cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2010): JUNI" : 7 Documents clear
ANALISIS PERMINTAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PROPINSI LAMPUNG R.M. Moch. Wispandono
Neo-Bis Vol 4, No 1 (2010): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v4i1.581

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dari keempat faktor lingkungan bisnis yang dihadapi oleh suatu perguruan tinggi (yang meliputi: kehendak mahasiswa, peraturan pemerintah, perguruan tinggi pesaing, dan tuntutan masyarakat), faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap permintaan sumber daya manusia (dalam hal ini dosen). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan regresi ternyata faktor kehendak mahasiswa yang paling berpengaruh terhadap permintaan dosen di lingkungan perguruan tinggi (yang ditunjukkan dengan besaran koefisien determinansi sebesar 0.494 dengan p0.01).
STRATEGI PENINGKATAN SERVICE EXCELLENCE BANK JATIM (Berdasarkan hasil survei Marketing Research Indonesia-InfoBank: Banking Service Excelence Monitor 2007/BSEMSM Survey 2007) Bambang Setiyo Pambudi
Neo-Bis Vol 4, No 1 (2010): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v4i1.577

Abstract

Berdasarkan survey riset pemasaran Di Indonesia, InfoBank: Perbankan Service Excellence Monitor / BSEMSM Survey 2007, posisi Bank Jawa Timur (Bank Jatim) dinyatakan tidak memuaskan, hanya berada di peringkat 9 dari 11 Bank yang dimiliki oleh pemerintah propinsi (Pemprov) di Indonesia yang disurvei. Hal ini menandai keberadaan dari pengelolaan  manajemen risiko masih lemah dan adalah suatu peringatan kepada Bank Jatim untuk dengan segera memperbaiki kinerja dan meningkatkan pelayanan melalui penetapan suatu standar pelayanan bagi pelanggan dan evaluasi - monitoring implementasi nya. Persiapan standar pelayanan yang ekselen adalah suatu tumpuan diawal implementasi dari  pelayanan yang ekselen Bank Jatim dengan klien. Di dalam menyiapkan pedoman standar ini, harus mengamati unsur-unsur / atribut-atribut yang penting bagi pelanggan. Untuk memastikan bahwa unsur-unsur dari jasa yang utama sesuai dengan  harapan pelanggan, survei yang pertama harus diselenggarakan dengan tren dari harapan pelanggan bank. Harapan-harapan pelanggan yang diperoleh dari survei ini akan digunakan sebagai suatu parameter untuk membuat pedoman standar pelayanan ekselen Bank Jatim sehingga bisa dipertemukan harapan-harapan pelanggan dan harapan-harapan secara umum. Untuk melakukan evaluasi dan memonitor implementasi dan sukses dari standar pelayanan yang ekselen, Cabang divisi Bank Jatim ini perlu untuk mengambil inisiatip memperbaiki fungsinya di dalam monitoring implementasi dan sukses dari pelayanan yang ekselen.
Wisata Kuliner Sebagai Penyelamat PKL di Kota Surabaya (Culinary Tourism as the Savior of Street Merchants in Surabaya) Dewa Gde Satrya
Neo-Bis Vol 4, No 1 (2010): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v4i1.578

Abstract

Eksistensi sektor informal di perkotaan sebagian besar mengalami keterancaman dari penggusuran yang dilakukan pemerintah daerah. Di sisi lain, realitas keberadaan sektor informal di perkotaan sulit diredam. Kepariwisataan dapat menjadi sarana untuk mengakomodir dan menyelamatkan keberadaan sektor informal di satu sisi, dan di sisi lain menguntungkan sektor pariwisata setempat. Studi pada PKL di Surabaya menyimpulkan: 1) Keberadaan sektor informal yang dikemas secara resmi oleh pemerintah sebagai destinasi wisata kuliner menunjukkan fakta lain di mana PKL meskipun dikategorikan sebagai sektor informal tetapi dapat memberikan kontribusi kepada kota dan mendapatkan keuntungan langsung dari dinamika kepariwisataan; 2) Pola pengembangan kepariwisataan dengan pendekatan community-based tourism menjadi solusi sekaligus kontribusi sektor pariwisata dalam pemenuhan hak ekonomi PKL.
ANALISIS DISKRIMINAN DALAM MEMPREDIKSI KINERJA SEKTOR PERBANKKAN DI INDONESIA Evaliati Amaniyah
Neo-Bis Vol 4, No 1 (2010): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v4i1.579

