cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
semesta_teknika@umy.ac.id
Editorial Address
Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Semesta Teknika
ISSN : 1411061X     EISSN : 25025481     DOI : https://doi.org/10.18196/st
Core Subject : Engineering,
SEMESTA TEKNIKA is a reputable refereed journal devoted to the publication and dissemination of basic and applied research in engineering. SEMESTA TEKNIKA is a forum for publishing high quality papers and references in engineering science and technology. The Journal is published by the Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, INDONESIA. Copyright is by the publisher and the authors. The Journal is issued in electronic form and also issued in printed form as annual volume for the contributors only. The journal contains original research papers, review articles, short notes and letters to the editors. The topics of interest include modeling, experimental, analytical and numerical investigations on the mechanical, physical, chemical and mineralogical properties of material, developing the prototype/instrument, technology and construction process. Topic of management in industry and civil construction is also considered. SEMESTA TEKNIKA receives manuscripts from the contributor written in the Indonesian and English. Manuscripts submitted to the journal for publication must not have been previously published or is under consideration simultaneously by any other publication. Manuscripts submitted to SEMESTA TEKNIKA will be reviewed Peer Reviewers local and foreign.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020" : 16 Documents clear
Prediksi Beban Listrik Menggunakan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Tipe Propagasi-Balik Syahputra, Ramadoni; Syahfitra, Febrian Dhimas; Putra, Karisma Trinanda; Soesanti, Indah
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Semesta Teknika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mengusulkan prediksi beban puncak menggunakan metode jaringan syaraf tiruan tipe propagasi-balik. Prediksi beban puncak transformator tenaga merupakan tugas penting dalam mengantisipasi pertumbuhan beban listrik di masa mendatang. Prediksi yang tepat dan akurat akan memfasilitasi perencanaan kapasitas pembangkit listrik yang memadai pada waktu yang tepat. Metode jaringan syaraf tiruan tipe propagasi-balik memiliki akurasi yang baik dalam tugas-tugas prediksi. Pada penelitian ini dilakukan prediksi beban puncak pada dua buah transformator tenaga dengan studi kasus di Gardu Induk Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Parameter pelatihan adalah data pertumbuhan penduduk, produk domestik regional bruto (PDRB), dan data beban puncak selama sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua unit transformator tenaga tersebut masih dapat melayani beban listrik di wilayah pelayanan Gardu Induk Bumiayu selama sepuluh tahun ke depan.   This article proposes a peak load prediction using the backpropagation neural network method. Predicting the peak load of power transformers is an important task in anticipating load growth in the future. Precise and accurate predictions will facilitate the planning of sufficient power generation capacity at the right time. The backpropagation type neural network method has good accuracy in the prediction task. In this study, a case study was carried out by predicting the peak load of power transformers at Bumiayu Substation, Brebes, Central Java, Indonesia. Training parameters consists of population growth data, gross regional domestic product (GRDP), and peak load data for the last ten years. The results showed that the two power transformer units could still serve the electricity load in the Bumiayu substation service area for the next ten years.   
