Articles
38 Documents
Search results for
, issue
"PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18"
:
38 Documents
clear
Bahasa dan Sastra Jembatani Kearifan Lokal Dunia Global
Noviati, Noviati
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (157.134 KB)
ABSTRAK           Kajian tentang permasalahan bahasa dan sastra yang menjembatani kearifan lokal dalam era globalisasi sangat relevan diwacanakan. Kenyataan ini seiring dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara pasca reformasi seiring timbulnya tuntutan yang berlebihan hampir dalam segala aspek kehidupan.Bangsa Indonesia harus menyadari bahwa pengaruh ekonomi yang dimunculkan oleh pasar bebas juga berdampak terhadap bahasa dan sastra Indonesia, bahkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Tuntutan yang demikian sering memicu permasalahan krusial, sehingga dapat mengancam keutuhan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kearifan lokal merupakan elemen budaya yang harus digali, dikaji, dan direvitalisasikan karena esensinya begitu penting dalam penguatan fondasi jatidiri bangsa dalam menghadapi tantangan globalisasi. Pertanyaan yang muncul adalah apakah nilai-nilai budaya lokal sebagai perekat identitas bangsa masih relevan untuk direvitalisasi dalam menghadapi berbagai permasalahan di era globalisasi ini. Kata kunci: Bahasa dan Sastra, Kearifan Lokal
THE ROLE OF LITERATURE IN SHAPING THE CHARACTER OF LEARNER
Wardiah, Dessy
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (113.017 KB)
AbstractIn Indonesia, the education of literature is sometimes ignored and neglected. Since new era of paradigm, literature is treated as non significant subject of learning, it is considered to be unimportant, useless, and all sorts of no other forms. Education in Indonesia only focuses on meaningful learning of science and mathematics. Although it is not expressed verbally, literature is viewed lower than science and mathematics. The willingness to keep forward science is failed, because of ignoring literary education. In line with the growing magnitude of the need for character education now, literary education and learning needs were designed. Literature is treated as a basic character education. In such context, there should be serious efforts of all components of the nation to build a "collective consciousness" in order to restore lost national character. In such context, it becomes interesting when as an educator of language and literature to give or to inject values into a insightful character education lessons which were labeled as literature and sought to encourage and to internalize the character education through literature. Keywords:Character Education, Literature Learning
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Putri, Ramtia Darma;
Ramadhani, Erfan
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (775.208 KB)
AbstrakKonsep yang disajikan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 mengenai potensi peserta didik untuk aktif mencari, mengolah, mengkontruksi, dan menggunakan pengetahuan tergambar jelas dalam pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual dapat terlaksana dengan menggunakan tujuh pinsip yaitu kontruktivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assessment). Terkait dengan adanya Bimbingan dan Konseling di sekolah maka substansinya adalah Bimbingan dan Konseling perlu disiapkan untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam mewujudkan proses pendidikan yang memperhatikan dan menjawab ragam kemampuan, kebutuhan, dan minat sesuai dengan karakteristik peserta didik. Bentuk pengimplementasian pembelajaran kontekstual dalam Bimbingan dan Konseling adalah adanya pelaksanaan layanan informasi format klasikal.Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Bimbingan dan Konseling.
