cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi)
ISSN : 20854447     EISSN : 25794337     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2013)" : 9 Documents clear
Efektivitas Pembentukan Karakter Spiritual untuk Meningkatkan Optimisme terhadap Masa Depan Anak Yatim Piatu Miftahun Ni'mah Suseno
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembentukan karakter spiritual dalam meningkatkan optimisme terhadap masa depan pada anak yatim piatu. Subjek penelitian ini adalah 14 anak yang tinggal di panti asuhan berusia antara 12-17 tahun. Desain penelitian eksperimen ini menggunakan 2 kelompok penelitian, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan dilakukan pengambilan data sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan optimisme terhadap masa depan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t= 1,000; p<0.01). Hal ini menunjukkan pembentukan karakater spiritual meningkatkan optimisme terhadap masa depan. Dari data kelompok eksperimen, diketahui adanya perbedaan optimisme terhadap masa depan sebelum dan sesudah perlakuan (Z= -2,366; p<0.05), artinya optimisme terhadap masa depan meningkat setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan.
Efektivitas Pelatihan Koping Religius untuk Meningkatkan Resiliensi pada Perempuan Penyintas Erupsi Merapi Mita Octarina; Tina Afiatin
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan koping religius dalam meningkatkan resiliensi pada perempuan penyintas erupsi Merapi. Pelatihan koping religius dalam penelitian ini berdasarkan pada teori Pargament dkk (2011). Menurut Pargament, koping religius dibagi menjadi dua, yaitu koping religius positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan koping religius positif, yang merefleksikan hubungan yang aman dengan Tuhan, dan yakin bahwa terdapat makna besar dalam menjalani kehidupan. Tuhan dianggap sebagai murah hati, dan pemaaf dan penuh kasih sayang. Penelitian ini menggunakan non random pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu perempuan penyintas erupsi Merapi. Alat ukur yang digunakan yaitu skala resiliensi, observasi dan wawancara. Skala resiliensi merupakan modifikasi dari skala resiliensi Yu dan Zhang (2007). Penelitian ini menggunakan uji mann-whitney dengan gained score. Hasil dari uji mann-whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor resiliensi yang sangat signifikan saat pascates antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang ditunjukkan dengan F= -3,210, P =0,001 (P<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan koping religius efektif untuk meningkatkan resiliensi pada perempuan penyintas erupsi Merapi.
AGAMA DAN OPTIMISME Fuad Nashori
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penurunan Stres Pengasuhan Orang Tua dan Disfungsi Interaksi Orang Tua-Anak Melalui Pendidikan Pengasuhan Versi Pendekatan Spiritual (Pp-Vps) Irwan Nuryana Kurniawan; Qurotul Uyun
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan stres pengasuhan dan disfungsi interaksi orang tua-anak antara orang tua yang mengikuti Pendidikan Pengasuhan-Versi Pendekatan Spiritual (PP-VPS) dengan orang tua yang mengikuti Pendidikan Pengasuhan tanpa pendekatan spiritual (PP). Selama enam minggu 10 orang tua mengikuti 11 sesi PP-VPS dan 10 orang tua mengikuti 10 sesi PP tanpa pendekatan spiritual, dan mereka mengisi Parenting Stres Index-Short Form (PSI-SF Versi Indonesia, Kurniawan & Scheithauer, 2011c, α=0,82), Parent Child Dysfunctional Interaction Subscale of PSI-SF (PCDI PSI-SF Versi Indonesia, Kurniawan & Scheithauer, 2011c, α=0,77) pada saat sebelum dan sesudah intervensi pengasuhan diberikan. Hasil analisis statistik dan estimasi effect size menunjukkan PP-VPS memiliki pengaruh signifikan dalam mereduksi stres pengasuhan maupun disfungsi interaksi orang tua-anak. PP-VPS mampu menjelaskan varian stres pengasuhan dan varian disfungsi interaksi orang tua anak masing-masing sebesar 26,21% dan 30,25% oleh PP-VPS.
Efektivitas Pelatihan Pemaknaan Surat Al-Insyirah untuk Mengurangi Stres Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi Aning Az Zahra; Satih Saidiyah
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan pemaknaan Surat Al-Insyirah dalam mengurangi stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 15 subjek di mana 8 subjek menjadi kelompok eksperimen dan 7 subjek menjadi kelompok kontrol. Karakteristrik subjek di antarannya: 1) Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga khususnya mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, 2) Sedang mengerjakan skripsi, 3) Bersedia menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dikategorikan penelitian true eksperimen. Hasil uji statistika dengan menggunakan teknik analisis Mann Whitney Test menggungkap bahwa nilai Mann Whitney U saat pascates sebesar p=0,49 (p<0,05, signifikan) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan skor pascates antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji statistik dengan Wicoxon Signed Ranks untuk membandingkan pascates dan prates antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai p=0,025 (p<0,05, signifikan) sehingga dapat dikemukakan bahwa ada perbedaan skor prates dan pascates pada kelompok eksperimen. Sedangkan hasil uji statistik dengan Wilcoxon Signed Ranks untuk membandingkan pascates dan prates pada kelompok kontrol mengungkap nilai p=0,611 (p>0,05, tidak signifikan) sehingga dapat dikemukakan bahwa tidak ada perbedaan hasil prates dan pascates pada kelompok kontrol.
Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Diri Anak Borderline Melalui Modelling Niken Fahma Prahesti; Diana Savitri Hidayati
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art8

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui apakah Modelling dapat meningkatkan keterampilan memperkenalkan diri anak Borderline. Modelling dalam penelitian ini menggunakan video dan instruksi yang berulang-ulang. Penelitian menggunakan Eksplanasi eksperimen dengan rancangan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah 5 orang siswa kelas 5 SDLB Ruhui Rahayu Samarinda dengan usia deviasi 10-15 tahun dan memiliki nilai intelegensi quotient (IQ) 69 – 79. Metode pengumpulan data dokumentasi, observasi, wawancara dan skala memperkenalkan diri. Metode analisa data menggunakan perbandingan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan ada perubahan nilai memperkenalkan diri sebelum dan sesudah perlakuan berupa modeling. Hal ini dilihat dari perbedaan nilai pretest dan posttest dengan rata-rata nilai pretest 18.07 meningkat menjadi 30.80 pada saat posttest dengan perbandingan (p = 0.486) dan tidak ada perbedaan penilaian yang dilakukan oleh guru dan peneliti (p = 0,000).
Pengaruh Pelatihan Outbond terhadap Peningkatan Tim Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah “Jb” Rizqi Syafrina; Fuad Nashori; Ratna S. Rachmahana
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan outbound terhadap peningkatan tim kerja guru Madrasah Tsanawiyah “JB”. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru di Madrasah Tsanawiyah “JB”.Pada pelaksanaan penelitian guru yang dapat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir pelatihan ada delapan subjek, dari 14 subjek.Sedangkan guru yang tidak dapat mengikuti pelatihan sepenuhnya dikarenakan alasan individu masing-masing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala tim kerja guru, observasi dengan menggunakan metode anecdotal record dan rating scale, dan wawancara semi terstruktur. Desain penelitian yang digunakan adalah The one Group Pretest-postest Design. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif two related sample test dengan uji wilcoxon dan analisis data individu dengan visual inspection. Hasil penelitian yaitu pelatihan outbound dapat meningkatkan tim kerja guru. Hal ini ditunjukkan dari tim kerja guru dilihat hasilnya dua minggu setelah pelatihan (follow up) diketahui nilai Sig 0,018 (nilai sig < 0,05) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada perbedaan tim kerja guru sebelum pelatihan (prates) dan dua minggu setelah pelatihan (follow up).
Pengaruh Psikoedukasi “Guru Tahu” terhadap Peningkatan Pengetahuan Dasar Guru Tentang Peserta Didik di Sekolah Inklusi Nur Widiasmara; Fuad Nashori; Uly Gusniarti
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art5

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh Psikoedukasi “What Every Teacher Should Know About Special Learners” dalam meningkatan pengetahuan dasar guru SDN “X” tentang peserta didik di sekolah inklusi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh psikoedukasi “What Every Teacher Should Know About Special Learners” terhadap pengetahuan dasar guru tentang peserta didik di sekolah inklusi. Rancangan penelitian menggunakan the untreated control group design with dependent pretest and posttest sampels dengan menambahkan tindak lanjut. Sebanyak 18 orang guru yang terbagi dalam kelompok eksperimen kelompok kontrol dari SD Negeri yang menjadi sekolah inklusi yang berada di bawah Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Yogyakarta terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan tes pengetahuan dasar guru tentang peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita dan kesulitan belajar dengan koefisen reliabilitas sebesar 0,799. Modul Psikoedukasi dikembangkan berdasarkan manual pelatihan dari Tileston (2005) yang disesuaikan dengan kebutuhan guru di SDN “X”. Data dianalisis menggunakan metode selisih skor. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan dasar guru tentang peserta didik di sekolah inklusi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Mann-Whitney U = 7,500; Z = -2,925, p (1-tailed) = 0,0015 (p < 0,05)). Hal ini berarti bahwa psikoedukasi “What Every Teacher Should Know About Special Learners” menunjukkan pengaruh dalam peningkatan pengetahuan dasar guru SD N “X” tentang peserta didik di sekolah inklusi. Hasil penelitian telah menguatkan hipotesis.
Efektivitas Buku “Pelangi Hatiku” dalam Menurunkan Agresi Siswa Sekolah Dasar Nur Haris Ali; Dian Sari Utami
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penurunan agresivitas pada siswa sekolah dasar yang menggunakan Buku “Pelangi Hatiku” (BPH). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 19 siswa dalam kelompok eksperimen. Agresivitas diukur menggunakan skala agresivitas berdasarkan teori dari Buss dan Perry (1992) dengan perlakuan berupa Buku “Pelangi Hatiku” yang disusun oleh Utami (2004) dengan beberapa revisi dari peneliti. Hasil analisis data menunjukkan bukti bahwa tingkat agresivitas siswa mengalami penurunan setelah diberikan perlakuan BPH. Secara kualitatif, BPH mampu menjadi alternatif media bagi para siswa untuk mengungkapkan ide, emosi, dan pengalaman yang dirasakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9