cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Studi Komunikasi dan Media
ISSN : 19785003     EISSN : 24076015     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media" : 8 Documents clear
Hubungan Antara Perilaku Komunikasi Kepala Daerah dengan Citra Publik dan Ekspektasi Publik Yohanes Museng Ola Buluamang
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.115 KB) | DOI: 10.31445/jskm.2018.220106

Abstract

Kualitas kepemimpinan seorang kepala daerah ditentukan juga dari kualitas kinerja komunikasi yang ditunjukkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perilaku komunikasi kepala daerah dengan citra publik dan ekspektasi publik yang terbentuk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan melakukan pengujian terhadap hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku komunikasi kepala daerah dengan citra publik dan ekspektasi publik. Perilaku komunikasi kepala daerah memiliki hubungan yang lebih kuat dengan citra publik dibandingkan hubungannya dengan ekspektasi publik. kuatnya signifikansi hubungan tersebut mensyaratkan kualitas komunikasi seorang kepala daerah yang ditunjukkan dalam setiap perilaku komunikasinya .  
Front Cover Vol 22 (1) Juni 2018 Damanik, Marudur Pandapotan
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.608 KB) | DOI: 10.31445/jskm.2018.%x

Abstract

Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi Bambang Mudjiyanto
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31445/jskm.2018.220105

Abstract

Penelitian tipe eksploratori, bertujuan memperdalam pengetahuan dan mencari ide-ide baru  mengenai suatu gejala tertentu, untuk merumuskan masalah secara lebih terperinci atau mengembangkan hipotesis bukan menguji hipotesis. Informasi WHAT  yang diperlukan sangat longgar, fleksibel, dan tidak tersruktur, sampel penelitian relatif sedikit, analisis data primer lebih bersifat kualitatif. Hasil akhir umumnya dilanjutkan dengan penelitian bersifat deskriptif atau eksplanatif
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP EKUITAS MEREK Meta Ratana
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.723 KB) | DOI: 10.31445/jskm.2018.220102

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa besar pengaruh social media marketing program “Kulineria” di Instagram terhadap ekuitas merek Tehbotol Sosro berdasarkan teori ekologi media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal, di mana penelitian meneliti pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan menunjukkan hasil dari kuesioner yang disebar valid, reliabel, dan lolos uji asumsi klasik. Sehingga simpulan dari penelitian ini, terdapat hubungan yang kuat dan positif pada uji korelasi dengan nilai sebesar 0.664. Koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh social media marketing program “Kulineria” di Instagram terhadap ekuitas merek Tehbotol Sosro sebesar 44% dengan persamaan regresi Y = 22.65 + 0.549 X. Pengaruh tersebut dapat dijelaskan oleh asumsi kedua dari teori ekologi media yang menyatakan bahwa media memperbaiki persepsi dan mengelola pengalaman. Penelitian ini juga membuktikan asumsi pertama dan ketiga dari teori ekologi media berdasarkan gambaran umum responden. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan perlu merancang social media marketing yang dapat meningkatkan engagement antara konsumen dengan perusahaan sehingga dapat memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap ekuitas merek.
Perilaku Media Massa Amerika Serikat pada Pemilihan Presiden Tahun 2016 Siswanto Ahmed
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.174 KB) | DOI: 10.31445/jskm.2018.220101

Abstract

Perilaku Media Amerika Serikat punya peran penting dalam pemilu Presuden. Mewdia bersikap partisan karena sebagian bersikap simpati dan sebagian lagi bersikap antipati kepada kandidat yang sedang bersaing yaitu Donald Trump dan Hillary Clinton. Sikap dan perilaku media Amerika ini dari perspektif pers liberal adalah  bagian dari upaya memanfaatkan kebebasan berbicara dan kebebasan pres seperti dijamin dalam amandemen pertama, Bill of Rights, Konstitusi Amerika dan dari perspektif sistem politik perilaku media ini dipahami sebagai bentuk partisipasi politik dalam proses politik yang sedang berlangsung.Masalahnya perilaku media baik simpati dan antipati punya pengaruh kepada kandidat. Perilaku simpati akan berpengaruh baik karena akan mendukung kandidat, sedangkan perilaku antipati akan merugikan karena akan menjatuhkan kandidat yang sedang bersaing tersebut. harian the New York Post berperilaku simpati kepada kandidat Presiden Hillary Clinton, sebaliknya anti pati kepada Kandidat Donald Trump, sedangkan the Huffington Post berpeirlaku simpati kepada Kandidat Presiden DOnald Trump. Akhiirnya artikel ini diharapkan akan menjadi pelajaran berharga bagi perilaku media di Indonesia dalam menyikapi pemilu  sehingga terwujud perilaku media yang kondusif terhadap penyelenggaran pemilu nasional maupun pilkada dimasa-masa mendatang.
Adopsi Inovasi Penyuluhan Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Vidya Kusumawardani; Usisa Rohmah
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.307 KB) | DOI: 10.31445/jskm.2018.220104