THE APPLICATION OF KWL STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION TO THE EIGHT GRADE STUDENTS OF BINA WARGA JUNIOR HIGH SCHOOL OF PALEMBANG
Noviati, Noviati
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (383.058 KB)
AbstrakPenelitian ini berjudul âThe Application of KWL Strategy in Teaching Reading Comprehension to the Eight Grade Students of Bina Warga Junior High School of Palembang.â Permasalahan penelitian ini berhubungan dengan kesulitan siswa dalam menemukan ide utama dalam menjawab pertanyaan secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah menemukan apakah Strategy KWL efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas 8 di SMP Bina Warga Palembang.Metode penelitian ini menggunakan metode pre-experimen. Populasi penelitian berjumlah 40 orang siswa kelas 8 di SMP Bina Warga Palembang . Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis, dan dianalisa menggunakan rumus uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tes awal yaitu 50.62, dan nilai rata-rata pada tes akhir yaitu 81,25, sedangkan hasil perhitunganUji t menunjukkan bahwa nilainya yaitu 11.96, yang lebih besar dari pada nilai kritis yaitu 1.684. Hal ini dapat dinyatakan bahwa penggunaan strategy KWL dinilai efektif dalam mengajarkan membaca bagi siswa kelas 8 di SMP Bina Warga Palembang. Kata Kunci: Penerapan, Strategy KWL, Pemahaman Bacaan
PROFIL SIKAP ANTI BULLYING SISWASMPN 12 PADANG
Mirnayenti, Mirnayenti
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (522.645 KB)
Abstrak
Bullying merupakan perilaku yang merugikan orang lain secara fisik, verbal, dan psikologis/mental atas dasar kekuasaan dan kekuatan untuk mencederai, ancaman danteror.Sikap anti bullying harus dimiliki oleh siswa, karena dengan adanya sikap anti bullying mampu untuk mengatasi perilaku tersebut terkait dengan kognitif siswa tentang bullying, afektif siswa terhadap bullying dan konatif siswa untuk aksi bullying. Tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat sikap anti bullying siswa SMPN 12 Padang, maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi siswa kelas VIII.B SMPN 12 Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen sikap siswa terhadap bullying. Teknik anlisis data dengan menghitung rentang data atau inteval. Hasil penelitian berkenaan dengan a) kognitif siswa terhadap bullying siswa, b) afektif siswa terhadap bullying siswa dan c) konatif siswa terhadap bullying siswa dikategorikan rendah yaitu sebanyak 86% (18 orang siswa) dan pada tingkat sedang sebanyak 14% (orang siswa).
Kata Kunci: Sikap Anti Bullying Siswa
SURVEI TINGKAT KETRAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA DAN KEMAMPUAN FISIK SISWA PESERTA EKSTRAKULIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011
DARYONO, DARYONO
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (874.907 KB)
AbstrakPermasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketrampilan teknik dasar sepakbola dan kemampuan fisik siswa peserta ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang tahun 2010/ 2011. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ketrampilan teknik dasar sepakbola dan kemampuan fisik siswa peserta ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang tahun 2010/ 2011.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang tahun 2010/2011 berjumlah 92 orang. Dalam penelitian ini pengambilan sample menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa peserta ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang yang berjumlah 92 siswa.Variable dalam penelitian ini adalah tingkat ketrampilan teknik dasar sepakbola dan kemampuan fisik siswa peserta ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang tahun 2010/ 2011. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. Setelah dilakukan analisis data mengenai teknik dasar sepakbola dan kemampuan fisik siswa peserta ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa teknik dasar sepakbola siswa peserta ekstrakulikuler di SMP Negeri 4 Ungaran 68,5% termasuk dalam kategori sedang, dan 31,5% dalam kategori baik. Untuk tes kemampuan fisik diketahui bahwa 43,5 % termasuk dalam kategori kurang, 43,5% termasuk dalam kategori sedang dan 4,3% termasuk dalam kategori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan teknik dasar bermain sepakbola dalam kondisi baik, dan sedang hal ini dipengaruhi karena sebagian dari siswa peserta ekstrakulikuler ada yang ikut klub atau SSB, sedangkan untuk kemampuan fisik masih dalam kategori sedang hal ini dipengaruhi kurangnya latihan fisik yang diberikan pada saat latihan sepakbola. Saran yang dapat peneliti berikan antara lain bahwa kondisi fisik dan keterampilan gerak dasar pada dasarnya dapat dimiliki serta dikuasai pemain secara maksimal melalui latihan-latihan yang diprogram dan direncanakan dengan baik serta didukung dengan pertandingan-pertandingan yang terencana. Kata Kunci : Sepak Bola, Teknik Dasar, Kemampuan Fisik
SOAL MATEMATIKA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS BUDAYA OGAN ILIR TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Octaria, Dina
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (196.82 KB)
