cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 38 Documents
Search results for , issue " Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer" : 38 Documents clear
Media Pembelajaran Sholat Jenazah Berbasis Multimedia Sugiharto, Dana Agus; Timur Astuti, Bekti Ratna
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The body is a kind of prayer prayers conducted for Muslim bodies. Every Muslim who died both men and women must disholati by Muslims who are still living with the obligatory legal status kifayah. One of the functions of the computer as a medium of information and data processing is effective for the users who can then be combined with multimedia. Multimedia can be simply defined as more than one medium or a combination of text, images, audio, animation and video. The information generated in this multimedia sisitem tidaka can only be seen from the printout, but also his voice can be heard and seen pictures. The purpose of this study was to implement Prayer body by combining multimedia technologies with software macromedia director. The method of writing data to the methods used were literature, interviews, observation methods, methods of implementation, and testing methodsAbstraksi sholat Jenazah adalah jenis sholat yang dilakukan untuk jenazah muslim. Setiap muslim yang meninggal baik laki-laki maupun perempuan wajib disholati oleh muslim yang masih hidup dengan status hukum fardhu kifayah. Abstract: Salah satu fungsi dari komputer adalah sebagai media informasi dan pengolahan data yang efektif bagi masyarakat pengguna yang selanjutnya bisa dipadukan dengan multimedia. Multimedia secara sederhana dapat diartikan sebagai lebih dari satu media atau gabungan dari teks, gambar, suara audio, animasi dan video. Informasi yang dihasilkan dalam sisitem multimedia ini tidaka hanya dapat dilihat dari hasil cetaknya tetapi juga dapat didengar suaranya dan dilihat gambarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan Sholat Jenazah dengan cara memadukan teknologi multimedia dengan menggunakan software macromedia director. Metode dari penulisan data yang dipergunakan adalah dengan metode kepustakaan, metode wawancara, metode observasi, metode implementasi, dan metode uji coba Kata kunci : Media Pembelajaran sholat jenazah
Perancangan Sistem Pengolahan Data Administrasi Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Rembang Berbasis Web Sholikhin, Akhmad; Supriyadi, Eko
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini berkembang dengan begitu pesatnya. Hal itu juga didukung oleh sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas. Berbagai informasi dan pengelolaan manajemen instansi saat ini sangat mendukung untuk bisa dikembangkan menjadi sistem yang mengandalkan kemajuan teknologi. Pengolahan Data Administrasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rembang saat ini sebagian besar masih menggunakan sistem konvensional dengan mencatat dalam buku, seperti proses pembayaran administrasi siswa, kenaikan kelas dan pengolahan nilai, meskipun ada beberapa pekerjaan yang sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi, seperti rekap nilai akhir tahun. Tujuan utama penelitian ini adalah pembuatan sistem pengolahan data yang dapat digunakan untuk administrasi siswa. Penelitian ini diharapkan agar memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan pengolahan nilai, pembayaran sekolah, serta kenaikan kelas yang dilakukan oleh bapak, ibu guru pengajar dan petugas tata usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kepustakaan, analisis, perencanaan, perancangan atau desain, pembangunan, uji coba sistem serta implementasi sistem. Kata Kunci : Administrasi , SMKN 1 Rembang Abstract: Developments in science and technology is developing so rapidly. It was also supported by the natural resources and human resources are adequate and qualified. A variety of management information and management strongly supports the agencies to be developed into a system that relies on technological advances. Data Processing Administration in Vocational High School (SMK) School 1 Rembang now most still use the conventional system with the notes in the book, such as the payment of student administration, grade and processing increases the value, although there are some jobs that have been using computerized systems, such as year-end recap. The main objective of this study is the creation of data processing systems which can be used for student administration. This study is expected to provide the ease of implementation of the value of the processing, payment of school, as well as higher grade by father, mother, teacher educators and administrators. The method used in this study were observation, interviews, library research, analysis, planning, design or the design, development, system testing and system implementation. Keywords : Administration , Vocational High School (SMK) School 1 Rembang
Proses Produksi Video Klip Menggunakan Kamera Digital Berbasis Multimedia Urbani, Yunanto Happi; Purnama, Bambang Eka