Database Perlintasan Sebidang di JPL 349 dan JPL 350 Menggunakan Software CarryMap Adly, Emil; Widodo, Wahyu; Rahmawati, Anita; Pangestu, M. Ivan Mareza
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Semesta Teknika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Perlintasan sebidang merupakan jalur 0pertemuan antaraa jalan raya dan jalur kereta api. Pada umumnya banyak terdapat perlintasan sebidang yang tidak memenuhi kriteria teknis dalam menjamin keselamatan pengguna jalan dan kereta api. Permasalahan tersebut bisa menimbulkan kerawanaan terhadap kecelakaan, panjangnya antrian, serta tundaan-tundaan di sisi penguna infrastruktur jalan. Tujuan dan metode penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja ruas jalan berupa tundaan dan panjang antrian menggunakan software VISSIM, memberikan rekomendasi skenario terhadap perlintasan sebidang eksisting menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan membuat database yang bisa diakses menggunakan smartphone menggunakan CarryMap. Lokasi penelitian ini adalah pada  Jalan Timoho JPL 349 KM 163+758 dan Jalano Mojo JPL 350 KM 164+536. Setelah dilakukan analisis didapatkan hasil tundaan dan panjang antrian rata-rata terbesar terjadi pada Jalan Timoho. Pada JPL 350 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau pengalihan arus lalu lintas ke Jalan Timoho, sedangkan JPL 349 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau penaikan status menjadi perlintasan tidak sebidang. CarryMap berisi input data berupa seluruh database yaitu informasi status jalan, koordinat, foto eksising, fasilitas infrastruktur, volume lalulintas, tundaan, panjang antrian serta rekomendasi.A level crossing is a meeting point between the highway and the railroad line. In general, many level crossings do not meet the technical criteria in ensuring the safety of road and railroad users. These problems can cause vulnerability to accidents, long queues, and delays on the side of road infrastructure users. The objectives and methods of this research are to analyze and evaluate the performance of roads in the form of delays and queues, provide scenario recommendations for existing level crossing using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method, and create a database that can be accessed using a smartphone using CarryMap. The location of this research was conducted on Jalan Timoho JPL 349 KM 163 + 758 and Jalan Mojo JPL 350 KM 164 + 536. After doing the analysis, it was found that the biggest average delay and queue length occurred at Jalan Timoho. JPL 350 received a recommendation to close after handling and alternative scenarios, namely completing the completeness of level crossing infrastructure facilities or diverting traffic flow to Jalan Timoho, while JPL 349 received a recommendation to close after handling and alternative scenarios, namely completing the completeness of level crossing infrastructure facilities or upgrading the status be a crossing not level. CarryMap contains input data in the form of the entire database, namely information on road status, coordinates, photo exposure, infrastructure facilities, traffic volume, delays, queue length, and recommendations. 
Faktor Penyebab Terjadinya Keterlambatan dan Waste Time pada Proyek Pembangunan Konstruksi Turbine Hall PLTU Tambak Lorok Block 3 Semarang Harsoyo, Yoga Aprianto; Arkan, Muhammad Reza
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Semesta Teknika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam suatu pembangunan proyek konstruksi hampir selalu dipastikan terdapat permasalahan yang dapat menimbulkan keterlambatan dan pemborosan waktu. Baik dari proses perencanaan, pengadaan hingga proses instalasi akan dihadapkan pada berbagai permasalahan teknis dan nonteknis yang harus dapat diminimalisir dengan sebaik-baiknya oleh semua pihak dalam proyek konstruksi. Pekerja pada proyek konstruksi seperti Kontraktor Utama dan Kontraktor SUB merupakan pekerja yang sering menghadapi masalah langsung dalam proyek konstruksi. Begitu pula pada proyek pembangunan Turbine Hall di PLTU Tambak Lorok Blok 3 Semarang ditemukan beberapa kendala yang menjadi faktor keterlambatan dan pemborosan waktu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan dan pemborosan waktu menurut beberapa elemen pekerja kontraktor utama dan sub kontraktor yang mengerjakan proyek dengan cara penyebaran kuisioner. Hasil yang diperoleh dari kedua elemen pekerja tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan SPSS untuk penyebab keterlambatan dan analisis dengan metode Borda untuk faktor penyebab waste time. Dari faktor-faktor penyebab keterlambatan dan pemborosan waktu yang didapat dari beberapa elemen pekerja, akan dilakukan analisis perangkingan dan diketahui faktor-faktor utama.In a construction project development is almost always sure to always have problems that can cause delay and waste time. Both of the planning process, procurement even until the installation process will be faced with various technical and nontechnical problems that must be able to be minimized as well as possible by all sides of the construction project. Workers in construction projects such as Main contractors and SUB contractors are workers who often face problems directly in the construction project. Similarly, the Turbine Hall construction project at PLTU Tambak Lorok Block 3 Semarang was found in the project a few obstacles which became a factor of delay and waste time. This research was conducted to determine the factors of the cause of delays and waste time according to some elements of the workers ' main contractors and sub-contractors working on the project by the dissemination of the questionnaire. The results obtained from all two elements of the worker are then analyzed using the descriptive analysis with SPSS for the cause of delays and analysis by Borda method to cause waste time factors. From the factors that cause delays and waste time gained from some elements of the worker, there will be a ranking analysis and known major factors. 
