cover
Contact Name
Evi Juita Wailan' An
Contact Email
evijuita.wailanan@mikroskil.ac.id
Phone
081396574014
Journal Mail Official
business.vdean.rncs@mikroskil.ac.id
Editorial Address
Jl. Thamrin No. 124 Medan 20212 Gedung A. Lantai 2.
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil
Published by Universitas Mikroskil
ISSN : 20889607     EISSN : 26226421     DOI : https://dx.doi.org/10.55601/jwem
Core Subject : Economy,
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM) merupakan salah satu publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil Medan, diharapkan dapat menjadi media dalam menuangkan ide dan pemikiran dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Kewirausahaan. JWEM Terbit 2 kali dalam setahun yaitu Edisi April dan Edisi Oktober.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022" : 8 Documents clear
Pengaruh Kompetensi, Semangat Kerja dan Tim Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai Slamet Riyanto; David Catur Anto
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.895

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh kompetensi kerja, semangat kerja dan tim kerja terhadap motivasi kerja dan kinerja pegawai. Penelitian ini bersifat penelitian penjelasan (explanatory research) dengan populasi jumlah pegawai di Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur di Surabaya, yaitu sebanyak 172 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 63 orang, dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, semangat kerja  dan tim kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja pegawai dan kinerja pegawai yang ada di Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur di Surabaya.
Analisis Efektivitas Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Sikab Kecamatan Barusjahe Vionita Primsa Br Barus; Mbayak Ginting
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.909

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis efektivitas pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan ADD dengan lokasi studi di Desa Sikab Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo. Efektivitas ditinjau dari aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, dan aspek pertanggungjawaban dan perihal faktor penghambat di bidang pengelolaannya. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer (langsung dari narasumber) dan data sekunder dengan objek penelitian adalah masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan aparatur pemerintahan Desa Sikab. Metode analisis data pada penelitian menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga tahapan dalam pengalokasian ADD Desa Sikab, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban. Prosedur yang wajib dilakukan sudah dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah desa, BPD dan masyarakat serta hasilnya tepat guna, namun permasalahan yang terjadi adalah penyusunan laporan pertanggungjawaban yang terlambat sehingga mengakibatkan tingkat efektivitas ADD di Desa Sikab belum dikatakan efektif. Faktor yang menjadi penghambat dalam efektivitas alokasi dana desa di Desa Sikab yaitu keterlambatan pencairan dana dari pemerintah daerah karena keterlambatan penyelesaian laporan pertanggungjawaban dari pemerintah desa. Secara umum, sasaran peluncuran ADD belum sepenuhnya mencapai tujuannya, seperti terwujud dengan baik desa yang maju, mandiri, dan sejahtera tanpa harus kehilangan jati diri sesuai amanat Undang-Undang No. 6 Thn 2014. Masih diperlukan penelitian yang lebih luas dan mendalam agar diketahui faktor-faktor penyebab belum sepenuhnya tercapai tujuan ADD. Bagi pemerintah Desa Sikab disarankan menjalankan program dan pelaporan lebih cepat sehingga pencairan dana juga tepat waktu.
Pengukuran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembuatan Paspor Pioner Pelawi; Nasrul Efendi; Sugianta Ovinus Ginting
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.888

Abstract

The focus of the study aims to determine and analyze the ability of service quality to affect the satisfaction of passport making at the Class I Immigration Office Polonia Medan. The population in this study is people who make passports, both for new applications and extensions, the number of which is not known with certainty. The formula used in determining the number of samples refers to the Lameshow formula so that a total sample of 96 respondents is obtained. The sampling technique used is non-probability sampling with an accidental approach. Testing data used include simple linear regression analysis, t test and coefficient of determination (R²). The results showed that the quality of service affects the satisfaction of making passports at the Immigration Office Class I TPI Polonia Medan with a coefficient of determination (R²) of 0.374 which means that service quality ability is only able to explain variations in the formation of passport making satisfaction of 37.4% while the remaining 62 ,6% was formed by other variables not examined. Suggestions for the continuation of research that aims to determine other variables that play a role in realizing satisfaction in making passports should be expanded by adding other variables such as facilities.
Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa GO-JEK pada Saat COVID-19 di Medan Selly Juliani; Hanny Siagian; Pioner Pelawi
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.906

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of service quality, brand image, and price on interest in buying GO-JEK services during COVID-19 in Medan. The type of this research used in this study was quantitative research with descriptive approach. The population in this study was the community in Medan amounted 98 respondents. The sampling technique was using a saturated sample and the number of samples in this study amounted 98 respondents. The method of data analysis used multiple linear regression analysis. The results showed that service quality and price variables have a positive and significant effect on interest in buying GO-JEK services during COVID-19 in Medan, while brand image variable has no effect on interest in buying GO-JEK services during COVID-19 in Medan. However, simultaneously variables, service quality, brand image, and price have a significant effect on interest in buying GO-JEK services during COVID-19 in Medan. The result of the coefficient of determination is 80,2%, this shows that the variables consisting of service quality, brand image, and price affect the interest in buying variables. While the remaining 19,8% is explained by other variables not explained in this study.
Etika Bisnis, Corporate Governance, dan Stakeholder Ilham Maulana; Bambang Haryadi
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.882

