cover
Contact Name
Bambang
Contact Email
bambang.afriadi92@gmail.com
Phone
+6285692038195
Journal Mail Official
bambang.afriadi92@gmail.com
Editorial Address
LPPM UNJ, Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.6-7, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25978659     DOI : https://doi.org/10.21009/jmp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish research results from the work of students and lecturers in the fields of Educaton anagement and Education Administration. Articles can be in the form of theoretical studies or research results written in Indonesian or English
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan" : 5 Documents clear
The Implementasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara Melalui Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Ilham Mayudho
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.291 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v13i1.26989

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan terkait implementasi peningkatan kesadaran bela negara melalui kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. Dalam melakukan penelitian ini terdapat metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi literatur, karena dalam penelitiannya semua data yang ditelaah dan yang dikumpulkan untuk bahan penelitian berasal dari berbagai sumber jurnal atau juga sumber referensi lainnya yang mendukung secara online. kegiatan PKKMB bagi mahasiswa baru dilakukan aktivitas bela negara dengan diberikannya sebuah idealisasi yaitu menanamkan Ideologi Pancasila. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa terhindar dari radikalisme. Tujuan civitas kampus dalam melaksanakan kegiatan ini yaitu sebagai suplai penanaman modal awal terhadap mahasiswa baru untuk lebih memahami pentingnya bela negara dan bahayannya radikalisme serta dapat mengambil langkah dan keputusan yang baik dan selektif dalam melakukan pergaulan di kawasan penyelenggara pendidikan tinggi.
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN UNTUK PENGELOLAAN KEUANGAN DI PERGURUAN TINGGI NEGERI BADAN HUKUM (PTN-BH) Nadiya Tamara
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.953 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v13i1.27037

Abstract

Otonomi pengelolaan perguruan tinggi tercantum dalam UU Nomor 12 Tahun Tahun 2012 yang mencakup tata kelola keuangan atau pendanaan untuk Perguruan Tinggi Negeri. Dalam Pasal 64 UU/12 Tahun 2012 disebutkan Otonomi pengelolaan Perguruan Tinggi meliputi bidang akademik dan bidang non akademik. Dalam pengelolaan keuangan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sampai sekarang belum ada standar keuangan yang dapat digunakan. Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Bentuk Dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Pasal 20 disebutkan bahwa Laporan keuangan PTN-BH disusun berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang cocok untuk digunakan PTN-BH Metode yang digunakan adalah study literature dari berbagai jurnal dengan memperoleh data di pustaka, mengelompokkan sumber, dan meyusun bahan penelitian kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian terlihat perbedaan dalam laporan keuangan antara PSAK 45 dengan PSAK ETAP. PSAK 45 sangat tepat untuk dijadikan dasar rujukan dalam menyusun laporan keuangan bagi PTN-BH yang memiliki karakteristik nirlaba.
Peran Humas Sebagai Fasilitator Publikasi Informasi dan Dokumentasi Di Perguruan Tinggi Luthfia Amanda
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.141 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v13i1.27048

Abstract

Manajemen Humas dalam Lembaga Pendidikan tinggi adalah usaha meciptakan hubungan harmonis antara suatu Lembaga dengan masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal balik atau dua arah. Publikasi atau fasilitator komunikasi (communication facilitator). Dalam hal ini, public relations atau Humas bertindak sebagai penghubung, penerjemah, dan mediator antara organisasi dan publik. penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa studi kasus dari jurnal penelitian, buku dan artikel-artikel yang membahas tentang topik yang diangkat oleh penulis yang biasa disebut studi literature.publikasi merupakan cara yang sering digunakan oleh humas untuk mempromosikan lembaganya. Biasanya dilakukan dengan dua cara yakni secara langsung maupun tidak langsung.
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PENDIDIKAN TINGGI Naura Dinda Nurulita
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.622 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v13i1.27049

Abstract

Terjadinya masa pandemi covid-19 dan tuntutan perkembangan teknologi pada era revolusi industri mengharuskan seorang pendidik mampu berinovasi dalam mengemas proses belajar mengajar agar lebih efisien dan menarik. Proses pembelajaran harus mengutamakan keterampilan dan dituntut harus menekankan aspek-aspek kreativitas dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi dan kolaborasi. Blended Learning bisa menjadi salah satu alternatif dan strategi yang efektif dilakukan di perguruan tinggi. Sebuah inovasi pembelajaran dengan tujuan utamanya memberikan kesempatan bagi berbagai karakteristik agar terjadi proses belajar mandiri, berkelanjutan, belajar sepanjang hayat sehingga belajar akan menjadi efektif, lebih efisien, menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi blended learning sebagai inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 bagi pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah study literature dari berbagai jurnal dengan memperoleh data di pustaka, mengelompokkan sumber, dan menyusun bahan penelitian kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian didapatkan keefektifan implementasi pembelajaran di perguruan tinggi dengan menggunakan model blended learning.
MANAJEMEN MARKETING JASA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL Sugeng Lubar Prastowo; Bagus Manunggal
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.114 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v13i1.28335

Abstract

Teknologi informasi digital menjadi media digital marketing bagi lembaga jasa pendidikan, dalam memperkenalkan sekaligus memperbaiki citra pendidikan. Melalui pemasaran digital, calon konsumen akan mengenal, dan tertarik untuk lebih mengetahui lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini berfokus pada strategi marketing yang digunakan untuk meningkatkan citra pendidikan pada lembaga pendidikan, serta menjelaskan platform digital marketing apa yang strategis untuk meningkatkan minat masyarakat memilih tempat pendidikan yang ditawarkan. Metode penelitian menggunakan literature review, dengan sumber analisis dari artikel-artikel jurnal ilmiah yang bereputasi. Hasil analisis ditarik kesimpulan, bahwa pemasar jasa pendidikan sebaiknya melakukan identifikasi terlebih dahulu atas permasalahan, kebutuhan, keinginan dan potensi masyarakat, kemudian melakukan segmentasi pasar, targeting, dan positioning pada produk jasa pendidikan. Pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan teknik pemasaran yang dikenal dengan bauran pemasaran 7P, yaitu penentuan produk (product), harga (price), lokasi (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence).

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 15 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 15 No 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 15 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 9 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 2 Desember 2018 Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 1 Juli 2018 Vol 8 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 2 Desember 2017 Vol 8 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 1 Juli 2017 Vol 7 No 2 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 2 Desember 2016 Vol 7 No 1 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 1 Juli 2016 Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 2 Desember 2015 Vol 6 No 1 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 1 Juli 2015 Vol 5 No 2 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 2 Desember 2014 Vol 5 No 1 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Juli 2014 Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Desember 2013 Vol 4 No 1 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Juli 2013 Vol 3 No 2 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Desember 2012 Vol 3 No 1 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 1 Juli 2012 Vol 2 No 2 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Desember 2011 Vol 2 No 1 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Juli 2011 Vol 1 No 2 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Desember 2010 Vol 1 No 1 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Juli 2010 More Issue