cover
Contact Name
Liana Mangifera
Contact Email
lm122@ums.ac.id
Phone
+628157652484
Journal Mail Official
dayasaing@ums.ac.id
Editorial Address
Program Studi MAGISTER MANAJEMEN UMS Gedung Pascasarjana Lt 3 UMS Jl. A.Yani Pabelan Kartasura Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dayasaing
ISSN : 14113422     EISSN : 2541254X     DOI : https://doi.org/10.23917/dayasaing
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Manajemen Dayasaing is a media of scientific papers on economics and business management, human resource management, financial management, marketing management, operations management, hospital management, Islamic economics, and sharia management.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing" : 14 Documents clear
ANALISIS PANGSA PASAR DAN DAYA SAING CPO INDONESIA DI UNI EROPA Widyaningtyas, Dian; Widodo, Tri
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4510

Abstract

Commodities of palm oil play a strategic role in the Indonesia’s economy. In this study we concern on the competitiveness of Indonesia’s Crude Palm Oil (CPO) industry and effectiveness of the potential market for Indonesia’s CPO in Uni Europe (UE). The utilization of CPO as biofuels, encouraging an significant increased of demand for CPO in UE. This study is also addressed to determine the Indonesian CPO performance among other palm oil producer country. We used the revealed comparative advantage (RCA) and market share index (MSI) methods in analysing the competitiveness level. Our results showed, in 2014, export performance of Indonesia’s CPO increased. It was showed by the value of RCA 1. Indonesia has competitiveness of CPO, because of the increased export volume of CPO and it’s derivates product to the major importer countries, such as UE. However, the average of RCA analysis in 2007-2014 indicate the lower performanceof Indonesia’s CPO exports compared to the other main CPO exporter, Malaysia. Thus, from the MSI analysis we found that Italy is a potential market for Indonesia’s palm oil exports, based on the fact that Indonesia’s CPO dominated the Italian market in the last seven years. The value of Indonesia’s market share was far above the competitor.
MANAJEMEN RANTAI PASOK KAYU GAHARU DI KALIMANTAN BARAT Herda, Stefi; Setyawan, Anton
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4506

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis pasokan kayu gaharu, faktor penghambatpasokan kayu gaharu, dan jumlah yang dihasilkan dari satu pohon kayu gaharu dalamsekali pemanenan. Data diperoleh dari ketua kelompok tani perkebunan di Rasau Jaya,Petugas Penyuluh Lapangan di Rasau Jaya, Kepala Kantor Cabang di Rasau Jaya, danpemilik perusahaan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pasokan kayu gaharu pada bulan November 2015 sampai Agustus 2016 mengalami kekurangan bahkan kekosongan pasokan. Faktor yang menghambat ketersediaan pasokan yaitu faktor alam dan vaksin atau obat yang disuntikan ke pohon gaharu. Hasil panen yang didapat dari satu pohon gaharu sebanyak 5 kg per pohon dengan asumsi sekali panen mencapai 10 pohon gaharu dengan jumlah total kayu gaharu sebanyak 50 kg.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN PENGGUNA BPJS DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Dewi, Ritna
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh 1) kualitaspelayanan terhadap kepuasan pasien, 2) kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien, dan 3) kepuasaan pasien terhadap loyalitas pasien. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban 100 orang responden. Alat analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian instrumen menyimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliable sebagai alat pengumpulan data. Hasil analisis data didapatkan bahwa: 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, 2) kualiatas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien, 3) kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI Setyowati, Erni
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: 1) kualitaspelayanan terhadap kepuasan pelanggan, 2) harga terhadap kepuasan pelanggan, 3) citra merek terhadap kepuasan pelanggan, 4) kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, 5) harga terhadap loyalitas pelanggan, 6) citra merek terhadap loyalitas pelanggan, dan 7) kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban 100 orang responden dengan metode accidental sampling. Alat analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian instrumen menyimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 2) harga berpengaruh positif dan signifikanterhadap kepuasan pelanggan, 3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 4) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 5) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 6) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 7) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RAWAT JALAN RSUD KOTA SURAKARTA Pertiwi, Aisah
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4508

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan kualitas pelayanan berdasarkankeselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan berorietasi pada pasien, serta kepuasan pasien antara pasien yang menggunakan BPJS dan umum. Penelitian dilakukan sebanyak 60 responden yang terdiri dari 30 pasien BPJS dan 30 pasien umum di rawat jalan RSUD Kota Surakarta. Analisis data yang digunakan adalah uji independent t-test kemudian dianalisis pengaruh antara variabel independen terhadap dependen menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyebutkan adanya perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan berdasarkan keselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan berorietasi pada pasien, serta kepuasan pasien antara pasien yang menggunakan BPJS dan umum, serta adanya pengaruh antara variabel keselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan berorietasi pada pasien terhadap kepuasan pasien. Dari hasil persamaan tersebutdiketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu keselamatan pasien, efektivitas dan efisiensi, dan pelayanan berorientasi pada pasien berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Artinya jika keselamatan pasien, efektivitas dan effisiensi, dan pelayanan berorientasi pada pasien, maka kepuasan pasien semakin tinggi.
KETERKAITAN ANTARA PERSEPSI PENTINGNYA AKREDITASI RUMAH SAKIT DENGAN PARTISIPASI, KOMITMEN, KEPUASAN KERJA, DAN KINERJA KARYAWAN Hendroyogi, Safil; Harsono, Mugi
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4509

