cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Studi Komunikasi dan Media
ISSN : 19785003     EISSN : 24076015     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media" : 6 Documents clear
Pola Jaringan Komunikasi pada Partisipasi Politik Akar Rumput (Studi Netnografi Media Sosial Twitter pada Aksi Bela Islam) Rofiah Rofiah; Sumardjo Sumardjo; Sarwititi Sarwoprasodjo; Djuara P Lubis
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31445/jskm.2021.3430

Abstract

"Aksi Bela Islam" adalah sebuah bentuk partisipasi politik di tingkat akar rumput. Terdapat dua narasi besar dalam memaknai aksi bela Islam, yang saling bertentangan, hingga mengakibatkan terjadinya konflik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana media sosial twitter membuat individu-individu terkoneksi dalam jaringan komunikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya dua pola jaringan komunikasi, yang pertama jaringan komunikasi yang bersifat terpusat sehingga menciptakan polarisasi berupa narasi eksklusif kedua belah pihak yang saling mengedepankan tafsir masing-masing atas suatu ide politik.  Polarisasi terutama di picu oleh pola beradu trending tagar. Pola jaringan komunikasi yang kedua bersifat menyebar dan terbuka antar kedua belah pihak sehingga dapat saling berpartisipasi dalam pertukaran ide. Model ini membuka ruang komunikasi yang bersifat dialogis dan konvergen diantara komunitas-komunitas yang ada di twitter. Komunikasi dialogis dan konvergen tersebut dimediasi oleh terbentuknya komunitas twitter melalui tagar bersama dengan narasi yang lebih inklusif. Penelitian ini dianalisa dari perspektif jaringan komunikasi, melalui pendekatan netnografi.
Metafora sebagai Kekuatan Retorik dalam Editorial Media Massa Mulharnetti Syas; Udi Rusadi
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31445/jskm.2021.3663

Abstract

 Editorial as a space of opinion for the media trying to influence its readers both through the structure of editorial anatomy and the use of language. One aspect of language is the use of metaphors. This article reports the results of research about how the rhetorical power of metaphors in the structure of editorial anatomy. The concepts and theories used are about metaphors as thoughts, editorial structures, and persuasive acts of rhetoric, namely: logos, ethos, and pathos. The method used to find the rhetorical meaning of the metaphor is the Metaphor Identification Procedure (MIP) that was presented by the Pragglejaz. The editorial studied is the editorial of the Republika Newspaper and Media Indonesia Newspaper. The results of the study showed that there are two major issues, namely the issue of a new cabinet and the issue of corruption. Metaphors are used in the anatomy of editorial attention, conviction, and direction, but they are not comprehensive. Metaphors become rhetorical powers as part of logos and phatos. The metaphors used in the new cabinet issue give warnings and demands to the elected president about the cabinet being drafted. The metaphors used in the issue of corruption build a picture and thought that the existing parliament does not have legitimacy as people's representatives. Theoretically, this research finds a double metaphorical rhetoric with an editorial anatomical structure that reinforces the persuasive dimensions of rhetoric on the elements of logos and phatos.Keywords: Editorial, Media, Metaphor, Rhetoric, StructureEditorial sebagai ruang opini bagi media berusaha untuk memengaruhi pembacanya, baik melalui struktur anatomi editorial, maupun penggunaan bahasa. Salah satu aspek bahasa adalah penggunaan metafora. Artikel ini melaporkan hasil penelitian tentang bagaimana  kekuatan retorik metafora dalam struktur anatomi editorial. Konsep dan teori yang digunakan ialah tentang metafora sebagai pemikiran, struktur editorial, dan tindakan persuasif retorika, yaitu:  logos, ethos dan pathos. Metode yang digunakan untuk menemukan makna retorik metafora ialah Metaphor Identification Procedure (MIP) yang dikemukakan Pragglejaz Group.  Editorial yang diteliti ialah editorial Suratkabar Republika dan Media Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat dua isu besar yang mengunakan metafora, yaitu isu kabinet baru  dan isu  korupsi. Metafora digunakan pada anatomi editorial attention, conviction, dan direction, tetapi tidak menyeluruh. Metafora menjadi kekuatan retorik sebagai bagian dari  logos dan phatos. Metafora yang digunakan dalam isu kabinet baru memberikan peringatan dan tuntutan pada presiden terpilih tentang kabinet yang disusun. Metafora yang digunakan dalam isu korupsi membangun gambaran dan pemikiran bahwa parlemen yang ada tidak memiliki legitimasi sebagai wakil rakyat. Secara teoritis,  penelitian ini menemukan retorika ganda (double rehoric)  metafora dengan struktur anatomi editorial yang memperkuat dimensi persuasif  reorika pada unsur logos dan phatos. Kata Kunci:  Editorial, Media, Metafora; Retorika, Struktur
Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik Farida Dwi Cahyarini
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31445/jskm.2021.3780