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Produksi Audio – Video yang biasa disebut produksi video klip dewasa ini sangat beragam variasi dalam teknik proses produksinya. Ada yang menggunakan kamera MD, HD, bahkan kamera DSLR. Namun dengan semua teknik tersebut tidak kalah juga dengan teknik pengambilan video yang menggunakan kamera digital. Asalkan kualitas lensa dari kamera digital sudah cukup lumayan jernih, maka dapat digunakan untuk pengambilan gambar video atau syuting. Karena dalam proses produksi video klip tidak mutlak menggunakan mikrofon eksternal, atau yang biasa disebut Gain Mic. Proses produksi video klip tidak membutuhkan perekaman atau pengambilan suara sewaktu syuting, jadi tidak perlu menggunakan gain mic atau mikrofon eksternal, hanya dibutuhkan kualitas gambar yang jernih saja. Jika dilakukan dengan kamera digital yang mempunyai resolusi cukup jernih, maka semua itu dapat terwujud dengan baik. Asalkan teknik pengambilan view angle cukup variatif dan kreatif, maka hasilnya akan cukup bagus. Karena suara atau audio dalam video klip sudah siap tersediadalam bentuk rekaman yang sudah siap pakai, yaitu berupa rekaman lagu. Disamping juga memerlukan teknik editing video yang harus cermat dan teliti, apalagi jika bisa menambahkan efek teknik editing yang bervariasi, maka akan menghasilkan video klip yang sangat bagus. Kekuatan teknik editing video merupakan implementasi dari penggunaan aplikasi multimedia yang memegang peranan penting dalam proses produksi sebuah video. Tentunya harus cukup tepat dalam pemilihan software editing yang digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana cara proses memproduksi sebuah video klip dengan menggunakan kamera digital dan aplikasi multimedia. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sebuah video klip dengan proses produksi yang cukup efisien. Manfaatnya untuk memberikan referensi yang kreatif dan variatif dalam teknik pembuatan sebuah video klip. Kata kunci / Key word : Produksi Audio – Video, Multimedia
Komputerisasi pengolahan data perpustakaan Pada MTs Negeri Gembong Pati Berbasis Multiuser ., Sunandar
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: In the era of globalization, technological development is very fast, so we have to keep up with technology over time, technology can help us to send, receive or obtain information quickly and widely in use by agencies and institutions because of its simplicity But not all schools have the facilities and infrastructure, such as those in MTs Gembong district. Starch, a data processing system libraries still use manual methods such as book search that requires a long time to find the book in the search. From this research can facilitate data processing system that runs the library there and minimize difficulties book search in large numbers Abstrak : Di era globalisasi perkembangan teknologi sangatlah cepat, sehingga kita harus mengikuti perkembangan teknologi dari waktu ke waktu, teknologi dapat memudahkan kita mengirim, menerima atau mendapatkan informasi dengan cepat dan banyak di gunakan oleh lembaga- lembaga dan intitusi karena kemudahannya Namun tidak semua sekolah mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap, seperti yang ada di MTs Negeri Gembong Kab. Pati, sistem pengolahan data perpustakaannya masih menggunakan metode manual seperti saat pencarian buku yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencari buku yang di cari. Dari penelitian ini diharapkan dapat memudahkan sistem pengolahan data perpustakaan yang berjalan di sana dan meminimalisasi kesulitan pencarian buku dengan jumlah yang banyak Kata kunci: perpustakaan, sistem informasi
Perancangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 3 Pada Sekolah Dasar Islam Kauman Kabupaten Pati Waluyo, Teguh
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstraksi: Perubahan global dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi, terutama yang berhubungan dengan sistem pendidikan di sekolah menuntut adanya perubahan sikap guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan mengembangkan media pembelajaran konvensional menjadi lebih efektif, efisien dan edukatif menggunakan komputer multi media sangat membantu guru dalam penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Saat ini game menjadi salah satu bagian dalam kehidupan masyarakat modern dari anak kecil sampai dengan orang dewasa. Banyaknya orang yang memainkan game maka pengembangan game mulai mengarah ke dalam industri game edukasi. Hal ini dimaksudkan selain mendapatkan hiburan dalam bermain game, pemain juga mendapatkan nilai tambah yaitu pengetahuan. Namun siswa didik SD Islam Kauman masih membutuhkan media tanya jawab yang menarik agar dapat membantu daya ingat dan melatih kecerdasan siswa dari materi pelajaran yang telah disampaikan. Sedangkan guru membutuhkan suatu media pembelajaran yang mampu membantu dalam mempermudah pembelajaran siswa dalam menerima pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru. Saat ini sistem pengajaran di SD Islam Kauman adalah mengajar dengan cara metode konvensional. Dan siswa kebanyakan tidak memperhatikan pelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui prosedur membuat game yang dapat meningkatkan daya pikir dan kretifitas anak. Selain membuat game untuk bermain, penulis juga membuat game untuk membantu proses belajar mengajar. Dari penelitian ini diharapkan tercipta game yang mampu meningkatkan pola pikir anak sekaligus menambah pengetahuan anak, yang tidak bersifat hiburan semata tetapi juga sebagai media pendidikan. Dan nantinya media game education yang dibangun memberikan tambahan referensi metode baru dalam pembelajaran. Kata kunci/Key word : Game Edukasi, IPA
