cover
Contact Name
Herlina Siwi Widiana
Contact Email
humanitas@psy.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
humanitas@psy.uad.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Humanitas: Indonesian Psychological Journal
ISSN : 16937236     EISSN : 25986368     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal peer-review.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1: Januari 2005" : 7 Documents clear
KEMATIAN AKIBAT BENCANA DAN PENGARUHNYA PADA KONDISI PSIKOLOGIS SURVIVOR : TINJAUAN TENTANG ARTI PENTING DEATH EDUCATION Astuti, Yulianti Dwi
HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 2, No 1: Januari 2005
Publisher : HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.971 KB)

Abstract

AbstrakBerbagai macam bencana menimbulkan stres psikologis, tetapi stres akan meningkatapabila banyak orang terbunuh. Reaksi terhadap bencana untuk masing-masing individuberbeda-beda, tetapi reaksi terhadap kerusakan dapat berupa shock, rasa takut, sedih, danmarah, yang dapat mengarah terhadap pemungkiran peristiwa kerusakan yang telah terjadi.Kematian adalah bagian dari kehidupan, yang tiap-tiap individu baik anak maupun orangdewasa harus terbiasa dan memahaminya. Walaupun demikian, sebagaimana pendidikanseks, pengenalan terhadap topik kematian di sekolah dan perguruan tinggi kadang-kadangmengalami perlawanan karena kemungkinan efek kerusakan yang muncul,  baik dari segibacaan, diskusi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan topik iniKata kunci: pendidikan tentang kematian, kerusakan, perguruan tinggi, sekolah
PROMOTING CHILDREN’S PARTICIPATION IN EXPERIMENTAL RESEARCH: REFLECTION OF A PAST STUDY Minza, Wenty Marina
HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 2, No 1: Januari 2005
Publisher : HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.334 KB)

Abstract

AbstrakTulisan ini merupakan refleksi dari penelitian eksperimen yang telah dilakukan olehpenulis sebelumnya. Penelitian eksperimen seringkali tidak mengindahkan partisipasi anak,meskipun hal ini bertentangan dengan prinsip CRC (Convention on the Rights of the Child).Refleksi terhadap penelitian eksperimen yang telah dilakukan oleh penulis ini akan mencobamelihat celah-celah dalam penelitian eksperimen yang dapat diperbaiki, sehingga membukapeluang bagi peningkatan partisipasi anak dalam proses penelitian metode eksperimental.
GARIS BESAR PSIKOLOGI TRANSPERSONAL: PANDANGAN TENTANG MANUSIA DAN METODE PENGGALIAN TRANSPERSONAL SERTA APLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN Mujidin, Mujidin
HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 2, No 1: Januari 2005
Publisher : HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.233 KB)