Penilaian Keselamatan Divisi Fuel Tank terhadap Perilaku Tidak Aman pada Pekerja Faradilla, Arnes; Awod, Usamah Makky; Safitri, Dian Mardi
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Semesta Teknika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Batarasura merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi Fuel Tank. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yaitu terjadi penurunan produktivitas kerja dan meningkatnya jumlah kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai keselamatan di perusahaan dan mengetahui dimensi keselamatan yang paling berpengaruh terhadap tingginya angka kecelakaan kerja. Penelitian ini menggunakan kuisioner NOSACQ-50 untuk menilai iklim keselamatan dan metode Correspondence Analysis untuk menentukan dimensi iklim keselamatan yang berpengaruh terhadap kecelakaan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi iklim keselamatan yang paling berpengaruh yaitu tidak adanya pelatihan tentang bahaya kecelakaan kerja dan kurangnya komunikasi antar pekerja. Pekerja sering mengabaikan keselamatan kerja disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang pentingnya menerapkan disiplin keselamatan kerja. Selain itu, perusahaan seharusnya memiliki komunikasi yang baik terhadap pekerja dan training yang tepat untuk meningkatkan motivasi pekerja dalam membangun sikap keselamatan kerja yang baik PT Batarasura is one of the factories that produce the Fuel tank. The problems of this factory are decreasing of productivity and increasing of the accident. The purpose of this research is to assess of safety in the factory and knowing of safety dimension which may influencing of high accident. This research uses the NOSACQ-50 questionnaire to assess the safety climate and Correspondence Analysis to determine which dimension that influencing the factory's accident. The result stated that the safety climate dimension, which acts as high as the factory's accident, is there is no learning and lousy communication. The worker often ignores safety because worker doesn't know about the importance of safety. On the other hand, the factory doesn't have any regulations when the worker is ignoring safety. So, the factory must have good communication and proper training, especially in security, to increase worker motivation to do the safety act.
Operasional Yogyakarta International Airport, akankah Bandar Udara Adisutjipto Digunakan? Setiawan, Danny
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Semesta Teknika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA) menggantikan Bandar Udara Adisutjipto (JOG) sejak tahun 2019, menjadi pertanyaan bagi masyarakat akan digunakan untuk apakah Bandar Udara Adisutjipto? dengan menggunakan metode analisis review kebijakan, maka akan dilihat aspek regulasi dan tata ruang terhadap Bandar Udara Adisutjipto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bandar Udara Adisutjipto yang terdiri dari 2 Terminal akan direncanakan untuk: Terminal A sebagai heritage kuliner dan Terminal B dioperasikan sebagai aktivitas penerbangan pesawat jenis propeller, sementara itu lahan parkir bandar udara akan digunakan sebagai kawasan peruntukan permukiman, hal ini sesuai dengan struktur Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengamanatkan pengembangan Kawasn Berorientasi Transit (TOD). The operation of Yogyakarta International Airport (YIA) has replaced Adisutjipto Airport since 2019, so the question for the community will be used for what is Adisutjipto Airport? by using the policy review analysis method, the aspects of regulation and spatial planning on Adisutjipto Airport will be seen. The results showed that Adisutjipto Airport consisting of 2 terminals would be planned for Terminal A as culinary heritage and Terminal B being operated as a propeller-type aircraft flight activity, while the airport parking lot would be used as a residential designation area, this was in accordance with the structure Regional Spatial Planning (RTRW) of the Special Region of Yogyakarta (DIY) which mandates the development of Transit-Oriented Development (TOD).