Abstract

ABSTRACTFood safety socialization has been done by BPOM-RI during 2011-2015. This activity was held by Directorate General of Surveilance and food safety. This activity were includes in both presentation (interpersonnal comunication) and mass comic distributions of food safety to public school at Johar Baru District. The aims of this research are: (1) to analyzue the adoption and innovation stage of this socialization program; (2) to idenify the behavioral imoact of communicant after the socialization program. This research is using a descriptive qualitative method, with interactive data anaysis by having soome deep interviews with some institutions such as teachers, students, and afetaria vendors in both SDN Johar Baru 29 Pagi, Jakarta and SDN Johar Baru 09 Pagi Jakarta during January-Macrch 2018. Based on this reserach regarding to adoption and innovation process of food safety socialization by BPOM-RI, we can conclude that interpersonal communication is more affectve than using mass comic production. The indicators are includes kognitive, affective or bahavioral (conative) to teachers, students and caferia vendors in some public schools in both SDN Johar Baru 29 pagi Jakarta  and SDN Johar Baru 09 Pagi Jakarta. ABSTRAKKegiatan penyuluhan keamanan pangan telah dilakukan oleh BPOM-RI pada tahun 2011-2015. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Ssurveilan dan Keamanan Pangan. Kegiatan penyuluhan ini terdiri dari presentasi (komunikasi interpersonal) dan pendistribusian komik keamanan pangan ke sekolah-sekolah  yaitu SDN Johar Baru 29 pagi Jakarta dan SDN Johar Baru 09 Pagi Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah utnuk melakukan identifikasi tentang proses adopsi inovasi dari kegiatan penyuluhan keamanan pangan yang telah dilakukan; (2) dampak perubahan sikap komunikan dari kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan melalui wawancara mendalam kepada beberapa pihak terkait yaitu guru-guru, siswa, dan penajaja kantin di SDN Johar Baru 29 Pagi Jakarta dan SDN Johar Baru 09 Pagi Jakarta selama bulan Januari-Maret 2018. Berdasarkan hasil penelitian, terkait dengan proses adopsi dan inovasi penyuluhan keamanan pangan yang telah dilakukan oleh BPOM-RI dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan melalui komunikasi interpersonal lebih efektif dibandingkan dengan pendistribusian komik. Beberapa indikator tersebut diantaranya adalah dilihat dari perubahan sikap yang ditunjukkan guru-guru, siswa dan penjaja kantin di SDN Johar Baru 29 pagi dan SDN 09 Pagi Jakarta. 
Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Komunikasi Data di PJKKD BATAN Dewi Hernikawati
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.936 KB) | DOI: 10.31445/jskm.2018.220103

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik maka BATAN sebagai instansi Pemerintah membuat Peraturan untuk mengatur pelayanannya. Peraturan Kepala BATAN Nomor 212/KA/XII/2011  pada pasal 10-huruf I menyebutkan bahwa Penyelenggara Pelayanan BATAN harus memperhatikan tingkat kepuasan pelanggan. Dalam tulisan ini akan melakukan analisis terhadap indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang dilakukan oleh bidang PJKKD (Pengelolaan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data). Metode pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling berupa convenience sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Hasilnya adalah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan yang dilakukan oleh PJKKD memiliki nilai 2.999 dan termasuk dalam kategori Baik.
Back Cover Vol 22 (1) Juni 2018 Damanik, Marudur Pandapotan
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.608 KB) | DOI: 10.31445/jskm.2018.%x

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 28 No No. 2 (2024): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA (JSKM) Vol 28 No No 1 (2024): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA (JSKM) Vol 27 No 2 (2023): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA (JSKM) Vol 27 No 1 (2023): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 26 No 2 (2022): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 26 No 1 (2022): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 25, No 2 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 24, No 2 (2020): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 24, No 1 (2020): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 23, No 2 (2019): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 23, No 1 (2019): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 2 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 2 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 2 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 2 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 1 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 1 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 20, No 2 (2016): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 20, No 1 (2016): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 19, No 2 (2015): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 19, No 1 (2015): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 18, No 2 (2014): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 18, No 1 (2014): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 17, No 2 (2013): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 16, No 2 (2012): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 16, No 1 (2012): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 15, No 2 (2011): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 15, No 1 (2011): Jurnal Studi Komunikasi dan media More Issue