cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
JURNAL LENTERA
Published by Universitas Almuslim
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol.11 No.3 Nopember 2011" : 3 Documents clear
PEPERANGAN ANTARA ROMAWI DAN PERSIA (Analisis Pendidikan ‘Aqidah pada Surat Ar – Rum, Ayat 1 – 7) M.Ed, Drs. Syarkawi
JURNAL LENTERA Vol.11 No.3 Nopember 2011
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peperangan ibarat suatu pertandingan, ada yang menang dan ada yang kalah. Peperangan yang pernah terjadi antara dua bangsa yang besar antara Romawi dan Persia. Keudanya pernah menang dan pernah kalah. Peperangan ini sangat menjakjubkan dan berlangsung lumayan lama. Akan tetapi kemenangan masing-masing pihak terjadi dan bertahan dalam waktu yang relative singkat. Hal yang menakjubkan adalah kekalahan bangsa Romawi diabadikan oleh Allah SWT dalam Al Quran, Surat Ar – Rum, ayat 1 – 7. Peristiwa sejarah perang tersebut sangat menarik untuk dikaji, karena ternyata bukan kekuatan dan kecanggihan senjata dan kehebatan taktik perang serta besarnya kekuasaan yang membuat suatu bangsa akan menang. Atau sebaliknya, bukan karena lemah strategi perang dan bala tentara yang kurang menguasai siasat perang atau ketidakcanggihan senjata yang mereka gunakan. Akan tetapi semuanya tergantung pada pertolongan dan izin Allah SWT semata. Itulah kekuatan dan keperkasaan Allah, kedua bangsa besar itu bisa di kalahkan oleh Islam sebagai Dienul Haq yang didasari pada Aqidah dan keyakinan yang sebenarnya. Kekuatan Aqidah dan keimanan yang teguh dan mantap para mukmin dengan izin Allah terbukti bisa meraih kemenangan besar, abadi dan hakiki. Kata kunci: Peperangan, Bangsa Romawi, Bangsa Persia, ’Aqidah, Ahlul Kitab, Peradaban, Kemenangan, Kekalahan dan kegemilangan
PENGARUH PETA KONSEP FISIKA TERHADAP REMEDIASI MISKONSEPSI DAN PEMAHAMAN KONSEP BAGI SISWA DI SMA Taufiq, Muhammad
JURNAL LENTERA Vol.11 No.3 Nopember 2011
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah melakukan pengembangan fasilitas belajar, khususnya pengembangan teks fisika bermuatan peta konsep dan perubahan konseptual yang kontekstual untuk pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan research and development (R&D). Penelitian tahun pertama (2009) adalah untuk melakukan pengembangan dan validasi produk. Segi konten, pengembangan produk mengintegrasikan kontek, konteks, dan strategi penyajian isi berupa peta konsep dan model perubahan konseptual. Segi metodologis, validasi produk menggunakan pendekatan formative testing berbasis experts judgment dan summative testing berbasis signifikansi perbedaan antara skor-skor pretest dan posttest.  Berdasarkan hasil analisis data tahun I (2009), diperoleh bahwa buku teks fisika yang digunakan oleh guru maupun siswa  saat ini dalam pembelajaran fisika di SMA-SMA di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh masih menggunakan buku teks fisika biasa, dimana belum memuat sajian contoh-contoh miskonsepsi di dalam setiap bab atau sub bab, belum memuat sajian masalah yang bersifat konseptual atau kontekstual, belum memuat panduan demontrasi atau analogi, belum memuat sajian aplikasi konsep atau prinsip. Demikian pula pembelajaran cenderung hanya untuk mengantisipasi UAN, OLIMPIADE, pembelajaran tidak dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata. Sedangkan hasil uji kelayakan pakai teks fisika bermuatan peta konsep dan perubahan konseptual yang kontekstual pada siswa kelas I SMA di Bireuen diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada saat siswa setelah menggunakan teks fisika bermuatan peta konsep dan perubahan konseptual yang kontekstual. Kata Kunci: Teks Fisika, Peta Konsep, Miskonsepsi
ESTIMASI PARAMETER PADA KENDALI ADAPTIF DENGAN METODA LEAST SQUARE Aziz, Iskandar
JURNAL LENTERA Vol.11 No.3 Nopember 2011
Publisher : JURNAL LENTERA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Estimasi parameter dalam kontrol adaptif sangat penting mengingat prinsip bahwa hasil estimasiparameter yang diperoleh dianggap benar. Bidang identifikasi menjadi disiplin ilmu yang pentingIdentifikasi secara mendasar adalah mengembangkan representasi matematika sutu sitem fisikamenggunakan data eksperimen. Sistem identifikasi berdasarkan least square fit dapatdigunakan untuikmenentukan parameter yang cocok untuk suatu sistem. Metoda least square ini akan diterapkan dalammengestimasi parameter suatu plant berupa motor DC dalam penerapannya sebagai aktuator padapengontrolan posisi. Penentuan parameter ini akan dilakukan dalam katagori estimasi least squarekontinu sebagai tinjauan yang berbeda dari katagori estimasi paremeter secara diskrit diskrit. Hasildari metoda kontinu dapat pula diterapkan mengingat kecepatan sistem hardware software yang sudahcukup tinggi dewasa ini.Kata kunci : Identifikasi, Estimasi, Least square

Page 1 of 1 | Total Record : 3