Evaluasi Pengelolaan, Pengawasan dan Pengendalian Sistem Proteksi Kebakaran pada Gedung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Saugani, Muh Sofyan; Saleh, Fadillawaty; Prayuda, Hakas; Tiyani, Lilis; Al Zakina, Bella Lutfiani
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v23i2.11917

Abstract

Sistem proteksi kebakaran pada bangunan gedung haruslah dikelola, supervisi dan control dengan baik untuk menghindari bencana yang membahayakan. Pemenuhan dan penyesuaian sistem proteksi kebakaran terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku diperlukan untuk mengelola, memantau, dan mengendalikan sistem dengan baik. Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berpotensi mengalami kebakaran, karena terdapat material yang mudah terbakar dan komponen penyebab kebakaran, sehingga perlu dilakukan pengkajian terhadap sistem proteksi kebakaran yaitu pada pengelolaan, pengawasan, dan pengendalian sistem proteksi kebakaran di gedung. Penelitian ini dilakukan untuk menindaklanjuti hal tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pendekatan kuantitatif data penelitian diperoleh dari hasil penilaian gedung dan wawancara pemilik/pengelola gedung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat keandalan pengelolaan, pengawasan, dan pengendalian sistem proteksi pada Gedung E6, E7, Pascasarjana dan F3 di UMY. Analisis yang dilakukan memberikan persentase masing-masing 59,52%, (E6 dan E7), 58,03% (Pascasarjana), dan 56,80% (F3) dalam hal pengelolaan dan tingkat keandalannya kurang, sedangkan dari segi pengawasan dan identifikasi masing-masing gedung mendapat persentase yang sama sebesar 69,07% dan tingkat reliabilitas cukup. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa tingkat keandalan sistem proteksi kebakaran masih banyak yang berada dibawah 60% sehingga dikategorikan kurang baik.Fire protection systems in buildings must be managed, supervised, and controlled properly to avoid the risk of disaster. Fulfillment and adjustment to the fire protection system against applicable terms and conditions is required to manage, monitor, and control the system properly. The campus building of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) has the potential to experience fire, because it there are combustible materials and fire-causing components, so it is necessary to do an assessment on fire protection system that is on the management, supervision, and control of fire protection system in the building. This research is done to follow up the matter. Research type used in this research is with quantitative approach, research data obtained from result of building assessment and interview owner/manager of building. The results obtained from this research are the level of reliability of management, supervision, and control of protection system in Building E6, E7, Postgraduates and F3 at UMY. The analysis performed gives the percentage respectively 59.52% (E6 and E7), 58.03% (Postgraduates), and 56.80% (F3) in terms of management and the reliability level is deficient, while in terms of supervision and identification of each building gets the same percentage of 69.07% and the reliability level is sufficient. Based on the results, it can be concluded that the level of reliability on fire protection management still below 60% or in poor condition.  
Kajian Erosi Pada Sub Das Serayu Sebagai Daerah Tangkapan Air Waduk Mrica Lesmana, Surya Budi
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v23i2.12082

Abstract

Pada daerah pertanian lahan kering serta memiliki tingkat kelerengan yang curam, erosi dan sedimentasi mendai salah satu problematika yang sering terjadi. Erosi akan dapat mengakibatkan kerugian pada lahan yaitu berakibat pada turunnya produktivitas lahan akibat kerusakan sifat-sifat fisik, kimia dan biologi. Dampak akibat adanya erosi antara lain umur waduk yang menjadi lebih pendek karena terjadinya pendangkalan, elevasi permukaan dasar sungai yang semakin naik karena adanya endapan sedimen, dan juga lahan pertanian yang rusak akibat adanya timbunan sedimen. Aktivitas manusia yang beragam pada Daerah Aliran Sungai akan mempengaruhi erosi ang terjadi. Analis perhitungan erosi untuk wilayah yang luas diperlukan untuk perencanaan pengelolaan dan konservasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat erosi di wilayah Sub DAS Serayu, yang merupakan salah satu daerah tangkapan air Waduk Mrica. Analisis perhitungan erosi menggunakan rumusan Universal Soil Loss Equation (USLE) dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Curah hujan merupakan komponen untuk menghitung erosivitas hujan. Faktor vegetasi (C) dan faktor konservasi (P) diperkirakan dari peta penggunaan lahan. Faktor panjang dan kemiringan (LS) dianalisa dari Digital Elevation Model, dan faktor erodibilitas (K) diperoleh dari interpretasi peta tanah. Selanjutnya, semua faktor dianalisis untuk menghitung laju erosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sub DAS Serayu menghasilkan erosi sebesar: 11.877.576,89 T/th. Laju erosi rata-rata pada Sub DAS Serayu tergolong dalam erosi sedang, yaitu sebesar 166.35 T/ha/th. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Universal Soil Loss Equation mampu memprediksi erosi yang cepat untuk area yang luas.steep slopes. Erosion has the potential to cause land losses in the form of physical, chemical, and biological property damage, resulting in a decrease in land productivity. Shorter reservoir life due to siltation, increased river bed surface elevation due to sediment deposits, and agricultural land damage due to sediment accumulation are all effects of erosion at the watershed. For management and conservation planning, analysts on erosion calculations for large areas are required. The purpose of this research is to assess the level of erosion in the Serayu sub-watershed, which is one of the Mrica Reservoir's water catchment areas. The USLE (Universal Soil Loss Equation) formula and Geographic Information System (GIS) are used in erosion calculation analysis. Rainfall data is used to calculate the erosivity factor. The land use map was used to calculate the vegetation factor (C) and conservation factor (P). The length and slope factor (LS) were calculated using the Digital Elevation Model, and the erodibility factor (K) was determined using the soil map interpretation. In addition, all factors were considered in order to calculate the erosion rate. The Serayu sub-watershed resulted in erosion of 11.877.576.89 T/year, according to the results. The average erosion rate in the Serayu sub-watershed is 166.35 T/ha/yr, which is classified as moderate erosion. The findings also demonstrate that USLE can be used to forecast rapid erosion over large areas. 
