cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
ISSN : 2088687X     EISSN : 26567040     DOI : 10.12928
Core Subject : Education,
Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1: June 2019" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Putu Evi Paramithasari Wardana
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan Vol 9, No 1: June 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/admathedu.v9i1.13763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran IKRAR berorientasi pendidikan karakter serta mendeskripsikan kualitasnya dari segi validitas, kepraktisan dan efektifitasnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan sikap kerja keras. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dengan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Denpasar tahun ajaran 2018/2019. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku petunjuk guru. Buku siswa yang dimaksud adalah buku matematika yang membahas materi pola bilangan. Penyajian materi disesuaikan dengan langkah-langkah model pembelajaran IKRAR yaitu Inisiasi, Konstruksi-rekonstruksi, Aplikasi, dan Refleksi. Buku petunjuk guru mempunyai komponen-komponen berupa petunjuk penggunaan buku, persiapan mengajar, dan sajian bahan ajar. Data validitas perangkat didasarkan pada pendapat pakar menggunakan lembar validasi perangkat. Data kepraktisan perangkat didasarkan pada data keterlaksanaan perangkat pembelajaran, respon siswa, dan respon guru. Sedangkan data keefektifan perangkat pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang diharapkan. Hasil dari penelitian menggunakan perangkat pembelajaran tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan. Karakteristik pada buku siswa antara lain: (1) pada setiap pokok bahasan mengedepankan adanya pembelajaran konstruktivis yang didasarkan atas langkah-langkah IKRAR yaitu inisiasi, konstruksi-rekontsruksi, aplikasi, dan refleksi, (2) pada buku siswa ini, memuat pertanyaan-pertanyaan efektif yang dapat membantu siswa dalam proses pemecahan masalah matematika, (3) pada setiap tahapan pembelajaran menekankan pada karakter kerja keras. Sedangkan buku petunjuk guru memiliki karakteristik: (1) pada setiap pokok bahasan memuat instruksi langkah-langkah pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran, (2) pada buku ini, memuat alternatif-alternatif tindakan serta dilengkapi alternatif penyelesaian.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Ratu Sarah Fauziah Iskandar; Duwi Hastuti; Siti Kurniati
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan Vol 9, No 1: June 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.076 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v9i1.14385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Mathematical Habits of Mind (MHM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tahap Polya adalah: (1) Mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah (2) Menyederhanakan masalah, mampu membuat eksperimen dan simulasi, mampu mencari subtuju, dan mengurutkan informasi. (3) Mengartikan masalah dalam bentuk kalimat matematika, dan melaksanakan strategi selama proses dan penghitungan berlangsung. (4) Mengecek semua informasi dan penghitungan yang terlibat, mempertimbangkan solusi yang diperoleh logis, melihat alternatif penyelesaian yang lain, membaca pertanyaan kembali, dan bertanya kepada diri sendiri bahwa pertanyaan sudah terjawab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini responden dikelompokan menjadi dua, terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A dan VII B dengan masing-masing kelas 22 siswa. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran MHM berbasis kemampuan pemecahan masalah. Kelompok kedua adalah kelompok kontrol yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, hasil perhitungan diperoleh H0 ditolak. Sehingga diperoleh bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran MHM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.
DESAIN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA As Elly S; Elya Rosalina
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan Vol 9, No 1: June 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.183 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v9i1.13953

Abstract

Peringkat PISA matematika Indonesia terus menurun. Peringkat terendah diperoleh Indonesia pada tahun 2012, yaitu peringkat 64 dari 65 negara yang berpartisipasi dalam PISA matematika. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam hal literasi matematika masih rendah, termasuk kemampuan penalaran matematis. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis adalah melalui soal-soal matematika model PISA. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan soal PISA konten space and shape yang valid untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 4 Lubuklinggau kelas IX yang berumur maksimal 15 tahun. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap one-to-one. Dalam penelitian ini dihasilkan prototipe I soal PISA konten space and shape untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama.
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN Eka Hayu; Rossa Linna; Maimunah Maimunah; Yenita Roza
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan Vol 9, No 1: June 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.266 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v9i1.13955

Abstract

Koneksi matematis adalah kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika. Kemampuan tersebut membuat pengetahuan siswa lebih mendalam sehingga siswa dapat mengkaitkan konsep-konsep yang dapat digunakan dalam penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Sampel terdiri dari 22 siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Salo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu menghubungkan topik-topik antar matematika dengan persetase sebanyak 90,91%, siswa mampu menggunakan matematika dalam pelajaran lain sebanyak 68,18%, dan siswa mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 81,82%. Kesimpulannya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP tergolong tinggi. Implikasinya guru harus lebih kreatif merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa untuk lebih meninngkatkan memampuan koneksi matematis siswa pada setiap materi pembelajaran.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR Nuraini Nuraini; Yenita Roza
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan Vol 9, No 1: June 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/admathedu.v9i1.13977

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terlihat dari hasil ujian nasional SMP tahun 2018 pada mata pelajaran matematika yaitu 50,52%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori polya yang terdiri dari: (1) understanding, (2) planning, (3) solving, dan (4) checking. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dengan metole tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan 2 soal yang merupakan masalah matematika yang terkait dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII sebanyak 23 orang. Hasil penelitian ini adalah  pada kelompok siswa tinggi, sedang dan rendah memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah berturut-turut pada tahap understanding yaitu 83%, 82% dan 75%, tahap planning 75 % , 08,5 % dan 58,5, tahap solving 67 % , 58,5 dan 41,5 % , tahap checking 50 %, 39 % dan 17 %. Pada siswa tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik pada tahap understanding, planning dan solving, namun sebagian kecil siswa yang melakukan pada tahap pengecekan. Pada siswa sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah baik pada tahap understanding dan planning, namun kesulitan dalam tahap solving dan pengecekan. Pada siswa rendah mengalami kesulitan pada tahap perencanaan, penyelesaian dan pengecekan. Hal ini disebabkan oleh sebagian siswa belum memahami konsep bangun ruang sisi datar. Diharapkan kepada guru untuk menggunakan media dan memberikan penekanan pada pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari 
MODEL REGRESI PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KEUNTUNGAN BERSIH PERUSAHAAN ADHI KARYA (PERSERO) TBK. Rukmono Budi Utomo
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan Vol 9, No 1: June 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.275 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v9i1.14045

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk medapatkan model regresi yang menjelaskan pengaruh rasio keuangan terhadap pendapatan bersih pada Perusahaan Adhi Karya (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan data Indonesia Capital Market Directory (ICMD) yang disediakan oleh Institute for Economic and Financial Research (IEFR). Data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS untuk memperoleh model regresi yang dimaksud. Hasil dari penelitian ini adalah model regresi linier dengan keakuratan 82.6 % yakni keuntungan bersih perusahaan dipengaruhi oleh rasio keuangan NPM dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Model yang terbentuk sudah melalui berbagai uji antara lain uji F, uji-t, dan uji ekonomterik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6