Abstract

AbstrakPsikologi Transpersonal merupakan aliran baru dalam Psikologi. PsiklogiTranspersonal  mendeklarasikan diri sebagai Madzhab Ke Empat  Psikologi. Psikologitranspersonal, yang sekarang diperkenalkan sebagai madzhab keempat dalam lapanganpsikologi, memulai khususnya ditingkat universitas, juga menjalar di dunia pendidikan. Tahun1969, jurnal Psikologi transpersonal diterbitkan. Tahun 1973, perkumpulan psikologitranspersonal pertama mengadakan konsferensi di Meulo Park, California. Pada tahun yangsama juga diadakan konsferensi psikologi transpersonal dan pendidikan, di universitasNortherm, Illionis, banyak para pendidik tertarik tentang psikologi transpersonal yang berasaldari berbagai negara.Konsep utama manusia menurut Psikologi Transpersonal, bahwa manusia tidak hanyamempunyai kesadaran psiko-fisis, psko-kognitif atau psikohumanistik, namun juga manusiamempunyai kesadaran yang terdalam dan tinggi sifatnya.Sedangkan metode  psikologi transpersonal, oleh karena berbeda sama sekali denganmetode pada aliran psikologi yang sudah kita kenal sekalam ini. Metode itu antara lain Zen,semedi,    Psikosintesis, Yoga, sufisme, dan Budisme, ZenKata kunci: psikologi transpersonal, kesadaran, emosi
PENGARUH KEBUTUHAN KOMUNIKASI ANAK KOS DENGAN PEMILIK KOS, WARGA MASYARAKAT DAN KELUARGA TERHADAP SIKAP SOSIAL Budi A, Siti Hafsah
HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 2, No 1: Januari 2005
Publisher : HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.558 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan komunikasi anak dengan pemilik kos warga masyarakat dan keluarga terhadap sikap sosial. Subjek penelit94 siswa kelas 2 SMA PIRI I Yogyakarta  yang bertempat tinggal di tempat kos apondokan. Alat ukur yang digunakan adalah skala kebutuhan komunikasi dan skala siksosial. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi ganda dua prediktor, tehnik univadan korelasi jenjang pertama. Hasil uji regresi ganda pengaruh kebutuhan komunikasi anak kos dengan pemilik warga masyarakat dan keluarga terhadap sikap sosial menunjukan adanya pengaruh ysignifikan (R2) adalah 0,258.Kata kunci: kebutuhan komunikasi, sikap sosial.
VALIDITAS KONSTRUK SKALA AFEK Diponegoro, Ahmad Muhammad
HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 2, No 1: Januari 2005
Publisher : HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.295 KB)

Abstract

AbstrakStudi validitas konstruk dengan menggunakan factor analisis terhadap variable-variabelpsikologis merupakan fokus penelitian yang penting dalam penelitian aspek-aspek dari berbagaivariable dependen maupun independen, tetapi validitas konstruk yang berkaitan dengan budayadpertanyakan. Tujuan studi ini adalah untuk mengembangkan suatu kuesenair dengan ujipsikometrik untuk mengevaluasi afek remaja. Pengembangan psikometrik afek untuk remajadi smu disajikan.Alat ukur ini menggambarkan jawaban subjektif  responden thd afek remajaberkenaan dengan domain tertentu dalam kehidupan. Item penelitian berjumah 27 dengansubjek sejumlah 313 siswa dengan rentang umur 14-20 tahun. Faktor analisis menghasilkansatu faktor dari dua faktor yang ada. Kesimpulan dari kuesenair yang berhasil dikumpulkanmenunjukkan tingkat umum afek terhadap kehidupan mereka.Kata kunci : afek, validitas konstruk, analisis faktor
PERAN AKHLAK TERHADAP KEBAHAGIAAN REMAJA ISLAM Ahmad Muhammad Diponegoro, Marcham Darokah
HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 2, No 1: Januari 2005
Publisher : HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.523 KB)

Abstract

AbstrakSalah satu bidang psikologi positif adalah menganalisa kebahagiaan, yaitu evaluasikognitif dan afektif terhadap kehidupan. Kemajuan telah dibuat dalam memahami komponenkebahagiaan, pentingnya adaptasi dan tujuan, serta rasa sejahtera, yang dapat diatur olehajaran agama. Dalam penelitian ini adalah Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat hubungan positif antara pelajaran agama Islam dan akhlak terhadap kebahagiaan(r = 0,495).Kata kunci: kebahagiaan, kesejahteraan subjektif, afek, kepuasan hidup
PERBEDAAN SOSIALISASI ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DAN KELAS REGULER DALAM LINGKUNGAN PERGAULAN DI SEKOLAH Herlina Siwi Widiana, Diah Sekar Ayu Asmadi Alsa
HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 2, No 1: Januari 2005
Publisher : HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.641 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan sosialisasiantara siswa kelas akselerasi dan kelas regular. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa darikelas akselerasi dan 18 siswa dari kelas regular di Sekolah Menengah Pertama MuhammadiyahII Yogyakarta. Subjek dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompokkontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimental  The Pretest-posttest ControlGroup Design, yaitu desain eksperimen yang dilakukan dengan jalan melakukan pengukuranatau observasi awal sebelum perlakuan diberikan (pretest ) dan setelah perlakuan ( posttest)pada kelompok eksperimen (siswa kelas akselerasi) dan kelompok kontrol (siswa kelas regular).Pada penelitian ini analisis data yang dilakukan berdasarkan gained score,  hal tersebutdilakukan dengan asumsi bahwa penelitian ini dilakukan pada dua kelompok yang memilikikondisi awal yang berbeda.Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan ditolak,yakni tidak ada perbedaan sosialisasi antara siswa kelas akselerasi dan regular. (t = 0,594,p >0,05)Kata kunci : sosialisasi, kelas akselerasi, kelas regular