Study of Flexible Pavement Damage In Military Housing Using Pavement Condition Index (PCI) Prapsetyo, Agung; Purwantoro, Susilo Adi; Risman, Helda
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v23i2.9231

Abstract

Jalan aspal (perkerasan lentur) di Kompleks Perumahan Panca Arga I Desa Banyurojo Kec. Mertoyudan Kab. Magelang telah mengalami kerusakan dikarenakan umur jalan sistem yang dibuat dengan aspal curah/siram dan telah lebih dari 10 tahun. Kerusakan jalan tersebut dapat membahayakan pengguna yang melintas, sehingga perlu diadakan penelitian sebagai dasar saran rekomendasi untuk pengusulan program perbaikan. Analisais kerusakan jalan mengunakan metode pavement condition index (PCI), karena ekonomis dan membutuhakan waktu yang singkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan serta saran penanganan kerusakan Jalan, Cara pengumpulan data dengan studi pustaka dan survey serta observasi lapangan, dari data yang terkumpul diaplikasikan dan dianalisis dengan menggunakan metode PCI. Hasil penelitian menggunakan metode pavement condition index (PCI) menunjukan tingkat kerusakan: 1) sangat jelek pada Jalan Kelud dan Malabar;  2) jelek pada manyar dan pandu; 3) sedang Gelatik, Merak, Kasuari; dan 4) baik jalan Utama dan Jalak. Adapun penanganan kerusakan perkerasan lentur tersebut bergantung tingkat kerusakan yang terjadi, baik dilakukan penambalan parsial, penambala keseluruhan, bahkan rekonstruksi pada kondisi jalan yang terjelek.Asphalt road (flexible pavement) in the Panca Arga I Housing Complex, Banyurojo Village, Kec. Mertoyudan Kab. Magelang has suffered damage due to the life of the system roads made with bulk asphalt / flush and has been more than 10 years. Damage to the road can endanger passing users, so it is necessary to conduct research as a basis for recommendations and recommendations for proposing improvement programs. The road damage analysis uses the pavement condition index (PCI) method, because it is economical and requires a short time. The purpose of this study was to determine the type and level of damage and suggestions for handling road damage, data collection methods using literature study and surveys and field observations, from the collected data applied and analyzed using the PCI method. The results of the study using the pavement condition index (PCI) method showed the level of damage: 1) very bad on Jalan Kelud and Malabar; 2) bad on the weaver and pandu; 3) being Wren, Peacock, Cassowary; and 4) both Main and Starling roads. The handling of the flexible pavement damage depends on the level of damage that has occurred, whether it is partial patching, whole patching, even reconstruction in the worst road conditions. 
