cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Universitas PGRI Palembang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11" : 22 Documents clear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE KELAS XI DI SMA N 2 OKU Utomo, Budi
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.917 KB)

Abstract

ABSTRAK            Model pembelajaran kooperatif memiliki berbagai tipe dengan langkah yang berbeda-beda, antara lain model jigsaw dan model think pair share. Model jigsaw dan model think pair share diharapkan mampu miningkatkan daya pikir dan kreativitas peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKU. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKU. Hipotesis pada penelitian ini adalah “ada perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKU”.            Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI semester I SMA N 2 OKU yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan Purposive Sample yaitu kelas XI.IPS sebagai kelompok eksperimen satu dan kelas XI.IPS sebagai kelompok eksperimen dua. Variabel penelitian model Jigsaw dan model Think Pair Share sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode penelitian eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes.            Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikan (α=0,05).Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas XI.IPS didapat nilai rata-rata hasil belajar 84 sedangkan pada kelas XI.IPS didapat nilai rata-rata hasil belajar 71. Untuk pengujian hipotesis didapat thitung = 5,28 sedangkan ttabel = 1,996. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKU. Kata kunci: Hasil belajar, Model Jigsaw, Model Think Pair Share
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BERPASANGAN DAN LATIHAN PERORANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA SISWA SMPN 18 KERINCI. RIZHARDI, RURY
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan Passing bawah siswa SMP Negeri 18 kerinci. Hal ini disebabkan oleh belum sesuainya meode latihan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh metode latihan berpasangan dan metode latihan perorangan terhadap peningkatan kemampuan Passing bawah pada siswa SMPN 18 Kerinci. Jenis penelitian ini experiment yang dilakukan di lapangan bolavoli SMPN 18 Kerinci, sampel penelitian ini adalah siswa putra SMPN 18 Kerinci . Hasil analisis data menunjukan sebagai berikut: (1) metodelatihan berpasangan berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan Passing bawah dapat diperoleh dari t hitung 2.60 > t tabel 2.26, (2) metode latihan perorangan berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan Passing bawah dapat diperoleh dari t hitung 9.19 > t tabel 1.86, (3) terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan antara metode latihan berpasangan dan metode latihan perorangan terhadap peningkatan kemampuanPassing bawah dapat diperoleh dari t hitung 2.22 > t tabel 1.86.Kata Kunci: Latihan berpasangan, Latihan perorangan, Passing bawah.
NILAI KARAKTER DALAM MENGHADAPI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) Utomo, Budi
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.778 KB)

Abstract

ABSTRAKPerkembangan global mengubah orientasi pekerjaan seseorangyang semula terdefinisi formal (seperti guru, dokter, banker, atauwartawan) menjadi beranekaragam yang mungkin tidak sesuaidengan latar belakang jurusan pendidikannya. Perubahan tersebutmasuk akal mengingat tuntutan perkembangan teknologi,pertambahan penduduk, keterbatasan sumber daya alam,industrialisasi, pertambahan lulusan perguruan tinggi, dan semakinsempitnya peluang kerja. Saat ini yang dipentingkan tidak hanyakemampuan teknis dalam bekerja, tetapi karakter dan nilai-nilaiyang diyakini dalam mendukung karir pekerjaannya. Nilai-nilaikarakter yang melekat pada pribadi ini akan membawa kesuksesandi masa depan. Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi JurusanP.IPS (Akuntansi, Sejarah, Sosiologi) sebagai bagian calon pencarikerja perlu mengenal, menyadari, belajar, dan bertindak sesuaikarakter-karakter tersebut agar mendapatkan keberhasilan padaapapun bidang kerja yang ditekuni. Nilai-nilai karakter tersebut yangakan diuraikan pada makalah ini.
Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Di Indonesia Tahun 2014 Dilihat Dari Rasio Profitabilitas Rachmawati, Diana Widhi
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1350.5 KB)