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2005 2005


Filter By Issues
All Issue Volume 18 (2) August 2021 Volume 18 (1) February 2021 Vol 17, Number 2: August 2020 Vol 17, Number 1: February 2020 Vol 16, No 1 (2019): February 2019 Vol 16, Number 2: August 2019 Vol 15, No 2: August 2018 Vol 15, No 2: August 2018 Vol 15, No 1: February 2018 Vol 15, No 1: February 2018 Vol 14, No 2: August 2017 Vol 14, No 2: August 2017 Vol 14, No 1: February 2017 Vol 14, No 1: February 2017 Vol 13, No 2: Vol. 13 No. 2 Agustus 2016 Vol 13, No 2: Vol. 13 No. 2 Agustus 2016 Vol 13, No 1: Vol. 13 No. 1 Februari 2016 Vol 13, No 1: Vol. 13 No. 1 Februari 2016 Vol 12, No 2: Vol.12 No.2 Agustus 2015 Vol 12, No 2: Vol.12 No.2 Agustus 2015 Vol 12, No 1: Vol 12 No 1 Feb 2015 Vol 12, No 1: Vol 12 No 1 Feb 2015 Vol 11, No 2: Agustus 2014 Vol 11, No 2: Agustus 2014 Vol 11, No 1: Januari 2014 Vol 11, No 1: Januari 2014 Vol 10, No 1 (2013): Vol X, No 1: Januari 2013 Vol 10, No 2: Agustus 2013 Vol 10, No 2: Agustus 2013 Vol 10, No 1: Januari 2013 Vol 10, No 1: Januari 2013 Vol 9, No 2 (2012): Vol IX, No: 2 Agustus 2012 Vol 9, No 2: Agustus 2012 Vol 9, No 2: Agustus 2012 Vol 9, No 1: Januari 2012 Vol 9, No 1: Januari 2012 Vol 8, No 2: Agustus 2011 Vol 8, No 2: Agustus 2011 Vol 8, No 1: Januari 2011 Vol 8, No 1: Januari 2011 Vol 7, No 2: Agustus 2010 Vol 7, No 1: Januari 2010 Vol 6, No 2: Agustus 2009 Vol 6, No 1 (2009): Januari Vol 5, No 2: Agustus 2008 Vol 5, No 1: Januari 2008 Vol 4, No 2 (2007): Vol 4 No 2 Agustus 2007 Vol 4, No 1 (2007): Vol 4 No 1 Januari 2007 Vol 3, No 2 (2006): Vol 3 No 2 Agustus 2006 Vol 3, No 1 (2006): Vol 3 No 1 Januari 2006 Vol 3, No 1: Januari 2006 Vol 3, No 1: Januari 2006 Vol 2, No 2 (2005): Vol 2 No 2 Agustus 2005 Vol 2, No 1 (2005): Vol 2 No 1 Januari 2005 Vol 2, No 2: Agustus 2005 Vol 2, No 2: Agustus 2005 Vol 2, No 1: Januari 2005 Vol 2, No 1: Januari 2005 Vol 1, No 2 (2004): Vol 1 No 2 Agustus 2004 Vol 1, No 1 (2004): Vol 1 No 1 Januari 2004 Vol 1, No 2: Agustus 2004 Vol 1, No 2: Agustus 2004 Vol 1, No 1: Januari 2004 More Issue