Abstract

Accreditation of hospitals is very important to do as an effort to improve quality and patient safety. Many of the standards that must be implemented in hospitals, requiring an optimal role for all stakeholders (stakeholders), especially the participation of employees. This condition greatly be affected by employees’ perception of the benefits of hospital accreditation. The purpose of the study is to examine employee perceptions about the benefits of accreditation associated with participation, satisfaction, commitment and employee performance. The benefits of this research are expected to be input for the hospital management, to encourage all employees to learn about the hospital accreditation standards. Data from the study was obtained by means of a survey of hospital employees, using a Likert scale. Furthermore, the data do tests of validity and reliability and path analysis (path analysis), to see the correlation between variables. Research conducted on 259 randomly selected respondents, composed of physicians, nurses, medical support, as well as administrative personnel. The results of this studyindicate that there is significant influence between the perception of the benefits ofaccreditation to the participation of accreditation with a significance level of 0.000, the perception of the benefits of accreditation with the organizational commitment amounting to 0,016, the perception of the benefits of accreditation and job satisfaction amounting to 0,000, participation accreditation with organizational commitment amounting to 0,039, accreditation participation with satisfaction employment amounting to 0,000, accreditation participation with performance amounting to 0,000, job satisfaction with organizational commitment amounting to 0,039, organizational commitment with performance amounting to 0,018, job satisfaction with performance amounting to 0.000.
PENGARUH MOTIVASI, KOMPENSASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Sukidi, Sukidi; Wajdi, Farid
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4505

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kepuasan kerja; pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai; dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai. Kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Secara simultan motivasi dan kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan variabel motivasi, kompensasi,dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Hasil analisis menunjukkan bahwa jalur langsung kepuasan kerja berpengaruh paling kuat terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dengan memiliki koefisien regresi pengaruh paling tinggi (dominan)
PENGARUH MOTIVASI, KOMPENSASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Sukidi Sukidi; Farid Wajdi
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4505

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kepuasan kerja; pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai; dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai. Kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Secara simultan motivasi dan kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan variabel motivasi, kompensasi,dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Hasil analisis menunjukkan bahwa jalur langsung kepuasan kerja berpengaruh paling kuat terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dengan memiliki koefisien regresi pengaruh paling tinggi (dominan)
ANALISIS PANGSA PASAR DAN DAYA SAING CPO INDONESIA DI UNI EROPA Dian Widyaningtyas; Tri Widodo
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4510

Abstract

Commodities of palm oil play a strategic role in the Indonesia’s economy. In this study we concern on the competitiveness of Indonesia’s Crude Palm Oil (CPO) industry and effectiveness of the potential market for Indonesia’s CPO in Uni Europe (UE). The utilization of CPO as biofuels, encouraging an significant increased of demand for CPO in UE. This study is also addressed to determine the Indonesian CPO performance among other palm oil producer country. We used the revealed comparative advantage (RCA) and market share index (MSI) methods in analysing the competitiveness level. Our results showed, in 2014, export performance of Indonesia’s CPO increased. It was showed by the value of RCA1. Indonesia has competitiveness of CPO, because of the increased export volume of CPO and it’s derivates product to the major importer countries, such as UE. However, the average of RCA analysis in 2007-2014 indicate the lower performanceof Indonesia’s CPO exports compared to the other main CPO exporter, Malaysia. Thus, from the MSI analysis we found that Italy is a potential market for Indonesia’s palm oil exports, based on the fact that Indonesia’s CPO dominated the Italian market in the last seven years. The value of Indonesia’s market share was far above the competitor.
MANAJEMEN RANTAI PASOK KAYU GAHARU DI KALIMANTAN BARAT Stefi Herda; Anton Setyawan
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 18, No 2 (2016): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v18i2.4506

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis pasokan kayu gaharu, faktor penghambatpasokan kayu gaharu, dan jumlah yang dihasilkan dari satu pohon kayu gaharu dalamsekali pemanenan. Data diperoleh dari ketua kelompok tani perkebunan di Rasau Jaya,Petugas Penyuluh Lapangan di Rasau Jaya, Kepala Kantor Cabang di Rasau Jaya, danpemilik perusahaan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pasokan kayu gaharu pada bulan November 2015 sampai Agustus 2016 mengalami kekurangan bahkan kekosongan pasokan. Faktor yang menghambat ketersediaan pasokan yaitu faktor alam dan vaksin atau obat yang disuntikan ke pohon gaharu. Hasil panen yang didapat dari satu pohon gaharu sebanyak 5 kg per pohon dengan asumsi sekali panen mencapai 10 pohon gaharu dengan jumlah total kayu gaharu sebanyak 50 kg.

Page 1 of 2 | Total Record : 14