cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
KURVA S JURNAL MAHASISWA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 60 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2020)" : 60 Documents clear
STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN JALAN PENDEKAT JEMBATAN MAHKOTA – SIMPANG 4 PAMPANG REZDIANSYAH, MUHAMMAD
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Volume lalu lintas yang terus meningkat di daerah Jembatan mahklota - Simpang 4 Pampang pada beberapa tahun terakhir ini mengakibatkan tidak mencukupinya ruas-ruas jalan untuk penumpang sarana Transportasi. Sehingga mengakibatkan kemacetan pada ruas – ruas jalan tersebut yang menuju ataupun yang keluar Kota Samarinda yang mengakibatkan kerugian waktu dan BOK. Dengan adanya pembangunan jalan Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang ini, diharapkan dapat membantu kelancaran dan mengurangi kemacetan lalulintas yang akan berdampak pada efisiensi ekonomi, serta pengurangan angka kecelakaan lalulintas dengan cara mengalihkan kendaraan yang tidak ada kepentingan dalam kota, sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat. Kelayakan investasi yang dipilih berdasarkan perhitungan biaya konstruksi ini didukung oleh data – data sekunder pada nilai potensi dan nilai manfaat. Sedangkan untuk survey volume lalulintas selama 4 hari di tanggal 18 Maret , 19 Maret, 20 Maret dan 21 Maret pada ruas jalan. Untuk analisa Kelayakan Pembangunan jalan pendekat Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang dilakukan metode kriteria kelayakan ekonomi antara lain perhitungan BCR (Benefit Cost Ratio), NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Retrun) dan Periode Pengambilan (Pay Back Period). Beberapa jenis pekerjaan konstruksi pembangunan jalan tol meliputi galian, timbuan, pengadaan lahan, bahu jalan, drainase, gorong - gorong dan konstruksi jalan maka didapat biaya pembangunan investasi sebesar Rp 296.427.504.854,07,- dan untuk pendapatan dari keuntungan pengguna jalan NPV sebesar Rp.23.571.863.767,16 BCR sebesar 1,076 serta nilai Payback Peroid terjadi pada tahun ke-30 yaitu tahun 2050 untuk umur rencana 30 tahun pembangunan jalan pendekat Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang yang layak dilaksanakan karena nilai kriteria kelayakan terpenuhi. Maka dari hasil Analisa kelayakan pembangunan jalan Pendekat Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang untuk umur rencana 30 tahun dari segi pengguna jalan tol yang memenuhi kriteria kelayakan ekonomi ( BCR, NPV dan Payback Period ).
PENGENDALIAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KAMPUS STIH AWANG LONG SAMARINDA MENGGUNAKAN METODE NETWORK PLANNING PRABOWO, FAJAR EKA
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek pada umumnya mempunyai batas waktu (deadline), yang berarti proyek harus diselesaikan sebelum atau tepat pada waktu yang telah ditentukan. Keberhasilan pelaksanaan sebuah proyek tepat waktu adalah hal yang penting untuk pelaksana dan pemilik proyek. Demi kelancaran jalannya suatu proyek dibutuhkan manajemen yang akan mengelola proyek mempunyai sifat yang sangat istimewa, dimana waktu kerja manajemen dibatasi oleh jadwal yang telah ditentukan. Proyek membutuhkan perencanaan, koordinasi, dan pengawasan secara teliti karena menyangkut berbagai macam kegiatan. Proyek didefinisikan sebagai suatu system yang kompleks yang melibatkan koordinasi dari sejumlah bagian yang terpisah dari organisasi yang didalamnya terdapat schedule dan syarat-syarat dimana kita harus bekerja. Oleh karena itu, keberhasilan suatu proyek juga bergantung pada ketepatan pemilihan seseorang sebagai manajer proyek dan kerja keras serta dedikasi anggota team proyek. Kegiatan proyek pembangunan Geduh Kampus STIH Awang Long Kota Samarinda Kalimantan Timur meliputi kegiatan pendahuluan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal elektrikal, dan pekerjaan sanitasi. Yayasan STIH Awang Long Samarinda merupakan pemilik dari proyek pembangunan Gedung Kampus STIH Awang Long Samarinda Kalimantan Timur. Untuk mengatur durasi proyek diperlukan pengendalian proyek. Pengendalian proyek adalah suatu cara pengendalian seluruh aktivitas dengan menggunakan teknik dan metode yang spesifik dengan cara yang efektif. Sehingga dapat diketahui berapa lama suatu proyek diselesaikan dan mencari adanya kemungkinan percepatan waktu pelaksaan proyek dengan metode Network Planning. Network Planning adalah salah satu model yang digunakan dalam penyelenggaraan proyek yang produknya adalah informasi mengenai kegiatankegiatan yang ada dalam network diagram yang bersangkutan.