Database Perlintasan Sebidang di JPL 349 dan JPL 350 Menggunakan Software CarryMap Adly, Emil; Widodo, Wahyu; Rahmawati, Anita; Pangestu, M. Ivan Mareza
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v23i2.10029

Abstract

 Perlintasan sebidang merupakan jalur 0pertemuan antaraa jalan raya dan jalur kereta api. Pada umumnya banyak terdapat perlintasan sebidang yang tidak memenuhi kriteria teknis dalam menjamin keselamatan pengguna jalan dan kereta api. Permasalahan tersebut bisa menimbulkan kerawanaan terhadap kecelakaan, panjangnya antrian, serta tundaan-tundaan di sisi penguna infrastruktur jalan. Tujuan dan metode penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja ruas jalan berupa tundaan dan panjang antrian menggunakan software VISSIM, memberikan rekomendasi skenario terhadap perlintasan sebidang eksisting menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan membuat database yang bisa diakses menggunakan smartphone menggunakan CarryMap. Lokasi penelitian ini adalah pada  Jalan Timoho JPL 349 KM 163+758 dan Jalano Mojo JPL 350 KM 164+536. Setelah dilakukan analisis didapatkan hasil tundaan dan panjang antrian rata-rata terbesar terjadi pada Jalan Timoho. Pada JPL 350 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau pengalihan arus lalu lintas ke Jalan Timoho, sedangkan JPL 349 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau penaikan status menjadi perlintasan tidak sebidang. CarryMap berisi input data berupa seluruh database yaitu informasi status jalan, koordinat, foto eksising, fasilitas infrastruktur, volume lalulintas, tundaan, panjang antrian serta rekomendasi.A level crossing is a meeting point between the highway and the railroad line. In general, many level crossings do not meet the technical criteria in ensuring the safety of road and railroad users. These problems can cause vulnerability to accidents, long queues, and delays on the side of road infrastructure users. The objectives and methods of this research are to analyze and evaluate the performance of roads in the form of delays and queues, provide scenario recommendations for existing level crossing using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method, and create a database that can be accessed using a smartphone using CarryMap. The location of this research was conducted on Jalan Timoho JPL 349 KM 163 + 758 and Jalan Mojo JPL 350 KM 164 + 536. After doing the analysis, it was found that the biggest average delay and queue length occurred at Jalan Timoho. JPL 350 received a recommendation to close after handling and alternative scenarios, namely completing the completeness of level crossing infrastructure facilities or diverting traffic flow to Jalan Timoho, while JPL 349 received a recommendation to close after handling and alternative scenarios, namely completing the completeness of level crossing infrastructure facilities or upgrading the status be a crossing not level. CarryMap contains input data in the form of the entire database, namely information on road status, coordinates, photo exposure, infrastructure facilities, traffic volume, delays, queue length, and recommendations. 
Study of Flexible Pavement Damage In Military Housing Using Pavement Condition Index (PCI) Agung Prapsetyo; Susilo Adi Purwantoro; Helda Risman
Semesta Teknika Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/st.v23i2.9231

Abstract

Jalan aspal (perkerasan lentur) di Kompleks Perumahan Panca Arga I Desa Banyurojo Kec. Mertoyudan Kab. Magelang telah mengalami kerusakan dikarenakan umur jalan sistem yang dibuat dengan aspal curah/siram dan telah lebih dari 10 tahun. Kerusakan jalan tersebut dapat membahayakan pengguna yang melintas, sehingga perlu diadakan penelitian sebagai dasar saran rekomendasi untuk pengusulan program perbaikan. Analisais kerusakan jalan mengunakan metode pavement condition index (PCI), karena ekonomis dan membutuhakan waktu yang singkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan serta saran penanganan kerusakan Jalan, Cara pengumpulan data dengan studi pustaka dan survey serta observasi lapangan, dari data yang terkumpul diaplikasikan dan dianalisis dengan menggunakan metode PCI. Hasil penelitian menggunakan metode pavement condition index (PCI) menunjukan tingkat kerusakan: 1) sangat jelek pada Jalan Kelud dan Malabar;  2) jelek pada manyar dan pandu; 3) sedang Gelatik, Merak, Kasuari; dan 4) baik jalan Utama dan Jalak. Adapun penanganan kerusakan perkerasan lentur tersebut bergantung tingkat kerusakan yang terjadi, baik dilakukan penambalan parsial, penambala keseluruhan, bahkan rekonstruksi pada kondisi jalan yang terjelek.Asphalt road (flexible pavement) in the Panca Arga I Housing Complex, Banyurojo Village, Kec. Mertoyudan Kab. Magelang has suffered damage due to the life of the system roads made with bulk asphalt / flush and has been more than 10 years. Damage to the road can endanger passing users, so it is necessary to conduct research as a basis for recommendations and recommendations for proposing improvement programs. The road damage analysis uses the pavement condition index (PCI) method, because it is economical and requires a short time. The purpose of this study was to determine the type and level of damage and suggestions for handling road damage, data collection methods using literature study and surveys and field observations, from the collected data applied and analyzed using the PCI method. The results of the study using the pavement condition index (PCI) method showed the level of damage: 1) very bad on Jalan Kelud and Malabar; 2) bad on the weaver and pandu; 3) being Wren, Peacock, Cassowary; and 4) both Main and Starling roads. The handling of the flexible pavement damage depends on the level of damage that has occurred, whether it is partial patching, whole patching, even reconstruction in the worst road conditions. 