Abstract

Penilaian kinerja perusahaan bisa dilakukan melalui analisis dari laporan keuangan seperti arus kas, laporan laba-rugi dan neraca. Laporan keuangan adalah suatu wujud dari tanggungjawab manajemen di kinerja perusahaan]. Pada umumnya, kinerja perusahaan dikatakan tidak baik apabila pihak manajemen kurang memiliki  kemampuan dan pengalaman di dalam mengantisipasi kejadian yang juga akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan itu. Tujuan dari  studi ini adalah untuk menentukan kontribusi rasio keuangan CAR (Capital Adequacy Ratio/rasio penyediaan modal),  NPL (Non Performing Loans),  ROA (Return on Asset) dan ROE (Return on Equity) di dalam menggolongkan bank-bank antara kinerja yang baik dan kinerja tidak baik dengan menggunakan analisis diskriminan. Berdasarkan pada penarikan sample secara purposive sampling, ada 53 kategori dari bank-bank kinerja yang baik dan 27 kategori dari bank-bank kinerja buruk. Hasil dari analisis dengan menggunakan keempat rasio keuangan di atas (CAR, NPL, ROA, dan ROE ), tingkat ketelitian 95%, serta menggunakan leave-one-out untuk silang validasi kelompok menunjukkan bahwa model ramalan yang digunakan mempunyai tingkat akurasi sebesar  93.8%.
MODEL TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELATIHAN Anita Kristina
Neo-Bis Vol 4, No 1 (2010): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v4i1.575

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun model TNA yang ditujukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan. TNA disusun untuk menjawab kesenjangan skill sales pada PT. Hisamitsu Pharma Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan skill merupakan persoalan utama dan harus diselesaikan dengan menyusun pelatihan, yang terlebih dahulu disusun melalui TNA. Hasil TNA menunjukkan bahwa model terdiri dari input, proses, dan output. Analisis proses menemukan kesenjangan skill. Analisis output menemukan pengembangan model pelatihan, yaitu melalui kebutuhan pelatihan dan tidak melalui pelatihan.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRIMER KOPERASI PRODUSEN TEMPE TAHU INDONESIA (PRIMKOPTI) (KASUS PRIMKOPTI KOTA BOGOR) Joko Purwono; Sri Sugyaningsih; Ria Dharmanthi K.W.A.; Suci Melani
Neo-Bis Vol 4, No 1 (2010): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v4i1.580

Abstract

Kacang kedelai adalah salah satu komoditas utama di Indonesia. PRIMKOPTI Bogor adalah suatu kooperasi dengan bisnis utamanya sebagai  pedagang kacang kedelai, terutama untuk para anggota kooperasinya. Sekarang ini, PRIMKOPTI Bogor sedang menghadapi beberapa permasalahan seperti loyalitas dari para anggota dan persaingan kacang kedelai. Di dalam studi ini, kita meneliti kondisi-kondisi internal dan eksternal PRIMKOPTI dan merumuskan strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Studi ini diselenggarakan dari Maret sampai Juni 2009. Peneliti meneliti dengan menggunakan data matriks Internal Factor Evaluation (IFE);  data matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE); matriks Eksternal-Internal; matriks kekuatan-kekuatan, kelemahan-kelemahan, peluang, ancaman-ancaman (matriks SWOT) dan strategi arsitektur. Di matriks IFE dan EFE, kondisi-kondisi  internal dan eksternal dikelompokkan ke dalam empat kategori; kekuatan, kelemahan-kelemahan, peluang, dan ancaman-ancaman. Berdasarkan hasil dari matriks IFE dan EFE , menunjukkan bahwa PRIMKOPTI Kota Bogor mempunyai posisi di dalam kwadrant yang ke lima yang menunjukkan pegang dan pelihara posisi. Implementasi strategi penetrasi pasar dan peningkatan produk atau strategi jasa diperlukan. Strategi global dari matriks IE untuk merumuskan strategi khusus menggunakan analisis matriks SWOT. Beberapa strategi yang penting dirumuskan dari analisis  SWOT seperti peningkatan promosi, peningkatan pelayanan bagi para anggota, mendidik karyawan, manajemen pengendalian persediaan, implementasi riset dan sistem informasi manajemen. Akhirnya, bisa  ditunjukkan masing-masing strategi dengan beberapa program dalam satu rencana strategi arsitektur yang perlu diterapkan oleh PRIMKOPTI Bogor untuk mengembangkan kooperasi.
DETEKSI EARNINGS MANAGEMENT MELALUI BEBAN PAJAK TANGGUHAN, AKRUAL DAN ARUS KAS OPERASI (Studi Pada Perusahan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 – 2008) Ardi Hamzah
Neo-Bis Vol 4, No 1 (2010): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v4i1.576

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari beban pajak tangguhan, akrual, dan arus kas operasi terhadap deteksi earnings manajemen untuk menghindari pelaporan pendapatan yang berkurang dan merugi. Sampel riset adalah real estat dan perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk 2006 -2008 dengan menggunakan metoda purposive random sampling. Ada 10 perusahaan dari 39 perusahaan yang diambil sebagai sampel. Metoda analisis dari  riset ini menggunakan regresi logistik. Hasil dari riset menunjukkan bahwa (1) beban pajak tangguhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen pendapatan  untuk menghindari pelaporan pendapatan yang menurun; (2) accrual dan arus kas operasi tidak mempunyai pengaruh  terhadap deteksi earnings manajemen untuk menghindari pelaporan pendapatan yang menurun; (3) beban pajak, accrual, dan arus kas operasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam  pendeteksian manajemen pendapatan   untuk menghindari pelaporan yang  merugi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7