ANALISA KAPASITAS SUNGAI TELAYUS DI DESA TEPIAN LANGSAT KECAMATAN BENGALON KABUPATEN KUTAI TIMUR SUGIARTO, SURYA
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas tampung maksimum sungai telayus. Kapasitas sungai adalah kemampuan sungai dalam menampung air dalam jumlah tertentu pada periode waktu tertentu. Langkah-langkah yang dilakukan untuk penelitian ini dengan mengumpulkan data, analisa data, penggunaan metode HSS nakayasu, analisa debit dan tinggi muka air rencana dan perhitungan kapasitas sungai. Lokasi penelitian ini terletak di Desa Tepian Langsat, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur. Berdasarkan dari perhitungan kapasitas actual sungai Telayus di desa Tepian Langsat, Sungai hanya mampu menampung Debit sebesar : Q = 13,977 m3/dt, sedangakan Debit Maksimum sebesar : 15,518 m3/dt. Dengan demikian maka perlu pelebaran sungai untuk memperbesar dimensi sungai agar sungai tidak meluap. Kata kunci : kapasitas sungai, metode HSS Nakayasu, perhitungan kapasitas sungai.
PERFORMANCE ANALYSIS OF THE ROAD SOEKARNO HATTA KM.1-KM.4 SUB-DISTRICT LOA JANAN DISTRICT KUTAI KARTANEGARA SETIAWAN, DINOE AGENG
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Soekarno Hatta road km.1-Km.4 loa janan sub-district in Kutai Kartanegara Regency is a secondary arterial road connecting one primary and secondary area to another. Land use conditions contained in the Soekarno Hatta road segment km.1-Km.4 loa janan sub-district are dominated by public buildings with public activities, namely Settlements, Commercials and Offices. Jalan Soekarno Hatta km.1-Km.4, loa janan sub-district belongs to the category of class III roads. As the economy develops and the level of population prosperity will result in increased levels of traffic travel, which occurs due to the need for transportation from the community, where people will always look for faster, safer and smoother roads. The increase in population and the number of urbanization to urban areas will cause a level of movement and density, so that the need for transportation also increases. Based on this, a study was conducted on the performance of Jalan Soekarno Hatta km.1-Km.4 in the sub-district loa janan in Kutai Kartanegara Regency. As for the Performance Analysis of the Soekarno Hatta Road Section km.1-Km.4, the sub-district of the district uses the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI'997), which is described based on the UR-1 Form in the form of General Conditions and Geometric of roads, UR-2 in the form of data advanced input, namely Traffic Flow and Composition and side barriers, UR-3 in the form of Analysis of the free flow speed of light vehicles, the capacity and speed of light vehicles. In the study of Performance Analysis of Soekarno Hatta Road Section km.1-Km.4, the sub-district of Loan janan conducted a peak hour survey and the survey was conducted at 07.00-22.00. After calculating the available data, Karel Satsut Tubun is 1480.76 pcu / hour and the service level is at level C, which means the current zone is stable, the driver is limited to choosing speed.
ANALISA KONTRAK KERJA KOSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG GEREJA KATEDRAL SANTA MARIA DI SAMARINDA WIJAYA, RICKY TONY
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kontrak merupakan kesepakatan antara pihak pengguna jasa dan penyedia jasa untuk melakukan transaksi berupa kesanggupan antara pihak penyedia jasa untuk melakukan sesuatu bagi pihak pengguna jasa, dengan sejumlah uang sebagai ibalan yang terbentuk dari hasil negosiasi dan perundingan antara kedua belah pihak. Kontrak kerja ini menjadi fokus dalam mengadakan suatu kegiatan jasa konstruksi, dikarenakan substansi kontrak yang memuat kepentingan hak dan kewajiban para pihak dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Di dalam konsep jasa konstruksi dikenal adanya kontrak kerja konstruksi yang merupakan landasan bagi penyelenggaraan jasa konstruksi di Indonesia. Di dalam pasal 1 ayat (5) dituangkan dalam peraturan perundang-undangan Nomor 18 tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi, kontrak kerja adalah keseluruhan dokumen yang mengatur hubungan hukum antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam penyelenggaraan pekerjaan konstruksi. Dalam penelitian di gunakan metode uji validitas dan uji realibilitas dengan bantuan spss untuk menentukan suatu item yang akan digunakan. Penerapan kontrak kerja masi kurang diterapkan dilapangan. Dan masi banyak kendala yang mempengaruhi kontrak tersebut.