Abstract

Pada  era  digital  seperti  saat  ini  pemimpin  organisasi  harus  mengembangkan  kapasitas  kepemimpinannya sesuai kebutuhan dan tuntutan masyarakat, utamanya dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis   implementasi   kepemimpinan   digital   yang   diharapkan   menjadi   salah   satu   kunci   dalam pengembangan  kompetensi  digital  pelayanan  publik  perizinan  Spektrum  Frekuensi  Radio  pada  Direktorat Operasi  Sumber  Daya  Ditjen  SDPPI.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  studi  kasus,  dengan  teknik pengumpulan  data  penelitian  menggunakan  studi  literatur  yang  berasal  dari  dokumen,  laporan,  buku-buku, jurnal ilmiahyang relevan dengan penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalahteknik analisis data dan   analisis   SWOT.   Hasil   penelitian   menjelaskan   bahwa   dengan   implentasi   kepemimpinan   digital  mendorong  pemanfaatan  teknologi  informasi  yang  maksimal  sehingga  menghasilkan  perbaikan  pelayanan publik  berbasis  digital,  yang  tercermin  dari  berbagai  capaian  prestasi.  Walaupun  semua  indikator  sudah memuaskan  pengguna  layanan,  masih  terdapat  harapan  perbaikan  pelayanan  yang  lebih  baik  pada  bidang-bidang tertentusehingga Unit Layanan ini harus menjawab dengan meningkatkan layanan publiknya di masa-masa   yang   akan   datang   dengan   pengembangan   kompetensi   digital   petugas   pelayanan   sesuai   standar kompetensi jabatan secara terencana dan terukur.
Persepsi Mahasiswa terhadap Learning Management System (LMS): Pengaruh Lokasi, Perangkat dan Analisis Kepuasan Mahasiswa Andi Saputra; Susiana Susiana
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31445/jskm.2021.3591

Abstract

LMS is one of the many online learning models that are applied as online learning media in universities. This model is believed to be able to overcome the high cost of internet packages incurred by students when using online meeting applications. This study aims to measure the level of student satisfaction and perceived with the Ilearn application, with the Moodle platform, which is used by Andalas University. Student perceptions were measured using 6 categories, namely: (a) student interaction with lecturers; (b) student interactions with other students; (c) internet devices and access; (d) motivation to learn); (e) participation during lectures; and (f) perception and absorption of material. Measurement of the level of satisfaction is calculated using descriptive statistical methods. These variables were analyzed based on gender, study period, location of residence, and the instruments used using the one way ANOVA method. This study concluded that the level of satisfaction felt by students as a whole was quite low, especially for the items of internet access, focus and concentration of lectures, and active participation in lectures. It was also concluded that there was no significant effect of gender, location, and the tools used on the level of satisfaction and uptake of recovery materials. Meanwhile, the study period had a significant effect on the level of satisfaction felt by students
Konvergensi Media pada Podcast Radar Jogja Digital dalam Publikasi Berita dan Perluasan Segmentasi Audiens Diyah Ayu Karunianingsih
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31445/jskm.2021.3528