Abstract

AbstrakAsuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. . Istilah "diasuransikan" biasanya merujuk pada segalasesuatu yang mendapatkan perlindungan. Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis) adalah aplikasi dari alat dan teknik analisis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data- data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis. Analisis Laporan Keuangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis ratio yaitu Ratio Profitabilitas. Tujuan umumnya adalah untuk memberikan informasi perkembangan kinerja keuangan perusahaan asuransi diindonesia tahun 2014dilihat dari ratio profitabilitasnya. Tujuan khusus sebagai salah satu pembahasan dalam mata kuliah Analisis Laporan Keuangan. Sampel dari penelitian asuransi ini adalah : PT. Prudensial, PT. Aswata, PT. Alianz, PT. Jiawasaraya, PT. AIG assurance Indonesia. Hasil Akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah dapat dikatakan bahwa perusahaan asuransi di indonesia belum profitabilitas karena dari keseluruhan analisis rasio profitabilitas yang mendapati persentase paling baik yaitu Gross profit margin 1%, Operation income ratio (Operation Profit Margin) 66,9%, Operation rasio 33,0%, Net ProfitMargin/ Sales Margin163,9%, Rate Of Retume On total Aset (Erning power of total Investment) 33,3%, Rate of Return on Investment49,2%, Rate of Retume on Equity 102,0%.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI PADA PRAKTIKUM GEOMORFOLOGI INDONESIA MELALUI TUTOR SEBAYA DI PROGRAM STUDI GEOGRAFI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Utomo, Budi
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.277 KB)

Abstract

ABSTRAKTutor sebaya akan menunjukkan keuntungan dengan menggunakanpotensi mahasiswa yang mampu menyerap pelajaran dengan cepat sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan geografi Universitas PGRI Palembang. tujuan penelitian ini adalah diharapkan menjelaskan peranan peer totor (totor sebaya) dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan geografi di Program Studi Geografi Universitas PGRI Palembang.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan strategi siklus. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan Mahasiswa Geografi semester tiga Universitas PGRI Palembang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 467 mahasiswa. Sampel yang digunakan Purposive Sample yaitu kelas 3D sebagai subyek penelitian sebanyak 46 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa peer totor (totor sebaya) dalammeningkatkan hasil praktikum mahasiswa pendidikan geografi di Program Studi Geografi Universitas PGRI Palembang. Ketuntasan praktikum mahasiswa mengalami peningkatan rata-rata sebesar 15,22 % atau 7 mahasiswa.Kata kunci: Hasil belajar, praktikum geomorfologi, dan peer totor (totorsebaya).
UPAYA MENLNGKATKAN PEMBELAJARAN ATLETIK PADA NOMOR LOMPAT JAUH MELALUI MODEL BERMAIN SPEED PLAY SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG Nita, Perabu
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran atletik pada nomor lompat jauh melalui model bermain Speed Play. Untuk memperoleh suatu data yang tepat dan konkrit dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan metode tindakan kelas atau Penelitian Tindakan Olahraga. Sampel yang digunakan dalan, objek yang diteliti adalah siswa SMP Negeri 6 Kayuagung sebanyak 33 orang. Sedangkan data yang diambil adalah hasil observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I pembelajaranLompat jauh melalui model bermain Speed Play masih dalam tahap latthan dengan hasil persentase sebesar 36% dan jumlah 3-3 siswa. Pada siklus 2 sudah terjadi peningkatan keaktifan dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran Lompat Jauh melalui modelbermain Speed Play namunbelum sempurna, hal ini dilihat dari data awal sebelum dilakukan siklus dua, yaitu siswa yang aktif mengikuti pembelajaran hanya 12 siswa saja. Setelah pelaksanaan siklus dua menjadi 21 siswa, bila dipersentasikan mencapai 64% dari jumlah 33siswa. Pelaksanaan siklus 3 terjadi lagi peningkatan keaktifan atau keantusiasan siswa dalam mengikuti proses pembelajanan lompat jauh. Pada siklus, penelitian sudah bisa dikatakan berhasil. Hal tersebut terlihat dari jumlah siswa yang aktif dalam mengikuti prosespembelajaran lompat jauh mencapai 29 siswa dari jumlah keseluruhan 33 siswa, jika dipersentasikan menjadi 88% Sebagaimana diketahui sebelumnya, penelitian bisa dikatakan berhasil apabila keaktifan siswa yang mengikuti proses pembelajanan mencapai 85%, dan diihat dari data siklus ketiga bahwa target yang diinginkan telah tercapai, bahkan melebihi target yang diinginkan. Sehingga penelitian tidak perlu dilakukan pada siklus berikutnya, karena sudah sesuai dengan standar ketuntasan yang ditetapkan SMP di Kota Kayuagung.
MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM UPAYA PELESTARIAN KAIN SONGKET DI PALEMBANG: STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Laksana, Robert Budi
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.242 KB)