Abstract

Menjalankan bisnis dengan etika bisnis adalah sebuah keharusan bagi semua bisnis dan perusahaan. Dengan menjalankan etika bisnis, perusahaan dapat menghindari masalah-masalah yang dapat membahayakan perusahaan di kemudian hari. Selain itu etika bisnis bisa membatu hubungan antara perusahaan dengan para stakeholder-nya, yang mana jika perusahaan dijalankan dengan penuh tanggung jawab nilai perusahaan akan meningkat di mata para stakeholder. Hal tersebut adalah sebuah keharusan karena bisnis kita tidak boleh hanya melihat keuntungan saja, apalagi dalam prosesnya perusahaan merugikan pihak lain yang memiliki hubungan langsung ataupun tidak langsung dengan perusahaan. Penelitian ini menggunakan kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai referensi seperti buku, artikel jurnal dan bacaan yang kemudian dianalisis tentang hubungan etika bisnis, corporate governance dan stakeholder. Dengan artikel ini saya ingin menunjukkan bahwa etika bisnis adalah sebuah keharusan dan salah satu cara yang dapat dilakukan agar perusahaan menjalankan etika bisnis adalah dengan menggunakan corporate governance sebagai pengawas. Peran corporate governance tidak hanya sebagai pengawas dan pengendali perusahaan yang mengawasi kinerja perusahaan, tetapi corporate governance juga mengawasi agar perusahaan melakukan bisnisnya dengan etika.
Analisis Experiental Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Repurchase Intention pada Penumpang Maskapai Penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi Ari Prabowo; Eka Purnama Sari
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh experiental marketing dan electronics word of mouth terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan yang jumlahnya tidak dapat ditentukan/ atau tidak terbatas. Metode penarikan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling memberikan kueisoner secara langsung atau kebetulan bertemu kepada para responden yang dikatakan sesuai dan layak dengan penelitian yang ada. Dengan rumus Zikmund sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Experiental marketing memiliki pengaruh terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi, (2) Electronics word of mouth memiliki pengaruh terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi, (3) Experiental marketing dan electronics word of mouth memiliki pengaruh terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,781 (78,1%). Hal ini menunjukkan bahwa variabel experiental marketing dan electronic word of mouth mampu menjelaskan repurchase intention sebesar 78,1%, sedangkan sisanya sebesar 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Komisaris Independen sebagai Pemoderasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient Syafira Ulya Firza; Suriani Ginting
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.884

Abstract

This research aims to examine and analyze the factors that can affect the Earnings Response Coefficient and how the role of the Independent Commissioner in moderating the relationship between these factors and the Earnings Response Coefficient. The object of this research was on companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the 2019-2021 period. The population in this study amounted to 783 companies. The sampling method used was the purposive sampling method and obtained a sample of 244 companies with a total of 732 observations. The data analysis method used was Partial Least Square with a two-stage approach model using the SmartPLS 3 statistical software tool. The results showed that the variable Disclosure of Corporate Social Responsibility, Earnings Management, Growth Opportunities, Default Risk, and Profitability has no significant effect on the Earnings Response Coefficient of companies listed on the Indonesia Stock Exchange for 2019-2021 period. In addition, the moderation test shows that the Independent Commissioner can't moderate the relationship between Disclosure of Corporate Social Responsibility, Earnings Management, Growth Opportunities, Default Risk, and Profitability with Earnings Response Coefficient in companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2021 period.
Pengaruh Religiusitas dan Love of Money Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM dengan Sanksi Pajak sebagai Variabel Moderasi Oza Aidha Putri; Linda Hetri Suriyanti; Adriyanti Agustina Putri
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022
Publisher : Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55601/jwem.v12i2.912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas dan love of money terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan sanksi pajak sebagai variabel moderasi yang terdaftar di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner (angket) kepada wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan sebanyak 100 wajib pajak UMKM yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode Slovin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi moderasi (Moderated Regression Analysis) MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan love of money berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan, sanksi pajak dapat memoderasi pengaruh religiusitas dan love of money terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Volume 15 Nomor 2 Edisi Oktober 2025 Vol. 15 No. 1 (2025): Volume 15 Nomor 1 Edisi April 2025 Vol. 14 No. 2 (2024): Volume 14 Nomor 2 Edisi Oktober 2024 Vol. 14 No. 1 (2024): Volume 14 Nomor 1 Edisi April 2024 Vol 13, No 2 (2023): Volume 13 Nomor 2 Edisi Oktober 2023 Vol 13, No 1 (2023): Volume 13 Nomor 1 Edisi April 2023 Vol 12, No 2 (2022): Volume 12 Nomor 2 Edisi Oktober 2022 Vol 12, No 1 (2022): Volume 12 Nomor 1 Edisi April 2022 Vol 11, No 2 (2021): Volume 11 Nomor 2 Edisi Oktober 2021 Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 Edisi April 2021 Vol 10, No 2 (2020): Volume 10 Nomor 2 Edisi Oktober 2020 Vol 10, No 1 (2020): Volume 10 Nomor 1 Edisi April 2020 Vol 9, No 2 (2019): Volume 9 Nomor 2 Edisi Oktober 2019 Vol 9, No 1 (2019): Volume 9 Nomor 1 Edisi April 2019 Vol 8, No 2 (2018): Volume 8 Nomor 2 Edisi Oktober 2018 Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomor 1 Edisi April 2018 Vol 7, No 2 (2017): Volume 7 Nomor 2 Tahun 2017 Vol 7, No 1 (2017): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2016): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2016 Vol 6, No 1 (2016): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2016 Vol 5, No 2 (2015): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2015 Vol 5, No 1 (2015): Volume 5 Nomor 1 Tahun 2015 Vol 4, No 2 (2014): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2014 Vol 4, No 1 (2014): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2014 Vol 3, No 2 (2013): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2013 Vol 3, No 1 (2013): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2013 Vol 2, No 2 (2012): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2012 Vol 2, No 1 (2012): Volume 2 Nomor 1 Tahun 2012 Vol 1, No 2 (2011): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2011 Vol 1, No 1 (2011): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2011 More Issue