Implementasi Disaster Recovery Plan Dengan Sistem Fail Over Menggunakan Drbd Dan Heartbeat Pada Data Center Fkip Uns Afif, Mohammad Faruq; Suryono, Tito
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Disaster Recovery Plan (DRP) adalah suatu terminologi yang sudah banyak dikenal oleh perusahaan-perusahaan yang basis bisnisnya adalah teknologi informasi (TI). Dunia bisnis yang kegiatan bisnisnya ditopang oleh TI, dituntut untuk memiliki sistem yang high availability. Oleh karena itu, sebuah perusahaan tidak bisa lepas dari adanya perencanaan tentang terjadinya force majeure pada data dan infrastruktur TI yang dimiliki perusahaan tersebut. Demikian juga dengan instansi perguruan tinggi (PT) yang telah menerapkan e-administration dalam sistem administrasi. Sebuah sistem dan infrastruktur TI dengan availabilitas yang tinggi merupakan tuntutan PT untuk memberikan layanan yang prima kepada stakeholder. Untuk menghindari adanya force majeure yang dapat menimbulkan down time pada sistem e-administration diperlukan DRP yang diimplementasikan dengan management yang baik. Sistem Fail Over merupakan salah satu cara untuk mengatasi keadaan yang memaksa, apabila terjadi suatu kejadian yang mengakibatkan sistem utama down maka secara otomatis sistem backup akan menggantikan peran sistem utama. DRBD merupakan suatu aplikasi replikasi storage block device antar 2 buah server, yang memungkinkan melakukan sinkronisasi 2 server dengan metode Uptime, Synchronous dan Asynchronous. Sedangkan Heartbeat adalah sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi apabila server utama down maka Heartbeat akan secara otomatis mengarahkan peran server utama kepada server backup. Pada implementasi ini server utama dan server backup akan ditempatkan pada data center yang berbeda. kata kunci/Key word : backup data, disaster recovery plan, replikasi,
Pembuatan Prototipe Pintu Otomatis Satu Arah Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535 Menggunakan Double IR Maryanto, Hendra
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.352 KB)

Abstract

Abstract : Door represent a media which used as a way to enter in or go out from room. To water down a work required an efficient and effective appliance. The aim of this final project is to make a prototype one – way automatic door. A one way automatic door prototype have been made. In general this one way automatic door prototype designed to use the PIR sensor, microcontroller ATMEGA 8535, IC L293D and DC motor. Microcontroller accepted the input from PIR sensor, then microcontroller gave the output to IC L293D. Hereinafter output from IC L293D steped into the functioning DC motor to open and close the door. This one way automatic door prototype could give the amenity to open and close the door so that can economize the time and energy. To sum up, prototype of one-way automatic door can be used as the basis for someone who wants to make the real one-way automatic door. Abstrak : Pintu merupakan sebuah media yang digunakan sebagai jalan untuk masuk atau keluar dari ruangan. Untuk mempermudah suatu pekerjaan dibutuhkan suatu alat yang efektif dan efisien. Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat sebuah prototipe pintu otomatis satu arah. Sebuah prototipe pintu otomatis satu arah telah dibuat. Secara umum prototipe pintu otomatis satu arah ini dirancang menggunakan sensor PIR, mikrokontroler ATMega 8535, IC L293D dan motor DC. Mikrokontroler menerima input dari sensor PIR, kemudian mikrokontroler memberikan output kepada IC L293D. Selanjutnya keluaran dari IC L293D masuk ke motor DC yang berfungsi untuk membuka dan menutup pintu. Prototipe pintu otomatis satu arah ini dapat memberikan kemudahan untuk membuka dan menutup pintu sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Dapat disimpulkan bahwa prototipe pintu otomatis satu arah ini dapat digunakan sebagai dasar jika seseorang ingin membuat pintu otomatis satu arah yang sebenarnya. Mikrokontroler ATMega 8535, sensor PIR, IC L293D, motor DC.
Pembuatan Website Mi Sudirman Suruhkalang Kabupaten Karanganyar Hery Setyawan, Alfian Eko; Riasti, Berliana Kusuma
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstraksi: Pada Sekolah Dasar MI Sudirman Suruhkalang belum mempunyai website yang dinamis. Dengan demikian dalam penyampaian informasi yang digunakan oleh Sekolah Dasar MI Sudirman Suruhkalang masih menggunakan cara yang sederhana. Cara yang sederhana tersebut antara lain penyebaran informasi dengan penyebaran brosur dan pemasangan spanduk. Dengan penyebaran informasi yang demikian dirasakan masih memiliki banyak kekurangan, antara lain jangkauan penyebaran informasi yang kurang luas, muatan informasi yang terbatas, proses update informasi yang relatif kurang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan website SD MI Sudirman Suruhkalang dan SD MI Sudirman Suruhkalang memiliki media penyampaian informasi yang lebih efektif dan efisien. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan citra positif sekolah dan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi tentang sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan motode pengumpulan data yang meliputi metode kepustakaan, observasi, wawancara, analisis, perancangan, pembuatan web, uji coba, implementasi dan penguploadan website. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah Website SD MI Sudirman Suruhkalang.
Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Pinjaman Pada Unit Pengelola Keuangan Varia Usaha Desa Pringkuku Purnamasari, Titin; Wardati, Uli Indah
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT: In the current era of globalization will need a computer as a support activity increases rapidly. With the thoroughness of its computers increasingly used in various aplications such events in the data management process loans onthe financial management unit Pringkuku village. The existence of appropriate information systems will facilitate us in processing data by computer. One of the short comings of previous systems that still use the conventional system in terms of writing and data srorage. The benefit obtained by the computerized system is to facilitate the recording of transactions borrowers. With research methods, praktikan analyze existing data source for manufacturing systems, design input and output according to the analysis conducted, create forms and code a program so that the desired system In this study we can conclude that in order to create a website should perform data collection, design and manufacture of a database program well. In making a database program to consider the specifications of the computer software and hardware, so that in the process of making the program will be run properly. Key Word : Preparation of Loan Administration Information System ABSTRAKSI: Di era globalisasi sekarang ini kebutuhan akan komputer sebagai penunjang kegiatan meningkat pesat. Dengan ketelitian yang dimilikinya komputer makin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi kegiatan, seperti dalam proses pengelolaan data pinjaman pada Unit Pengelola Keuangan Varia Usaha Desa Pringkuku. Adanya sistem informasi yang tepat, akan memudahkan kita dalam mengolah data dengan sistem komputerisasi. Salah satu kekurangan dari sistem sebelumnya adalah masih menggunakan sistem konvensional dalam hal penulisan dan penyimpanan data. Manfaat yang diperoleh dengan sistem komputerisasi adalah mempermudah dalam pencatatan transaksi peminjam. Dengan metode penelitian praktikan menganalisis sumber data yang ada untuk pembuatan sistem, merancang input dan output sesuai analisis yang dilakukan, membuat form-form dan code program sehingga menjadi sistem yang diinginkan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghasilkan Sistem Informasi yang dapat mengolah data pinjaman yang efektif dan efisien. Kata Kunci : Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Pinjaman
Aplikasi Penggajian Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Pratama, Adhinta Nicho; Yulianto, Lies
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT: Payroll software applications in the District Office Kebonagung can help civil servants, particularly in terms of the effectiveness of the district treasurer and keefisiennya and inputting payroll data processing or editing of data in the District staff salaries Kebonagung Pacitan. Besides, with the implementation of this software, employee data either personal data can be obtained more quickly than data processing using Microsoft Word and calculate salary calculator tool. Payroll application at the District Office Kebonagung Pacitan created and designed by using the programming language Microsoft Visual Basic 6.0 and Microsoft Access 2007 database that aims to facilitate the collection of employee salaries also calculated according to the procedures applicable within a government agency. To all of which are reported later in the form of reports required by the Chief Financial District and to archive district employee at any time if asked about his salary kebonagung district. Keywords: Applications Payroll, Employee Performance, System. ABSTRAKSI: Perangkat lunak Aplikasi Penggajian Di Kantor Kecamatan Kebonagung ini dapat membantu pegawai khususnya bendahara kecamatan dalam hal keefektifan dan keefisiennya pengolahan data penggajian maupun penginputan atau pengeditan data gaji pegawai di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Disamping itu dengan implementasi perangkat lunak ini, data pegawai baik data personal dapat di peroleh lebih cepat dibandingkan dengan pengolahan data dengan menggunakan Microsoft Word dan menghitung gaji dengan alat bantu kalkulator. Aplikasi Penggajian di Kantor Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan dibuat dan dirancang dengan menggunakan Bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Access 2007 yang bertujuan untuk memudahkan pendataan para pegawai juga menghitung gaji pegawai menurut prosedur yang berlaku dalam suatu lembaga pemerintahan. Untuk nanti kesemuanya dilaporkan ke dalam bentuk laporan yang diperlukan oleh Kepala Bagian Keuangan Kabupaten dan untuk arsip kecamatan kalau sewaktu-waktu pegawai kecamatan kebonagung menanyakan tentang gajinya. Kata Kunci : Aplikasi Penggajian, Kinerja Pegawai, Sistem.

Page 1 of 4 | Total Record : 38