cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Mechanova
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013" : 19 Documents clear
MENDESAIN SENSOR BERAT UNTUK KENDARAAN ANGKUTAN BARANG MITSUBISHI L-300 Randy Hermawan Santoso
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.523 KB)

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan angkutan barang yang kelebihan beban,karena dampak negatif dari kendaraan yang kelebihan beban muatan sangat banyak dan merugikan pengguna jalanyang lain. Perancangan ini menggunakan program arduino dalam memprogram regulator ATMEGA 328. Hasilperancangan ini menunjukkan bahwa sendor dapat mengenali kendaraan pada saat kelebihan muatan dengan ukuranground clearance.
PERANCANGAN DESAIN BODI URBAN CITY CAR UNTUK KOMPETISI URBANCONCEPT SHELL ECO-MARATHON Christian Halim
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.674 KB)

Abstract

Perancangan Desain Bodi Urban City Car Untuk Kompetisi Urbanconcept Shell Eco-MarathonProdusen mobil pada saat ini berlomba-lomba untuk mengembangkan dan menciptakanmobil yang lebih praktis dan efisien dengan tujuan untuk dapat mempermudah penggunanyadalam menggunakannya sehari-hari di kondisi jalan yang semakin padat. Shell sebagai salahsatu perusahaan di bidang otomotif mengadakan kompetisi untuk membuat mobil yang praktisdan efisien serta ramah lingkungan yang cocok untuk digunakan dalam perkotaan (urban citycar) dengan nama kompetisi Urbanconcept Shell Eco-Marathon.Dalam pembuatan urban city car ada banyak faktor yang memerlukan desain. Salahsatu desain yang sangat berpengaruh adalah desain bodi dari mobil itu sendiri. Dalamkompetisi Urbanconcept Shell Eco-Marathon, desain bodi merupakan salah satu aspek penilaianyang penting.Untuk membuat rancangan desain sebuah mobil ada tahap-tahap yang perlu dilalui.Tahapan itu tersiri dari penentuan konsep, pembuatan sketsa, pembuatan model skala, 3Dscanning, dan pembuatan surface data bodi mobil itu sendiri.
PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENYARING BAHAN SERBUK JAMU TRADISIONAL MENGGUNAKAN UDARA SEBAGAI PEMISAH Bryant Rinaldi Suhartarto
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.723 KB)

Abstract

Selama ini proses pengayakan atau pemisahan bahan serbuk di Industri Kecil ObatTradisional (IKOT) Naga Sakti, Bangkalan – Madura menggunakan sistem pengayakan denganpengayak kasa yang digetarkan oleh tangan manusia. Hal tersebut memiliki kelemahan dari segisangat mungkin terjadi lengketnya serbuk di kasa ayakan yang menyebabkan proses produksimenjadi terhambat. Kapasitas hasil pengayakan yang dilakukan dengan proses tersebut hanya 0,5hingga 2 Kg/Jam.Dari hasil desain pemisah dengan udara (air classifier) berdasarkan perhitungan,untuk memilah serbuk ukuran Mesh 100 dengan kapasitas produksi 5 Kg/Jam, diperlukan ruangpemisah dengan panjang, lebar, dan tinggi masing – masing 0,3 m, 0,3 m, dan 0,6 m. Kemudianmembutuhkan blower dengan debit 1,7833×10-2 m3/detik dan diameter lubang keluaran 0,04 m.Serta cyclonic separator konfigurasi 2D2D dengan ukuran DC sebesar 0,1 m.Dari hasil uji coba, proses pemisahan serbuk dengan udara, menghasilkan serbukdengan komposisi 86% berukuran kurang dan sama dengan Mesh 100.
PERENCANAAN DAN PEMBUATAN SISTEM PINTU BAGASI MOBIL OTOMATIS Raymond Januar Soegiono
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.446 KB)

Abstract

Perkembangan otomotif di dunia menyebabkan bertambahnya jumlah kendaraan danbanyaknua inovasi pada kendaraan roda empat ini. Maka produsen otomotif melakukanperubahan penambahan fungsi pada bagasi mobil terhadap kendaraan standar yang menambahkeamanan pada pengendara. Namun belum diketahui seberapa pasti besar pengaruh pemberianfungsi pintu bagasi mobil otomatis dapat menambah keamanan pada penggunanya sertaperubahan terhadap industry otomotif. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahuiseberapa bertambahnya keamanan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa denganmenggunakan pintu bagasi mobil otomatis didapatkan hasil efisiensi waktu serta mempermudahpengguna untuk membukap into bagasi mobil.
KONVERSI PENGGUNAAN BAHAN BAKAR BENSIN KE BAHAN BAKAR ETHANOL PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK SEPEDA MOTOR Ivan Surya Kartika; Philip Kristanto
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.123 KB)

