge Acquisition Ade Andri Hendriadi; Septian Maulana
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 5 No 2: SYNTAX Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.618 KB) | DOI: 10.35706/syji.v5i2.703

Abstract

Penelitian ini berfokus pada software yang berjalan di OperatingSystem Windows. Sistem pakar yang di rancang bersifat umum dan bebasdigunakan oleh masyarakat luas, tujuan dari sistem pakar ini yaitu membantupengguna computer (users) dalam mengatasi permasalahan software. Penelitianini di rancang dengan menggunakan metodologi penelitian ESDLC, metodependukung Knowledge Acquisition, metode inferensi Forward Chaining dan implementasi berbasis web pakar software, penggunaan metode ForwardChaining dapat mewakili representasi dalam penyajian data dari segi alur untukmerelasikan antara troubleshooting dan cases. Forward Chaining memberikanhasil yang cukup baik dari segi penyajian data yang bersifat data driven, telahdilakukan evaluasi user dari segi user interface dan user experience yangmenghasilkan 28.48% responden memberikan penilaian kategori sangat baik,44.24% responden memberikan penilaian ketegori baik, 23.03% respondenmemberikan penilaian ketegori cukup dan 4.24% responden memberikan nilaikurang terhadap aplikasi yang dikembangkan dan telah dilakukan evaluasi userdari segi kelengkapan informasi dan penyelesaian masalah yang menghasilkan27.5% responden memberikan penilaian kategori sangat baik, 40% respondenmemberikan penilaian ketegori baik, 25.83% responden memberikan penilaianketegori cukup, 5.83% responden memberikan nilai kurang dan 0.83%responden memberikan nilai sangat kurang terhadap aplikasi yangdikembangkan.
Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Komputer Berbasis Magicbook Augmented Reality Aries Suharso; Angga Adhi Pramana
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 5 No 2: SYNTAX Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.375 KB) | DOI: 10.35706/syji.v5i2.704

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang kurangnyasiswa dalam pengertian atau pemahaman tentang perangkat keras jaringankomputer di SMK ROSMA Karawang, hal ini terjadi karena metodepembelajaran tentang perangkat keras jaringan komputer yang ada saat ini masihbersifat fisik. Akibatnya siswa masih saja kesulitan mengerti akan fungsi –fungsi dari perangkat keras jaringan komputer. Oleh karena itu siswa harusdiberikan metode pembelajaran yang baru agar siswa dapat memahami tentangperangkat – perangkat jaringan komputer dengan meninggalkan prosespembelajaran fisik. Maka tujuan penelitian ini adalah menerapkan teknologiaugmented reality dalam proses pembelajaran tentang perangkat keras jaringankomputer agar siswa mampu mengerti akan fungsi – fungsi dari setiap perangkatkeras jaringan komputer. Tahapan penelitian ini menggunakan metode yangdikemukakan oleh Luther, yang mencangkup concept, design, materialcollecting, assembly, testing dan distribution. Aplikasi berbasis augmentedreality yang dikembangkan pada penelitian ini ditunjukan kepada siswa. Aplikasiyang dikembangkan berjalan pada pada PC/Laptop. Tools yang digunakan dalamproses pembuatan objek 3D perangkat keras jaringan komputer yaitu Blender3Ddan proses pembuatan aplikasi augmented reality ini menggunakan aplikasiOpenSpace3D. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi pengenalan perangkat kerasjaringan komputer yang memanfaatkan teknologi augmented reality. Denganmenggunakan magicbook sebagai marker, aplikasi ini dapat menampilkan objek3D tentang perangkat keras jaringan komputer. Berdasarkan hasil tabelrekapitulasi rata – rata skor yang didapat setelah dilakukan perhitungan kuisionerdengan nilai 175.5, angka tersebut berada pada skala 142.8 – 176.3 yang berartidinilai baik oleh siswa yang menjadi responden.
Optimasi Fuzzy C-Means Clustering Untuk Data Besar dengan Pemrograman R Budi Arif Dermawan; Taufik Djatna
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 5 No 2: SYNTAX Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.763 KB) | DOI: 10.35706/syji.v5i2.706

Abstract

Penangkapan Abalone secara terus menerus untuk tujuan konsumsidapat menyebabkan kepunahan dari spesies ini tanpa diiringi denganpembudidayaan kembali. Maka dari itu dinilai penting untuk mengelompokanAbalone ke dalam kategori muda/benih, dewasa, dan indukan untuk tujuankonservasi. Analisis cluster diperlukan agar dapat mengelompokan data denganbaik. Analisis cluster merupakan sebuah alat yang bertujuan untuk memisahkandataset kedalam subset menurut persamaan dan dissimilarities data. Penelitianini menggunakan Relief untuk melakukan reduksi terhadap variabel denganfungsi attrEval dan FCM yang bertujuan untuk mengelompokan data kedalambeberapa cluster dengan fungsi cmeans. Hasil dari penelitian ini menunjukkancluster yang terbentuk dengan menggunakan algoritma Relief dan FCMmenunjukkan hasil cluster yang lebih optimal dibandingkan hanya menggunakanalgoritma K-Means. Cluster pada data Abalone dapat memberikan pengetahuankepada nelayan pencari Abalone untuk memperhatikan keberlangsungan sikluskehidupan untuk spesies ini dengan tidak menangkap Abalone secarasembarangan.
Perancangan Animasi Interaktif Pengetahuan Dasar Bahaya Narkoba Enuk Tuti Alawiah
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 5 No 2: SYNTAX Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.466 KB) | DOI: 10.35706/syji.v5i2.707

Abstract

Interactive learning media is one of the popular methods that are used today.Interactive animations easier for students in the learning process so that it can absorbknowledge better. The design of interactive animations have basic knowledge of thedangers of drugs meant for the primary school level students to more easily understandthe basic knowledge of the dangers of drugs to health, to determine the shape and typeof drug and its effects on human health. The development method used is the waterfallmodel (Rosa Shalahudin 2014: 28). Results from this study is the design of interactiveanimation is easier for users to know and knowing the types of narcotics andpsychotropic substances, and know the dangers inherent in it. Results from testing of theuser is that students can better understand the material provided by the method oflearning interesting and interactive.
Implementasi Nose Removal Menggunakan Wiener Filter untuk Perbaikan Citra Digital Nono Heryana; Rini Mayasari
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 5 No 2: SYNTAX Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.748 KB) | DOI: 10.35706/syji.v5i2.709

Abstract

Kualitas citra yang dihasilkan dari perangkat digital bisa saja memilikikualitas yang kurang baik, bisa saja citra yang dihasilkan untukmendokumentasikan momen-momen tertentu menghasilkan citra yang memilikinoise, blur atau kualitas pencahayaan yang kurang baik dari citra tersebut. Salahsatu metode yang bisa digunakan dalam melakukan perbaikan citra adalahWiener Filter, metode ini meminimalkan Mean Square Error untuk keseluruhanproses invert filter dan smoothing noise. Hasil yang di dapatkan dari penelitianini adalah metode Wiener Filter optimal dalam melakukan perbaikan citra,terutama citra yang memiliki Gaussian Noise, sehingga citra asal yang memilikiGaussian noise ketika di proses menggunakan metode Wiener Filter akanmengalami peningkatan kualitas citra.

Page 1 of 1 | Total Record : 6