Abstract

ABSTRAKKain songket Palembang sebagai sebuah produk budaya yang sarat dengan tata nilai dan makna. Kain songket merupakan sebuah simbol budaya yang perlu dilestarikan secara masif, terstruktur dan terencana. Salah satu usaha dalam pelestarian tersebut dengan pembuatan museum kain songket, dimana keperuntukannya tidak hanya digunakan untuk menyimpan benda-benda budaya, namun juga dapat menjadi sarana edukasi dan rekreatif bagi masyarakat. Dalam kontribusinya dalam dunia pendidikan museum menjadi sarana edukasi dan sumber belajar yang mengarah pada pembelajaran yang bersifat saintifik. Dimana dalam pembelajaran saintifik ini siswa diajak untuk megidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui, merumuskan pertanyaan,mengumpulkan data, mengolah/menganalisis serta menarik kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap, sesuai dengan tujuan kurikulum saat ini. Dengan pendekatan pembelajaran saintifik ini menjadi sebuah strategi meningkatkan kualitas pendidik dan pendidikan seni di Palembang.Kata Kunci: Museum, Sumber Belajar, Pembelajaran Seni, Saintifik
Peranan Dan Starategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Nindiati, Dina Sri
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.838 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan dan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Dari pembahasan dalam penulisan ini dapat simpulkan bahwa (1) peranan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru dengan membuat program pem-binaan guru, program pengaturan lingkungan fisik dan non fisik sekolah dan program pemberian reward dan insentif para personil sekolah, (2) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu: melakukan pembinaan guru,penerapan reward dan punishment, partisipasi,pendelegasian wewenang, menyusun sistem balas jasa yang efektif, melakukan promosi bagi guru, dan menciptakan hubungan yang harmonis dalam lingkungan sekolah.Kata Kunci : Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru
Pengaruh Gaya Mengajar dan Percaya Diri Terhadaphasil Belajar Menyundul Bola dalam Permainan sepakbola Dwiansyah Putra, Dede
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan percaya diri terhadap hasil belajar menyundul bola dalam permainan sepakbola. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri pada kedua gaya mengajar. Pengajaran gaya mengajar dalam penelitian ini adalah gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan, dan percaya diri tinggi dan percaya diri rendah.Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cempaka Kabupaten Oku Timur Provinsi Sumatra Selatan kelas XI IPS 2014/2015. Metodepenelitian menggunakan eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 dengan ukuran sampel dari 32 orang.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: ( 1 ) secara keseluruhan ada perbedaan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar menyundul bola, ( 2 ) ada interaksi antara gaya mengajar dengan percaya diri terhadap hasil belajar menyundul bola. ( 3 ) bagi siswa yang memiliki percaya diri yang tinggi , gaya mengajar esiprokal memberikan efek yang lebih baik dari pada gaya mengajar latihan pada hasil belajar menyundul bola, ( 4 ) bagi siswa yang memiliki percaya diri rendah, penyediaan praktek gaya mengajar latihan memberikan efek yang lebih baik dari pada gaya mengajar resiprokal untuk hasil belajar menyundul bola.Kata kunci:GayaMengajar, Percaya Diri, Menyundul Bola.
EFEKTIVITAS KONSELING KARIR PERKEMBANGAN UNTUK PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR (study kuasi eksperimen peserta didik di SMA PGRI 2 Palembang Tahun Ajaran 2014/2015) Nurlela, Nurlela
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.458 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya beberapa gejala kematangan karir seperti kurang memahami cara memilih jurusan yang sesuai, memilih jurusan mengikuti teman atau model yang ada, memilih jurusan masih mengikuti keinginan orang tua, sehingga menunjukan banyaknya peserta didik SMA yang belum memiliki kematangan karir. Penelitian bertujuan untuk  mengetahui (1) profil kematangan karir peserta didik SMA; (2) rumusan program konseling karir untuk peningkatan kematangan karir peserta didik SMA; dan (3) keefektivan konseling karir perkembangan untuk peningkatan kematangan karir peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi ekperimen dan desain pre-test post-test non-equivalent control group. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA PGRI 2 Palembang dengan jumlah partisipan sebanyak 41 orang pada kelas eksperimen dan 44 orang pada kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Data hasil penelitian di analisis menggunakan uji statistic nonparametric yaitu uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Palembang umumnya memiliki kematangan karir dalam kategori sedang. (2) konseling karir perkembangan efektif untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Hasil penelitian direkomendasikan kepada (1) kepala sekolah, 2) guru bimbingan dan konseling dan (3) peneliti selanjutnya.Kata kunci : konseling karir perkembangan, kematangan karir

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

0000


Filter By Issues
All Issue PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Jurnal Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang More Issue