ANALISA NILAI CBR AGREGAT LATERIT EXS.MAKROMAN DENGAN PENAMBAHAN TANAH PILIHAN SEBAGAI MATERIAL LAPIS PONDASI BAWAH (LPB) SANTOSO, GATOT
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan jalan memerlukan kriteria dari semua lapisan konstruksi yang memenuhi standar, termasuk lapis pondasi bawah (sub base course). Sebelum menggunakan material lapis pondasi bawah di lapangan, diharuskan untuk melakukan beberapa pengujian di laboratorium apakah material lapis pondasi bawah yang akan digunakan memenuhi standar yang ada. Pengujian material di laboratorium yang terdiri dari beberapa jenis pengujian yaitu berat jenis, batas cair dan batas plastis (Atterberg Limit), abrasi, pemadatan, dan California Bearing Ratio (CBR). Pada pengujian material dicoba dengan penambahan tanah pilihan dengan variasi 10%, 20% 30%. Dari hasil pengujian CBR hanya satu variasi campuran yang memenuhi syarat sebagai material lapis pondasi bawah yaitu dengan campuran tanah 20% yang nilai CBR minimumnya 60%. Selanjutnya dilakukan pengujian dikombinasikan dengan agregat palu dengan komposisi (agregat laterit 35%, agregat palu 50%, tanah 15%) diperoleh nilai CBR sebesar 78% dengan nilai Gs = 2,748 gr/cc, γd max = 1,667 gr/cm3 , pada Wopt = 17,02%. Pada komposisi (agregat laterit 25%, agregat palu 50%, tanah 25%) diperoleh nilai CBR sebesar 96% dengan nilai Gs = 2,748 gr/cc, γd max = 1,702 gr/cm3 , pada Wopt = 18,02%. Sedangkan pada komposisi (agregat laterit 20%, agregat palu 60%, tanah 20%) diperoleh nilai CBR sebesar 88% dengan nilai Gs = 2,748 gr/cc, γd max = 1,740 gr/cm3 , pada Wopt = 16,02%. Sehingga nilai CBR memenuhi standar material lapis pondasi bawah, dimana standar CBR minimumnya sebesar 60%.
ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA RUAS JALAN SANGA SANGA - DONDANG NUR, ALFIAN
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Road damage that occurs in various areas, especially in the Sanga Sanga - Dondang area, Kutai Kartanegara Regency is a very complex problem and the losses suffered are quite large, especially for road users, such as long travel times and traffic accidents. The cause of road damage that occurs in the Sanga Sanga - Dondang road section is the burden of excessive traffic (overloaded) and the slow handling of existing damage so that it becomes more severe. The method used in this survey is a method of visual analysis based on the Pavement Condition Index (PCI) method. The Pavement Condition Index (PCI) method is used to identify damage to the road surface based on the survey results, so that appropriate and efficient handling of repairs can be identified in the study. the Sanga Sanga - Dondang road section and the Geographic Information System (GIS) application function to facilitate the presentation of damage information in the form of maps. The most dense damage to the Sanga Sanga - Dondang Sta 0 + 000 - 18 + 000 road segment, especially in segments 1 to 11, Potholes, Alligator cracking, Weathering, Edge cracking and Patching. The average pavement condition index (PCI) value of the Sanga Sanga - Dondang road section is 33% based on the existing classification, the road segment is classified as poor (Poor) and refers to the PCI matrix for Class I Arterial Roads, the road needs to be done. reconstructed.
