cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1: Januari 2011" : 8 Documents clear
Perbedaan Hasil Ujian Nasional Matematika Tingkat SD Tahun 2006-2010 Ikman &; Wa Nursae
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.766 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1959

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari perbedaan  hasil ujian nasional mata pelajaran matematika tahun 2006-2010 secara bersama-sama dan secara parsial terhadap skor rerata. Sampel diambil dari siswa yang jumlahnya paling sedikit pada masing-masing sekolah/ tahun dengan cara non acak. Jumlah sampel sebanyak 162 orang yang terdiri dari: 62,54% (variabel X1Z);  67,78% (variabel X2Z); 80,00% (variabel X3Z); 64,80% (variabel X4Z); 76,00% (variabel X5Z); secara keseluruhan adalah 14,20%. Hasil menunjukkan secara bersama-sama maupun secara terpisah berpengaruh yang signifikan terhadap skor rerata matematika
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Umpan balik Penilaian Terhadap Hasil Belajar Matematika Utu Rahim; La Samutu
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.263 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1960

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial bertujuan mempelajari pengaruh model pembelajaran kooperatif (STAD, Konvesional), Umpan Balik Penilaian       ( kelompok, kelas) terhadap hasil belajar matematika.  Hasil analisis berdasarkan Statistik Uji-F melalui analisis varian (ANAVA) menerima Ho. Analisis Regresi Non-Hirarkhi Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Konvensional berdasarkan statistic Uji-F dan Uji-t mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Pengaruh Model Penskoran Terhadap Kestabilan Reliabilitas Skala Sikap Dengan Mempertimbangkan Variasi Usia Responden Busnawir .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.869 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1956

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kestabilan reliabilitas skala sikap berdasarkan penskoran terboboti dan penskoran Likert. Penelitian ini merupakan eksperimen simulasi faktorial 2x2 dengan menggunakan 1000 responden (siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  Koefisien reliabilitas berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert;   Varians koefisien reliabilitas pada kelompok usia homogen lebih kecil dibandingkan pada kelompok usia heterogen;  pada penskoran terboboti, tidak ada perbedaan varians koefisien reliabilitas. Disimpulkan bahwa koefisien reliabilitas yang dihasilkan berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS Terhadap Hasil Belajar Matematika La Singga
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.402 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1961

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x1 faktorial untuk mempelajari perbedaan hasil belajar matematika untuk kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan  pembelajaran tipe two stay two stray (TSTS) dibanding dengan model pembelajaran konvesional secara bersama-sama maupun secara parsial. Hasil analisis dengan menggunakan analisis anava satu jalan berdasarkan Statistik Uji-F dan Uji-t pada α=0,05 menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan menolak H0.   Ditolaknya H0 dapat diambil kesimpulan bahwa semua perlakuan memberikan perbedaan pengaruh yang signifikan
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Dasa Ismaimuza
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.144 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1957

Abstract

Penelitian eksperimental ini menggunakan desain 3x2 faktorial. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan matematika, nilai rapor, tes kemampuan berpikir kritis matematis, untuk mengkaji dan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menerima pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif (PBLKK) dan pembelajaran konvensional (KV) ditinjau dari keseluruhan dan pengetahuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif PBLKK lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Melukis Grafik Irisan Kerucut Tanpa Transformasi Sumbu-sumbu Koordinat La Arapu
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.868 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1962

Abstract

Telah dibahas lukisan irisan kerucut tanpa transformasi sumbu-sumbu koordinat. Hasilnya menunjukkan bahwa proses pelukisan tidak berbeda jauh dengan proses pelukisan dengan menggunakan transformasi sumbu-sumbu koordinat. Tetapi untuk mengetahui unsur-unsur irisan kerucut (fokus, pusat(jika ada), sumbu, dan puncak) pada sistem koordinat awal lebih cepat dibandingkan dengan melukis irisan kerucut dengan transformasi sumbu-sumbu koordinat. Sebab dalam lukisan irisan kerucut dengan transformasi sumbu-sumbu koordinat, untuk menentukan unsur-unsur irisan kerucut pada sistem koordinat semula harus dilakukan transformasi balikan lagi.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif, Jenis kelamin dan Kovariat Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Kadir Tiya &; Alkhatimah Sufiana
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.648 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1958

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial bertujuan mempelajari pengaruh model pembelajaran kooperatif (Jigsaw, Konvesional), Jenis kelain (perempuan, laki-laki) dengan mengontrol kovariat minat siswa terhadap matematika.  Hasil analisis berdasarkan Statistik Uji-F melalui analisis Kovarian dan Regresi Heterogen dalam menguji hipotesis secara bersama-sama antara variabel bebas (A, B, A*B  dan X) mempunyai perpedaan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.  Statistik Uji-t  melalui analisis Regresi Heterogen  menurut faktor B secara terpisah [A=1][B=2] mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol kovariat minat (X).
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DTDT Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Awaludin &; Ramna Binti Laeto
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.635 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1963

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pembelajaran SPLDV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe DTDT. Prosedur:  perencanaan,  pelaksanaan tindakan,  observasi, evaluasi, dan  refleksi.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan skenario pembelajaran pada siklus I mencapai 77,36% dan siklus II mencapai 95,03%. Sedangkan hasil belajar matematika meningkat 9,52% dengan nilai rata-rata 40,02 pada evaluasi awal menjadi 76,19% dengan nilai rata-rata 60,48 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 66,40.

Page 1 of 1 | Total Record : 8