Abstract

Gelombang media baru dianggap menjadi momok penggerus media massa cetak. Namun mediamorfosis yang dilakukan media cetak justru membuka peluang untuk bertahan bahkan menjadi media alternatif penyebarluasan berita dengan melakukan kovergensi media memanfaatkan multiplatform. Saat ini tren peminat podcast terus meningkat. Penelitian berusaha membuktikan bahwa podcast membuka ruang bagi media massa untuk menjadi model penyiaran alternatif masa depan yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh media penyiaran namun juga media cetak. Penelitian dilakukan untuk menemukan model konvergensi media yang dilakukan podcast Radar Jogja Digital, dan menganalisis strategi perluasan segmentasi audiens melalui podcast Radar Jogja Digital. Penelitian berupa deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menemukan bahwa podcast Radar Jogja Digital merupakan platform dibawah Media Online Radar Jogja Digital. yang telah menerapkan 3 jenis konvergensi jurnalistik meliputi konvergensi newsroom, konvergensi news gathering, dan konvergensi konten. Podcast Radar Jogja Digital juga telah menerapkan konvergensi kontinum, berupa cross-promotion, cloning, coopetition, content sharing, namun belum sepenuhnya menerapkan full coverage karena keterbatasan sumber daya manusia. Pengembangan podcast Radar Jogja Digital merupakan strategi perluasan segmentasi audiens Radar Jogja, yang awalnya merupakan media massa mainstream cetak. Sasaran segmentasi audiens podcast Radar Jogja Digital adalah generasi milenial dan terbukti pendengar podcast paling banyak dari sisi usia adalah generasi milenial, sementara dari sisi geografi mampu mendapatkan pendengar dalam skop nasional bahkan internasional. Hasil penelitian diharapkan memberi pengetahuan tentang model konvergensi podcast yang dilakukan media cetak, dan dengan konvergensi media yang dilakukan menunjukkan bahwa podcast dapat menjadi media alternatif penyiaran berita yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh media penyiaran namun juga media cetak
Digital-Based Media Organization Communication Strategy: An Ethnomethodology Study Gatut Priyowidodo; Chory Angela Wijayanti; Titi Nur Vidyarini
Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Publisher : BPSDMP Kominfo Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31445/jskm.2021.3272

Abstract

The purpose of this study is to find out the strategy and communication model of techno-entrepreneurs or business actors in the field of start-up business in digital media. This research uses ethnomethodology method. Data analysis techniques are carried out through conversation analysis with the help of NVIVO 12 Software. The validity test of the data uses source and theory triangulation. The findings of this study cover two important aspects. The first communication strategy used in digital media management. Includes six things, namely management of communication, the use of communication channels, planning carried out by institutions, communication channels to drive the wheels of the organization, communication media used and who are the parties involved as communicators for both internal and external. The second finding is the factors that influence the formation of the strategy includes two aspects. First, it is the company's internal conditions. Digital-based business information must be supported by a combination of two core strengths. Those are professionals in information technology and professional management skills in the field of digital media. There are both relations with strong external parties. Business survival is determined by three important stakeholders. They are advertisers as sources of corporate income, sources as suppliers of production materials, and readers/subscribers as consumers.  

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 28 No No. 2 (2024): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA (JSKM) Vol 28 No No 1 (2024): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA (JSKM) Vol 27 No 2 (2023): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA (JSKM) Vol 27 No 1 (2023): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 26 No 2 (2022): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 26 No 1 (2022): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 25, No 2 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 25, No 1 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 24, No 2 (2020): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 24, No 1 (2020): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 23, No 2 (2019): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 23, No 1 (2019): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 2 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 2 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 22, No 1 (2018): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 2 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 2 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 1 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 21, No 1 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 20, No 2 (2016): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 20, No 1 (2016): JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol 19, No 2 (2015): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 19, No 1 (2015): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 18, No 2 (2014): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 18, No 1 (2014): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 17, No 2 (2013): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 16, No 2 (2012): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 16, No 1 (2012): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 15, No 2 (2011): Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 15, No 1 (2011): Jurnal Studi Komunikasi dan media More Issue