SISTEM PENGENDALIAN WAKTU DENGAN METODE CPM ( CRITICAL PATH METHOD ) DAN PERT ( PROGRAM EVALUATION REVIEW TECHNIC ) PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN KANTOR GARASI & BARAK, GUDANG YONKAV-13/SL KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR ( PAKET-V ) NUR, DONY SETYA
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen waktu proyek dengan tahapan mendefinisikan proses-proses yang perlu dilakukan selama proyek berlangsung berkaitan dengan penjaminan agar proyek dapat berjalan tepat waktu dengan tetap memperhatikan keterbatasan biaya serta penjagaan kualitas produk/service/hasil unik dari proyek. Tujuan dari studi kasus ini yaitu mengoptimalkan dan mentukan lintasan kritis dengan metode Critical Path Method (CPM) dan Project Evaluation Review Technique (PERT) dan dicari metode mana yang paling optimal penggunaannya. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data time schedule yang diperoleh dari PT. Naura Libra Jaya yang menangani rencana penjadwalan proyek pekerjaan pembangunan kantor & garasi, gudang yonkav-13/SL kutai kartanegara kalimantan timur (paket-v) pada bulan Juni 2016. Dari data tersebut dapat dihitung lintasan kritis dan nilai optimum dengan membuat tahap-tahap penyelesaian yaitu, meyusun daftar rencana kegiatan pelaksanaan pembangunan proyek, menyusun network planning, menentukan perhitungan maju dan mundur. Durasi optimal penyelesaian pekerjaan peningkatan pada proyek pembangunan kantor garasi & barak, gudang yonkav-13/SL kutai kartanegara kaltim (paket-v) yang didapat dalam menggunakan metode CPM adalah 117 hari sedangkan, metode PERT 87 hari, sehingga dapat dikatakan waktu yang lebih cepat adalah metode PERT.
ANALISA KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN PERBANDINGAN METODE PCI DENGAN BINA MARGA SERTA METODE PENANGANAN PADA JALAN POROS SAMARINDA - ANGGANA ( STA 0+000 – STA 7+000) HIJRAH, ANNI
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transportasi merupakan urat nadi perekonomian. Dengan adanya transportasi yang baik merupakan suatu faktor pendukung utama untuk menentukan majunya pertumbuhan perekonomian suatu daerah atau negara.  Jalan raya merupakan fasilitas yang penting bagi masyarakat agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkannya, untuk itu masyarakat membutuhkan jalan raya yang aman dan nyaman bagi penggunanya. Kerusakan pada jalan akan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung, karena sudah pasti akan menghambat laju dan kenyamanan pengguna jalan.Dalam penelitian skripsi ini diambil analisa kerusakan jalan pada jalan Poros Samarinda- Anggana, panjang jalan yang mau diteliti adalah ± 7 KM, dari sta 0+ 000 -7+ 000 yang mana saat ini di beberapa titik dalam kondisi rusak inilah yang akan di cari penangannan kerusakan jalannya sehingga diperoleh solusi yang baik untuk mengatasi kerusakan tersebut. Jalan poros samarinda – Anggana. Dari hasil analisis diperoleh kondisi ruas jalan Samarinda – Anggana dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga, didapat nilai PCI rata-rata secara keseluruhan pada  ruas jalan Samarinda – Anggana adalah 92%. Klasifikasi perkerasaan jalur Samarinda –Anggana berdasarkan rating kondisi jalan metode PCI = Excelent. Artinya kondisi jalan keseluruhannya masih dalam keadaan sangat baik. Berdasarkan analisis metode bina marga didapatkan nilai prioritas jalan untuk menetukan metode perbaikan pada jalan tersebut.
EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK GEDUNG MASJID KINIBALU SAMARINDA MEIYN GAYI DUTHIE, TRISTINA APRILLIA
KURVA S JURNAL MAHASISWA Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : KURVA S JURNAL MAHASISWA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Based on the problems found, namely how the Application of Occupational Safety and Health (K3) in the construction of the Mosque building in Kinibalu ? the purpose of this study is this thesis is as follow : knowing the Application of Occupational Safety and Health (K3) in the construction of the mosque kinibalu Samarinda City building. Occupational Safety and health is an approach that sets comprehensives and specific standars, determines government policies on company practices in the workplaces and is implemented through court letters, fines and other laws. From the results of the discussion it was concluded that the importance of the Application of Occupational Safety and Health (K3) in the construction if the Mosque of Kinibalu.                This research suggestion is in the implementation of the necessary K3  Management training so that all responsible parties in the company have sufficient ability and know about K3 management