Abstrak Salah satu isu yang mengemuka terkait dengan implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah perkuatan daya saing atau kesiapan sumber daya manusia (SDM). Banyak hal yang dilakukan pemerintah Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya mengikuti PISA. PISA adalah program internasional OECD untuk mengevaluasi kemampuan membaca, sains dan matematika yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak usia 15 tahun dalam menggunakan kemampuan dan keahlian yang telah mereka pelajari di sekolah dalam menjalani kehidupan mereka sehari-hari di zaman global yang penuh tantangan. Dalam kajian ini, soal Matematika PISA menggunakan konteks budaya Ogan Ilir. Budaya Ogan Ilir yang dapat dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika, yaitu : rumah adat OI, pakaian adat (baju penganggon dan kain songket), kerajinan tangan (kerajinan aluminium, kerajinan keramik, kerajinan anyaman rotan), industri rumah tangga (industri kerupuk kemplang, industri ikan asin). Penggunaan konteks dalam pembelajaran matematika dikarenakan pendidikan melalui disintegrasi dengan konteks kehidupan daerah setempat dirasakan cocok mengingat pendidikan didasarkan pada pengalaman enam tahun seseorang hidup di lingkungan sebelum menginjak sekolah dasar.Kata Kunci : Soal PISA, Konteks Ogan Ilir,
EFFECTIVENESS OF INFORMATION SERVICES TO REDUCE STUDENT ACADEMIC PROCRASTINATION IN WORKING THESIS (EXPERIMENT STUDY ON STUDENT OF GUIDANCE AND COUNSELINGUNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Ramadhani, Erfan;
Putri, Ramtia Darma;
Istiqoma, Vella Auliya
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (644.696 KB)
ABSTRACKAcademic procrastination is an act of delays in doing a task. Based on the findings in the field, it was revealed that there are students who perform academic procrastination action. Procrastination is done in the form of a delay doing the thesis that has an impact on the completion of the study. The findings of this researcher into an indication that students have academic procrastination problems in doing thesis. One effort to solve the problem is by providing information services. This research uses quantitative method. This research type is experiment with one group pretest-posttest design. Research subjects amounted to 24 students of guidance and counseling courses above the eighth semester until academic year 2017/2018. The research instrument used Likert Scale model. Data were analyzed using Wilcoxon Signed Ranks Test with the help of SPSS version 20.00. In general, research findings indicate that information service is effective in reducing student academic procrastination in doing thesis. Specifically, 1) the level of student academic procrastination in doing thesis before being given treatment is in very high category; 2) the level of student academic procrastination in doing thesis after being given the treatment is in the high category; and 3) there is a difference or decreased level of student academic procrastination in doing thesis after given information service. Based on the results of this study can be suggested to the relevant parties in order to work together in helping to overcome the academic procrastination of students in doing thesis. Keywords: Academic Procrastination, Information Service.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
Octaria, Dina;
Puspa Sari, Eka Fitri
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (946.287 KB)
ABSTRACTThis study aims to determine the ability of mathematical problem solving (KPMM) of students through the model of learning problem based learning (PBL). This study used quasi-experimental method with the control group design of pretest and non-equivalent postes. The subject of this research is the fourth semester student of the academic year 2016/2017 at the mathematics education program at PGRI University of Palembang which amounted to 62 people. Based on the learning, the research subjects are divided into two classes, namely the experimental class that get the PBL learning and control class that get conventional learning (PK). Instruments in this study using KPMM test. The data in this study were analyzed using t-test. From the data analysis, it is found that students mathematical problem solving ability through PBL learning is better than those who get conventionallearning in terms of overall or KAM (high, medium, low).Keywords: problem based learning (PBL), problem-solving ability
Pengaruh Latihan Bola Digantung terhadap Hasil Shooting pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Tangan Kelas VIII SMP N 5 Indralaya Utara
Hermansah, Bambang
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (935.382 KB)
AbstrakTujuan penelitian adalah mengetahui seberapa besar pengaruh latihan bola digantung terhadap kemampuan shooting bola tangan siswa SMP N 5 Indralaya Utara. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat dengan subyek dalam populasi adalah siswa kelas VIII SMP N 5 Indralaya Utara.18 siswa sampel purposive sampling disebut penelitian populasi. Jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. pengumpulan data menggunakan teknik tes kemampuan. Teknik analisis datamenggunakan rumus uji-t (t-student) tes. Berdasarkan hasil penelitian didapat thitung=14,03 sedangkan harga ttabel berdasarkan tabel distribusi t dengan dk = 18- 1=17, taraf kepercayaan 0,05 diperoleh sebesar 1,74. kriteria pengujian hipotesis diajukan, jika thitung ⥠ttabel maka Ho ditolak dan thitung ⤠ttabel maka Ho diterima. Disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh signifikan latihan bola digantung terhadap kemampuan shooting bola tangan di SMP N 5 Indralaya Utara dapat diterima.Kata Kunci: Latihan Bola Digantung, Shooting Bola Tangan