Abstract

Bahan bakar fosil saat ini keberadaannya semakin langka, dan diperlukan langkah-langkah pencarian bahan bakar alternatif yang layak untuk menggantikan bahan bakar minyak,terutama bensin, yang kebutuhannya sangat banyak untuk kendaraan bermotor. Salah satu bahanbakar alternatif pengganti bensin adalah ethanol. Pada percobaan ini akan dilihat bagaimanaethanol jika diterapkan pada sepeda motor 4 langkah 1 silinder dengan sistem bahan bakarkarburator.Hasil dari percobaan menunjukkan bahwa bahan bakar ethanol dapat diterapkan padasepeda motor 4 langkah dengan sistem bahan bakar karburator, bahkan dengan ubahan-ubahanpada rasio kompresi menjadi 11,2:1, bukaan main jet 115, serta pengapian maju 5° sebelum TMA,tenaga sepeda motor naik, yaitu 6,6 HP di kondisi standart, menjadi 7,6 HP, setelah menerapkansemua modifikasi itu. Salah satu masalah pada bahan bakar ethanol yang diterapkan padakarburator bensin adalah idle mesin yang sedikit kurang baik, serta tenaga putaran bawah yangsedikit terkurangi.
PERANCANGAN SISTEM PENDINGIN UDARA MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN THERMOELECTRIC MODULE Daniel Chandra; Fandi Dwiputra Suprianto
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.331 KB)

Abstract

Dijaman sekarang ini, Isu Global Warming dan Penghematan energi menjadi topik yangsangat harus diperhatikan oleh para produsen barang khusunya didunia otomotif. Perubahaniklim dan suhu bumi yang disebabkan Global Warming menjadi ancaman bersama bagi pendudukbumi. Hal ini tercermin dari kegiatan – kegiatan manusia yang boros dengan energi danpenggunaan produk – produk yang mengandung CFC.Dalam tugas akhir ini dilakukan perancangan sebuah sistem pendingin udara untukmobil listrik yang tidak menggunakan sistem pendingin konvensional yang biasanya terdiri daricompressor, kondensor, katup ekspansi, evaporator melainkan digantikan dengan sebuahThermoelectric yang memiliki bentuk yang lebih kecil dan tipis, serta tidak membutuhkanperawatan khusus.Setelah dilakukan pengujian dan dibandingkan dengan sistem pendingin yangkonvensional dan mendapatkan hasil kapasitas pendinginan yang hampir mendekati sistemkonvensional, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Thermoelectric pada AC mobilsebagai pengganti sistem pendingin mobil konvensional sangatlah mungkin untuk digunakanuntuk kedepannya, khususnya pada mobil listrik yang memiliki suplai daya listrik yang besar.
PERANCANGAN DUDUKAN MOTOR LISTRIK DAN TEMPAT SUPPLY POWER PADA MOTOR MODIFIKASI RODA TIGA Abraham Klaran
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.675 KB)

Abstract

Kendaraan bermotor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat disukaimasyarakat Indonesia. Kendaraan bermotor sering digunakan untuk alat transportasi sehari – harimaupun sebagai usaha. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia menyebabkantimbulnya polusi udara yang berlebih. Polusi udara dari kendaraan bermotor dapat menyebabkanefek rumah kaca pada dunia ini. Harga BBM pun juga menjadi kendala di saat harga sedangmelambung tinggi, bahkan ketika ketersediaan BBM terbatas. Electro motor adalah salah satualternatif tenaga untuk kendaraan yang paling cocok di Indonesia. Hal ini terbukti dengan mulaisemaraknya masyarakat Indonesia dalam merakit kendaraan electro motor. Electro Motor seringdiaplikasikan pada mobil dan sepeda motor. Electro motor ini disukai karena tidak menimbulkanpolusi udaran dan tidak menggunakan BBM sebagai sumber energinya. Berdasarkanpermasalahan dan kebutuhan yang telah dipaparkan sebelumnya, solusi baru untuk aplikasi electromotor pada kendaraan lainnya yaitu aplikasi pada sepeda motor roda tiga . Sepeda motor roda tigaini sedang semarak karena memiliki fungsionalitas yang tinggi dalam suatu usaha pengangkutan.Aplikasi pada sepeda motor roda tiga ini harus didesain agar mempertahankan fungsionalitasnyameskipun berenergi listrik.
PEMANFAATAN LIMBAH MINYAK GORENG SEBAGAI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL Robert Adiatma Wonowijoyo
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.279 KB)