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 27 No. 2 (2024): NOVEMBER Vol 27, No 1 (2024): MEI Vol 26, No 2 (2023): NOVEMBER Vol 26, No 1 (2023): MEI Vol 25, No 2 (2022): NOVEMBER 2022 Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022 Vol 24, No 2 (2021): NOVEMBER 2021 Vol 24, No 1 (2021): MEI 2021 Vol 24, No 2 (2021): NOVEMBER Vol 23, No 2 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 23, No 1 (2020): MEI 2020 Vol 22, No 2 (2019): NOVEMBER 2019 Vol 22, No 1 (2019): MEI 2019 Vol 21, No 2 (2018): NOVEMBER 2018 Vol 21, No 2 (2018): NOVEMBER 2018 Vol 21, No 1 (2018): MEI 2018 Vol 20, No 2 (2017): NOVEMBER 2017 Vol 20, No 2 (2017): NOVEMBER 2017 Vol 20, No 1 (2017): MEI 2017 Vol 20, No 1 (2017): MEI 2017 Vol 19, No 2 (2016): NOVEMBER 2016 Vol 19, No 2 (2016): NOVEMBER 2016 Vol 19, No 1 (2016): MEI 2016 Vol 19, No 1 (2016): MEI 2016 Vol 18, No 2 (2015): NOVEMBER 2015 Vol 18, No 2 (2015): NOVEMBER 2015 Vol 18, No 1 (2015): MEI 2015 Vol 18, No 1 (2015): MEI 2015 Vol 17, No 2 (2014): NOVEMBER 2014 Vol 17, No 2 (2014): NOVEMBER 2014 Vol 17, No 1 (2014): MEI 2014 Vol 17, No 1 (2014): MEI 2014 Vol 16, No 2 (2013): NOVEMBER 2013 Vol 16, No 2 (2013): NOVEMBER 2013 Vol 16, No 1 (2013): MEI 2013 Vol 16, No 1 (2013): MEI 2013 Vol 15, No 2 (2012): NOVEMBER 2012 Vol 15, No 2 (2012): NOVEMBER 2012 Vol 15, No 1 (2012): MEI 2012 Vol 15, No 1 (2012): MEI 2012 Vol 14, No 2 (2011): NOVEMBER 2011 Vol 14, No 2 (2011): NOVEMBER 2011 Vol 14, No 1 (2011): MEI 2011 Vol 14, No 1 (2011): MEI 2011 Vol 13, No 2 (2010): NOVEMBER 2010 Vol 13, No 2 (2010): NOVEMBER 2010 Vol 13, No 1 (2010): MEI 2010 Vol 13, No 1 (2010): MEI 2010 Vol 12, No 2 (2009): NOVEMBER 2009 Vol 12, No 2 (2009): NOVEMBER 2009 Vol 12, No 1 (2009): MEI 2009 Vol 12, No 1 (2009): MEI 2009 Vol 11, No 2 (2008): NOVEMBER 2008 Vol 11, No 2 (2008): NOVEMBER 2008 Vol 11, No 1 (2008): MEI 2008 Vol 11, No 1 (2008): MEI 2008 Vol 10, No 2 (2007): NOVEMBER 2007 Vol 10, No 2 (2007): NOVEMBER 2007 Vol 10, No 1 (2007): MEI 2007 Vol 10, No 1 (2007): MEI 2007 Vol 9, No 2 (2006): NOVEMBER 2006 Vol 9, No 2 (2006): NOVEMBER 2006 Vol 9, No 1 (2006): MEI 2006 Vol 9, No 1 (2006): MEI 2006 Vol 8, No 2 (2005): NOVEMBER 2005 Vol 8, No 2 (2005): NOVEMBER 2005 Vol 8, No 1 (2005): MEI 2005 Vol 8, No 1 (2005): MEI 2005 More Issue