Abstract

Biodiesel sebagai ester monoalkil merupakan bahan bakar alternatif yang sangat potensialdigunakan sebagai pengganti solar karena kemiripan karakteristiknya. Biodisel berbasis minyaksawit (palm oil) secara ekonomis kurang menguntungkan karena harus bersaing dengan minyakgoreng komersial yang pada gilirannya mengganggu ketahanan pangan. Sementara itu, Limbahminyak goreng (Waste Cooking Oil, WCO) dari industri pangan maupun rumah tangga banyakdijumpai disekitar kita. Limbah minyak goreng yang tidak bernilai ekonomis ini, jika dibuang kelingkungan berpotensi mencemari lingkungan. Untuk meningkatkan nilai ekonomis sertamengeliminir pencemaran lingkungan akibat limbah minyak goreng, maka melalui metode re-use,produk berupa limbah ini dikembangkan menjadi suatu bentuk energi terperbaharui yang disebutdengan biodisel WCO melalui proses transesterifikasi. Dalam studi ini, kinerja dari biodiesel yangberbasis limbah minyak goreng dengan lonsentrasi yang berbeda (5%, 10% dan 15%)dibandingkan dengan bahan bakar solar dan biosolar (produk Pertamina) pada mesin disel injeksilangsung. Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor disel Isuzu tipe 4JA1 injeksi langsungpada Water Brake Dinamometer dengan parameter uji: torsi, daya kuda rem (brake horsepower),konsumsi bahan bakar spesifik rem, tekanan efektif purata rem dan efisiensi termal rem. Hasilpengujian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja dari Biodisel WCO lebih rendahdibanding solar murni. Namun,hasil blending Biodisel WCO dengan solar murni pada konsentrasi5% menghasilkan kinerja yang lebih baik dibanding Biosolar produk Pertamina.
PERENCANAAN SISTEM PENGGERAK BERENERGI LISTRIK PADA SEPEDA MOTOR BAK RODA TIGA Kevin Djunaidi
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.817 KB)

Abstract

Dalam perencanaan ini akan dibuat sebuah prototype kendaraan listrik. Akan dilakukanmodifikasi dari kendaraan berbasis Internal Combustion Engine (ICE) menjadi kendaraanberbasis motor listrik. Dibutuhkan rangkaian komponen elektronika sebagai sumber energi listrikpenggerak, seperti baterai, motor listrik, inverter dan kontroler, yang akan di konversi menjadienergi mekanik. Sistem mekanik dari kendaraan akan diintergrasikan dengan sistem penggerakmotor listrik menggunakan perantara puli dan belt sebagai penghubung dengan percepatantunggal. Konsep kendaraan yang akan dibuat adalah kendaraan listrik untuk keperluan saranaangkutan keperluan publik sebagai kendaraan pengangkut sampah pada lingkungan perumahan.Spesifikasi yang hendak dicapai adalah daya angkut sekitar 400 kg, daya jelajah sekitar 40 kmdan kecepatan max sekitar 20 km/jam. Pengujian dilakukan di laboratorium serta uji jelajah dilapangan
PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ENGSEL PINTU GUNTING MENGGUNAKAN HIDROLIK STAY DAMPER UNTUK MOBIL HONDA JAZZ RS TAHUN 2009 Ervan Putra Setiawan
Mechanova Vol 1 (2012): Semester genap 2012-2013
Publisher : Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3072.857 KB)

Abstract

Perkembangan otomotif di dunia menyebabkan bertambahnya jumblah kendaraan danberkurangnya lahan parkir, ketersediaan tempat parkir merupakan salah satu kebutuhan dalamsistem transportasi, karena setiap perjalanan dengan kendaraan pribadi umumnya selalu dimulaidan diakhiri di tempat parkir, banyak dijumpai mobil saling berdempetan parkir sehinggapengendara sulit untuk keluar dan masuk ke mobil, maka produsen otomotif melakukan perubahanpada engsel pintu mobil standar dengan penambahan model engsel pintu mobil yang lebih inovatifdan memiliki efisiensi parkir yang lebih optimal. Namun belum diketahui seberapa pasti besarpengaruh penambahan inovasi engsel pintu model gunting dapat mengefisienkan tempat parkirserta perubahan terhadap industri otomotif. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untukmengetahui efisiensi tempat parkir untuk kendaraan mobil. Hasil dari penelitian menunjukanbahwa pemakaian engsel pintu mobil model gunting dengan menggunakan mekanisme hidrolik staydamper untuk mobil honda jazz rs tahun 2009 di dapatkan hasil yang sangat efisiensi untukmembuka pintu kurang lebih 30 derajat dan mengayun ke atas sebesar 55 derajat dibandingkandengan mobil dengan engsel pintu standar yang membutuhkan sekitar kurang lebih 85 derajat untukmembuka mobil untuk membuka pintu yang akan menyulitkan pengendara keluar dan masuk saatparkir berhimmpitan dan sering menimbulkan kecelakaan dooring.

Page 1 of 2 | Total Record : 19